Home Bisnis Cari Modal Usaha Gratis? Berikut Cara dan Tips Mendapatkannya!
modal usaha gratis

Cari Modal Usaha Gratis? Berikut Cara dan Tips Mendapatkannya!

by Titis NP

Siapa yang tidak menginginkan modal usaha gratis? Ada banyak orang yang ingin membuat usaha, namun terkendala dengan modal. Oleh karena itu, informasi mengenai cara mendapatkan modal usaha secara gratis pastinya akan sangat bermanfaat untuk banyak orang.

Mencari modal secara gratis memang bukanlah hal yang gampang. Dibutuhkan perjuangan untuk bisa mendapatkannya. Walaupun begitu, ada banyak cara yang bisa dicoba untuk memperoleh modal secara gratis.

Cara Mendapatkan Modal Gratis

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha gratis, yaitu:

1. Memperoleh Modal dari Pemerintah

Pemerintah sudah memiliki banyak program yang ditujukan untuk pendanaan masyarakat. Sasaran paling utama yaitu UMKM yang memiliki potensi besar untuk bisa berkembang. 

Lembaga yang menyediakan modal usaha juga ada banyak, seperti Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perdagangan, atau program PKBL. Beberapa waktu kemarin, pemerintah juga telah memberikan insentif untuk UMKM yang terkena dampak pandemi. 

Jumlah insentif yang diterima juga lumayan dan bisa dipakai untuk mengembangkan usaha kecil milik masyarakat. Untuk proses pengajuan, biasanya pebisnis akan diberi formulir serta diminta untuk mengisi data-data. 

Setelah pengisian data selesai, pihak yang berkepentingan akan berkunjung ke tempat untuk melakukan survei. Untuk memperbesar peluang supaya bisa mendapatkan pendanaan, semua hal pastinya harus dipersiapkan terlebih dahulu. 

Survei juga akan berpengaruh apakah proposal usaha disetujui atau tidak. Jika semua terlihat siap dan usaha dirasa meyakinkan, proposal tersebut akan lebih mudah untuk disetujui.

2. Modal Bisnis Startup dari BEKRAF

Badan Ekonomi Kreatif atau yang lebih dikenal sebagai BEKRAF merupakan Lembaga pemerintah non kementerian yang memiliki tugas untuk mengurus perekonomian kreatif di Negara Indonesia. Hal ini juga termasuk dalam perjalanan startup dan sektor ekonomi digital yang lainnya. 

Baca Juga  8 Cara Membuka Usaha Cafe Modal 5 Juta yang Menguntungkan

Tidak hanya itu, BEKRAF juga mempunyai program modal bisnis yang ditujukan kepada pemilik usaha kreatif. Jika usaha berada dalam bidang kreatif, misalnya ekonomi kreatif atau pembuatan aplikasi, maka bisa mengajukan proposal kepada BEKRAF supaya bisa mendapatkan modal gratis. 

Modal dari BEKRAF berbentuk insentif pemerintah atau yang lebih dikenal sebagai BIP. BIP merupakan skema pemberian bantuan dana berupa investasi aktiva tetap untuk para pegiat startup dan ekonomi kreatif. 

Jika tertarik atau sedang melakukan pengembangan usaha bidang ini, coba daftar menggunakan website resmi yaitu bekraf.go.id. Modal gratis ini termasuk sebagai bantuan pemerintah sehingga bukan penipuan dan dijamin terpercaya.

Baca Juga : Cara Daftar Bantuan Modal Usaha UMKM Online dan Syaratnya (Lengkap!)

3. Hibah Dana dari BUMN

Umumnya, BUMN juga mempunyai program sosial yang ditujukan untuk membina masyarakat, termasuk UMKM. BUMN juga sering mempunyai program pendanaan yang bisa diikuti untuk memperoleh modal usaha dengan gratis dan bisa mengembangkan usaha lebih baik. 

Untuk memperoleh dana hibah, peserta perlu mengikuti program Bina Lingkungan dari BUMN terkait. Semantara itu, langkah-langkahnya sama dengan cara memperoleh modal usaha gratis dari pemerintah.

  • Daftarkan diri di BUMN yang memiliki program pendanaan. Pendaftaran biasanya dilakukan lewat website BUMN tersebut.
  • Menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan, yaitu data diri serta profil bisnis. Pastikan bahwa persyaratan sudah disiapkan dengan baik supaya BUMN yang dituju bisa menyetujuinya.
  • Setelah pendaftaran selesai, BUMN akan melakukan pengecekan administratif apakah seseorang dan usahanya telah memenuhi persyaratan.
  • Jika memenuhi, BUMN akan melakukan survey ke tempat usaha. Survei ini menjadi proses kunci untuk kelolosan proposal pengajuan dana.

Jika usaha dan presentasi yang dilakukan meyakinkan, kemungkinan besar BUMN akan setuju dengan proposal tersebut. Untuk program Bina Lingkungan, BUMN biasanya mau memberikan dana yang besar sampai ratusan juta sesuai dengan kebutuhan usaha. 

Tetapi, jangan lupa untuk selalu menjalankan bisnis dengan serius. Pasalnya, BUMN juga akan melakukan pengecekan serta memantau usaha melalui laporan ataupun survei langsung.

