Home KPR Mengenal Kredit Multiguna Lebih Dalam Beserta Syaratnya

Mengenal Kredit Multiguna Lebih Dalam Beserta Syaratnya

by Titis NP

Produk kredit multiguna kerap menjadi pilihan masyarakat khususnya yang sedang membutuhkan pinjaman mendesak dalam jumlah besar. Kredit ini termasuk secured loans sehingga mensyaratkan adanya jaminan yang dapat berupa sertifikat tanah, sertifikat rumah atau kendaraan bermotor.  

Pengertian Kredit Multiguna 

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), definisi kredit multiguna adalah penyediaan sejumlah uang oleh kreditur untuk debitur yang nantinya digunakan untuk keperluan konsumsi dalam jangka waktu yang sudah disepakati bersama. 

Umumnya, pembiayaan multiguna memang termasuk kredit konsumtif karena digunakan untuk memenuhi kebutuhan debitur. Namun, beberapa dari mereka ada yang memanfaatkan produk multiguna untuk keperluan produksi, misalnya modal usaha atau peningkatan bisnis. 

Selanjutnya, pengertian kredit multiguna juga merujuk pada produk perbankan yang mengharuskan debitur untuk menyerahkan jaminan bersifat kebendaan sebagai tanggungan atas dana pinjaman yang diterima. 

Semakin tinggi nilai barang jaminan yang dititipkan, maka akan semakin besar dana pinjaman yang bisa cair ke rekening debitur. 

Baca Juga : Penting, Begini Rumus Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank

Kelebihan dan Kekurangan Kredit Multiguna 

Berikut kelebihan serta kekurangan ketika mengajukan pinjaman multiguna ke lembaga perbankan maupun multifinance: 

Kelebihan

  • Dapat membiayai berbagai kebutuhan, baik konsumtif maupun produktif;
  • Limit pinjaman yang bisa mencapai miliaran, asalkan nilai jaminan yang diberikan setara dengan tingginya jumlah pinjaman;
  • Jangka waktu pelunasan cicilan sangat lama, bisa lebih dari 10 tahun.

Kekurangan

  • Wajib memiliki aset yang menjanjikan dan nilainya setara dengan jumlah pinjaman yang diajukan; 
  • Harus menambah jumlah aset agar nilainya mencukupi untuk mendapatkan sejumlah pinjaman yang dibutuhkan;
  • Risiko yang ditanggung sangat besar. Sebab, sekali gagal mengembalikan pinjaman maka semua aset sebagai jaminan akan disita oleh pihak kreditur. 

banner modal usaha gadai kendaraan

4 Jenis Kredit Multiguna

Pinjaman multiguna dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan finansial dalam hidup, misalnya biaya pendidikan anak, pengobatan, pembelian rumah atau pengembangan usaha. 

Baca Juga  Contoh Surat Keterangan BPKB Masih di Leasing (Lengkap)!

Berikut jenis dari produk pinjaman multiguna yang dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan: 

1. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

KPR merupakan produk pembiayaan rumah yang menawarkan solusi mudah bagi keluarga yang ingin membangun rumah dari nol atau hanya merenovasi. 

Skema dari house financing ini adalah pihak bank atau lembaga sekunder lain memberikan sejumlah uang untuk memperbaiki atau membangun rumah. Setelahnya, nasabah berkewajiban untuk mengangsur dalam tenor yang sudah ditentukan hingga pinjaman lunas. 

KPR termasuk dalam jenis kredit multiguna agunan rumah. Artinya, hak kepemilikan rumah akan otomatis berpindah ke pihak bank apabila nasabah terbukti gagal melunasi pinjaman sesuai perjanjian di awal. 

Dalam KPR, ada 6 biaya yang harus menjadi pertimbangan para nasabah sebelum benar-benar mengambil produk perbankan tersebut, yakni: 

  • Uang muka yang sesuai aturan BI besarannya antara 20% – 10% tergantung dari tipe rumah. Misalnya DP sebesar 15% untuk rumah di atas tipe 70 dan DP 10% untuk rumah tipe 21 sampai 70; 
  • Jumlah kredit pokok yang tenornya bisa lebih dari 10 tahun;
  • Biaya provisi atau administrasi yang umumnya berjumlah 1% dari pokok kredit;
  • Biaya balik nama dan biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP); 
  • Biaya pajak pembelian properti;
  • Biaya bunga pinjaman (sliding rate atau flat rate). 

Baca Juga : 6 Tips Membeli Rumah KPR agar Tidak Tertipu Developer Nakal

2. Kredit Usaha 

Jenis pinjaman multiguna selanjutnya adalah kredit usaha. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan finansial nasabah dalam mendirikan usaha atau mengembangkan usaha yang sudah dimulai selama beberapa waktu. 

Secara lebih spesifik, apa saja hal yang dibiayai oleh kredit usaha ini? Ada 2 yaitu: 

  1. Keperluan modal yakni pinjaman yang digunakan oleh debitur untuk menambah modal bisnis atau menutup piutang dagang. Umumnya, tenor pinjaman relatif pendek yakni kurang dari 5 tahun; 
  2. Keperluan investasi yakni kredit yang digunakan oleh debitur untuk tujuan investasi jangka panjang. Contohnya pembangunan kios, pembelian ruko atau pembelian alat produksi. Tenor yang umumnya ditawarkan bisa lebih dari 5 tahun. 
Baca Juga  Kredit Investasi: Pengertian, Contoh dan Cara Pengajuannya!

