Home Bisnis Mengenal Apa Itu Perencanaan Usaha: Komponen, Manfaat dan Cara Membuat Perencanaan Usaha
perencanaan usaha

Mengenal Apa Itu Perencanaan Usaha: Komponen, Manfaat dan Cara Membuat Perencanaan Usaha

by Titis NP

Semua jenis bisnis atau usaha membutuhkan perencanaan usaha agar bisa berkembang dan meraih kesuksesan. Perencanaan bisnis bisa membantu meminimalisir resiko kerugian sehingga bisni bisa berjalan dengan lebih lancar. 

Sangat penting untuk memahami berbagai komponen yang tercakup dalam perencanaan bisnis. Dengan begitu bisnis bisa berjalan sesuai visi dan misi yang diinginkan. Perencanaan yang matang dan tepat bisa membantu mengurangi risiko bisnis yang mengakibatkan kebangkrutan.

Pengertian Perencanaan Usaha 

Perencanaan usaha adalah sebuah tindakan yang perlu dilakukan saat akan membangun suatu usaha atau bisnis. Saat memulai bisnis, pelaku bisnis memerlukan berbagai komponen perencanaan yang bisa membuat bisnis berjalan dengan lebih baik.

Perencanaan bisnis juga dikenal dengan nama business plan. Business plan berupa dokumen yang fungsinya adalah memperlihatkan kemampuan suatu bisnis dalam menjual jasa atau produk. Business plan juga bisa berfungsi sebagai suatu alat untuk mencari investor.

Dalam business plan terdapat segala sesuatu yang akan dilakukan untuk mendukung jalannya bisnis, sehingga bisa menjadi suatu proposal bisnis.

banner modal usaha gadai kendaraan

Komponen Perencanaan Usaha dan Peranan Pentingnya

Dalam merencanakan suatu usaha, perencanaan bisnis melibatkan berbagai komponen yang masing-masing berkaitan dengan komponen lainnya. Penting untuk memahami setiap komponen yang ada dalam perencanaan bisnis. Beberapa komponen tersebut adalah:

1. Deskripsi Usaha atau Bisnis

Komponen yang paling utama dan terpenting dalam pembangunan suatu usaha merupakan deskripsi usaha atau bisnis. Deskripsi bisnis akan menjelaskan detail usaha yang akan dijalankan pada berbagai pihak yang terkait. Semua gagasan dan ide bisnis akan dijelaskan di bagian deskripsi bisnis ini.

Baca Juga  8 Aplikasi UMKM Untuk Mengembangkan Bisnis (Gratis!)

Dengan disampaikannya semua gagasan bisnis dan ide yang akan dijalankan selama beberapa periode waktu yang akan datang, pihak-pihak yang terkait, seperti misalnya calon investor bisa melihat potensi bisnis tersebut dan bisa memutuskan apakah bisnis tersebut layak dipertimbangkan atau tidak.

Baca Juga : Mau Buka Usaha Sendiri? Ini Cara Buka Usaha Sendiri Modal Kecil Menguntungkan

2. Menjalankan Riset Pasar

Riset pasar terhadap suatu jasa atau produk yang nantinya akan dipasarkan adalah salah satu komponen yang perlu dilakukan dalam perencanaan bisnis. Langkah ini bisa dilakukan dengan melakukan segmentasi pasar yang tujuannya adalah untuk mengetahui target dan selera konsumen.

Dengan begitu, pemilik bisnis bisa menyediakan jasa atau produk pada target konsumen yang sudah jelas. Riset pasar merupakan langkah awal yang cukup penting dalam memulai suatu bisnis. Berhasil tidaknya suatu bisnis dipengaruhi oleh matang tidaknya riset pasar yang dilakukan.

3. Membuat Strategi Pemasaran yang Tepat

Komponen lain dalam pembuatan perencanaan bisnis adalah membuat strategi pemasaran. Strategi pemasaran ini meliputi bagaimana cara memahami berbagai hal mengenai kekurangan dan kelebihan produk dibandingkan dengan produk yang disediakan oleh kompetitor.

Langkah ketiga dalam perencanaan usaha ini akan jauh lebih mudah untuk dilakukan jika segmentasi dan riset pasar sudah terlebih dahulu dilakukan. Pemilik bisnis akan memahami target konsumen untuk jasa atau produk yang ditawarkan dan bisa membuat strategi yang paling tepat sasaran.

Baca Juga : 15 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kecil Menengah

4. Melakukan Analisa Kompetitor atau Pesaing

Bisnis yang Anda bangun akan mempunyai target pasar yang sama dengan bisnis milik orang lain. Dua atau beberapa bisnis yang target pasarnya sama akan saling berebut konsumen dan yang kalah saing akan kehilangan pelanggan.

Masalah ini bisa dihadapi dengan memahami kekurangan dan kelebihan produk yang disediakan oleh pesaing. Produk yang Anda jalankan harus bisa menutupi kekurangan produk pesaing. Itulah sebabnya analisis kompetitor sangat penting untuk dilakukan. 

5. Rencana Operasional dan Manajemen

Komponen lain dari perencanaan bisnis adalah memaksimalkan manajemen dan operasional. Manajemen operasional mencakup berbagai fokus operasional yang ada dalam suatu bisnis. Beberapa contohnya antara lain adalah menetapkan suatu sistem produksi dan penggunaan bahan baku.

