Home Bisnis Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Modal Minim Keuntungan Maksimal
peluang usaha rumahan

Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Modal Minim Keuntungan Maksimal

by Titis NP

Kata siapa ibu rumah tangga tidak bisa menghasilkan uang di rumah? Saat ini ada banyak usaha rumahan dengan modal minim yang bisa dilakukan. Walaupun modal yang digunakan tidak besar, bukan berarti keuntungan yang akan didapatkan kecil.

Semakin berkembangnya teknologi, usaha pemasaran bisa dilakukan secara online dengan mudah. Kemudahan ini menjadi salah satu peluang untuk ibu rumah tangga agar bisa berkarya dan memperoleh penghasilan tambahan.

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil

Banyak orang yang ingin mencoba membuka usaha, tetapi khawatir karena tidak memiliki modal yang besar. Usaha bisa dimulai dengan skala yang kecil, asalkan konsisten dan pantang menyerah. Berikut ini beberapa peluang usaha rumahan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga:

1. Usaha Reseller dan Dropship

Perkembangan usaha online, membuat bisnis sebagai reseller atau dropship bisa mendatangkan keuntungan yang besar jika dilakukan dengan rajin. Ada banyak pilihan produk yang bisa dijual menggunakan sistem reseller atau dropship. 

Beberapa produk yang biasanya dipilih oleh ibu rumah tangga adalah, pakaian, kosmetik, makanan, dan produk lainnya. Pelaku usaha hanya perlu aktif di internet, seperti marketplace dan media sosial untuk menawarkan produk yang dijual kembali dari distributor atau produsen. 

Selain secara online, tentunya produk-produk tersebut juga bisa ditawarkan secara offline atau langsung kepada teman atau tetangga.

banner modal usaha gadai kendaraan

2. Katering

Sampai saat ini sudah banyak ibu rumah tangga yang mencoba bisnis katering. Bisnis katering ini cukup menjanjikan apalagi masih banyak orang yang memerlukan jasa menyiapkan konsumsi untuk keperluan acara. 

Misalnya, acara pengajian, pernikahan, rapat, arisan, atau jenis acara lainnya biasanya akan memerlukan konsumsi. Katering juga merupakan salah satu yang potensial dalam memberikan kesempatan untuk ibu rumah tangga memperoleh pemasukan lebih. 

Baca Juga  15 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kecil Menengah

Kelebihan lainnya adalah ibu rumah tangga juga bisa memasak pesanan katering sekaligus menyiapkan makanan untuk keluarga.

Baca Juga : Ide Bisnis Rumahan Praktis, Mudah dengan Omzet Jutaan Rupiah

3. Laundry

Mesin cuci adalah alat elektronik yang dapat meringankan pekerjaan ibu rumah tangga. Selain itu, mesin cuci juga bisa lebih bermanfaat jika digunakan untuk usaha laundry kiloan. Target utama dari usaha laundry yaitu tetangga di sekitar rumah yang tidak sempat untuk mencuci pakaian. 

Pelaku usaha juga bisa menawarkan jasa cuci lainnya, misalnya cuci bed cover, boneka, dan lainnya. Tips sukses dari bisnis laundry yaitu bisa memberikan kepuasan untuk konsumen. Pastikan bahwa konsumen mendapatkan hasil laundry yang sudah bersih, rapi, dan wangi.

Baca Juga : 17+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu dengan Prospek Keuntungan Besar

4. Usaha Rias

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan merias wajah, usaha rias atau menjadi makeup artist bisa menjadi salah satu pilihan saat ini. Cobalah minta bantuan kepada kerabat untuk menjadi model, lalu tampilkan hasil risan tersebut ke media sosial supaya usaha lebih dikenal. 

Usaha ini juga sangat cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga, karena waktunya yang terbilang fleksibel. Bahkan, harga jasa rias juga terbilang cukup tinggi untuk makeup artist yang sudah memiliki nama.

Baca Juga : Ide Bisnis Kreatif Modal Kecil Profit Menjanjikan

5. Usaha PPOB

Hampir semua orang saat ini menggunakan internet. Kenyataan ini membuat usaha penjualan pulsa dan paket internet masih diminati. Tidak harus membuat kios, ibu rumah tangga bisa melakukan bisnis ini di rumah. 

Kelebihan lainnya adalah usaha pulsa dan paket internet tidak membutuhkan modal yang besar. Supaya bisnis pulsa ini bisa terus berjalan, lebih baik hindari untuk memberi kesempatan utang. 

Utang dapat menghambat perputaran modal, karena usaha rumahan PPOB ini memiliki perputaran uang yang cepat.

Baca Juga  11 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

6. Jasa Penitipan Hewan

Bagi pemilik dan pecinta hewan peliharaan, usaha jasa penitipan hewan layak untuk dicoba. Pasalnya, banyak pemilik hewan peliharaan yang merasa kebingungan jika harus meninggalkan hewan peliharaannya di rumah untuk suatu keperluan. 

