Home Investasi Cara Daftar dan Pinjam Menggunakan KoinWorks Lengkap Bagi Pemula!
koinworks adalah

Cara Daftar dan Pinjam Menggunakan KoinWorks Lengkap Bagi Pemula!

by Titis NP

Kecanggihan teknologi kian mempermudah segala kebutuhan manusia, termasuk dalam hal bisnis dan ekonomi di Koinworks. Koinworks adalah salah satu aplikasi yang mulai banyak digunakan saat ini karena peran besarnya yang memberi kemudahan dalam meminjam dana ataupun berinvestasi secara praktis. 

Karena keberadaannya tergolong baru sejak tahun 2016 lalu, tidak heran masih banyak masyarakat yang belum tahu cara meminjam atau berinvestasi di Koinworks. Padahal, cara kerja koinworks sangat mudah selama pengguna mengetahui seputar Koinworks secara lebih detail.

Review Koinworks

Koinworks adalah platform online yang berperan membantu masyarakat dalam memudahkan tujuan finansial yang diinginkan. Koinworks juga dikenal sebagai salah satu pionir peminjaman yang bekerja dengan menghubungkan antara pihak pemberi dana dengan peminjam secara online. 

Adapun teknologi yang digunakan adalah machine-learning sehingga lebih inovatif dan juga mudah digunakan. 

Platform online ini sangat aman dan terpercaya karena sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sistem yang digunakan adalah Peer to Peer Lending yakni sistem pinjam meminjam uang secara langsung antara kreditur dengan debitur menggunakan teknologi informasi. 

Secara singkat, definisi dan pengertian koinworks adalah sesuai dengan beberapa poin berikut ini.

  • Platform online untuk meminjam dana dalam bentuk rupiah.
  • Platform online untuk berinvestasi.
  • Menghubungkan antara pemberi dana dengan peminjam dana secara langsung dengan teknologi informasi.
  • Bersifat legal karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.
  • Dapat digunakan dalam bentuk aplikasi. 

Cara Daftar Koinworks

Untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan Koinworks, sudah ada aplikasi resminya yang memudahkan segala aktivitas peminjaman online. Sebelum mulai melakukan aktivitas pinjam meminjam, tentu pengguna harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. 

Baca Juga  Cara Bermain Saham Untuk Pemula Mudah dan Menguntungkan

Berikut beberapa cara mudah mendaftar di Koinworks menggunakan aplikasi yang sudah tersedia di Playstore. 

1. Download Aplikasi Koinworks

Saat pertama muncul, proses pendaftaran masih bisa dilakukan secara manual melalui website resminya. Namun saat ini calon pengguna hanya bisa mendaftar menggunakan aplikasi resmi yang sudah diluncurkan.

Oleh karenanya, tahap download aplikasi ini wajib dilakukan. Bisa melalui Playstore atau Appstore sesuai dengan perangkat Android yang digunakan. Ukuran aplikasinya cukup ringan, yakni hanya 29 MB saja.

2. Mulai Gunakan Aplikasi 

Jika aplikasi sudah terinstall, selanjutnya bisa langsung membuka dan menggunakannya. Agar penggunaannya lebih mudah, bisa menggunakan pilihan Bahasa Indonesia yang terletak pada bagian pojok kanan atas beranda aplikasi.

3. Mulai Daftar

Cara daftar dengan aplikasi ini sangat mudah. Langsung saja pilih “Daftar Akun.” Kalau ingin mendaftar secara personal, gunakan opsi pribadi. Sementara untuk bisnis, bisa memilih opsi bisnis. 

4. Isi Data yang Tersedia

Setelah tombol daftar dipilih, pengguna aplikasi akan langsung diarahkan untuk mengisi data yang dibutuhkan untuk mulai masuk pada proses pinjam meminjam. Data yang diminta dalam kolom meliputi nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, serta alamat email. 

5. Verifikasi Akun

Untuk memastikan kebenaran pengguna akun, ada tahap verifikasi nomor HP. Pihak Koinworks akan mengirim kode OTP ke nomor yang didaftarkan. Selanjutnya pemilik akun bisa langsung verifikasi nomor tersebut dengan memasukkan kode pada kolom yang tersedia. Lalu tekan “Selanjutnya.”

6. Buat Kode Keamanan Rahasia

Langkah terakhir adalah membuat kode demi keamanan akun. Masukkan saja kode keamanan yang diminta lalu lakukan konfirmasi sesuai perintah. 

Selesai, proses mendaftar akun Koinworks sudah berhasil dilakukan. 

Cara Pinjam Koinworks dengan Akun Personal

Koinworks adalah aplikasi yang tidak hanya membantu meminjam dana, tapi juga mewadahi investor yang ingin berinvestasi. Untuk itulah, ada dua jenis akun yang tersedia sesuai kebutuhan, yakni akun personal dan bisnis. 

Baca Juga  5 Jenis Asuransi Mobil dan Manfaat Memilikinya

Adapun cara meminjam dana di Koinworks dengan akun pribadi atau personal adalah sebagai berikut. 

