Home Produk Keuangan Apa Itu NFT? Ini Cara Kerja dan yang Perlu Disiapkan Supaya Cuan!
apa itu nft adalah

Apa Itu NFT? Ini Cara Kerja dan yang Perlu Disiapkan Supaya Cuan!

by Titis NP

Kemajuan teknologi memang mau tak mau mempengaruhi segala aspek kehidupan mulai dari pendidikan, budaya, hingga gaya hidup. Salah satu trend terbaru yang mulai diminati di era teknologi ini yaitu NFT. NFT adalah salah satu produk aset digital yang belakangan ini banyak dibicarakan.

Lalu, bagaimana cara kerja NFT dan manfaatnya? Untuk mengetahui pengertian NFT beserta cara menjual dan membelinya, berikut ulasan selengkapnya.

Apa Itu NFT?

Untuk memahami pengertian NFT, ada 2 kunci utama yang harus dipahami terlebih dahulu yaitu Non-Fungible Token dari kata Fungibility dan Token. Fungibility memiliki arti yaitu kemampuan aset untuk digantikan atau ditukarkan dengan aset serupa yang memiliki nilai sama atau setara.

Sebagai contoh yaitu 1 lembar uang kertas senilai Rp10.000 ditukar dengan 2 uang kertas senilai Rp5.000 sehingga nilainya tetap sama. Sementara itu, token merupakan aset digital yang mewakili sebuah barang, layanan, atau bentuk lainnya.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa pengertian dari Non-Fungible Token atau NFT adalah sebuah aset berbasis digital yang mewakili suatu barang yang berharga dengan nilai yang tidak bisa ditukarkan atau digantikan dengan aset lainnya.

Dalam setiap NFT akan memiliki data transaksi pada blockchain mengenai penciptanya, harga, dan riwayat kepemilikannya.

Apa Bedanya NFT dengan Crypto?

Beberapa orang mungkin bingung apa bedanya NFT crypto. Secara esensi, NFT merupakan aset yang dikembangkan dari cryptocurrency, namun NFT memiliki bentuk, penggunaan, dan tujuan yang berbeda dari aset crypto seperti Bitcoin.

Setiap NFT ini hanya bisa dibuat sebanyak 1 kali saja dan tidak dapat ditukarkan atau diperdagangkan dengan NFT lainnya karena memiliki nilai yang tidak sama atau tidak setara. 

Baca Juga  3 Cara dan Syarat Gadai BPKB di Pegadaian (Mudah Tanpa Ribet)

Data pada NFT memiliki cara kerja seperti sidik jari sehingga memudahkan sistem dalam melakukan verifikasi kepemilikan. Pencipta atau pemilik NFT juga bisa menyimpan suatu data atau informasi tertentu di dalamnya. 

Kepemilikan NFT juga sifatnya mutlak sehingga siapapun yang memilikinya, maka NFT tersebut adalah hak milik sepenuhnya. Meskipun hak ciptanya diperbanyak, namun pemilik atau pencipta aslinya adalah orang yang berhak memiliki karya orisinil tersebut.

Apa Fungsi NFT?

Setelah memahami pengertiannya, NFT juga memiliki beberapa fungsi. Berikut ini fungsi atau cara kerja NFT dalam berbagai bidang.

1. NFT dalam Bisnis

  • Sertifikat properti, Lisensi, dan Aset

NFT bisa dihubungkan dengan aset fisik seperti bukti kepemilikan rumah atau aset properti lainnya. Akta kepemilikan fisik ini akan lebih aman apabila disimpan di dalam blockchain. Proses verifikasi yang diperlukan untuk menyimpan akta kepemilikan fisik dalam blockchain juga terbilang cepat.

Pemilik aset tidak perlu takut dan khawatir jika sertifikat berharganya akan hilang atau dicuri orang apabila disimpan di blockchain karena sudah terjamin keamanannya. Namun sayangnya, perkembangan dan implementasi NFT dalam kasus ini masih terbatas.

  • Industri Tiket dan Membership (Keanggotaan)

Dalam industri penjualan tiket, biasanya ditemukan beberapa masalah. Misalnya penjualan tiket ilegal melalui calo yang dibanderol dengan harga tinggi atau kasus penipuan yang dilakukan oleh calo sehingga tiket mudah dipalsukan.

Untuk itu, NFT hadir untuk menawarkan solusi atas masalah tersebut dengan menyediakan sistem identifikasi dan verifikasi yang tidak bisa diubah oleh sembarang orang.

Sementara itu, NFT dalam konteks membership (keanggotaan) secara digital berguna sebagai identifikasi digital dalam merepresentasikan status keanggotaan seseorang. Dengan begitu, mereka tidak perlu takut data akan dicuri, hilang, atau diubah secara sembarangan.

