Home Produk Keuangan 5 Perbedaan Kartu Debit dan Kredit Secara Umum yang Perlu Diketahui!
perbedaan kartu debit dan kredit

5 Perbedaan Kartu Debit dan Kredit Secara Umum yang Perlu Diketahui!

by Titis NP

Banyak orang yang masih belum mengetahui perbedaan kartu debit dan kredit, padahal ada banyak sekali perbedaan dari kedua jenis kartu ini. Simak ulasan mengenai beberapa pembahasan singkat mengenai apa saja perbedaan dari kartu kredit dan juga kartu kredit berikut ini.

Perbedaan Kartu Debit dan Kredit

Kartu kredit dan juga debit merupakan 2 jenis kartu yang bisa didapatkan oleh nasabah bank ketika mereka membuka sebuah rekening tabungan. Kedua jenis kartu ini memiliki cukup banyak perbedaan dalam berbagai aspek. Mulai dari fungsinya, ciri fisiknya, hingga penggunaannya.

Pengetahuan mengenai perbedaan kartu debit dan kredit merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh semua nasabah bank agar bisa menggunakan kedua jenis kartu ini dengan baik. 

Meskipun terkadang sudah ada informasi yang diberikan oleh pihak bank mengenai perbedaan keduanya, namun informasi yang diberikan masih kurang jelas dan komprehensif. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa informasi mengenai perbedaan kedua kartu tersebut:

1. Segi Fisik atau Penampilannya

Perbedaan kartu debit dan kredit yang paling mudah diidentifikasi ketika membandingkan kedua kartu ini adalah dari segi fisik tampilan kartunya. Pada kartu debit, biasanya akan terdapat logo internasional yang bertuliskan Visa atau MasterCard.

Lalu akan terdapat nama dan juga logo bank di bagian belakang atau bagian belakang dari kartu debit tersebut, baik itu BCA, Mandiri, atau bank lainnya. Pada kartu kredit, tidak terdapat logo Visa atau Mastercard dan log/ nama bank biasanya terdapat di bagian atas kartu kredit.

Kedua jenis kartu ini sama-sama memiliki hologram bergambar, namun pada kartu debit, hologram akan berisi logo Mastercard atau Visa. Sedangkan untuk kartu kredit, hologram akan berisi logo jaringan pembayaran.

Baca Juga  Kredit Multiguna BRI: Syarat & Cara Mengajukannya (Lengkap)!

Selain perbedaan tersebut, berikut ini juga ada beberapa perbedaan kecil dalam tampilan kartu kredit dan juga kartu debit yang bisa diperhatikan:

  • Pada kartu debit terdapat nama pemilik kartu.
  • Pada kartu kredit ada tanda tangan pemilik.
  • Pada kartu kredit ada informasi tambahan mengenai informasi bank.

2. Segi Penggunaanya

Perbedaan kartu debit dan kredit utamanya terletak pada penggunaan kedua kartu ini. Kedua kartu ini sama-sama digunakan sebagai alat pembayaran yang non-tunai, namun cara pembayaran keduanya berbeda.

Kartu kredit merupakan kartu yang bisa digunakan penggunanya untuk melakukan “pinjaman” terlebih dahulu pada bank, baru nantinya pengguna akan membayar kembali bank sesuai dengan nominal uang yang sudah dipinjam.

Di sisi lain, kartu debit merupakan kartu pembayaran dimana sistem pembayarannya langsung memotong saldo tabungan dari penggunanya. 

Jadi misalnya jika pengguna membeli sebuah barang dengan kartu debit, maka saldo tabungan dari pengguna tersebut akan berkurang secara otomatis sesuai dengan biaya yang dibayarkan. 

Sedangkan, jika pengguna tersebut membayar dengan kartu kredit, maka tidak akan ada pengurangan saldo. 

Baca Juga : Memahami Jenis-Jenis Kredit Agar Tak Salah Ambil Kredit!

3. Segi Biaya yang Harus Dikeluarkan Pengguna

Baik bagi pengguna kartu kredit maupun kartu debit, pasti akan ada angsuran yang harus dibayar. Namun, ada perbedaan dalam apa saja biaya yang harus dibayar oleh penggunanya. Perbedaan yang utama terletak pada biaya administrasi kedua kartu.

Jika pada kartu debit penggunanya harus membayar biaya administrasi secara bulanan, pengguna kartu kredit hanya dikenakan biaya administrasi secara tahunan saja.

