Home Bisnis Ini Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Mudah dan Menguntungkan
penghasilan tambahan

Ini Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Mudah dan Menguntungkan

by Titis NP

Walaupun sudah mempunyai pekerjaan tetap, akan tetapi tidak sedikit orang yang menginginkan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Namun, yang menjadi masalah adalah mereka tidak dapat melakukan hal tersebut karena tenaga dan waktu yang terbatas.

Tentu saja solusinya adalah memilih pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Nah, berikut ini merupakan tips serta bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan:

Tips Dalam Mencari Penghasilan Tambahan

Bagi karyawan ataupun pegawai lainnya, cobalah untuk mengikuti beberapa tips di bawah ini. Sebab, dengan melakukan tips-tips berikut seseorang bisa memperoleh pendapatan tambahan tanpa mengabaikan pekerjaan utama.

1. Bekerja Sama dengan Orang Lain dalam Urusan Bisnis

Sebagai karyawan tentu tidak dapat secara intens mengurusi usaha karena memiliki pekerjaan tetap.  Sebab itu, cobalah bekerjasama dengan pihak lain agar bisnis yang direncanakan dapat berjalan dengan baik.

Keluarga dan teman dekat bisa menjadi pilihan pertama untuk diajak bekerjasama. Akan tetapi pastikan jika orang tersebut merupakan mereka yang benar-benar terpercaya.

banner modal usaha gadai kendaraan

2. Merencanakan Passive Income

Seseorang bisa merasa lebih aman jika telah memiliki passive income. Sebab itu, jika mengumpulkan pendapatan tambahan pastikan hal tersebut untuk membangun passive income, karena di kemudian hari Anda dapat menikmatinya sebagai hasil jerih payah.

Baca Juga : 12 Contoh Bisnis Online Tanpa Modal

3. Merencanakan Waktu di Luar Jam Kerja

Sebagai karyawan atau pegawai dan tentu saja terikat oleh waktu atau jam kerja. Sebab itulah diperlukan untuk merencanakan waktu yang tepat agar bisa melakukan kegiatan atau pekerjaan lain.

Waktu tersebut tentunya harus dicari dan direncanakan dengan baik, sehingga pekerjaan sampingan tidak mengganggu fokus untuk melaksanakan kewajiban kerja.

Baca Juga  Rincian Modal Usaha Warung Sembako Bagi Pemula (Lengkap!)

Baca Juga : Peluang Kerja dari Rumah dan Hasilkan Banyak Uang

4. Siap untuk Letih

Pastinya tenaga dan pikiran akan terkuras secara maksimal untuk mencari penghasilan tambahan. Hal tersebut karena seseorang perlu melakukan kerja secara berlipat-lipat dibanding pekerjaan utama.

Itulah mengapa dibutuhkan mental dan kesiapan untuk melakukan perjuangan tersebut. Selain itu, perlu juga untuk mengurangi jam tidur serta selalu komitmen dengan apa yang telah direncanakan.

Karena untuk bisa hidup sejahtera dan makmur, seseorang harus ikhlas letih dan capek didalam melakukan berbagai pekerjaan.

Baca Juga : 17+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu dengan Prospek Keuntungan Besar

5. Paham dan Bisa Manfaatkan Teknologi Internet

Di era yang sangat canggih ini, internet telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Agar usaha dalam mendapat penghasilan tambahan dari rumah sukses dikerjakan, pastikan untuk memahami pentingnya peranan internet serta bagaimana cara memaksimalkannya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Pemasukan Tambahan?

Banyak orang yang penasaran hal apa saja yang dapat menghasilkan uang tambahan. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi peluang usaha yang menguntungkan dan bisa dikerjakan sebagai pekerjaan sampingan:

1. Mengikuti Program Affiliate

Jika ingin memperoleh pemasukan tambahan dari internet, program afiliasi merupakan pilihan yang tepat. Affiliate marketing merupakan sistem untuk menghasilkan uang dengan kode referral yang dimiliki.

Platform yang umum digunakan untuk menyebar kode referal adalah landing page website, blog ataupun mempostingnya melalui media sosial.

Untuk mendapatkan kode referal pastikan terlebih dahulu bergabung di program affiliate. Salah satu platform yang cukup terkenal dan memiliki program affiliate adalah Shopee.

Komisi dapat diperoleh apabila ada orang yang mengklik kode referal yang dimiliki serta terjadi pembelian di dalamnya. Action pembelian tersebut bisa berupa download apps, jual produk digital ataupun produk-produk lainnya.

Program afiliasi ini sebenarnya memiliki potensi keuntungan yang besar jika serius ditekuni. Hanya saja untuk membangunnya dibutuhkan kerja keras yang tidak mudah. Seseorang perlu mengetahui terutama teknik mengenai SEO.

2. Reseller atau Dropship

Jualan sekarang semakin mudah sebab adanya platform internet dan telah hadir sistem jualan online terbaru yaitu menjadi reseller atau dropshipper.  

Ada sedikit perbedaan antara reseller dan dropshipper.  Reseller adalah menjual produk orang lain namun perlu untuk memiliki stok produk. Adapun dropship merupakan sistem jualan di mana pedagang hanya perlu menjual produk dari supplier tanpa memiliki stok.

Baca Juga  Mau Buka Usaha Sendiri? Ini Cara Buka Usaha Sendiri Modal Kecil Menguntungkan

Cobalah untuk bergabung menjadi dropshipper atau reseller di beberapa supplier yang menerima agen kemitraan. Informasi mengenai kemitraan dropship dan reseller dapat dicari melalui Google.

