Home Produk Keuangan Kredit Multiguna BRI: Syarat & Cara Mengajukannya (Lengkap)!
kredit multiguna mandiri

Kredit Multiguna BRI: Syarat & Cara Mengajukannya (Lengkap)!

by Titis NP

Sama halnya seperti perusahaan perbankan lainnya, BRI juga menyediakan produk pinjaman yang bisa diakses oleh nasabah maupun masyarakat umum. Jenis pinjaman ini sering disebut dengan nama kredit multiguna BRI. Sudah ada banyak orang yang mengenal produk pinjaman ini dengan baik.

Sebagai salah satu bank di Indonesia yang memiliki jaringan terluas, BRI menawarkan pinjaman multiguna yang sangat bermanfaat. Dalam hal ini, jenis pinjaman multiguna BRI dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif maupun produktif bagi para nasabahnya.

Salah satu keunggulan yang dimiliki jenis pinjaman ini adalah syarat dan cara mengajukannya yang sangat mudah. Proses pengajuan kredit multiguna BRI ini tergolong cukup cepat, sehingga para nasabah bisa langsung menggunakan pinjaman tersebut untuk kebutuhannya masing-masing.

Syarat dan Cara Mengajukan Kredit Multiguna BRI

BRI sering dikenal sebagai perusahaan perbankan yang selalu menyediakan solusi terbaik dalam mengatasi segala jenis permasalahan keuangan. Maka dari itu, sudah menjadi hal yang wajar jika BRI selalu dicari oleh orang-orang yang sedang membutuhkan pinjaman untuk memenuhi kebutuhannya.

Salah satu jenis pinjaman yang disediakan oleh BRI adalah kredit multiguna. Jenis pinjaman ini sudah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia. Bagi para nasabah yang ingin mengajukan jenis pinjaman ini, perhatikan informasi tentang syarat dan cara pengajuannya berikut ini:

1. Syarat Kredit Multiguna BRI

Beberapa persyaratan ini harus dipenuhi oleh setiap nasabah yang ingin mengajukan kredit multiguna BRI. Oleh karena itu, para nasabah perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi tersebut. Berikut adalah beberapa persyaratan untuk mengajukan pinjaman multiguna BRI:

  • Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Warga Negara Asing (WNA), dan penduduk tetap Indonesia
  • Minimal usia pihak pemohon adalah 21 tahun dan maksimal 60 tahun
  • Nasabah memiliki status pekerjaan sebagai wiraswasta, profesional, maupun karyawan
  • Minimal penghasilan nasabah adalah Rp. 3.000.000,00 per bulan
  • Minimal pengalaman usaha yang dimiliki nasabah adalah 1 tahun
  • Nasabah mengisi formulir pengajuan kredit secara lengkap dan benar
  • Nasabah menyiapkan fotokopi KTP, KK, NPWP, akta nikah (bagi yang sudah menikah), atau pun surat cerai
  • Para nasabah yang berprofesi sebagai wiraswasta dan profesional wajib memberikan surat legalitas dari usahanya
  • Nasabah menyiapkan fotokopi sertifikat hak milik, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), atau Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Nasabah menyiapkan fotokopi tabungan BRI dengan atas nama pemohon pinjaman itu sendiri
  • Nasabah menyerahkan slip gaji terakhir yang asli (bagi nasabah yang berprofesi sebagai karyawan)
  • Nasabah menyerahkan surat rekomendasi dari atasan yang ditandatangani secara resmi (bagi nasabah yang berprofesi sebagai karyawan)
  • Nasabah menyiapkan fotokopi rekening koran terakhir (bagi nasabah yang berprofesi sebagai karyawan)
  • Nasabah menyerahkan SK pengangkatan pertama dan terakhir yang asli (bagi nasabah yang berprofesi sebagai karyawan)
Baca Juga  6 Cara Cek Angsuran FIF Online dan Tagihannya (Lengkap!)

2. Cara Pengajuan Kredit Multiguna BRI

Setelah semua persyaratan yang ada di atas sudah dipenuhi, nasabah bisa langsung mengajukan pinjaman ini dengan mendatangi langsung kantor cabang BRI yang paling terdekat. Sebab, proses pengajuan pinjaman ini hanya bisa dilakukan secara langsung di kantor pusat atau cabang BRI.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengajukan kredit multiguna BRI yang menguntungkan:

