Home Produk Keuangan Pinjaman Modal Usaha BCA Syarat dan Cara Pengajuannya!
pinjaman modal usaha BCA

Pinjaman Modal Usaha BCA Syarat dan Cara Pengajuannya!

by Titis NP

Kabar baik untuk nasabah BCA karena adanya program pinjaman modal usaha BCA. Pinjaman ini untuk mendukung berkembangnya usaha bagi para pelaku usaha agar mendapatkan suntikan dana yang berguna untuk mendanai bisnisnya. 

Apakah sudah paham apa saja yang disyaratkan dan bagaimana cara pengajuannya? Jika belum, maka sangat tepat mendapatkan informasi di bawah ini sehingga akan memberikan pemahaman yang mendalam. 

Jenis-Jenis Pinjaman Modal Usaha BCA

Sebenarnya Bank BCA sudah menyiapkan berbagai macam pinjaman untuk modal usaha para nasabahnya. Jadi, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan karena berguna untuk mempertimbangkan bunga pinjaman yang nantinya akan dibayarkan. 

Ada juga syarat pinjaman Bank BCA untuk usaha yang berbeda di setiap jenisnya. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengetahui beberapa jenis pinjaman bank BCA untuk usaha di bawah ini:

1. Pinjaman Bank BCA Business Personal Loan

Untuk jenis yang pertama ini sebenarnya diperuntukkan bagi pebisnis yang sedang mengembangkan usaha. Bisa dikatakan bahwa pinjaman jenis ini tidak membutuhkan agunan sehingga bisa digunakan oleh siapa saja. 

Kredit modal kerja bisa berguna untuk membiayai aktivitas operasional perusahaan baik untuk sehari-hari maupun modal kerja tambahan. Untuk BCA Business Personal Loan ini sebenarnya bisa dilakukan tanpa agunan karena diperuntukkan oleh nasabah UMKM maupun pelaku usaha. 

Fasilitas yang diberikannya adalah tenor waktu kredit 1-3 tahun serta pembayarannya bisa secara autodebet dari rekening nasabah tersebut. Ada beberapa syarat yang diperuntukkan khusus produk ini, yaitu:

  • Warga Negara Indonesia yang berusia 21 sampai dengan 57 tahun pada saat melakukan pengajuan pinjaman. 
  • Merupakan wirausahawan minimal 2 tahun. 
  • Aktif dalam melakukan transaksi menggunakan rekening BCA dan pada tahun 2 tahun terakhir. 
  • Tidak dalam masa fasilitas pinjaman bank BCA dengan jenis lainnya. 
Baca Juga  9 Cara Cek Angsuran Home Credit Praktis & Lengkap!

Setelah mengetahui beberapa persyaratan di atas maka ada baiknya untuk melakukan pengajuan fasilitas pinjaman ini. Nah, untuk melakukan pinjaman bisa melalui beberapa langkah di bawah ini:

  • Lakukan pengajuan melalui website resmi yaitu di BCA.co.id/bpl. 
  • Pada saat sudah berada di halaman pertama maka bisa mengisi formulir yang diminta. 
  • Setelah itu, tunggulah untuk officer BCA konfirmasi melalui telepon dalam waktu 1 sampai 3 hari kerja. 
  • Kemudian, kurir akan melakukan pengambilan dokumen persyaratan yang dibutuhkan seperti salinan KTP, NPWP. Surat izin usaha, dan pengisian formulir aplikasi BPL. 
  • Pihak BCA akan melakukan analisis pengajuan kredit jika memenuhi syarat maka akan lolos verifikasi. Lalu, pihak BCA akan melakukan konfirmasi nilai pinjaman yang disetujui melalui telepon. 
  • Selanjutnya, dana BPL yang disetujui akan langsung ditransfer ke rekening BCA yang sudah dicantumkan pada formulir pengajuan BPL. 

Jika melihat dari pinjaman tanpa agunan ini ternyata masih ada keuntungan lain seperti tenor yang dimiliki sampai dengan 36 bulan. Untuk prosesnya bisa dikatakan sangat cepat karena bisa dilakukan secara online dimana saja. 

Berbicara mengenai limit pinjaman BPL ini adalah Rp. 100.000.000,- dengan bunga pinjaman sebesar 0.89% per bulannya flat. 

2. Kredit Usaha Rakyat BCA (KUR BCA)

Jenis kedua yang bisa digunakan untuk mendapatkan pinjaman adalah Kredit Usaha Rakyat BCA. Untuk pinjaman ini memiliki limit yang lebih besar dibandingkan jenis pinjaman sebelumnya. Akan tetapi, KUR BCA membutuhkan agunan sebagai persyaratan pinjaman dana ini. 

