Home Bisnis Peluang Kerja dari Rumah dan Hasilkan Banyak Uang
kerja dari rumah

Peluang Kerja dari Rumah dan Hasilkan Banyak Uang

by Titis NP

Salah satu dampak pandemi yang dirasakan oleh pekerja adalah beradaptasi untuk melakukan pekerjaan dari rumah. Sebenarnya, ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Namun, saat ini peluang kerja dari rumah semakin terbuka lebar.

Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa bekerja dari rumah mungkin awalnya terasa sulit. Tetapi, sebenarnya ada banyak kelebihan yang dirasakan dari bekerja dari rumah atau yang lebih dikenal sebagai work from home (WFH).

Peluang Kerja di Rumah dengan Penghasilan Besar

Ada banyak jenis pekerjaan yang sangat mungkin dilakukan dari rumah. Salah satu pekerjaan yang sedang booming adalah kerja online dari rumah atau remote working. Berikut ini beberapa jenis pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah:

1. Blogger

Salah satu pekerjaan online yang sudah ada dalam waktu yang cukup lama adalah membuat blog. Untuk mendatangkan uang, blogger harus bisa mengoptimasi blog sehingga dapat mendatangkan traffic. Semua kegiatan tersebut bisa dilakukan dari rumah saja. 

Walaupun blog sudah ada sejak lama, tapi masih banyak orang yang bingung bagaimana pekerjaan ini dapat mendatangkan uang. Sebenarnya, dalam blog ada AdSense, peluang endorsement, dan lainnya. 

Pekerjaan ini cocok bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis, sabar, dan konsisten.

banner gadau bpkb gadai kendaraan

2. Membuka toko online

Jika dibandingkan dengan membuka toko warung, usaha online bisa dikelola secara fleksibel, tidak perlu sewa tempat, promosi mudah, dan tidak ada jam buka atau tutup. 

Hal tersebut membuat membuka toko online sebagai pekerjaan favorit untuk siapa saja yang ingin kerja dari rumah. Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membuka toko online, yaitu produk, target, website, alur pemesanan sampai pengiriman, serta ilmu marketing.

Baca Juga  10 Rekomendasi Usaha Modal 10 Juta Terbaik dan Menguntungkan

Baca Juga : Peluang Usaha Rumahan Modal Minim Keuntungan Maksimal

3. Content Creator

Saat ini hampir setiap orang membuka media sosial setiap hari. Hal ini juga membuat peluang kerja sebagai content creator semakin berkembang. Content creator merupakan orang dengan profesi membuat konten, termasuk konten dengan tujuan promosi. 

Apalagi saat ini ada banyak platform yang bisa digunakan, misalnya Instagram, Youtube, TikTok, dan lainnya. Pekerjaan ini sangat cocok bagi orang yang memiliki skill tertentu, kreatif, dan mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi.

4. Freelancer

Pekerja lepas atau yang lebih akrab disebut freelancer sering dianggap sebagai pekerjaan dengan penghasilan yang minim. Alasannya adalah freelancer biasanya bekerja ketika ada project. Tetapi, fleksibilitas yang tinggi membuat freelancer boleh menangani lebih dari satu proyek. 

Untuk memulai pekerjaan ini, ketahui bidang dan kemampuan yang sudah dikuasai. Jenis pekerjaan sebagai freelancer juga sangat beragam, contohnya content writing, data entry, web designer, desain grafis, dan lainnya. 

Mungkin sebagai pemula penghasilan yang didapatkan belum terlalu besar. Namun, setelah berhasil membangun portfolio pasti ada banyak proyek yang bisa dikerjakan.

Baca Juga : Ide Bisnis Kreatif Modal Kecil Profit Menjanjikan

5. Reseller

Bagi orang yang tertarik membuka toko online, namun masih bingung karena tidak memiliki produk, kini tidak perlu khawatir lagi. Teknik reseller bisa dicoba karena seorang reseller akan membeli produk dari produsen atau supplier untuk nantinya dijual kembali. 

Pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah dengan modal yang cukup minim. Pekerjaan sebagai reseller bisa dilakukan oleh siapa pun. Tidak selalu menjadi pekerjaan utama, pekerjaan reseller juga bisa dilakukan sebagai pekerjaan sampingan untuk memiliki penghasilan tambahan.

6. Dropshipper

Hampir mirip dengan reseller, tetapi seorang dropshipper tidak perlu membeli produk terlebih dahulu. Dropshipper dapat memasarkan produk langsung dengan harga yang ditetapkan sendiri. Sementara itu, pengiriman akan dilakukan oleh produsen atau supplier produk. 

