Home Produk Keuangan Koperasi Online Alfamart: Syarat Pengajuan dan Pencairan (Lengkap!)
koperasi online alfamart

Koperasi Online Alfamart: Syarat Pengajuan dan Pencairan (Lengkap!)

by Titis NP

Alfamart dikenal di Indonesia sebagai salah satu franchise minimarket terbesar. Banyaknya cabang yang dimiliki, menjadikan Alfamart membuat inovasi agar bisa mensejahterakan karyawannya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membuka koperasi online Alfamart.

Koperasi ini sengaja dibuat untuk memberikan bantuan kepada semua karyawan Alfamart yang membutuhkan. Untuk persyaratan serta proses pencairan yang diberikan juga cukup mudah untuk karyawannya. Lebih jelasnya mengenai koperasi Alfamart ini, bisa disimak pada penjelasan berikut.

Syarat Pinjaman Koperasi Online Alfamart

Semakin banyaknya minimarket Alfamart yang tersebar di berbagai wilayah, membuat Alfamart ingin membantu karyawannya dalam memenuhi kebutuhan. Bahkan tidak hanya karyawan Alfamart saja yang diberikan kemudahan dalam peminjaman koperasi.

Berbagai macam karyawan seperti Alfamidi, Alfatrex, DAN+DAN, dan Lawson juga bisa memanfaatkan koperasi Alfamart. Untuk syarat dalam melakukan pinjaman koperasi online Alfamart ini juga cukup mudah, berikut syaratnya.

  • Terdaftar sebagai anggota karyawan Alfamart dengan minimal masa kerja 6 bulan.
  • Bebas dari tunggakan atau tagihan hutang di koperasi Alfamart pada masa itu.
  • Mendapatkan persetujuan secara resmi dari pihak pejabat Alfamart.
  • Tenor untuk pinjaman yang diberikan berlaku paling lama 24 bulan.
  • Bunga angsuran dan jumlah tabungan sukarela yang dimiliki tidak boleh melebihi 30% dari penghasilan bulanan yang didapatkan.
  • Nominal pinjaman yang diberikan ditentukan sesuai ketentuan Alfamart dan nominalnya lebih rendah dari kredit bank.
  • Penerimaan atau penolakan pengajuan pinjaman yang dilakukan menjadi hak penuh oleh pihak Alfamart.
  • Proses pencairan akan dilakukan melalui rekening pribadi karyawan Alfamart.
  • Cara pencairan pinjaman koperasi online Alfamart dilakukan sesuai dengan aturan yang ada pada Alfamart.
  • Pembayaran cicilan dilakukan dengan melakukan pemotongan gaji karyawan setiap bulannya.
  • Karyawan yang telah melakukan pinjaman dan kemudian keluar, maka keanggotaannya tetap dianggap aktif hingga pinjaman diselesaikan.
  • Peminjam tidak diperkenankan untuk mengambil uang setoran.
  • Peminjam yang merupakan anggota koperasi tetap mendapatkan haknya berupa SHU (Sisa Hasil Usaha). Dimana SHU tersebut akan diberikan sekali setelah pelaksanaan rapat tahunan yaitu pada bulan April atau Maret.
Baca Juga  Cara Daftar Stockbit Investasi Supaya Portofolio Makin Cuan Bagi Pemula

Dari penjelasan persyaratan di atas, bisa diketahui bahwa peminjam dari koperasi online Alfamart wajib menjadi bagian koperasi. Dimana anggota dari koperasi tersebut merupakan seluruh karyawan dari perusahaan yang memiliki lisensi dengan Alfamart.

Cara Pengajuan Pinjaman Koperasi di Alfamart

Cara pengajuan pinjaman ini juga terbilang mudah untuk karyawan Alfamart yang membutuhkan. Dimana peminjam tersebut harus melakukan pengajuan terlebih dahulu hingga akhirnya mendapatkan persetujuan. Apabila telah disetujui maka, pinjaman akan bisa dicairkan.

Lalu, apakah bisa karyawan yang telah habis masa kontraknya melakukan pinjaman di koperasi? Jawabannya adalah bisa, selama karyawan tersebut masih menjadi anggota dari koperasi. Cicilan yang menjadi tanggungannya juga akan tetap berjalan sampai pinjaman diselesaikan.

Cara Pengajuan Gunakan Login Koperasi Online Alfamart

Pinjaman yang diberikan Alfamart kepada karyawannya semakin dipermudah dengan adanya sistem online yang diberikan. Adanya sistem online ini akan mempercepat proses peminjaman dan bisa dilakukan kapan saja. Untuk pendaftarannya juga cukup mudah sesuai dengan petunjuk berikut ini.