Untuk pinjaman modal usaha BCA ini bisa digunakan untuk investasi baik perorangan maupun perusahaan sehingga usahanya lebih produktif lagi. Untuk KUR ini terdapat pilihan KMK (Kredit Modal Kerja) atau KI (Kredit Investasi). 

Baca Juga  5 Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal dan Resikonya!

Berbicara mengenai tenor pinjaman bank BCA pada KUR ini bisa dimulai pada 12 bulan sampai dengan 48 bulan tergantung dengan pilihan peminjam. Sedangkan, untuk besaran bunga yang akan dikenakan cukup kompetitif yaitu sebesar 6% per tahunnya. 

Kemudian, agar bisa mendapatkan pinjaman ini maka harus memenuhi syarat pinjaman Bank BCA untuk usaha, seperti:

  • Memiliki usaha yang sudah berjalan secara kontinu minimal 6 bulan. 
  • Menyiapkan surat dan dokumen yang dibutuhkan seperti salinan KTP, KK, NPWP. Tanda Daftar Perusahaan (TDP) untuk badan, Nomor Induk Badan (NIB) untuk badan, dan Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk perorangan. 
  • Menyiapkan dokumen asli untuk agunan seperti tanah bangunan, tanah kosong, kios, mesin, kendaraan bermotor, dan lainnya. 

Mengingat dana yang dipinjamkan cukup besar maka pantas saja membutuhkan sebuah agunan yang disyaratkan. Dengan begitu maka peminjam akan lebih berhati-hati lagi serta akan bertanggung jawab pada kewajiban pelunasan hutang tersebut. 

Lalu, untuk cara pengajuan pinjaman di Bank BCA ini bisa dilakukan secara online pada halaman webform.BCA.go.id/apply. Cara yang dapat dilakukan tidak jauh berbeda dengan pengajuan pinjaman BPL sebelumnya sehingga bisa saja dilakukan dengan mudah dimana saja dan kapan saja.

Atau jika ingin proses yang lebih cepat lagi maka bisa langsung mengunjungi kantor cabang terdekat dengan membawa seluruh persyaratan yang dibutuhkan. Dengan begitu maka akan dilayani oleh customer service dan mendapatkan pinjaman dengan mudah.

3. Kredit Multiguna Usaha BCA

Untuk kredit selanjutnya adalah Kredit Multiguna Usaha BCA yang bisa digunakan sebagai pinjaman modal usaha BCA. Biasanya disingkat dengan nama KMU dengan fasilitas terbaik untuk keberlangsungan usaha. 

Baca Juga  Pluang VS Bibit : Investasi Mana yang Cocok bagi Pemula?

Pada KMU ini biasanya nasabah akan menggunakannya sebagai modal kerja namun juga sebagai dana kredit untuk menambahkan investasi aktiva tetap perusahaan. Dan bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. 

Dikarenakan untuk jumlah pinjaman yang diberikan cukup besar maka tenor yang dipilih juga cukup panjang. Pasalnya untuk tenor ini bisa sampai dengan 20 tahun dengan suku bunga pinjaman 5% per tahunnya. 

Namun, tetap saja untuk limit pinjaman yang diberikan akan disesuaikan. Penyesuaian tersebut akan didasarkan dengan nilai agunan serta besaran nilai kredit yang diajukan. Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan terkait dengan suntikan dana untuk operasionalnya. 

Agar bisa mendapatkan mendapatkan pinjaman kredit multiguna usaha BCA bisa melengkapi persyaratan khusus seperti di bawah ini:

  • Merupakan warga negara Indonesia dengan usia 17 tahun. 
  • Sudah menikah atau memiliki badan usaha berbadan hukum. 
  • Memberikan salinan dokumen seperti KK, KTP, NPWP, KTP Pasangan, Akte nikah/cerai/mati, KTP dewan direksi dan komisaris, KTP investor. 
  • Dokumen agunan seperti KTP dan NPWP pemilik, IMB, sertifikat, tagihan PBB terakhir, bukti bayar PBB terakhir. 
  • Salinan laporan keuangan dan rekening Bank BCA. 

Sama seperti sebelumnya bahwa untuk mengajukan pinjaman ini bisa dilakukan secara online dan offline. Yang terpenting adalah menyiapkan beberapa persyaratan yang diberikan di atas. Jadi, semakin lengkap maka prosesnya akan semakin cepat pula. 

Pinjaman bank BCA untuk usaha dengan jenis terakhir ini memang khusus untuk usaha yang sudah besar. Hal tersebut dikarenakan prioritas akan diberikan untuk perusahaan yang membutuhkan dana cukup banyak. 

Pinjaman modal usaha BCA memang sangat menggiurkan namun tetap harus berhati-hati dalam penggunaannya. Jika ingin mendapatkan modal usaha cepat dan aman bisa percaya ke gadaikendaraan.com karena sudah dipercaya oleh masyarakat dengan pelayanan terbaik.

Related Posts