Home Leasing Ingin Kredit Mobil Tanpa DP? Berikut Syarat Lengkapnya yang Wajib Kamu Ketahui!
kredit mobil tanpa dp

Ingin Kredit Mobil Tanpa DP? Berikut Syarat Lengkapnya yang Wajib Kamu Ketahui!

by Titis NP

Semenjak diberlakukannya penyesuaian peraturan batasan Rasio Loan to Value, sekarang ini masyarakat bisa melakukan pembelian secara kredit untuk kendaraan. Jadi, sekarang ini masyarakat sudah bisa kredit mobil tanpa DP sama sekali.

Bermacam Cara Kredit Mobil Tanpa DP

1. Menggunakan Bank yang Memenuhi Syarat NPL atau NPF

Seperti yang sudah dilansir pula oleh OJK, perusahaan atau bank yang bisa memberikan jaminan kredit 0% untuk pembelian kendaraan, terutama mobil, adalah perusahaan dan bank yang sudah memenuhi syarat NPL atau NPF. 

NPL adalah singkatan dari Non Performing Loan, sedangkan NPF adalah singkatan dari Non Performing Financing. Kedua standar ini digunakan OJK untuk menentukan apakah sebuah bank atau perusahaan penyedia kredit bisa memberikan layanan DP 0% bagi para nasabahnya atau tidak.

Sekarang ini sudah ada banyak sekali bank dan juga perusahaan penyedia kredit yang lolos standar NPL dan NPF sehingga bisa memberikan layanan kredit mobil tanpa DP kepada para nasabahnya. 

Untuk itu, jika ingin mengajukan kredit mobil tanpa uang muka, pastikan jika bank atau perusahaan penyedia kredit yang digunakan sudah memenuhi syarat dari OJK. Contoh bank yang sudah memenuhi syarat tersebut adalah bank besar seperti BCA dan Mandiri.

2. Non Performing Loan

Mungkin masih ada banyak sekali orang yang kurang familiar dengan Non Performing Loan atau NPL yang menjadi syarat ketentuan untuk bisa mendapatkan kredit 0%. 

NPL merupakan sebuah pengukuran yang dapat mencerminkan kondisi aset-aset sebuah bank atau penyedia kredit dan juga kondisi manajemen risiko kredit mereka. Semakin tinggi rasio NPL, maka laba yang diperoleh bank semakin meningkat.

Baca Juga  3 Cara dan Syarat Gadai BPKB di Pegadaian (Mudah Tanpa Ribet)

Untuk dapat memberikan layanan kredit mobil tanpa DP, sebuah bank harus memiliki tingkat NPL kurang dari 1%, jika lebih dari itu maka bank tersebut tidak dapat memberikan kredit 0% kepada para nasabahnya.

Jika bank sudah memenuhi syarat NPL ini, bank tersebut memperoleh untuk memberikan kredit 0% kepada para ijin nasabahnya, bahkan Anda bisa menemukan bank yang memberikan kredit mobil tanpa DP angsuran 1 juta saja.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi NPL, berikut ini adalah beberapa faktor utamanya:

  • Niat para debitur untuk membayar hutang mereka
  • Kebijakan pemerintah (biasanya berkaitan dengan suku bunga atau tarif dasar BBM dan listrik)
  • Situasi perekonomian negara dimana bank tersebut berada

Baca Juga : 5 Syarat Kredit Mobil yang Wajib Diketahui Supaya Pinjamanmu Disetujui

3. Non Performing Finance

Non Performing Finance merupakan sebuah konsep syariah yang digunakan untuk menerapkan sistem pinjaman. Tingkat NPF pada sebuah bank yang bisa digunakan untuk melihat kualitas kredit dari sebuah bank, baik atau tidak.

Semakin tinggi tingkat NPF sebuah bank, artinya bank tersebut memiliki beban tanggungan resiko yang tinggi. Hal ini berarti pihak bank harus menyiapkan alokasi cadangan dana yang besar untuk menutup tanggungan resiko tersebut, sehingga modal pengembangan bank berkurang.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi faktor-faktor utama penentu tingkat NPF:

  • Urusan internal bank (pengaturan manajemen dan juga operasional bank)
  • Kondisi kota atau negara tempat bank tersebut berada
  • Kebijakan ekonomi yang dibuat oleh pemerintah

Baca Juga : Yuk Pahami Aturan Premi Asuransi Kredit Mobilmu

Manfaat Menggunakan Kredit Mobil Tanpa DP

Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh ketika menggunakan layanan kredit mobil tanpa dp jika dibandingkan menggunakan kredit dengan DP terlebih dahulu. Untuk mengetahuinya dengan lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa pembahasan mengenai keuntungan mengkredit mobil tanpa DP:

Baca Juga  Koperasi Online Alfamart: Syarat Pengajuan dan Pencairan (Lengkap!)

