Home Bisnis Modal Usaha Angkringan Menguntungkan Bagi Pemula (Cuan!)
modal usaha angkringan

Modal Usaha Angkringan Menguntungkan Bagi Pemula (Cuan!)

by Titis NP

Usaha angkringan adalah salah satu usaha kuliner yang menguntungkan. Di Jogja, angkringan dapat dijumpai di tiap sudut kota dan semuanya laku. Pengusaha kecil di kota lain juga memiliki peluang untuk meraih keuntungan ini. Tapi, berapa modal usaha angkringan yang dibutuhkan?

Modal ini tentu tergantung pada konsep angkringan dan banyak hal lainnya. Jenis usaha ini sejatinya adalah usaha kuliner sederhana, tapi bisa juga dibuat dalam konsep lebih modern. Selain harus mempersiapkan modal, pengusaha angkringan juga harus tau kiat sukses menjalani usaha ini.

Kiat Sukses Usaha Angkringan

Untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian, calon pengusaha angkringan perlu melakukan beberapa trik.

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi yang tepat menjadi salah satu kunci kesuksesan usaha angkringan. Beberapa contoh tempat strategis untuk usaha ini adalah area dekat kampus, sekolah, perkantoran, dan tempat wisata. Di area tersebut terdapat banyak orang yang akan tertarik jajan di angkringan.

2. Tentukan Konsep Angkringan

Angkringan yang memiliki konsep menarik pasti akan membawa keuntungan bagi pemiliknya. Angkringan dekat kampus atau tempat wisata sebaiknya memiliki konsep modern. Untuk menciptakan konsep ini, pengusaha perlu desain gerobak dan tempat makan yang modern.

Selain itu, pengusaha juga perlu menyediakan jaringan Wifi gratis dan live music di hari tertentu. Namun, angkringan dekat pemukiman sebaiknya memiliki konsep sederhana. 

Warga pemukiman umumnya cukup heterogen. Dengan demikian, konsep angkringan paling aman bagi target konsumen ini adalah angkringan sederhana.

Baca Juga  11+ Aplikasi Bisnis Online Terbaik yang Wajib Dimiliki Pebisnis Pemula

3. Lakukan Promosi

Promosi di media sosial, promosi dalam bentuk banner, dan tawaran khusus dapat mendongkrak jumlah pelanggan angkringan. Sehingga, pengusaha angkringan harus melakukan promosi secara berkala untuk menarik pelanggan.

4. Tawarkan Menu Spesial

Angkringan umumnya menawarkan nasi kucing, aneka gorengan, aneka sate, dan aneka minuman. Agar orang tertarik untuk mampir ke angkringan, pengusaha sebaiknya menawarkan satu atau dua menu special, contohnya roti bakar, wedang bajigur, dan ceker pedas.

5. Jaga Kebersihan 

Agar pelanggan nyaman makan di angkringan, pemilik usaha ini harus mampu menjaga kebersihan tempat, gerobak, makanan, dan peralatan makan. 

Perkiraan Modal Usaha Buka Angkringan

Modal yang diperlukan untuk membuka angkringan cukup bervariasi. Beberapa pengusaha mengaku bahwa mereka memerlukan modal awal sebesar kurang lebih 6 juta rupiah. Namun, ada juga yang mengaku memerlukan modal usaha angkringan sekitar 4 juta rupiah di awal pendiriannya.

Berikut ini rincian hal-hal yang diperlukan untuk membuka angkringan dan besarnya dana yang diperlukan untuk mendapatkannya.

1. Sewa Lahan

Lahan jualan angkringan biasanya di emper toko atau trotoar. Biaya sewa lahan ini sangat tergantung pada lokasi. Angkringan yang berada di area yang cukup luas dan di dekat keramaian umumnya lebih mahal.

Biaya yang yang diperlukan ini berkisar dari 500 ribu hingga 1 juta rupah per bulan. Beberapa pemilik lahan sudah memasukkan biaya air dan listrik ke dalam biaya sewa ini. Namun, ada juga yang belum.

2. Gerobak 

Harga gerobak angkringan sederhana mulai sekitar 2 juta rupiah. Harga gerobak angkringan dengan konsep modern atau Jepang mulai sekitar 3 juta rupiah. Untuk memangkas besarnya modal awal, calon pengusaha angkringan dapat membeli gerobak bekas yang masih layak.

3. Terpal

Angkringan umumnya membutuhkan terpal, namun, ada juga yang tidak memerlukannya karena angkringan tersebut berada di teras atau emper toko yang memiliki atap cukup memadai. Untuk kebutuhan terpal ini, pengusaha memerlukan uang kurang lebih 200 ribu. 