  • Industri Fashion dan Olahraga

NFT juga merambah dalam dunia industri fashion dan olahraga. NFT pertama kali memasuki dunia industri olahraga melalui kartu koleksi yang dikeluarkan NBA Top Shot di mana penggemar bisa mengumpulkan cuplikan pertandingan favorit.

Baca Juga  Yuk Baca Review Bank Jago Ini Sebelum Menggunakannya

Liga sepakbola Belgia yaitu Jupiler Pro League yang bermitra dengan perusahan startup Sorare dan perusahaan game Ubisoft juga telah menggunakan NFT untuk meluncurkan game sepakbola fantasi.

Perusahaan Nike pada tahun 2019 juga sudah mematenkan sistem otentikasi CryptoKicks. Dengan begitu, untuk setiap pembelian sepatu khusus, maka akan menghasilkan NFT dengan informasi mengenai barang seperti bahan yang digunakan, tempat pembuatan, dan lain sebagainya.

2. NFT dalam Industri Hiburan dan Hobi

  • Game NFT

Sektor menjanjikan dalam dunia crypto selanjutnya yaitu pasar gaming dengan basis NFT dan blockchain. Game NFT yang sangat populer antara lain Axie Infinity dan CryptoKitties.

Pada game Axie Infinity, pemain harus mengumpulkan hewan peliharaan digital atau yang disebut Axies dengan tujuan utamanya adalah untuk melawan pemain lainnya.

Sementara itu, pada game CryptoKitties mengharuskan pemain untuk mengumpulkan dan memelihara kucing digital, kemudian mengembangbiakkannya.

Game dengan basis NFT kebanyakan menerapkan skema pay-to-earn di mana pengguna dari game bisa memperoleh token dengan cara memainkan game tersebut. Kedua game ini sama-sama sudah menggunakan blockchain Ethereum dalam jaringannya.

Pada game Axie Infinity, token SLP dan AXS mempunyai standar ERC-20 yang bisa ditukarkan dengan aset crypto. Beberapa orang bahkan memiliki anggapan bahwa game berbasis NFT ini merupakan investasi yang menguntungkan bagi mereka.

  • Barang Koleksi

NFT juga sudah merambah dalam sektor pasar barang koleksi yang memiliki potensi besar dalam perekonomian. Untuk sekarang ini, pasar NFT didominasi dengan barang-barang yang menjadi koleksi.

Ada beberapa barang koleksi yang populer antara lain kucing virtual pada game CryptoKitties, cuplikan NBA Top Shot, dan avatar unik pada CryptoPunks. Barang-barang ini memiliki harga atau nilai hingga jutaan dollar.

Baca Juga  Tabel Angsuran Pinjaman PNM Mekaar & Syaratnya Terlengkap!

3. NFT dalam Industri Seni

Dalam sektor seni digital, NFT menawarkan keamanan yang dibutuhkan untuk sejumlah karya seni yang dipublikasikan secara online. Di mana konten tersebut bisa disebarkan secara bebas dan bisa diklaim secara mudah hingga menyebabkan kerugian bagi penciptanya.

Dengan hadirnya NFT dan blockchain, makan memberikan jaminan bagi para pencipta karya seni atau seniman. Hal ini juga menguntungkan bagi seniman digital dalam melawan pencurian kreatif atau plagiarisme.

Sistem smart contract yang terdapat pada NFT memungkinkan para pencipta seni untuk menuliskan jumlah persentase dari royalti setiap kali hasil karyanya dipindahtangankan. Selain itu, harga aset NFT juga bisa mencapai angka yang tinggi sehingga menguntungkan seniman.

Bagaimana Cara Membeli dan Menjual NFT?

Cara membeli dan menjual NFT juga bisa dilakukan secara mudah melalui NFT marketplace yang biasanya menawarkan berbagai macam bentuk NFT. Aset crypto yang dipakai untuk pembelian NFT ini biasanya bergantung pada platform yang dipilih.

Sebagai contoh misalnya OpenSea, Rarible, dan CryptoPunks yang hanya menerima pembayaran menggunakan ETH dan dollar. Ada juga NBA Top Shot yang memberikan kebebasan bagi para penggunanya untuk melakukan pembayaran menggunakan berbagai jenis aset NFT crypto.

Langkah untuk membeli atau menjual NFT yaitu memiliki aset crypto sesuai marketplace yang dipilih. Aplikasi yang bisa digunakan untuk membeli NFT yaitu Pintu. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa membeli ETH atau Ether untuk digunakan di NFT marketplace seperti OpenSea atau Rarible.

Selain itu, pengguna aplikasi Pintu juga bisa memindahkan ETH ke dompet digital seperti Metamask untuk melakukan transaksi jual-beli NFT secara langsung.

Ulasan mengenai NFT di atas bisa menjadi tambahan wawasan dan referensi. Secara garis besar, dapat disimpulkan bahwa NFT adalah suatu aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak bisa ditukarkan atau digantikan. 

Related Posts