1. Bisa Langsung Menggunakan Mobil Meskipun Budget Terbatas

Terkadang, biaya DP yang mencekik membuat sebagian besar orang tidak bisa membeli mobil yang mereka idam-idamkan atau yang bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok mereka. 

Uang yang mereka punya harus digunakan untuk membiayai kebutuhan pokok terlebih dahulu, sehingga uang untuk DP mobil menjadi prioritas sekian yang akhirnya hanya bisa menjadi angan-angan saja.

Namun sekarang ini, berkat adanya kebijakan kredit mobil tanpa DP, banyak orang yang akhirnya bisa membeli mobil impian mereka meskipun memiliki budget yang terbatas. 

Dengan adanya layanan ini, mereka bisa memfokuskan keuangan mereka untuk hal-hal pokok tanpa harus memusingkan DP mobil terlebih dahulu.

Meskipun masih harus membayar angsuran cicilan kredit, namun setidaknya cicilan tersebut masih tergolong kecil dan juga masih bisa diangsur jika dibandingkan dengan biaya DP yang terkadang selangit. 

DP mobil saja bisa memakan biaya hingga lebih dari 20 juta, sedangkan sekarang ini orang-orang sudah bisa melakukan angsuran mobil dengan kurang dari 5 juta saja per bulannya.

Baca Juga : Tips dan Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik

2. Biaya Cicilan yang Murah

Ketika melakukan kredit mobil tanpa DP, baik itu bekas atau baru, biasanya bank atau perusahaan penyedia jasa kredit juga langsung sekaligus menawarkan paket cicilan dengan angsuran yang kecil. 

Semua bank dan penyedia jasa kredit pastinya akan memberikan pilihan angsuran yang bisa disesuaikan sendiri sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing individu. 

Seperti yang sebelumnya juga sudah disinggung, bahkan banyak sekali bank yang menyediakan pilihan angsuran kurang dari 5 juta rupiah saja.

Tentunya besarnya angsuran ini juga akan langsung mempengaruhi lama masa kredit. Selain itu, semakin lama masa kredit yang diajukan, maka bunga yang diberikan bank juga akan semakin meningkat. 

Baca Juga  Bunga Leasing Mobil Per Tahun & Cara Menghitungnya (Lengkap!)

Namun tidak perlu khawatir, bunga yang diterapkan pastinya masih dalam batas yang wajar dan normal yang sesuai dengan manfaat layanan kredit mobil tanpa adanya DP yang diberikan.

Baca Juga : Daftar Tabel Angsuran Gadai BPKB Mobil Terbaru 2021

Tips Kredit Mobil Tanpa DP

Meskipun prosesnya terbilang muda dan juga sangat menggiurkan, ada banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum melakukan kredit mobil tanpa menggunakan uang muka.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan atau dipertimbangkan sebelum membeli mobil secara kredit tanpa DP:

1. Mengecek Kondisi Keuangan Sendiri

Ketahui dengan baik kondisi keuangan sebelum melakukan cicilan kredit. Meskipun tanpa DP, namun pastikan keuangan cukup untuk membayar cicilan kredit yang sudah ditentukan untuk setiap bulannya. Perhitungkan juga bunga yang ditetapkan oleh pihak bank atau penyedia kredit.

2. Mempertimbangkan Pinjaman atau Leasing

Jika dana yang dimiliki terbatas namun mobil merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi, maka bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa pinjaman dana atau leasing. 

Pastikan jasa pinjaman dan juga leasing yang digunakan sudah terpercaya dan menawarkan bunga yang wajar. Di hampir setiap wilayah di Indonesia ada banyak sekali jasa leasing dan juga pinjaman yang bisa dipilih. Mulai dari di Jakarta, Depok, Lampung, dan berbagai kota lainnya.

Baca Juga : Cara Mudah Hitung Premi Asuransi Mobil

Penyedia Pinjaman Terpercaya

Salah satu penyedia jasa pinjaman yang paling terpercaya dan juga paling direkomendasikan adalah gadaikendaraan.com. Mereka menawarkan pinjaman dengan hanya bermodalkan BPKB mobil saja dengan proses yang cepat dan juga mudah untuk dilakukan.

Dalam 1 hari semenjak pengajuan saja, dana pinjaman sudah bisa cair dan siap digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk membayar angsuran kredit mobil tanpa DP. Syarat yang harus dipenuhi juga mudah dan tidak muluk-muluk.

Related Posts