Baca Juga  Peluang Kerja dari Rumah dan Hasilkan Banyak Uang

Beberapa langkah operasional lain yang tercakup dalam manajemen operasional antara lain menentukan tanggung jawab dan tugas pihak manajemen, menetapkan prosedur kerja yang perlu dilakukan oleh setiap divisi, dan Menyusun anggaran untuk operasional perusahaan.

Sumber daya manusia yang berkualitas adalah aset penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas perusahaan serta untuk mengoptimalkan jalannya berbagai kegiatan bisnis.

Baca Juga : 15 Ide Usaha Modal 2 Juta yang Menjanjikan dan Paling Laris Saat Ini

6. Penerapan Proses Produksi

Setelah semua proses lain yang disebutkan sebelumnya sudah berhasil dilakukan, hal lain yang sama pentingnya adalah menerapkan rencana tersebut pada semua kegiatan produksi. Perencanaan bisnis tidak akan berguna tanpa adanya tindakan atau penerapan.

Tindakan tersebut bisa dilakukan dengan melaksanakan kegiatan produksi, sesuai dengan berbagai rencana usaha yang telah ditetapkan sebelumnya. Nantinya, perencanaan usaha bisa dievaluasi dan digunakan untuk mengurangi semua risiko yang bisa saja terjadi.

7. Membuat Perkiraan atau Estimasi Biaya

Perencanaan bisnis harus selalu melibatkan perhitungan biaya yang matang dan persiapan modal yang mencukupi. Modal awal sangat dibutuhkan dalam memulai bisnis baru karena modal berkaitan dengan sumber dana bisnis. Dana harus dikelola dengan baik agar bisa digunakan dengan lebih efisien.

Beberapa perencanaan biaya yang harus dibuat dan dipersiapkan dengan baik adalah laporan arus, laporan keuangan, laporan neraca untuk perencanaan bisnis, serta analisis untuk mengembalikan modal usaha. Dengan perencanaan keuangan yang matang, keuangan bisnis tidak akan berantakan.

Baca Juga : 7 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Menguntungkan Bagi Pebisnis Pemula

Berbagai Manfaat Membuat Perencanaan Bisnis

Anda sudah memahami apa sebenarnya perencanaan bisnis itu dan bagaimana cara membuat perencanaan usaha berdasarkan komponen-komponen yang ada di atas. Jika diterapkan dalam bisnis, akan ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan. Beberapa manfaatnya antara lain:

1. Usaha Lebih Terarah

Perencanaan bisnis membuat organisasi dalam suatu bisnis atau usaha mempunyai target dan pekerjaan yang jauh lebih jelas. Hal ini akan sangat membantu pemilik bisnis untuk berfokus menjalankan usaha sesuai dengan rencana yang telah dipersiapkan dengan matang sebelumnya.

Baca Juga  Mau Buka Usaha Sendiri? Ini Cara Buka Usaha Sendiri Modal Kecil Menguntungkan

2. Membantu Memahami Model Bisnis

Perencanaan bisnis yang matang juga bisa membantu pemilik usaha untuk mengembangkan bisnis yang akan dimulainya. Bisnis baru bisa lebih mudah dikembangkan kalau perencanaannya benar-benar matang. Pastikan perencanaan bisnis benar-benar terorganisir.

Dengan begitu, pemilik usaha akan bisa menentukan dengan lebih tepat jenis atau model bisnis apa yang nantinya akan dijalankan dan dikembangkan di masa depan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Modal 10 Juta Terbaik dan Menguntungkan

3. Target Pasar menjadi Jauh Lebih Jelas

Perencanaan bisnis mampu membuat pemilik usaha mengarahkan dan memasarkan produknya dengan lebih jelas. Dalam berbisnis, menentukan target pasar merupakan suatu langkah wajib yang tidak boleh diabaikan. Tingginya angka penjualan merupakan tujuan didirikannya suatu usaha.

Jika target pasar tidak ditentukan dengan rinci pada awal pembangunan usaha, produk yang dipasarkan akan menyasar pasar yang salah. Bahkan bisa jadi produk tersebut menyasar konsumen yang tidak tepat. Akibatnya, penjualan pun tidak bisa dimaksimalkan.

4. Sumber Dana Bisa Diperoleh dengan Mudah

Perencanaan bisnis bisa dijadikan suatu acuan untuk perusahaan mengenai darimana dan bagaimana sumber dana diperoleh. Perencanaan ini adalah dokumen yang sifatnya penting dan akan berfungsi sebagai suatu proposal yang bisa digunakan untuk memperoleh dana tambahan.

Dana tambahan untuk proses produksi bisa diperoleh dari para investor yang tertarik atau dari pinjaman bank. Investor akan menilai layak tidaknya suatu usaha dari perencanaan usaha yang telah disiapkan oleh pemilik bisnis. Itulah sebabnya perencanaan perlu dibuat dengan matang dan serius.

Baca Juga : 7 Usaha Sampingan Paling Menjanjikan

Memahami segala hal tentang perencanaan bisnis tidak cukup. Yang paling penting adalah membuat perencanaan bisnis sendiri dan bertindak sesuai dengan rencana yang telah dibuat agar bisnis bisa terus berkembang dan mencapai kesuksesan. Buat dan jalankan rencana bisnis Anda sekarang juga.

Related Posts