Home Produk Keuangan Kredit Multiguna Bank BJB: Syarat & Cara Mengajukannya!
kredit multiguna bank bjb

Kredit Multiguna Bank BJB: Syarat & Cara Mengajukannya!

by Titis NP

Bank BJB termasuk salah satu bank di Indonesia yang menyediakan beragam jenis produk pinjaman dengan keunggulannya masing-masing. Dari sekian banyak jenis produk pinjaman yang ditawarkan bank ini, kredit multiguna Bank BJB adalah yang paling dikenal oleh publik.

Bank Jabar Banten atau Bank BJB menawarkan kredit multiguna yang dapat dijadikan sebagai fasilitas pinjaman dengan jaminan, untuk membeli suatu properti tertentu yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Pembelian properti ini bisa dalam bentuk rumah baru maupun bekas.

Dengan adanya jenis pinjaman ini, masyarakat Indonesia bisa lebih mudah untuk membeli properti yang sesuai dengan kebutuhannya. Bahkan, proses pengajuan pinjaman ini juga tidak akan berlangsung lama, sehingga kebutuhan nasabah bisa langsung terpenuhi dengan baik.

Syarat dan Cara Pengajuan Kredit Multiguna BJB

Sebelum kita membahas tentang syarat dan cara mengajukan kredit multiguna Bank BJB yang tepat, kami akan membahas tentang jumlah suku bunga yang ditawarkan produk pinjaman ini lebih dulu. Produk pinjaman Bank BJB yang satu ini menerapkan suku bunga yang sebesar 12,50% per tahun.

Selain itu, produk pinjaman ini juga tidak akan dilengkapi dengan biaya administrasi, biaya asuransi, maupun jenis biaya lainnya. Kredit multiguna BJB hanya didukung dengan biaya provisi yang sebesar 1% dari jumlah pinjaman yang disetujui. Tertarik untuk mengajukannya? Ikuti cara-cara di bawah ini:

1. Syarat Kredit Multiguna BJB

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap nasabah yang hendak mengajukan jenis pinjaman ini. Dengan memenuhi segala jenis persyaratan yang diberikan oleh Bank BJB ini, nasabah bisa lebih mudah untuk mendapatkan persetujuan dari pihak yang bersangkutan tersebut.

Baca Juga  10+ Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya, Langsung Cair!

Berikut adalah beberapa syarat pengajuan kredit multiguna BJB yang harus dipenuhi oleh setiap nasabah:

  • Pemohon berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dan dapat dibuktikan dari KTP yang dimilikinya.
  • Minimal usia pemohon adalah 21 tahun atau pernah menikah, dan maksimal 55 tahun (karyawan), serta 65 tahun (profesional, wirausaha, dan pensiunan).
  • Pemohon yang berprofesi sebagai karyawan maupun profesional wajib memiliki pengalaman di bidang yang sama minimal 3 tahun. Sedangkan bagi para pemohon yang berprofesi sebagai wirausaha harus memiliki pengalaman di bidang yang sama minimal 2 tahun.
  • Pemohon wajib membayar segala jenis biaya yang menjadi tanggung jawabnya sampai dengan kredit berakhir.
  • Minimal penghasilan pemohon adalah Rp. 7.000.000,00 untuk per bulannya.

Selain memiliki persyaratan pengajuan seperti yang ada di atas, kredit multiguna BJB juga memiliki beberapa persyaratan pada dokumen yang harus disiapkan, yaitu:

  • Formulir aplikasi
  • Fotokopi KTP, KK, dan NPWP
  • Surat pernyataan nasabah atas kredit konsumtif beragun properti yang akan diajukan
  • Slip gaji selama 3 bulan terakhir
  • Fotokopi rekening tabungan atau giro dalam periode 3 bulan terakhir
  • Dokumen agunan yang sesuai kebutuhan
  • Fotokopi sertifikat tanah objek agunan
  • Surat pemesanan rumah dari pihak pengembang atau surat penawaran properti dari pihak penjual

2. Cara Mengajukan Kredit Multiguna BJB

Setelah semua persyaratan yang ada di atas berhasil terpenuhi dengan baik, maka sekarang nasabah bisa langsung mengajukan jenis pinjaman ini. Pada dasarnya, kredit multiguna BJB bisa dilakukan dengan 2 cara yang berbeda, yaitu take over dan top up.

Untuk metode take over sendiri merupakan suatu metode pemindahan fasilitas kredit yang sejenis dari pihak bank lain, dan dilakukan dengan proses yang mudah serta berbagai benefit yang ada di dalamnya. Hal ini berbeda dengan metode top up pada jenis pinjaman ini.