1. Masuk Akun

Masuk menggunakan akun personal yang sudah didaftarkan dan diverifikasi sebelumnya. Bisa menggunakan email ataupun nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar. Lalu masukkan kode OTP yang telah dikirim ke email atau nomor HP yang digunakan untuk masuk.

2. Pilih Produk Pinjaman yang Diinginkan Sesuai Kebutuhan

Setelah masuk akun, pada bagian beranda aplikasi akan tertera fitur peminjaman yang dibutuhkan oleh pengguna. Bagi pengguna akun personal, ada dua jenis produk pinjaman yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu:

  • Koin Gaji

Sesuai namanya, produk ini menawarkan pinjaman berupa gaji melalui aplikasi. Adapun cara kerjanya adalah dengan mencairkan gaji yang diinginkan di waktu yang diinginkan sebelum masa gajian tiba.

Tapi layanan pinjaman ini tentu mengharuskan adanya kerja sama antara perusahaan tempat pemilik akun bekerja dengan Koinworks. Kalau perusahaan tempat bekerja sudah menjadi mitra Koinworks, setiap personal bisa meminjam gaji dengan aplikasi ini. 

  • Koin Pintar 

Produk ini menawarkan pinjaman untuk kepentingan pendidikan yang diinginkan dari platform Koinworks. Jenis pendidikan yang bisa didanai oleh investor di platform ini adalah pendidikan formal dan non formal tanpa jaminan yang merugikan peminjam.

3. Dana Pinjaman Akan Dicairkan ke Rekening Terdaftar

Apabila proses pendanaan telah selesai dilakukan dan disetujui oleh pihak Koinworks, maka dana yang dibutuhkan akan langsung dicairkan ke rekening yang terdaftar pada aplikasi. Peminjam bisa langsung menggunakannya sesuai kebutuhan. 

Cara Pinjam di Koinworks dengan Akun Bisnis

Cara menggunakan koinworks untuk peminjaman dengan akun bisnis sebenarnya lebih mudah dan ada beberapa jenis pinjaman yang bisa dipilih. Adapun langkah-langkah peminjamannya adalah:

1. Masuk Akun

Masuk menggunakan akun bisnis yang telah terdaftar, bisa menggunakan e-mail ataupun nomor telepon yang sudah didaftarkan dan diverifikasi. Jangan lupa mengisi password rahasia pada kolom di bawahnya.

2. Masukkan Kode OTP

Tahap selanjutnya bisa langsung memasukkan kode OTP yang sudah dikirimkan melalui e-mail terdaftar agar bisa masuk ke akun. 

Baca Juga  Investasi Jangka Panjang: Pengertian, Contoh, dan Jenis Investasinya

3. Pilih Produk Pinjaman Bisnis yang Diinginkan

Pada peminjam dengan akun bisnis, ada dua produk pinjaman yang bisa dipilih, yaitu:

  • Koin Bisnis

Merupakan layanan pinjaman yang tidak menggunakan jaminan bank sehingga lebih mudah diperoleh. Kelebihan pinjaman ini adalah suku bunganya yang lebih rendah dibandingkan lembaga finansial lainnya. 

  • Koin Invoice

Layanan ini menyediakan pinjaman keuangan demi mengembangkan bisnis ataupun pemberdayaan usaha kecil menengah. Jaminan yang digunakan pada jenis pinjaman ini adalah dengan faktur piutang. 

Layanan ini memungkinkan sebuah aset yang tidak produktif menjadi lebih bernilai karena dipakai sebagai modal untuk mengembangkan bisnis tertentu.

4. Lakukan Pengajuan Pinjaman

Untuk mengajukan pinjaman atas nama bisnis, ada syarat dokumen yang harus dipenuhi oleh peminjam. Beberapa syarat tersebut meliputi NPWP, Kartu Keluarga, KTP, serta mutasi dari rekening selama 3 bulan terakhir.

Jika syarat dokumen sudah bisa dilengkapi, barulah nominal pinjaman yang diinginkan bisa langsung dimasukkan pada data.

5. Tunggu Pencairan Diproses

Proses pencairan dana akan langsung diproses setelah semua dokumen yang dibutuhkan lengkap. Dana yang dicairkan bisa masuk ke rekening yang diinginkan beberapa saat setelah pinjaman disetujui. 

Meskipun meminjam dengan Koinworks sangat mudah, namun sebagian orang yang tidak update teknologi biasanya merasa kesulitan untuk meminjam di aplikasi ini. Sebagai alternatif peminjaman yang lebih mudah, bisa juga dengan meminjam dana yang aman dan cepat ke gadaikendaraan.com.

Proses peminjaman dana di sini sangat menguntungkan karena syaratnya mudah, prosesnya sangat cepat, ada simulasi perhitungan gratis, serta memiliki jaringan yang sangat luas sehingga data BPKB bisa dijemput. 

Keberadaan koinworks adalah alternatif pinjaman online yang sangat membantu pelaku usaha ataupun pribadi untuk meminjam dana hanya melalui Android.

Namun jika tidak mampu memenuhi dokumen yang dibutuhkan, platform ini tidak akan mencairkan dana yang dipinjam sehingga tidak semua orang bisa menggunakannya.

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts