Home Investasi Mirae vs IPOT: Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?
mirae vs ipot

Mirae vs IPOT: Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

by Titis NP

Mirae vs IPOT, 2 perusahaan sekuritas ini beberapa waktu belakangan memang menjadi bahan pembicaraan. Seperti yang diketahui, ketika ingin melakukan investasi saham, investor harus melalui perantara perusahaan efek.

Hal ini membuat pembelian dan penjualan saham tidak dapat langsung dilakukan di Bursa Efek Indonesia. Bila dikutip dari laman OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, perusahaan efek merupakan pihak yang sudah mengantongi izin yang berasal dari OJK untuk melakukan kegiatan usaha.

Mengenal IPOT Indopremier

Untuk mengetahui jawaban Mirae vs IPOT, calon investor harus mengetahui terlebih dulu apa itu IPOT Indopremier. IPOT Indopremier merupakan supermarket keuangan. Hal ini disebabkan karena IPOT Indopremier memiliki sejumlah fitur jual beli reksadana, beli IPO, trading, dan lainnya.

IPOT Indopremier sudah mengantongi izin yang berasal dari OJK dan Badan Pengawas Pasar Modal. Sekuritas ini akan membantu konsumen melakukan investasi di pasar modal. Ada berbagai macam produk keuangan yang ditawarkan IPOT Indopremier.

Sejumlah produk keuangan yang ditawarkan IPOT Indopremier mulai dari jual beli saham, penjamin emisi saham IPO, penjualan obligasi, serta SBN Ritel hingga Supermarket Reksadana.

Kelebihan dan Kekurangan IPOT Indopremier

1. Kelebihan

Untuk menjawab pertanyaan perbandingan Mirae vs IPOT berikut sejumlah kelebihan yang dimiliki IPOT Indopremier dan harus diketahui, antara lain:

  • IPOT Indopremier Aman

Cukup banyak pertanyaan apakah Indopremier aman, bila melihat dari perizinan, tentu dapat dikatakan jika IPOT Indopremier aman digunakan. IPOT Indopremier merupakan broker sekuritas yang telah berizin OJK serta memiliki status sebagai anggota di BEI.

  • Pembukaan Rekening yang Mudah

IPOT Indopremier memiliki langkah pembukaan rekening saham yang mudah, seluruh prosesnya dapat dilakukan secara online, dan tidak membutuhkan proses tatap muka.

Baca Juga  8 Aplikasi Saham Syariah Terbaik Indonesia (Terdaftar di OJK)

Ketika ingin membuka rekening saham di IPOT Indopremier, nasabah hanya perlu mengisi data form serta mengupload dokumen. Nasabah tidak perlu pergi ke cabang untuk melakukan tanda tangan.

 

  • Tidak Memiliki Minimal Setoran

Bagi investor pemula, minimal setoran menjadi salah satu masalah yang sering dikemukakan. Perlu diketahui, dalam proses pembukaan rekening saham, IPOT Indopremier tidak memiliki minimal setoran. 

Tetapi, ketika akan melakukan kegiatan jual beli, nasabah harus melakukan setoran sesuai saham yang ingin dibeli.

 

  • Integrasi Reksadana

Bila nasabah memiliki dana yang menganggur di RDN saham, dana tersebut dapat diinvestasikan ke Reksadana agar bisa menghasilkan return yang jauh lebih baik dibanding dengan RDN tanpa bunga.

Selain itu, proses penarikan dana dari Reksadana juga sangat mudah dan cepat, ketika nasabah ingin membeli saham kembali.

 

  • Beli IPO Bisa Secara Online

IPOT Indopremier melayani e-IPO secara online dengan sangat mudah. Sistem ini terintegrasi dengan e-IPO yang dimiliki BEI sehingga pembukaan IPO dapat dilakukan di IPOT.

Nasabah tidak perlu khawatir karena IPOT Indopremier merupakan penjamin emisi dan sering melakukan IPO sehingga nasabah akan memperoleh informasi terkini yang berkaitan dengan IPO.

 

  • Adanya Fitur Robot Trading

IPOT Indopremier memiliki fasilitas robot trading. Robot trading ini akan membantu investor untuk melakukan otomasi proses penjualan dan pembelian saham sesuai skenario yang sudah dibuat.

Ketika menggunakan fitur robot trading, investor dapat mengatur, sehingga nantinya robot akan menjalankan perintah sesuai scenario dari analisa teknikal yang sudah dibuat, dan investor tidak perlu melakukan pemantauan harga saham.