Uang pinjaman yang didapat melalui kredit usaha memang dimanfaatkan untuk peningkatan bisnis nasabah sehingga kredit usaha bersifat produktif. 

Lalu, berupa apa jaminannya? Peminjam bebas menentukan sendiri jenis barang yang dijadikan agunan. Syaratnya hanya satu yakni nilai jaminan dilarang melebihi nilai pinjaman. 

Misalnya, properti yang dijadikan jaminan adalah tanah bernilai sekitar 200 juta rupiah. Konsekuensinya, nilai pinjaman harus kurang dari nilai jaminan tersebut. 

Baca Juga : 10+ Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya, Langsung Cair!

3. Kredit Kepemilikan Kendaraan 

Siapapun yang memiliki dana terbatas namun membutuhkan kendaraan maka dapat memanfaatkan kredit kepemilikan kendaraan. 

Kredit kendaraan bermotor merupakan kredit multiguna  dengan jaminan BPKB motor atau mobil. Dana pinjaman dapat digunakan oleh debitur untuk membeli kendaraan baru maupun bekas. 

Skemanya sederhana, peminjam harus mengangsur pokok kredit hingga lunas dalam jangka waktu yang disetujui kedua belah pihak. 

BPKB yang menjadi jaminan akan diserahkan setelah debitur berhasil melunasi kredit. Denda akan dikenakan apabila terlambat mengangsur dan motor akan disita jika tidak sanggup melunasi utang. 

Baca Juga : Tabel Angsuran Gadai BPKB Mobil Terbaru dan Terlengkap

4. Kreasi Multi Guna dan Krasida

Adapun jenis keempat adalah Kreasi Multi Guna yang merupakan produk dari Pegadaian. Kreasi Multi Guna mensyaratkan BPKB kendaraan, motor atau mobil, sebagai jaminan. 

Uang yang dipinjamkan ke nasabah umumnya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif, bukan produktif. Tenor yang ditawarkan mulai dari 12, 18, 24 atau 36 bulan dengan nilai pinjaman hingga 100 juta rupiah. 

Produk lain dari Pegadaian yaitu Krasida alias kredit gadai sistem angsuran. Kredit ini diberikan bagi nasabah untuk memenuhi kebutuhan konsumtif maupun produktif. 

Barang yang dijadikan jaminan adalah emas dengan besaran pinjaman hingga 250 juta rupiah. Jangka waktu yang disediakan yakni 6, 12, 24 atau 36 bulan. 

Baca Juga  Tabel Angsuran Gadai BPKB Motor di Bank BRI Terlengkap!

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Bank di Indonesia dan Berbagai Fungsinya!

Persyaratan Umum untuk Mengajukan Kredit

Lembaga perbankan maupun lembaga multifinance memiliki persyaratan khusus bagi nasabah yang mengajukan kredit. Maka, penting untuk memplejarai terlebih dahulu seluk beluk produk pinjaman multiguna di lembaga keuangan tertentu sebelum memutuskan. 

Namun, ada persyaratan umum kredit multiguna yang diminta oleh setiap lembaga perbankan atau multifinance. Persyaratan tersebut meliputi: 

  • Usia peminjam harus di atas 21 tahun yang dibuktikan dengan kartu identitas diri seperti KTP;
  • Peminjam harus memiliki pendapatan rutin setiap bulan yang dibuktikan dengan slip gaji atau keterangan penghasilan;
  • Peminjam harus berusia di bawah 60 tahun pada saat jangka waktu pelunasan kredit;
  • Peminjam memiliki barang bernilai yang layak dijadikan agunan. 

Baca Juga : 5 Syarat Kredit Mobil yang Wajib Diketahui Supaya Pinjamanmu Disetujui

Mengapa Harus Mengajukan Kredit ke Gadaikendaraan.com?

Salah satu tips mengajukan kredit adalah memilih lembaga keuangan yang terjamin dan aman. Adapun perusahaan pembiayaan penyedia kredit multiguna yang memenuhi kriteria tersebut dan recommended untuk dipilih adalah Gadaikendaraan.com. 

Keistimewaan yang ditawarkan kepada para nasabah yaitu:  

  1. Persyaratan mudah karena hanya menggunakan jaminan berupa BPKB motor atau mobil. Pihak atas nama perorangan maupun perusahaan dapat mengajukan permohonan kredit; 
  2. Proses pengajuan yang lebih singkat karena tim sangat responsif dan cepat dalam memberikan pelayanan; 
  3. Fitur simulasi gratis untuk memberikan gambaran biaya angsuran, dana pencairan dan tenor pinjaman;
  4. Surveyor resmi tersebar di berbagai daerah. 

Kredit multiguna merupakan produk pinjaman yang menguntungkan dari sisi limit pinjaman yang tinggi dan tenor yang sangat lama. 

Fasilitas pembiayaan ini mewajibkan adanya agunan dalam bentuk rumah, tanah, kendaraan bermotor, mesin pabrik dan benda berharga lain yang sesuai dengan ketentuan lembaga pemberi kredit. 

Baca Juga : 5 Perbedaan Kartu Debit dan Kredit Secara Umum yang Perlu Diketahui!

Usahakan untuk mengajukan jumlah pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan. Sebab, jumlah yang melebihi batas kebutuhan hanya akan menambah beban angsuran.

Related Posts