Home Bisnis Modal 300 Ribu Bisa Usaha Apa? Berikut 6 Ide Usahanya!
modal 300 ribu bisa usaha apa

Modal 300 Ribu Bisa Usaha Apa? Berikut 6 Ide Usahanya!

by Titis NP

Masa pandemi yang belum berakhir membuat banyak orang berpikir keras untuk mendapatkan penghasilan. Apalagi tidak sedikit yang menjadi korban PHK sehingga harus mencari alternatif lain untuk tetap memiliki pemasukan. Kalau punya modal 300 ribu bisa usaha apa?

Meskipun dari segi jumlahnya terbilang kecil, namun hal itu bukan berarti tidak bisa digunakan untuk memulai usaha. Asalkan ada kemauan dan tekad untuk bangkit, modal berapapun bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha.

5 Ide Usaha Modal 300 Ribu yang Menguntungkan

Dalam memulai sebuah usaha, modal awal yang sebenarnya sangat penting adalah niat untuk maju dan berkembang. Kalau sudah memiliki niat yang tinggi untuk maju maka berapapun modalnya tidak akan menjadi masalah. Berikut ini adalah 6 ide usaha dengan modal Rp300.000 yang bisa dicoba:

1. Usaha Jus Buah

Jika masih bingung punya modal 300 ribu bisa usaha apa, ide yang pertama yang bisa dicoba adalah usaha jus buah. Jenis usaha ini terlihat sangat sederhana, namun potensi keuntungannya cukup menggiurkan.

Dengan modal 300 ribu saja usaha jus buah sudah bisa dijalankan. Modal pertama yang harus dimiliki adalah blender. Tentunya akan lebih hemat jika sebelumnya sudah memiliki blender di rumah sehingga tidak perlu membeli blender untuk keperluan usaha.

Selain menyegarkan, jus buah juga dianggap sebagai minuman sehat sehingga target pasarnya sangat luas dan bisa untuk semua kalangan. Untuk memulai usaha ini, bisa dilakukan di depan rumah sehingga tidak perlu menyewa tempat.

Agar semakin menarik minat konsumen, sediakan pilihan buah yang cukup beragam sehingga konsumen semakin tertarik untuk membeli sesuai seleranya. Sementara untuk harga sebaiknya kompetitif.

Baca Juga  10 Usaha Rumahan yang Lagi Trend & Auto Cuan!

2. Usaha Es Buah

Bisnis modal 300 ribu selanjutnya masih berhubungan dengan buah, yaitu dengan memulai usaha es buah. Usaha ini juga bisa dibuka di depan rumah dengan target pasar masyarakat sekitar maupun orang umum yang lewat di depan rumah.

Agar usaha es buah semakin dikenal luas, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah kerjasama menjadi mitra layanan transportasi online. Saat ini memang marak bisnis penjualan makanan dan minuman dengan jasa pesan antar dari platform transportasi online.

Oleh karena itu, sebaiknya manfaatkan peluang bisnis tersebut dengan membuka gerai es buah di rumah. Selain itu, juga sekaligus menerima pesanan melalui ojek online maupun platform makanan online lainnya yang menyediakan jasa pengiriman.

Agar berbeda dari usaha es buah yang sudah ada, sebaiknya lakukan inovasi produk sehingga memiliki ciri khas tersendiri. Seperti misalnya memberikan toping yang beragam, mulai dari susu, choco chips, kismis, dan lain-lain.

3. Usaha Gorengan

Dengan modal 300 ribu bisa usaha apa? Bagaimana kalau membuka usaha aneka macam gorengan di pinggir jalan? Meskipun terlihat sepele, namun usaha yang satu ini tidak kalah menguntungkan dengan bisnis lainnya yang terlihat lebih bergengsi.

Apalagi jika gorengan yang dijual sangat laris dan banyak dicari oleh pembeli. Dari banyak informasi yang ada, omset jualan gorengan rupanya juga cukup “gurih” dan bahkan bisa dijadikan sumber pemasukan utama jika laris.

Agar semakin menarik minat pembeli, sebaiknya gorengan yang disediakan lengkap. Mulai dari yang bercita rasa gurih atau asin hingga manis. Contohnya tempe mendoan, bakwan, pisang goreng, tahu isi, tape goreng, singkong goreng, dan lain-lain.

