Home Investasi Penyebab Investasi Gagal Adalah Ini
penyebab investasi gagal

Penyebab Investasi Gagal Adalah Ini

by Team Aturpundi

Ada beberapa penyebab investasi gagal yang seharusnya diketahui oleh setiap investor. Investasi apa pun yang dijalankan atau akan dijalankan oleh seorang investor, pasti ada penyebabnya mengapa investasi tersebut gagal. Dalam dunia investasi memang tak selalu untung, pasti ada-ada saja yang gagal. Kegagalan dari sebuah investasi ditandai dengan ruginya investor.

Rugi tidaknya investor seharusnya bisa dihindari oleh investor itu sendiri. Sebab saat investor memutuskan untuk berinvestasi sebenarnya tidak ada yang memaksa kehendaknya. Semuanya alami dari keinginan diri sendiri untuk berinvestasi dan seharusnya diri sendiri lah yang menanggung jika memang rugi. Hal yang harus dilakukan oleh investor adalah mengetahui apa saja penyebab investasi gagal supaya bisa menghindarinya.

Penyebab Investasi Gagal

Untuk Anda yang sudah terjun ke dunia investasi atau akan terjun ke sana sebaiknya mengetahui apa saja penyebab investasi gagal. Berikut adalah beberapa penyebab yang membuat sebuah investasi menjadi gagal dan merugikan investor.

1.     Belum Belajar Resiko Investasi

Pada dasarnya setiap jenis investasi mempunyai resiko. Tidak ada terkecualinya, investasi seperti saham, reksa dana, emas, properti, cryptocurrency, deposito, obligasi, dan lainnya pasti memiliki resiko. Hanya saja resiko kerugian antara satu jenis investasi dengan jenis lainnya berbeda-beda, ada yang resikonya kecil sedang juga ada yang tinggi resikonya. Inilah salah satu penyebab sebuah investasi gagal, yaitu resiko investasi itu sendiri.

Baca Juga  Saham Gorengan : Pengertian, Ciri-ciri dan Cara Menyikapinya

penyebab investasi gagal

Mungkin investasi yang Anda jalankan berkaitan dengan sebuah perusahaan. Investasi yang seperti ini biasanya berbentuk saham, deposito, atau obligasi. Investor bisa saja menjadi rugi karena perusahaan itu sendiri. Misalnya saja Anda menjadi investor dan menanam saham yang ternyata perusahaan tersebut merugi. Hal ini pastilah berimbas pada untung-ruginya investor, dan ini juga menjadi salah satu penyebab investasi rugi.

Baca juga: Strategi Investasi: Saran Terbaik Sebelum Melangkah

banner dana darurat gadai kendaraan

2.     Tergiur “Settingan” Penipu Berkedok Investasi

Penyebab sebuah investasi rugi yang selanjutnya adalah karena memang perusahaan tersebut tidak memiliki itikad baik. Sebagai investor cerdas, harus bisa ditanamkan bahwa tidak semua perusahaan sifatnya kredibel. Ini menjadi tugas investor yang selanjutnya yaitu untuk menyaring perusahaan mana yang kredibel dan mana yang tidak kredibel.

Perusahaan yang sejak awal memang berencana untuk menipu investor pastilah membuat investor gagal. Untuk Anda yang masih pemula mungkin akan sulit mendeteksi perusahaan yang seperti ini. Namun ada satu hal yang bisa Anda periksa di awal. Perusahaan yang sejak awal berniat akan menipu investor akan menawarkan profit yang sebesar-besarnya. Bahkan profit yang ditawarkan biasanya sangat tidak masuk akal.

Pasti ada suatu ketidakjelasan dalam informasi yang mereka berikan. Misalnya saja mereka tidak bisa memberikan alamat kantor pusat yang pasti, memang tidak memiliki kantor pusat, atau hal lainnya yang sifatnya tidak jelas.

Baca Juga  Rekeningku VS Indodax: Aplikasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

3.     Tak Tahu Penyebab Investasi Gagal Apakah Poin 1 Atau Poin 2

Penyebab yang selanjutnya adalah dari Anda sendiri. Misalnya saja Anda telah mencoba investasi dan kemudian gagal selanjutnya gagal lagi. Kegagalan yang terus terjadi pada Anda disebabkan oleh poin nomor 3 ini, yaitu Anda sendiri tidak mengetahui sebab dari kegagalan tersebut.

Setelah gagal dalam berinvestasi selanjutnya Anda bisa menilai apakah penyebabnya poin nomor 1 atau nomor 2. Cari dulu apa penyebabnya baru memulai investasi yang baru, urutan inilah yang dibenarkan. Sebab jika Anda belum tahu apa penyebab kegagalan yang sebelumnya, maka untuk selanjutnya akan ada probabilitas menemui kegagalan lagi.

Apa saja penyebab investasi gagal yang telah disebutkan di atas sangatlah jelas dan mudah dipahami. Memang benar adanya dalam investasi, jika terjadi kegagalan hanya itu-itu saja penyebabnya.

Related Posts