Home Bisnis Rincian Modal Usaha Warkop Menguntungkan
modal usaha warkop

Rincian Modal Usaha Warkop Menguntungkan

by Titis NP

Memiliki usaha sampingan memang akan terasa sangat menyenangkan karena memberikan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak lagi. Salah satu hal yang harus disiapkan secara matang adalah modal usaha warkop

Untuk usaha warkop membutuhkan modal usaha warkop yang bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan modal pemilik.Meskipun kecil nantinya akan membuat usaha semakin berkembang dan bahkan lebih besar. 

Namun tetap harus memperhatikan rincian modal yang tepat dan melakukan perencanaan yang matang. Jadi, tidak bisa dianggap remeh karena bisnis ini cukup menjanjikan kedepannya. 

Rincian Modal Usaha Warkop Kekinian

Banyak masyarakat yang nongkrong di warkop layaknya cafe sehingga usaha ini bisa dibilang sangat menjanjikan. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah modal yang digunakan untuk membuka warkop ini. Bisa dibilang bahwa modal awal bisa kurang dari 20 juta saja. 

Warung kopi bukan sembarang warkop karena saat ini sudah dibalut dengan nama Coffee Shop. Yang mana dengan tema kekinian dan bisa digunakan foto ala selebgram. 

Nah, pastinya penasaran bukan dengan berapa modal yang dikeluarkan? Dan apa saja komponennya sehingga bisa mendapatkan peralatan secara lengkap? Yuk, simak penjelasan di bawah ini:

  • Peralatan kopi (Syphon, V60, French Press, Grinder, Mesin Espresso, Scale, Milk Jug, Milk Steamer) yang ditotal menjadi Rp. 7.220.000,-.
  • Kulkas kecil, blender, silverware dan glassware seharga Rp. 2.150.000,-. 
  • Bahan kopi, susu, dan minuman lainnya Rp. 1.200.000,-. 
  • Peralatan interior Coffee Shop yaitu meja kursi 4 set, aksesoris, CCTV, peralatan kebersihan, dan lainnya diperkirakan Rp. 2.500.000,-.
  • Alat pembayaran terdiri dari cash drawer dan mesin kasir dengan total Rp. 3.400.000,-. 
  • Biaya-biaya lainnya (izin usaha perorangan, biaya listrik, dan lainnya) Rp. 2.200.000,-. 
  • Aplikasi-aplikasi pendukung bisnis seperti akuntansi keuangan Rp. 300.000,-..
Baca Juga  Cara Daftar Bantuan Modal Usaha UMKM Online dan Syaratnya (Lengkap!)

Jika seluruh rincian biaya di atas ditotal maka akan ditemukan kurang dari Rp. 20.000.000,-. Namun, untuk biaya rincian di atas masih belum termasuk sewa tempat untuk warung karena bisa saja menggunakan rumah pribadi atau ruko milik keluarga (jika ada). 

Perlu diingat bahwa setiap harga di beberapa daerah berbeda-beda dan bisa berubah sewaktu-waktu. Di atas adalah perkiraan jika ingin membangun bisnis warkop. Bisa saja membangun warkop yang lebih sederhana dengan peralatan terbatas dan modal usaha warkop lebih sedikit lagi. 

Tips Trik Menjalankan Usaha Warkop Sederhana

Sebelum berlanjut untuk membuat warkop saat ini ada baiknya untuk mengenal tips dan trik terlebih dahulu. Pastinya diperlukan sebuah persiapan yang matang sehingga bisa mendapatkan pelanggan yang banyak dan penghasilan setiap harinya. 

1. Siapkan SDM Berkualitas Baik

Untuk bisa menjalankan sebuah usaha Coffee Shop ada baiknya untuk memperhitungkan SDM yang akan bekerja melayani customer nantinya. SDM pada warkop sederhana ini merupakan bagian yang memegang peran penting sehingga warkop bisa berkembang. 

Sebut saja seorang barista yang nantinya akan meracik kopi karena harus memiliki kemampuan khusus. Dalam pembuatan kopi tidak boleh asal-asalan karena akan mempengaruhi kualitas rasa dari kopi itu sendiri. 