Selera pembeli pasti berbeda-beda. Kalau produk gorengan yang dijual beraneka macam, maka hal itu akan membuat konsumen dengan selera yang berbeda akan tetap membeli sesuai selera masing-masing.

Baca Juga  12 Cara Cari Uang Tambahan di Masa Pandemi Tanpa Modal!

Selain menjual beraneka macam gorengan, pastikan kualitas gorengan yang dijual juga bagus. Termasuk dalam pengolahan dan tempat produksi yang bersih sehingga calon pembeli tidak ragu untuk membeli gorengan yang dijual.

4. Usaha Kue Basah

Kalau masih belum mantap membuka usaha gorengan, ide usaha lainnya yang bisa dicoba adalah menjual kue basah. Usaha ini bisa dijalankan terutama bagi yang memiliki keterampilan membuat aneka kue basah atau jajanan.

Usaha ini bisa dilakukan di rumah dengan cara menerima pesanan kue basah sesuai keinginan konsumen dan ketersediaan produk makanan yang dibuat. Selain itu, bisa juga membuat kue basah dan dititipkan ke pasar tradisional ataupun warung dekat rumah.

Jika ingin produk kue basah yang dibuat semakin dikenal luas, jangan ragu-ragu untuk bekerjasama dengan platform ojek online yang menyediakan jasa pengiriman makanan. Cara ini cukup efektif untuk memperluas pasar dan meningkatkan pemasukan.

5. Usaha Snack Kiloan

Modal 300 ribu bisa usaha apa? Selain kue basah dan jenis usaha lain yang telah dijelaskan sebelumnya, memulai bisnis snack kiloan juga tidak kalah menarik untuk dicoba. Hanya dengan modal kecil, usaha snack kiloan sudah bisa dijalankan.

Caranya adalah dengan membeli snack secara kiloan dan kemudian membaginya dalam ukuran kecil. Snack kiloan tersebut bisa dititipkan di warung-warung atau kantin sekolah, bahkan bisa juga dijual di depan rumah.

Meskipun dari segi keuntungannya terbilang kecil, namun jika perputarannya cepat akan tetap memberikan hasil yang besar. Apalagi jika dari modal tersebut terus bertambah dan bisa meningkatkan jumlah snack yang diedarkan di pasaran.

6. Usaha Reseller

Saat ini bisnis online memang sangat marak dan hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Pasalnya, untuk memulai usaha reseller ini modal yang diperlukan tidak terlalu banyak. Bahkan, hanya dengan modal 300 ribu saja usaha sudah bisa dijalankan.

Baca Juga  Modal Usaha Angkringan Menguntungkan Bagi Pemula (Cuan!)

Ada banyak penjual yang membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin menjadi reseller dengan syarat tertentu. Agar usaha yang dijalankan semakin berkembang, pastikan untuk melakukan promosi secara efektif baik di media sosial maupun platform lainnya.

Bahkan jika ingin memulai usaha tanpa modal, bisa juga dengan menjadi dropshipper untuk berbagai macam produk. Sama seperti reseller, saat ini juga banyak pelaku usaha yang membuka kesempatan bagi masyarakat yang tertarik untuk menjadi dropshipper.

Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mempromosikan produk dan mencatat pemesanan. Selanjutnya tinggal melakukan pembayaran dan pemesanan akan diproses oleh pemilik usaha hingga sampai kepada pemesan.

Tips Sukses Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Tidak perlu khawatir untuk memulai usaha meskipun dengan modal yang minim, karena kesuksesan yang besar pun bisa berasal dari modal yang kecil. Sebagai referensi, berikut ini adalah tips sukses memulai usaha dengan modal kecil yang bisa dicoba:

  • Sebelum memulai usaha, lakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan pasar agar usaha yang dijalankan bisa memenuhi target pasar.
  • Melakukan promosi secara efektif, baik secara online maupun offline agar usaha yang dijalankan semakin dikenal luas.
  • Fokus pada satu bisnis dan serius untuk mengembangkannya agar menjadi bisnis yang maju ke depannya.
  • Memberikan pelayanan yang ramah dengan produk berkualitas. Jika sudah laris, harus tetap konsisten dalam menjaga kualitas produk.

Sekarang tidak perlu bingung lagi, modal 300 ribu bisa usaha apa. Karena ada banyak peluang bisnis yang bisa dijalankan meskipun hanya dengan modal yang minim. Kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi?

Related Posts