Home Leasing Kredit Multiguna Mandiri: Syarat & Cara Mengajukannya (Lengkap)!
kredit multiguna mandiri

Kredit Multiguna Mandiri: Syarat & Cara Mengajukannya (Lengkap)!

by Titis NP

Untuk berbagai keperluan yang sifatnya konsumtif, Bank Mandiri sudah produk pembiayaan yang disebut dengan Kredit Multiguna Mandiri. Kredit ini bisa diajukan oleh nasabah Bank Mandiri yang berprofesi sebagai pegawai tetap maupun pegawai kontrak dan wiraswasta atau profesional.

Tentunya untuk bisa mengajukan pinjaman Multiguna Mandiri, nasabah tersebut harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan, baik persyaratan secara umum maupun persyaratan dokumen. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai produk Bank Mandiri yang satu ini adalah sebagai berikut.

Pengertian dan Fitur Kredit Multiguna Mandiri

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Kredit Multiguna atau KMG ialah fasilitas kredit yang dapat dimanfaatkan untuk membiayai sejumlah keperluan konsumtif. Bisa dikatakan bahwa produk ini adalah salah satu solusi terbaik untuk pembiayaan dengan suku bunga bersaing, tenor panjang dan limit besar.

Tentu saja produk ini mengharuskan pemohon untuk memiliki jaminan. Jaminan yang dimaksud bisa berupa rumah susun hunian atau apartemen, rumah kantor atau rukan, rumah toko atau ruko, maupun rumah tinggal. 

Mengenai kredit multiguna ini sendiri, Bank Mandiri juga menghadirkan dua fitur utama, yakni Take Over dan Top Up. Apa perbedaan kedua fitur tersebut? Ini jawabannya.

1. Take Over

Ini adalah fitur yang menjadi pemindahan untuk fasilitas kredit sejenis dari bank yang lainnya. Dengan kata lain, Mandiri KPR Multiguna Take Over merupakan pembiayaan kredit yang awalnya dari KPR bank lainnya dengan kata lain pengambilalihan.

Limit maksimum untuk fitur ini besarnya sama dengan outstanding atau sisa pinjaman terakhir pada bank lain yang dimaksud ataupun limit yang baru setelah disesuaikan dengan perhitungan bank.

Baca Juga  Leasing Syariah: Pengertian, Mekanisme dan Daftarnya (Lengkap)!

Dengan begini, kalau ternyata jumlah limit nanti lebih besar dari outstanding yang terakhir di bank asal, dana tersebut bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya. Proses take over ini sangat mudah dan prosesnya juga cukup cepat.

2. Top Up

Fitur Top Up ialah fitur penambahan limit kredit atas fasilitas multiguna yang sudah berjalan sebelumnya. Namun, fitur ini ada ketentuannya. Yakni, kredit sudah berjalan setidaknya satu tahun dan status pembayaran angsuran atau kolektibilitas berlangsung dengan lancar setidaknya enam bulan terakhir.

Dengan adanya fitur ini, pemohon bisa menggunakan dana pinjaman untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang lainnya. Fitur ini memiliki suku bunga yang kompetitif dan prosesnya juga cukup cepat. Dengan fitur ini pula, pemohon bisa mendapat pinjaman yang tenornya bisa mencapai 10 tahun.

Tenor pinjaman ini bisa ditentukan sesuai dengan kebutuhan pemohon sendiri. Terkait dengan hal ini, tentunya pemohon tersebut harus tahu dulu detail jumlah angsuran yang harus dibayar setiap bulannya sampai masa tenor selesai.

Syarat Mengajukan Kredit Multiguna Mandiri

1. Syarat Umum

Syarat umum yang harus dipenuhi saat akan mengajukan kredit yang dimaksud ini hanya ada tiga, antara lain:

  • Yang bersangkutan harus merupakan Warga Negara Indonesia yang juga berdomisili di Indonesia.
  • Usianya sudah mencapai 21 tahun minimal dan maksimal 55 tahun untuk pegawai, serta 60 tahun untuk pengusaha/profesional pada masa kredit yang sudah berakhir.
  • Mempunyai pekerjaan serta penghasilan yang tetap dengan nominal gaji Rp5.000.000 per bulan dengan masa usaha atau masa kerja minimal 1 tahun untuk pegawai dan 2 tahun untuk profesional/wiraswasta.