Baca Juga  10 Usaha Anak Muda Kreatif Tanpa Modal dan Menguntungkan

4. Peralatan Jualan

Peralatan jualan meliputi peralatan makan minum, nampan, kompor, tabung gas, peralatan masak, teko besar, termos es, dll. Untuk membeli peralatan ini, modal usaha angkringan yang dibutuhkan adalah sekitar 1,5 juta.

5. Meja, Kursi, Tikar

Besarnya kebutuhan meja, kursi, dan tikar ini tergantung pada konsep angkringan. Jika angkringan memiliki konsep lesehan, maka pengusaha akan memerlukan tikar dan meja lesehan. Untuk konsep ini, pengusaha perlu  dana sekitar 400 ribu rupiah.

Namun, jika konsepnya angkringan sederhana, maka hanya perlu kursi panjang. Untuk konsep ini, pengusaha hanya perlu dana sekitar 150 ribu. Tapi jika konsepnya modern, agak seperti kafe, maka biayanya lebih besar.

6. Bahan makanan

Modal yang diperlukan untuk bahan makanan ini tergantung banyaknya menu makanan yang dijual. Untuk membuat aneka sate, aneka gorengan, nasi kucing, dan aneka minuman, pengusaha angkringan memerlukan uang minimal 300 ribu per hari.

Jika semua kebutuhan tersebut dijumlahkan, modal usaha angkringan minimal adalah 4,7 juta. Pada hari-hari pertama jualan, dagangan umumnya belum laris. Sehingga pengusaha perlu memiliki modal tambahan untuk memenuhi biaya operasional dan bahan makanan selama beberapa hari ke depan.

Cara Cepat dan Aman Cari Modal Usaha Angkringan 

Bagi beberapa pengusaha kecil, mengumpulkan modal sebesar itu tentu saja terasa berat. Namun, minimnya modal bukanlah penghalang dalam membuka usaha angkringan. Pengusaha dapat memperoleh modal usaha dengan cepat dan aman di gadaikendaraan.com.

1. Mengenal Gadaikendaraan.com

Gadaikendaraan.com adalah penyedia pinjaman dengan agunan BPKB kendaraan, baik motor ataupun mobil. Penyedia jasa ini benar-benar aman dan dapat dipercaya. Sudah banyak masyarakat yang terbantu dengan adanya penyedia pinjaman ini.

Baca Juga  Cara Daftar Bantuan Modal Usaha UMKM Online dan Syaratnya (Lengkap!)

Tempat gadai online tersebut menawarkan pinjaman untuk masyarakat luas di berbagai wilayah. Baik pengusaha maupun perorangan dapat mengajukan pinjaman di sini dengan agunan BPKB kendaraan pribadi atau BPKB kendaraan kantor.

Gadaikendaraan.com bekerja sama dengan banyak perusahaan pembiayaan terpercaya di Indonesia. Sehingga, kredibilitas dan keamanannya benar terjaga.

2. Keunggulan Gadaikendaraan.com

Berbagai keunggulan ditawarkan oleh gadaikendaraan.com.

  • Proses Cepat – Customer tidak perlu menunggu lama untuk menerima dana pinjaman mereka. Hanya dalam waktu 24 jam, dana pinjaman akan dikirim ke rekening mereka.
  • Syarat Mudah – Syarat pinjaman di layanan pembiayaan ini tidak ribet. BPKB kendaraan yang dapat dijadikan agunan maksimal tahun 2005 dan boleh atas nama sendiri, orang lain, atau kantor.
  • Jaringan Luas – Di manapun calon customer berada mereka dapat menggadaikan BPKB kendaraan mereka ke tempat gadai online ini. Perwakilan tempat gadai online ini akan mendatangi calon customer untuk menjemput BPKB yang dijadikan jaminan.
  • Simulasi Gratis – Gadaikendaraan.com memberikan simulasi pinjaman secara gratis kepada customer. Sehingga, mereka dapat memilih plan yang paling tepat. 
  • Tanpa Potongan – Dana pinjaman yang dikirim ke customer tidak akan dipotong dengan biaya admin. Selain itu, angsuran pinjaman ini juga sudah termasuk asuransi.

3. Cara memperoleh Pinjaman

Untuk memperoleh pinjaman dari gadaikendaraan,com, calon customer dapat mengisi formulir pengajuan yang ada di situs resmi penyedia jaminan ini. Nantinya, pihak tempat gadai online tersebut akan menghubungi calon customer.

Untuk memastikan lancarnya proses pengajuan, calon customer sebaiknya mengisi data secara lengkap dan jelas.  Selain itu, persiapkan pula syarat-syarat pinjaman, contohnya fotokopi KTP, KK, STNK, rekening buku tabungan, dan BPKB.

Memulai usaha angkringan adalah alternatif usaha yang menguntungkan.  Modal usaha angkringan juga tidak terlalu besar sehingga hampir semua orang dapat memulainya. Kemudahan memulai usaha ini semakin terasa dengan adanya gadaikendaraan.com

Related Posts