Selain itu, biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna kartu kredit jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan pengguna kartu debit. Berikut ini adalah rincian biaya yang harus dibayar oleh pengguna kartu kredit:

  • Biaya materai
  • Biaya bunga pinjaman
  • Biaya keterlambatan pembayaran
  • Biaya pemakaian yang berlebih (over limit yang ditentukan)
  • Biaya penarikan tunai
  • Biaya pembayaran otomatis
  • Biaya cicilan yang dibatalkan
  • Biaya cetak dan salin tagihan setiap bulannya
  • Biaya penukaran poin hadiah atau rewards
Baca Juga  6 Rekomendasi Pinjaman Online Pemerintah & Ada Izin OJK

Sebenarnya masih ada berbagai biaya lain yang belum disebutkan di atas. Untuk kartu debit sendiri, penggunanya hanya harus membayar biaya administrasi, penarikan di ATM lain, transfer ke rekening yang berbeda, penutupan rekening, dan juga penggantian jika kartu rusak atau hilang saja.

Baca Juga : Mengenal Kredit Multiguna Lebih Dalam Beserta Syaratnya

4. Sistematika Penarikan Tunai

Perbedaan kartu debit dan kredit selanjutnya terletak pada sistematika tarik tunainya. Kedua jenis kartu ini bisa digunakan untuk menarik uang tunai, namun ada perbedaan yang cukup signifikan pada ketentuan penarikan tunai dari keduanya.

Pada penarikan tunai menggunakan kartu kredit, ada bunga yang cukup besar yang harus ditanggung oleh nasabah. Nasabah yang menarik uang tunai menggunakan kartu kredit harus menanggung bunga sebesar 2 sampai 2,5 persen dari jumlah penarikan.

Selain itu, pengguna kartu kredit juga hanya bisa menarik uang tunai hingga maksimal 70 persen saha dari limit yang sebelumnya sudah ditentukan ketika pembuatan kartu. 

Di sisi lain, untuk penarikan uang tunai melalui kartu debit sendiri tidak dikenakan bunga sama sekali. Oleh karena itu orang-orang lebih sering menggunakan kartu debit untuk melakukan tarik tunai jika dibandingkan dengan menggunakan kartu kredit.

Baca Juga : 12+ Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Supaya Pengelolaan Keuangan Terkendali

5. Segi Limitasi Penggunaan

Selanjutnya, ada perbedaan kartu debit dan kredit dalam segi limit penggunaannya. Nasabah pengguna kartu kredit hanya bisa melakukan pembayaran kartu kredit dengan jumlah limit yang sudah ditentukan oleh bank.

Setiap bulannya, ada jumlah batasan yang ditetapkan mengenai seberapa besar pengguna bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit mereka. Biasanya limit atau batasan ini ditentukan sesuai dengan kelas kartu kredit yang digunakan.

Baca Juga  3 Cara dan Syarat Gadai BPKB di Pegadaian (Mudah Tanpa Ribet)

Semakin tinggi kelasnya, maka semakin besar limit yang ditetapkan oleh bank. Bahkan, ada kartu kredit yang memberikan bebas limit pada penggunanya.

Sedangkan kartu debit sendiri tidak memiliki limit pembayaran sama sekali. Jika nasabah tersebut masih memiliki saldo di dalam rekening bank mereka, maka mereka bisa menggunakan saldo tersebut sepenuhnya untuk pembayaran.

Baca Juga : Cari Pinjaman Uang Mudah untuk Kebutuhan Pribadi dan Modal Usaha

Kelebihan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Setelah mengetahui berbagai perbedaan kartu debit dan kartu kredit, maka selanjutnya ada pembahasan mengenai kelebihan dari masing-masing jenis kartu yang perlu untuk diketahui. Kedau jenis kartu ini pastinya memiliki kelebihan masing-masing yang ditawarkan untuk penggunanya.

Kelebihan utama dari kartu kredit sendiri adalah berbagai penawaran promo dan juga diskon yang ditawarkan oleh merchant dan badan yang bekerja sama dengan pihak bank. Selain itu, kartu kredit juga bisa menjadi penyelamat untuk kebutuhan pembayaran yang mendesak.

Sedangkan pada kartu debit, kelebihan utama yang ditawarkan adalah biaya yang jauh lebih murah dan lebih sedikit. Ada pula kemudahan dalam penarikan tunai yang membuat urusan pembayaran dan tabungan lebih mudah dikelola.

Berbagai perbedaan kartu debit dan kredit yang sudah dibahas tadi pastinya memberikan pemahaman yang lebih mengenai kedua jenis kartu ini. Kedua jenis kartu ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang berbeda.

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Bank di Indonesia dan Berbagai Fungsinya!

Pakai kartu kredit dan debit dengan bijak agar tidak terlilit dengan masalah, terutama untuk pemakaian kartu kredit. Jangan sampai melakukan peminjaman yang lebih besar daripada yang bisa ditanggung dan melupakan bunga yang sudah ditetapkan.

Related Posts