Pekerjaan dropshipper cukup mudah dilakukan, tidak memerlukan modal, dan minim resiko. Untuk menjadi seorang dropshipper sukses, diperlukan tekad yang kuat serta bisa memilih produsen tangan pertama yang tepat. Cara bekerja sebagai dropshipper, yaitu:

  • Mencari produsen yang memproduksi produk dengan peminat yang banyak;
  • Menetapkan harga;
  • Posting foto produk di media sosial atau e-commerce;
  • Menjalin komunikasi dengan konsumen;
  • Segera memesan produk ketika ada order yang masuk.
Baca Juga  10 Ide Bisnis Franchise Makanan yang Murah dan Menguntungkan 2021

Baca Juga : Ini Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Mudah dan Menguntungkan

7. Call Center

Sering dianggap sebagai pekerjaan sepele, call center sebenarnya memiliki peran yang sangat penting untuk suatu bisnis. Adanya call center akan membuat pelanggan merasa terhubung dengan perusahaan. Selain itu, pelanggan juga bisa merasa aman dengan produk yang dibeli. 

Selama ini, pekerjaan call center terlihat sebagai pekerjaan yang selalu dilakukan di kantor. Sebenarnya, pekerjaan call center juga sangat mungkin dijadikan sebagai pekerjaan yang bisa dilakukan dirumah.

8. Translator atau Penerjemah

Kemampuan bahasa merupakan suatu aset yang berharga. Jika merasa memiliki kemampuan tersebut, pekerjaan translator atau penerjemah bisa dicoba sebagai pekerjaan online yang bisa dikerjakan dari rumah. 

Setiap menerjemahkan teks, artinya orang tersebut terus melatih kemampuan bahasanya. Pekerjaan ini sangat cocok bagi siapa saja yang mempunyai kemampuan dua bahasa bahkan lebih. 

Hal yang harus dipersiapkan adalah sertifikat bahasa supaya calon pelanggan bisa lebih percaya, sertifikat penerjemah tersumpah jika punya, public speaker, serta laptop.

Baca Juga : 7 Usaha Sampingan Paling Menjanjikan

9. Social Media Specialist

Sebenarnya scrolling media sosial tidak sepenuhnya menjadi hal yang sia-sia. Jika tertarik dan ingin mempelajari media sosial dengan sungguh-sungguh, ini bisa menjadi suatu kemampuan yang sedang dicari. 

Banyaknya online shop saat ini membuat pekerjaan sebagai Social Media Specialist banyak dibutuhkan. Bahkan, sampai beberapa tahun yang akan datang keterampilan media sosial juga tidak mati karena banyak bisnis yang bergantung dengan dunia digital. 

Pekerjaan ini sangat cocok untuk orang yang paham media sosial marketing dan algoritma, orang kreatif, serta memiliki kemampuan copywriting.

Baca Juga  12 Contoh Bisnis Online Tanpa Modal

Baca Juga : 10+ Ide Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Menguntungkan

10. Tutor Online

Pandemi tidak hanya membuat banyak orang bekerja dari rumah, namun anak sekolah juga harus bersekolah dari rumah. Hal ini menjadi salah satu peluang bagi siapa saja yang memiliki kemampuan mengajar untuk menjadi seorang tutor online atau guru privat. 

Pekerjaan sebagai tutor online bisa dijadikan salah satu pekerjaan sampingan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama. Untuk memulainya, tawarkan jasa ke lingkungan terdekat. Pembelajaran yang sudah dilakukan bisa didokumentasikan untuk dijadikan portofolio. 

Selain itu, materi yang diajarkan juga bisa diklasifikasikan, contohnya les khusus persiapan SBMPTN, tes IELTS, dan lainnya.

Baca Juga : 10 Peluang Usaha Paling Layak Dicoba

Kelebihan Kerja dari Rumah

Bagi pencari kerja, peluang kerja di rumah ini bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik. Berikut ini beberapa perbandingan kerja dari rumah dengan kerja di kantor yang menjadi kelebihan yang dapat dipertimbangkan.

Bekerja dari rumah Bekerja di kantor
Waktu kerja lebih fleksibel. Waktu kerja monoton.
Tidak perlu keluar biaya untuk ongkos. Ongkos perjalanan yang tidak sedikit, terlebih jika jarak kantor dan rumah jauh.
Waktu untuk perjalanan dapat dialokasikan untuk melakukan kegiatan lain. Waktu perjalanan bisa membosankan dan kondisi jalan yang tidak dapat diprediksi.
Bisa berpakaian lebih bebas. Perlu menggunakan pakaian yang rapi dan seragam untuk kantor tertentu.
Aman di rumah serta bisa menyesuaikan jam istirahat. Risiko keamanan dan lelah di perjalanan.
Bisa menentukan spot bekerja sendiri yang paling nyaman. Harus berbagi tempat dengan rekan lainnya.
Bisa melakukan pekerjaan sampingan. Sulit membagi waktu untuk kerja sampingan.

 Kerja di rumah bukan hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Saat ini peluang kerja dari rumah semakin besar, karena perkembangan dunia digital yang juga meningkat. Bagi siapa saja yang ingin bekerja dari rumah, pilih pekerjaan yang diinginkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 

Related Posts