  • Buka laman intranet.sat.co.id dengan menggunakan browser yang ada pada Hp.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan browser tersebut.
  • Setelah muncul menunya dan ada pilihan perusahaan, pilihlah menu SAT untuk karyawan Alfamart.
  • Isikan semua data yang diperlukan seperti NIK dan juga nomor induk karyawan. Jangan lupa untuk memasukkan PIN agar proses masuk akun bisa berhasil.
  • Klik masuk jika telah selesai mengisikan PIN.
  • Laman tersebut akan membawa ke menu utama dari koperasi Alfamart.
  • Lakukan pengecekan atau simulasi terlebih dahulu untuk mengetahui cara pinjaman yang diberikan Alfamart. Jika telah yakin dengan simulasi yang ditunjukkan, maka bisa melanjutkan langkah berikutnya.
  • Pilih menu peminjaman yang ada pada laman tersebut untuk melanjutkan.
  • Isi formulir dengan data sebenarnya agar proses peminjaman bisa segera mendapatkan persetujuan.
  • Klik proses jika telah yakin dengan semua data yang dimasukkan.
  • Pengajuan pendaftaran telah berhasil dilakukan dan tinggal menunggu persetujuan dari petugas untuk mendapatkan pinjaman.
Baca Juga  Ini Tempat Gadai BPKB Tanpa Survey (Dijamin Cair!)

Pengajuan Pinjaman Alfamart dari Kantor Cabang

Metode pengajuan pinjaman yang diberikan melalui koperasi online Alfamart ada banyak macamnya. Banyaknya metode ini akan mempermudah semua karyawan dalam melakukan akses pinjaman. Tidak hanya melakukan pengajuan online saja, karyawan juga bisa ajukan lewat offline.

Berikut ini adalah tata cara atau panduan yang bisa digunakan saat akan melakukan pinjaman menggunakan metode offline.

  • Meminta formulir pengajuan pinjaman dari atasan kantor cabang Alfamart.
  • Melakukan pengisian formulir yang telah didapatkan secara lengkap.
  • Menyerahkan formulir yang telah diisi kepada atasan yang telah memberikan formulir tersebut sebelumnya.
  • Menunggu untuk mendapatkan persetujuan melakukan pinjaman dari atasan. Baik itu atasan tingkat AM ataupun AC.
  • Apabila mendapat persetujuan, maka berkas pinjaman akan naik menuju ke PDM.
  • Jika mendapatkan persetujuan kembali, maka proses selanjutnya adalah pencairan pinjaman sesuai dengan periode yang berlaku.

Langkah tersebut harus diperhatikan agar lebih mudah dalam melakukan pinjaman. Selain itu, perlu dipahami pula bahwa prosedur pengajuan pinjaman dimulai dari tingkat cabang. Setelah tingkat cabang mendapatkan persetujuan, barulah naik ke PDM atau Branch Manager.

Oleh karena itu, pahami alurnya dengan baik agar tidak bingung dalam melakukan pinjaman. Sehingga pinjaman yang diinginkan bisa didapatkan sesuai keinginan tanpa merasa risau tidak bisa melakukan pencairan.

Cara Pencairan Pinjaman Koperasi di Alfamart

Berbagai macam prosedur dan persyaratan telah dipenuhi dan dilewati dengan baik. Maka, proses selanjutnya dalam melakukan pinjaman di koperasi online Alfamart adalah melakukan proses pencairan. Proses ini bisa dilakukan setelah mendapatkan persetujuan untuk melakukan pinjaman.

Baca Juga  Memahami Jenis-Jenis Kredit Agar Tak Salah Ambil Kredit!

Ada 3 tahapan yang harus dilakukan saat melakukan pencairan pinjaman di koperasi Alfamart. Untuk lebih memudahkan, berikut pembagian 3 tahapan atau periode saat melakukan pinjaman di Alfamart.

1. Periode 1

Pinjaman masuk dalam kategori periode 1 jika penginputan data dilakukan pada tanggal 1 hingga 10. Apabila mendapatkan periode ini, maka proses pencairan dana pinjaman bisa didapatkan pada tanggal 25. 

Misalnya saja input pinjaman dilakukan pada tanggal 10 Januari 2022, maka pencairan bisa dilakukan pada tanggal 25 Januari 2022. Jadi, ada masa tunggu dalam melakukan proses pencairan tersebut.

2. Periode 2

Periode 2 ini adalah lanjutan dari periode pertama. Dimana untuk penginputan data peminjaman yang dilakukan adalah pada tanggal 11 hingga 20. Maka, untuk proses pencairan dananya bisa dilakukan pada tanggal 5 dibulan berikutnya.

3. Periode 3

Periode 1 hingga periode 3 ini adalah periode yang saling terkait. Sehingga pelaksanaan pencairan dari periode 3 ini juga melanjutkan dari periode ke 2. Dimana pinjaman ini dilakukan dengan penginputan data pada tanggal 21 hingga 31.

Sedangkan proses pencairannya bisa dilakukan pada tanggal 15 pada bulan berikutnya. Ketahui ketentuan ini agar tidak panik ketika melakukan pinjaman namun dana yang diinginkan belum tercairkan ke dalam rekening pribadi.

Jika merasa prosedur pinjaman koperasi online Alfamart yang dilakukan terlalu rumit, maka ada solusi terbaik untuk mendapatkan pinjaman dengan cepat. Pinjaman tersebut bisa dilakukan melalui gadaikendaraan.com. Cukup dengan menggunakan BPKB, maka pinjaman akan cair dengan cepat.

Related Posts