Baca Juga  7+ Bisnis Franchise Kopi Hits yang Paling Laris di Indonesia

Baca Juga : Cari Pinjaman Uang Mudah untuk Kebutuhan Pribadi dan Modal Usaha

4. Mencari Partner Bisnis

Jika merasa memiliki ide namun tidak punya modal, cara yang bisa dilakukan adalah mengajak orang lain yang memiliki kemampuan finansial untuk bergabung dengan bisnis tersebut. 

Untuk bisa mendapatkan partner bisnis, seseorang harus bisa bernegosiasi dan meyakinkan orang-orang supaya mau membiayai usaha tersebut. Sistem yang dijalankan biasanya adalah sistem bagi hasil. Jangan sampai nantinya bagi hasil tersebut merugikan salah satu pihak. 

Oleh karena itu, buatlah skema terlebih dahulu yang saling menguntungkan. Selain kuat secara finansial, orang tersebut juga harus orang yang bisa dipercaya.

Baca Juga : 15 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kecil Menengah

5. Mengikuti Pelatihan Gratis

Tidak hanya berupa uang, ilmu juga merupakan sebuah investasi untuk membuat usaha semakin berkembang. Cara ini dapat dilakukan apabila kamu telah melakukan cara sebelumnya dengan asumsi modal berupa materi sudah dimiliki.

Ada banyak pelatihan gratis yang dilakukan oleh banyak pihak, baik pemerintah maupun swasta. Pelatihan ini bisa diikuti untuk menambah pengetahuan. Salah satunya adalah program dari Shopee yang ditujukan untuk para seller. 

Untuk mengikuti pelatihan ini, pastinya harus sudah terdaftar sebagai penjual di marketplace Shopee. Sebenarnya, tidak hanya Shopee, masih ada banyak instansi yang memiliki program untuk memajukan para pengusaha di Indonesia.

Baca Juga : Mau Buka Usaha Sendiri? Ini Cara Buka Usaha Sendiri Modal Kecil Menguntungkan

6. Crowdfunding

Sekarang di Indonesia mulai gencar adanya sistem crowdfunding. Program crowdfunding ini sebenarnya lebih menyasar untuk sektor bantuan sosial. Namun, bukan tidak mungkin jika sistem crowdfunding juga bisa menyasar UMKM yang sedang dilanda kesulitan. 

Hal ini juga dipengaruhi dengan adanya pandemi yang membuat banyak usaha kesulitan. Cara untuk memperoleh modal usaha gratis melalui crowdfunding yaitu bisa dilakukan dengan berkunjung ke situs crowdfunding. Misalnya, kitabisa.com dan situs lainnya. 

Baca Juga  10+ Peluang Usaha Modal 1 Juta yang Laris dan Menguntungkan

Sebenarnya, cara ini tidak direkomendasikan untuk tujuan mengumpulkan dana seperti meminta bantuan. Lebih baik memulainya dengan cara mencari program yang memang memberikan modal untuk UMKM. 

Selanjutnya, pastikan bahwa dana tersebut digunakan dengan bijaksana untuk keperluan usaha.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Modal 10 Juta Terbaik dan Menguntungkan

7. Program Modal Usaha dari Bank

Ternyata, Bank juga memiliki program yang dikhususkan untuk UMKM dengan berbagai macam bentuk. Misalnya, dana hibah maupun dana modal usaha pinjaman. Pilih program untuk pendanaan UMKM yang sesuai dengan profil maupun risiko bisnis. 

Untuk dana pinjaman, pastikan terlebih dahulu mengenai perjanjian dan syarat yang ada. Bagi pebisnis yang sedang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya, bisa mencoba gadaikendaraan.com

Proses dan syaratnya yang mudah membuat siapapun bisa mempertimbangkannya. Pilihan ini akan sangat cocok untuk orang yang sedang membutuhkan dana usaha secara mendesak.

Baca Juga : 15 Ide Usaha Modal 2 Juta yang Menjanjikan dan Paling Laris Saat Ini

Tips Mendapatkan Modal Usaha Gratis

Untuk mendapatkan modal gratis memang butuh perjuangan. Berikut ini beberapa tips supaya proses mendapatkan modal usaha secara gratis bisa membuahkan hasil:

  • Melengkapi data bisnis, seperti pembukuan serta surat keterangan usaha. Dokumen tersebut sangat penting untuk proses pengajuan, baik pengajuan ke perbankan maupun perorangan.
  • Belajar membuat proposal usaha yang bagus serta bermanfaat untuk orang lain.
  • Percaya dan yakin dengan diri sendiri.
  • Mengikuti pelatihan usaha.
  • Berjuang dengan rajin dan konsisten.
  • Tahan banting dalam perjuangan mencari modal. Selalu mau mencoba lagi dan tidak pantang menyerah.

Baca Juga : Cara Daftar Bantuan Modal Usaha UMKM Online dan Syaratnya (Lengkap!)

Untuk mendapatkan modal usaha gratis, calon pebisnis tentu harus sudah memiliki kerangka usaha yang jelas. Tidak hanya itu saja, saat sudah mendapatkan modal usaha, berusaha untuk selalu bertanggung jawab dengan dana yang diterima.

Related Posts