Baca Juga  Tabel Angsuran Pinjaman KUR Bank Jateng & Syaratnya Terlengkap!

Untuk metode top up bisa dilakukan dengan menambahkan limit atas fasilitas multiguna yang telah berjalan. Produk ini bisa dimanfaatkan oleh beberapa orang yang membutuhkan limit besar. Lalu, bagaimana cara awal mengajukannya? Caranya adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi kantor cabang Bank BJB terdekat untuk mengajukan kredit multiguna yang ditawarkan bank tersebut.
  • Kemudian, petugas akan memberikan penjelasan mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku dalam jenis pinjaman tersebut. Pahami setiap poin yang ada dalam penjelasannya.
  • Pilih jenis pinjaman kredit multiguna BJB, dan serahkan semua dokumen yang menjadi persyaratan pada proses pengajuan pinjaman tersebut.
  • Pastikan BI Checking SLIK OJK bersih, agar petugas bisa lebih yakin untuk menyetujui proses pengajuan pinjaman ini.
  • Pastikan minimal penghasilan sudah memenuhi syarat yang ada, dan buktikan dengan menyerahkan bukti slip gaji selama 3 bulan terakhir.
  • Cek suku bunga dan biaya kredit yang ditawarkan oleh Bank BJB, lalu hitung plafon pinjaman yang akan diajukan.
  • Tentukan tenor atau jangka waktu pinjaman yang sesuai dengan kemampuan finansial nasabah. Untuk lebih mudahnya, lakukan simulasi kredit yang diberikan oleh pihak petugas.
  • Persiapkan jaminan kredit dengan baik. Nantinya, nilai jaminan ini dapat menentukan besarnya nilai kredit yang akan disetujui.
  • Setelah itu, nasabah bisa kembali ke rumah untuk menunggu kabar konfirmasi dari pihak Bank BJB. Biasanya, proses ini memakan waktu 2-3 hari kerja. Jika pinjaman memang disetujui, nasabah akan langsung dihubungi oleh pihak bank.

4 Jenis Pinjaman Bank BJB yang Tidak Kalah Menguntungkan

Selain kredit multiguna Bank BJB, perusahaan perbankan yang satu ini juga menyediakan beberapa jenis pinjaman lainnya. Setiap produk pinjaman ini akan memiliki sejumlah keunggulannya masing-masing. Jadi, kenali keunggulannya satu per satu:

Baca Juga  Yuk Baca Review Bank Jago Ini Sebelum Menggunakannya

1. BJB Kredit Guna Bhakti

Produk pinjaman Bank BJB yang satu ini hanya bisa dinikmati oleh para nasabah yang berpenghasilan tetap. Selain itu, persyaratan lain untuk BJB Kredit Guna Bhakti adalah penghasilan yang dimiliki nasabah telah atau belum disalurkan melalui bank.

Nantinya, kredit ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif multiguna dengan 3 pola yang berbeda. BJB Kredit Guna Bhakti akan tersedia dalam jangka waktu yang cukup panjang. Maksimal jangka waktu pinjaman ini adalah 25 tahun.

2. BJB Kredit Mikro Utama

Bisa dilihat dari namanya langsung, BJB Kredit Mikro Utama adalah fasilitas pinjaman yang dikhususkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia. Plafon pinjaman ini bisa mencapai Rp. 500.000.000,00, sehingga dana ini bisa dijadikan sebagai modal usaha.

3. Kredit Usaha Rakyat

Keunggulan paling utama dari jenis pinjaman BJB yang satu ini adalah suku bunga yang ringan dan proses pengajuannya yang cepat. Tidak hanya itu, produk pinjaman ini juga tidak dilengkapi dengan biaya provisi yang dapat menjadi beban finansial bagi para nasabah yang mengajukannya.

4. BJB Kredit Usaha Kecil Menengah

Produk pinjaman yang satu ini akan dikhususkan untuk para pelaku UMKM, baik perorangan maupun badan usaha yang telah berpengalaman dalam bidangnya selama minimal 3 tahun. Plafon pinjamannya pun lebih tinggi dibanding plafon pinjaman sebelumnya.

Plafon pinjaman BJB ini bisa mencapai Rp. 500.000.000,00 – Rp. 2.000.000.000,00. Dengan plafon pinjaman yang cukup tinggi ini, suku bunganya tergolong cukup rendah.

Sama halnya seperti kredit multiguna Bank BJB, kami juga menyediakan jenis pinjaman menguntungkan bagi para pelaku usaha di Indonesia. Gadaikendaraan.com menawarkan produk pinjaman terbaik dengan proses yang cepat dan jangka waktu yang lama.

Related Posts