Sebenarnya saat ini sudah banyak kursus yang dikhususkan untuk menjadi barista. Namun, jika masih memiliki modal usaha warung kopi sederhana yang terbatas maka bisa melakukan latihan secara otodidak.Cara gratis untuk menjadi barista mahir adalah dengan cara:

  • Belajar melalui internet dengan mencari situs-situs mengenai kopi dan ilmu barista yang sudah tersebar secara bebas. 
  • Berbagi ilmu dengan barista coffee shop lainnya. 
  • Membaca buku tentang barista dan kopi serta terus berlatih sehingga bisa mendapatkan ilmu dalam membuat kopi yang berkualitas. Pilihlah buku yang ditulis oleh para praktisi dan ahlinya.
Baca Juga  Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Modal Minim Keuntungan Maksimal

Menjadi barista memang ujung tombak dari Coffee Shop karena jika produk atau kopi yang dijual memiliki rasa yang enak maka pelanggan akan melakukan repeat order dan menjadi pelanggan tetap bukan?

2. Melakukan Promosi

Dalam melakukan usaha pastinya harus melakukan promosi yang tepat pada sasaran yang diinginkan. Bisa dibilang bahwa promosi akan membuat pelanggan mengenal bisnis yang sedang dilakukan saat ini. Dengan begitu maka akan banyak orang yang mengetahui keberadaan warkop ini. 

Promosi yang dilakukan bisa menggunakan strategi pemasaran konvensional dan digital. Dalam strategi pemasaran konvensional bisa dilakukan dengan membuat brosur, spanduk, maupun pamflet. 

Namun, untuk upaya yang lebih baik bisa dimaksimalkan dengan melakukan digital marketing. Proses promosi menggunakan digital marketing dapat dikatakan efektif karena bisa mencapai target pasar yang lebih luas. 

Saat ini pemanfaatan saluran marketing bisa melakukan internet maupun sosial media seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya. Bahkan dapat dibilang banyak pengguna yang akan mengenal Coffee Shop ini agar bisa mendapatkan insight yang lebih banyak lagi. 

Semakin banyak pengguna media sosial yang mengetahui keberadaan Coffee Shop ini maka akan semakin banyak pelanggan yang datang. Hal tersebut bisa dikatakan bahwa promosi digital dilakukan dengan sukses. 

3. Melakukan Strategi Bisnis Lainnya

Selain persiapan di atas bisa melakukan strategi bisnis lainnya yang dianggap cukup efektif dilakukan. Contohnya saja seperti:

  • Dapat menentukan target konsumen dengan jelas seperti umur, golongan , dan lainnya sehingga bisa berfokus mengembangkan produk yang dijual. 
  • Menentukan lokasi yang digunakan sebagai Coffee Shop dan harus dipilih yang paling strategis dan usahakan bisa dikunjungi pelanggan dengan mudah. 
  • Memperhitungkan modal usaha warung kopi yang dibutuhkan di awal bisnis. 
  • Mendapatkan pemasok atau supplier bahan minuman seperti kopi, susu, dan lainnya dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan anggaran yang dimiliki. 
  • Membuat konsep warung kopi yang menarik dan memiliki perbedaan dengan warkop sederhana lainnya sehingga memiliki ciri khas tersendiri. 
  • Menyusun strategi promosi yang tepat antara konvensional dan digital dengan perbandingan yang tepat. 
  • Memiliki komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan.
Baca Juga  10 Peluang Usaha Paling Layak Dicoba

Ujung tombak dari keberhasilan sebuah usaha adalah dengan melakukan strategi-strategi yang tepat. Cobalah untuk melakukan satu per satu dan bisa dicatat kemudian dilakukan evaluasi sehingga dapat diperbaiki di kemudian hari. 

4. Menentukan Modal Usaha

Selanjutnya, untuk bisa memiliki warkop sederhana yang baik maka harus menentukan modal usaha yang akan digunakan. Pasalnya, modal usaha bisa didapatkan dari mana saja seperti tabungan pribadi, pinjaman, koperasi, dan lainnya. 

Modal usaha yang disiapkan harus memiliki kejelasan yang tepat baik itu untuk uang, SDM, dan lainnya. Namun tetap saja untuk rincian modal usaha warung kopi sederhana harus dilakukan dengan tepat karena bisa memberikan keuntungan yang banyak. 

Jika keuntungan yang dimiliki oleh Coffee Shop banyak maka omset perusahaan juga akan meningkat. Jadi, omset perusahaan juga ditentukan oleh berapa modal yang dikeluarkan. Dan jangan lupa untuk menentukan besaran keuntungan melalui persentase yang diinginkan. 

Dengan rincian modal usaha warkop dengan tepat maka keuntungan yang didapatkan juga akan banyak. Karena omset usaha juga dipengaruhi oleh besaran modal maka bisa meminjam modal dengan aman dan cepat di gadaikendaraan.com. Pelayanan terbaik akan didapatkan dari CS perusahaan.

Related Posts