Kebutuhan tempat bisa memanfaatkan lahan kosong yang ada di rumah. Selain itu, jika memiliki kemampuan untuk grooming hal ini bisa menjadi nilai tambah. 

Khusus untuk grooming, pebisnis bisa memakai sistem panggilan. Sehingga, waktu luang bisa dimanfaatkan untuk melakukan jasa grooming hewan peliharaan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Modal 10 Juta Terbaik dan Menguntungkan

7. Penjahit

Keahlian menjahit pakaian tidak bisa dianggap sebagai suatu hal yang remeh. Kemampuan ini dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha rumahan jasa jahit. Usaha ini bisa semakin menguntungkan apabila belum ada penjahit di sekitar tempat tinggal. 

Umumnya, banyak pesanan jahit saat mendekati tahun ajaran baru maupun hari raya. Waktu-waktu tersebut menjadi peluang yang bagus untuk ibu rumah tangga membuka bisnis jasa jahit.  Jika sedang tidak banyak pesanan, penjahit juga bisa melakukan permak atau perbaikan pakaian.

8. Toko Kelontong

Lahan sisa atau ruangan kosong di rumah dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan penghasilan tambahan dengan membuka usaha toko kelontong. Toko kelontong juga sangat cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga. 

Selain berdagang, ibu rumah tangga juga bisa menyelesaikan pekerjaan rumah. Walaupun terlihat membutuhkan modal yang besar, namun coba untuk sediakan bahan pokok terlebih dahulu. Jika usaha sudah stabil, pelan-pelan tambah barang dagangan supaya toko lebih lengkap.

Baca Juga : 9 Peluang Usaha Modal Kecil Profit Besar

9. Bisnis Kerajinan Tangan

Kreativitas yang dimiliki oleh ibu rumah tangga bisa dijadikan suatu bisnis yang dapat memberikan penghasilan tambahan. Ada banyak usaha kerajinan yang bisa dilakukan, misalnya membuat tas rajut, dekorasi rumah, lilin hias, dan lainnya. 

Kerajinan tangan yang unik dan menarik juga bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Ibu rumah tangga dapat mengerjakan usaha tersebut sambil mengisi waktu luang bersama anak. 

Baca Juga  Daftar Tabel Angsuran Gadai BPKB Mobil Terbaru 2022

Selanjutnya, produk kerajinan tangan dapat dijual kepada teman atau melalui e-commerce agar dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

10. Les Belajar

Usaha rumahan modal kecil selanjutnya adalah membuka les belajar. Mengajar anak memang sudah menjadi kegiatan setiap hari. 

Jika ibu rumah tangga memiliki kemampuan untuk mengajar, tawarkan jasa tersebut kepada tetangga yang memerlukan jasa tersebut misalnya kepada ibu yang bekerja. 

Supaya usaha ini berjalan lancar dan bisa memberikan penghasilan tambahan, pastikan bahwa memang benar-benar memiliki kemampuan akademik yang sesuai.

Baca Juga : 10 Peluang Usaha Paling Layak Dicoba

11. Bisnis Penerjemah

Tidak semua bisnis harus dilakukan secara langsung. Ibu rumah tangga juga bisa menawarkan jasanya kepada konsumen secara online. Salah satu bisnis yang dapat dilakukan adalah bisnis penerjemah. 

Bisnis ini cocok dilakukan untuk ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan bahasa asing, misalnya bahasa Inggris, Mandarin, Korea, dan lainnya. Umumnya, pendapatan yang diperoleh dari jasa penerjemah disesuaikan dari jumlah halaman atau proyek yang dikerjakan. 

Cari situs-situs freelance atau marketplace yang bisa digunakan untuk menawarkan jasa terjemah bahasa asing.

Baca Juga : 15 Peluang Usaha Jasa yang Menjanjikan dengan Profit Berlipat

12. Jualan Kue

Biasanya untuk memanfaatkan waktu luang, banyak ibu rumah tangga yang belajar baking atau membuat aneka kue. Kemampuan ini juga dapat mendatangkan uang tambahan bagi ibu rumah tangga. Ada banyak resep yang bisa dipelajari dari internet, Instagram, maupun Youtube. 

Jika sudah yakin dengan kue yang dihasilkan, coba tawarkan kepada teman atau kerabat. Untuk mendapatkan harga yang sesuai, ibu rumah tangga juga bisa mempelajari perhitungan biaya yang sederhana.

Ada banyak jenis usaha rumahan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Manfaatkan kemampuan dan kreativitas untuk membuka usaha. Selanjutnya, konsisten dan pantang menyerah supaya usaha yang dijalankan bisa menghasilkan keuntungan yang besar. 

Baca Juga : 10 Ide Usaha Kecil Modal Terjangkau

Related Posts