Manfaatkanlah internet untuk memasarkan berbagai produk. Produk dapat dipasarkan melalui grup Facebook, atau menggunakan website. Jika menggunakan website pastikan untuk memahami bagaimana teknik SEO agar produk yang ditawarkan dapat muncul di halaman 1 Google.

3. Menjadi Makelar Kendaraan atau Properti

Cara mendapatkan penghasilan tambahan berikutnya adalah menjadi makelar yang merupakan pekerjaan untuk menghubungkan antara penjual dan pembeli.  Apabila terjadi transaksi, maka seseorang yang bekerja sebagai makelar dapat memperoleh komisi.

Keuntungan dari bisnis ini memang tidak pasti akan tetapi jika tekun dalam melakukan pekerjaan ini, maka komisi yang dapat diperoleh cukup besar.

Menjadi makelar memang dibutuhkan teknik komunikasi yang baik serta luwes di dalam menjelaskan sesuatu yang ingin dipromosikan. Selain itu, dibutuhkan juga link atau kawan relasi yang banyak agar dapat memasarkan produk lebih luas lagi.

Hal yang lebih menyenangkan menjadi makelar adalah tidak menyita waktu, pasalnya pekerjaan ini dapat disambi bersamaan pekerjaan lain.

4. Melakukan Investasi

Investasi tentunya menjadi salah satu yang harus direncanakan. Pasalnya, investasi yang sukses dapat menjadi pemasukan tambahan yang menguntungkan di masa depan.

Investasi tidak selalu harus melakukan trading forex, trading saham, atau hal-hal yang lain-lain. Investasi dapat dimulai dengan hal yang sederhana, misalnya menabung emas, membeli paket waralaba atau berinvestasi membangun bisnis rumah makan.

Baca  Juga : 5 Aplikasi Investasi Online Modal Kecil

Pemasukan Tambahan dari Rumah

Banyak orang yang tertekan ketika menjadi karyawan ataupun pegawai karena setiap hari harus bekerja sesuai dengan perintah atasan. Tidak heran banyak orang mencari informasi mengenai cara mendapat penghasilan tambahan dari rumah.

Sebab itulah di bawah ini kami akan merekomendasikan beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan supaya dapat menambah pundi-pundi rupiah:

1. Penjual Jasa untuk Pembuatan Desain

Desain grafis merupakan jasa yang banyak dicari di internet karena banyak pedagang online yang membutuhkan jasa desain ini untuk kepentingan promosi.

Baca Juga  7 Ide Bisnis Unik Bagi Mahasiswa Modal Kecil Untung Besar

Jika memiliki hobi ilustrasi, membuat grafis atau hal lain yang memiliki kaitan dengan desain, maka hal itu dapat dijadikan sebagai peluang usaha untuk memperoleh pemasukan tambahan dari rumah.

Memang tidak semua orang dapat melakukannya, dibutuhkan keahlian serta keterampilan di dalam mengolah desain grafis. Beberapa jasa desain yang bisa dijual adalah adalah pembuatan logo, banner, kartu undangan pernikahan, desain untuk pembuatan souvenir, custom ilustrasi, dan lain-lain.

Ada baiknya sebelum memulai usaha ini untuk memiliki portofolio agar calon klien dapat mempercayai pekerjaan Anda. Portofolio dapat dikemas dengan semenarik mungkin kemudian letakkan dalam website atau menguploadnya di Instagram.

2. Membangun Blog yang Sukses

Membangun blog dapat menjadi cara mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah. Pasalnya, jika ingin menulis artikel atau mengisi konten blog dapat dilakukan secara fleksibel baik di rumah ataupun di luar.

Memang dibutuhkan kerja keras serta waktu yang cukup lama untuk membangun sebuah blog yang sukses. Selain itu, dibutuhkan juga keterampilan di dalam menghasilkan konten-konten tulisan yang berkualitas.

3. Menjual Pulsa

Menjual pulsa bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memperoleh penghasilan uang dari rumah.  Pulsa elektrik memang telah menjadi kebutuhan mendasar bagi banyak orang.

Selain itu, di zaman internet ini, bisa juga membuka usaha konter dengan menawarkan layanan pengisian kuota. Hal tersebut karena hampir seluruh orang membutuhkan kuota internet untuk berbagai kegiatannya setiap hari.

Baca Juga : Ide Bisnis Rumahan Praktis, Mudah dengan Omzet Jutaan Rupiah

4. Membuka Les Privat

Membuka les privat dapat dilakukan di rumah atau bisa juga memanfaatkan platform internet. Akan tetapi pastinya dibutuhkan keterampilan atau keahlian khusus yang dapat dijual untuk kelas les privat.

Misalnya memiliki keterampilan di dalam bahasa asing atau memasak. Hal-hal tersebut dapat dijadikan modal penting untuk membuka les private.

Cobalah untuk menawarkan jasa tersebut kepada tetangga atau teman terdekat.  Usahakan juga untuk memberikan pilihan apakah les privat dilakukan di rumah sendiri atau di rumah murid.

Beberapa rekomendasi serta tips memperoleh penghasilan tambahan sudah dijelaskan di atas. Pilihlah pekerjaan sampingan yang sesuai dengan bidangnya masing-masing atau sesuatu yang disukai.

Related Posts