Baca Juga  Cara Mudah Hitung Premi Asuransi Mobil

2. Kekurangan

Meskipun IPOT Indopremier memiliki sejumlah kelebihan, IPOT Indopremier juga memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan IPOT Indopremier, yaitu:

  • Banyak Aplikasi yang Terkesan Membingungkan

Dengan berjalannya waktu, IPOT Indopremier secara terus menerus mengembangkan aplikasi pembelian dan penjualan saham terbaru. Sayangnya, aplikasi legacy yang masih ada sehingga konsumen menjadi kebingungungan.

 

  • Kurangnya Pendekatan ke Anak Muda

IPOT Indopremier menggunakan pendekatan ke usia menengah serta tua. Inilah alasan mengapa IPOT Indopremier dianggap sebagai sebuah aplikasi yang serius oleh anak muda.

Mengenal Mirae Sekuritas

Untuk menjawab pertanyaan Mirae vs IPOT, calon investor juga harus mengenal Mirae Sekuritas. Mirae Sekuritas adalah perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar serta diawasi oleh OJK.

Mirae Sekuritas mempunyai rata-rata Modal Kerja Bersih Disesuaikan hingga mencapai Rp1.8 triliun, seperti yang diketahui, MKBD ini bisa menjadi bahan pertimbangan calon investor ketika ingin memilih broker saham.

Kelebihan dan Kekurangan Mirae Sekuritas

1. Kelebihan

Mirae Sekuritas memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Bila dari segi kelebihannya, berikut beberapa di antaranya:

  • Mirae Sekuritas Berizin Resmi

Mirae Sekuritas mungkin menjadi salah satu tajuk yang pernah di dengar karena banyak yang ingin tahu perusahaan ini. Mirae Sekuritas merupakan sekuritas terpercaya. 

Mirae Sekuritas telah mengantongi izin resmi yang berasal dari OJK serta menjadi Anggota Bursa di BEI. Adanya legalitas Mirae Sekuritas yang jelas, tentu saja sekuritas ini bukan penipu dan legit.

 

  • Dapat Membuka Akun Saham Secara Online

Mirae Sekuritas memiliki aplikasi online. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, nasabah dapat melakukan penjualan dan pembelian saham secara online. Selain itu, nasabah juga dapat mengelola trading serta investasi sahamnya.

Untuk pembukaan akun saham, seluruhnya bisa dilakukan secara online sehingga nasabah tidak perlu pergi ke kantor cabang untuk proses pembukaan rekening.

Baca Juga  5 Jenis Asuransi Mobil dan Manfaat Memilikinya

 

  • Banyak Pilihan Rekening RDN

Saat ini Mirae Sekuritas sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah bank untuk membuka RDN. Nasabah bisa mengajukan pembukaan di bank BCA, Permata, CIMB Niaga dan berbagai bank lain.

Tentu saja dengan banyaknya bank tersebut membuat nasabah menjadi semakin mudah membuka akun bank di sejumlah tempat.

 

  • Ada Berbagai Jenis Akun

Mirae Sekuritas mempunyai jenis akun yang bisa dipilih, mulai dari syariah, regular, margin, hingga day trade. Nasabah dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

 

  • Komisi Fee yang Bersaing

Besarnya fee transaksi yang harus dibayar oleh investor sekarang ini begitu bersaing. Mirae Sekuritas memberikan penawaran fee yang kompetitif pada semua perdagangan sekuritas.

2. Kekurangan

Meskipun memiliki kelebihan, Mirae Sekuritas juga mempunyai kekurangan, yaitu:

  • Adanya Bug di Aplikasi

Terdapat beberapa pengguna yang melaporkan jika Mirae Sekuritas masih terdapat bug dalam aplikasinya. Dalam pengembangan teknologi, bug ini sebenarnya masih terkesan wajar.

 

  • Aplikasi Terkesan Lambat

Tidak sedikit pengguna yang menuturkan jika Mirae Sekuritas cukup lambat serta sulit mengeksekusi pesanan. Padahal, pada bursa saham waktu detik adalah hal yang berharga.

Mirae vs IPOT

Dengan sejumlah kelebihan dan kekurangan tersebut, mana yang terbaik? Dapat dikatakan jika IPOT cukup unggul sebagai sebuah aplikasi sekuritas yang lengkap. Hal ini terlihat dari berbagai macam fitur yang ditawarkan.

Sedangkan, Mirae Sekuritas juga unggul karena memiliki desain aplikasi yang mudah. Selain itu, fiturnya juga cukup lengkap. Tetapi yang paling penting ialah dua broker saham tersebut aman serta kredibel karena sudah mengantongi izin resmi dari OJK.

 

Dengan hasil perbandingan Mirae vs IPOT di atas, keduanya sama-sama unggul dengan porsinya masing-masing. Selain dua perbandingan di atas, calon nasabah juga bisa mencari tahu kinerja serta rekam jejak dari website masing-masing, kemudian membandingkan sekuritas lainnya.

Related Posts