  • Kunjungi kantor pusat atau cabang BRI yang paling terdekat, lalu ambil nomor antrian di meja customer service BRI.
  • Kemudian, tunggu sampai nomor antrian tersebut dipanggil. Jika nomor antrian sudah dipanggil, nasabah akan dipertemukan dengan petugas dan nasabah bisa menyampaikan tujuannya.
  • Setelah nasabah menyampaikan tujuannya untuk mengajukan pinjaman multiguna ini, petugas akan menjelaskan terlebih dahulu tentang produk pinjaman tersebut secara rinci. Petugas akan menjelaskan tentang suku bunga, keuntungan, fasilitas, dan persyaratan dari pinjaman tersebut.
  • Jika nasabah sudah memahami semua penjelasan tersebut dengan baik, nasabah bisa langsung mengisi formulir pengajuan yang diberikan oleh pihak petugas BRI. Pastikan semua data dalam formulir tersebut diisi dengan benar.
  • Setelah semua data sudah terisi dengan benar dan lengkap, serahkan formulir tersebut ke pihak petugas. Jangan lupa untuk menyerahkan syarat dokumennya juga.
  • Kemudian, petugas akan mengevaluasi isi dari formulir tersebut terlebih dahulu. Dalam hal ini, nasabah bisa menunggu informasi mengenai proses pengajuan pinjaman tersebut dari rumah.
  • Apabila proses pengajuan pinjaman multiguna BRI berhasil diterima oleh pihak bank, maka nasabah akan menerima telepon dalam beberapa hari ke depan.
  • Jika memang diwajibkan, nasabah harus datang ke kantor cabang lagi untuk menandatangani kontrak serta melakukan proses pencairan dana pinjaman.
Baca Juga  Tabel Angsuran Gadai BPKB Motor di Bank BRI Terlengkap!

Keuntungan Mengajukan Kredit Multiguna BRI

Salah satu alasan mengapa jenis pinjaman ini semakin sering dipilih oleh masyarakat Indonesia adalah, karena pinjaman multiguna BRI memiliki beragam keunggulan yang bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi para nasabah yang mengajukannya.

Agar para nasabah bisa semakin yakin untuk menggunakan jenis pinjaman ini, berikut kami sampaikan beberapa keunggulannya:

1. Taksiran Limit yang Diberikan Besar dan Fleksibel

Keunggulan utama dari pinjaman multiguna BRI yang bisa menjadi keuntungan bagi para nasabah yang mengajukannya adalah taksiran limit yang besar dan fleksibel. Taksiran limit pinjaman ini bisa disesuaikan dengan nilai barang atau properti yang akan diagunkan.

Jadi, saran bagi para nasabah yang ingin mendapatkan limit pinjaman besar adalah dengan menggunakan tanah atau bangunan sebagai jaminan. Sebab, nilai pinjaman tanah dan bangunan bisa dimulai dari angka Rp. 100.000.000,00 – Rp. 2.000.000.000,00.

Tidak hanya itu, bagi para nasabah yang mengajukan pinjaman ini dengan menggunakan sertifikat tanah dan bangunan yang asli, mereka juga bisa secara bebas menentukan nominal pinjaman yang sesuai kebutuhannya.

Tentunya keuntungan ini diberikan dengan persyaratan tertentu, yaitu tidak lebih besar dari harga tanah atau bangunan yang diagunkan.

2. Jangka Waktu Pinjaman yang Panjang

Selain memiliki limit pinjaman yang besar dan fleksibel, keunggulan lain dari jenis kredit BRI ini adalah jangka waktunya yang tergolong panjang. Jangka waktu pinjaman yang diberikan BRI kepada para nasabahnya adalah maksimal 15 tahun.

Baca Juga  Tabel Pinjaman Kredivo & Cara Pengajuannya Terlengkap (2022)

Dengan jangka waktu yang tergolong panjang seperti ini, membuat para nasabah bisa lebih mudah untuk membayar angsurannya. Dengan begitu, nasabah juga bisa lebih mudah untuk mengatur flow keuangan bulanan mereka.

3. Biaya dan Suku Bunga yang Rendah

Ketika seseorang hendak mengajukan jenis pinjaman tertentu, suku bunga akan menjadi faktor terpenting yang harus diperhatikan. Sementara untuk suku bunga pinjaman multiguna BRI sendiri tergolong cukup rendah, yaitu dimulai dari angka 9,50% – 10%.

Selain memiliki suku bunga yang rendah, jenis pinjaman ini juga memiliki biaya pinjaman yang murah yakni 0,1% untuk biaya administrasinya dan 1% untuk biaya provisinya. Biasanya, persentase biaya pinjaman ini akan disesuaikan dengan limit kredit dari masing-masing nasabah yang mengajukannya.

Serupa dengan kredit multiguna BRI, jenis pinjaman yang ditawarkan gadaikendaraan.com juga patut untuk dipertimbangkan. Perusahaan ini siap membantu para pelaku usaha untuk memenuhi kebutuhan modal usahanya yang kurang dengan baik dan mudah.

Related Posts