 

2. Syarat Dokumen

Sedangkan untuk syarat dokumen ini cukup beragam yang meliputi 8 macam sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP pemohon kredit beserta pasangannya
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Surat Nikah bagi yang sudah menikah atau Surat Cerai bagi yang sudah bercerai
  • Fotokopi NPWP Pribadi atau SPT Tahunan PPh
  • Fotokopi Rekening Koran atau tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Fotokopi Surat Keterangan Penghasilan atau slip gaji serta surat keterangan jabatan
  • Fotokopi dokumen kepemilikan agunan yang berupa sertifikat, yaitu Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) atau Sertifikat Hak Milik (SHM), IMB dan PBB
  • Fotokopi izin praktek profesi
  • Fotokopi Akte Pendirian Perusahaan serta yang berhubungan dengan izin-izin usaha
  • Fotokopi neraca laba rugi atau informasi keuangan terakhir
  • Aplikasi kredit yang asli yang sudah diisi dengan data-data yang lengkap serta benar
Baca Juga  Pluang VS Bibit : Investasi Mana yang Cocok bagi Pemula?

Cara Mengajukan Kredit Multiguna Mandiri

Cara mengajukan kredit multiguna ini sebenarnya sangat mudah. Asalkan semua persyaratan sudah disiapkan, selanjutnya hanya perlu melalui empat tahap dalam poin-poin berikut ini:

  • Siapkan berbagai persyaratan yang sudah disebutkan sebelumnya.
  • Kalau dokumen sudah siap, kunjungi kantor Bank Mandiri terdekat. Jangan lupa untuk membawa semua persyaratan yang dimaksud.
  • Sampaikan keperluan pada petugas di sana dan nantinya calon debitur akan diberi formulir pengajuan. Formulir ini harus diisi dengan data yang benar dan juga lengkap. Jangan sungkan untuk bertanya pada petugas kalau memang ada yang tidak dipahami.
  • Jika sudah, serahkan kembali formulir pengajuan tadi pada petugas agar bisa segera diproses dan tunggu pemberitahuan dari petugas selanjutnya.

Setelah melalui keempat tahap di atas, biasanya calon debitur akan diminta untuk menunggu sampai perwakilan dari bank melakukan survey langsung ke rumah/tempat usaha calon debitur. Setelah kunjungan dilakukan, beberapa saat setelahnya bank akan memberikan kabar apakah pengajuan diterima atau justru ditolak.

Kalau pengajuan diterima, calon debitur tentu akan diminta untuk datang langsung ke kantor Bank Mandiri. Tujuannya adalah untuk melakukan proses penandatanganan sesuai kontrak kredit sekaligus pencairan dana.

Keunggulan Kredit Multiguna Mandiri dan Suku Bunganya

Kebutuhan dana dalam jumlah besar untuk berbagai keperluan seringkali sifatnya mendadak. Untuk yang menghadapi kondisi seperti ini, bisa mengajukan Kredit Multiguna Mandiri sebagai salah satu jalan keluarnya.

Baca Juga  10 Keunggulan Mengandalkan Pinjaman tanpa Bunga

Bank Mandiri memang sudah terkenal sebagai salah satu bank yang plafon produk pembiayaannya besar dengan suku bunga bersaing. Khusus mengenai KMG Mandiri ini sendiri memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

  • Tenor angsuran yang mencapai 15 tahun untuk pegawai, 7 tahun untuk wiraswasta, serta 10 tahun untuk profesional.
  • Limit pinjaman yang besar yang mencapai Rp10 milyar untuk profesional dan pegawai. Sementara untuk wiraswasta, limit maksimalnya hanya Rp200 juta.
  • Suku bunga yang ditawarkan sangat kompetitif yang dimulai dari 6.99% tetap untuk 3 tahun pertama dengan tenor angsuran setidaknya 12 tahun.

Khusus mengenai suku bunga ini sendiri, Bank Mandiri sudah membaginya sesuai dengan tenor angsuran. Namun, suku bunga yang berlaku untuk seluruh tenor adalah suku bunga floating dengan rincian sebagai berikut:

  • Alt. 4 = 10.99% p.a (per annum atau per tahun) fixed 10 tahun, berlaku khusus untuk employee atau pegawai dengan tenor minimum 10 tahun
  • Alt. 3 = 9.99% p.a (per annum atau per tahun) fixed 3 tahun pertama dan minimum masa tenornya selama 5 tahun sehingga untuk dua tahun selanjutnya berlaku suku bunga floating
  • Alt. 2 = 9.50% p.a (per annum atau per tahun) fixed 1 tahun pertama dan minimum masa tenornya selama 3 tahun sehingga untuk dua tahun selanjutnya berlaku suku bunga floating
  • Alt. 1 = 9,25% p.a (per annum atau per tahun) fixed 3 tahun pertama dengan minimum masa tenornya selama 8 tahun, sehingga untuk 5 tahun selanjutnya berlaku suku bunga floating.

 

Cara lain dapat pinjaman cepat dan aman bisa melalui gadaikendaraan.com. Setiap kegiatan yang berlangsung sudah diawasi oleh OJK dan prosesnya dijamin cepat. Tentu lebih tenang mengajukan pinjaman dan melakukan transaksi. Dana bisa dipakai untuk berbagai hal sesuai dengan kebutuhan. 

Related Posts