Home Produk Keuangan 5 Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah & Tercatat di OJK
aplikasi pinjaman online bunga rendah

5 Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah & Tercatat di OJK

by Titis NP

Pinjaman online bunga rendah adalah salah satu jenis pinjaman yang banyak diinginkan banyak orang. Sehingga pembayaran per bulannya akan lebih murah dan tidak terlalu memberatkan. Tapi apakah ada perusahaan pinjaman online yang mampu memberikannya?

Kini banyak perusahaan yang menyediakan pinjaman dengan basis online yang sering disebut dengan pinjaman online. Proses pinjamannya memungkinkan pihak peminjam melakukan verifikasi data hanya dengan cara mengirim foto saja.

Besar bunga rata-rata di perusahaan pinjaman online yaitu antara 0,3 – 0,46% bunga harian. Sedangkan pinjaman produktifnya besar bunga tahunannya yaitu antara 12 – 24%. Untuk ukuran platform pinjaman online besar bunga tahunan tersebut terbilang besar.

Daftar Pinjaman Online OJK Bunga Rendah

Untuk perusahaan pinjaman online yang sudah legal tentunya tidak akan memberi bunga yang terlalu memberatkan nasabah. Inilah beberapa daftar pinjol bunga rendah yang sudah terdaftar di OJK dengan memberlakukan tarif bunga yang baru:

1. Kredit Pintar

Perusahaan pinjaman online pertama yang akan dibahas di sini adalah Kredit Pintar yang juga sudah terdaftar di OJK, sebagai perusahaan yang bernama PT. Kredit Indonesia atau yang disebut dengan Kredit Pintar.

Perusahaan pinjol legal yang satu ini menyediakan pinjaman yang bisa digunakan untuk segala kebutuhan. Besar pinjaman maksimalnya yaitu Rp.20 juta dengan tenor pinjaman antara 3, 6 dan juga 12 bulan lamanya.

Selain itu Kredit Pintar juga memberikan suku bunga tahunan yang tidak lebih dari 11%, yang belum termasuk dengan biaya admin sekitar 5 – 15% dan biaya keterlambatan per hari sekitar 1% saja.

Baca Juga  10 Bank Syariah Terbaik dan Terbesar di Indonesia

2. Danafix

Aplikasi pinjol bunga rendah lainnya yang juga direkomendasikan adalah Danafix yang berasal dari PT Danafix Online Indonesia. Perusahaan pinjol ini menyediakan pinjaman dana dengan prosedurnya yang sederhana, dan tenor pinjaman antara 120 – 210 hari.

Jumlah pinjaman dana yang bisa dipilih di Danafix mulai dari Rp.500.000,- sampai maksimalnya Rp.10 juta. Dalam meminjam dana di Danafix ada beberapa biaya yang dibebankan pada pihak peminjam, yaitu:

  • Biaya platformnya kurang lebih 6% setiap bulannya dan akan dikurangi sebagai biaya.
  • Biaya untuk pemberi pinjaman yaitu 6% setiap bulan dan dikurangi sebagai biaya.
  • Biaya keterlambatan pembayaran yaitu Rp.100.000,-.
  • Total biaya konsumen adalah 12% setiap bulan.

3. DanaRupiah

Perusahaan lain dari pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK adalah DanaRupiah, yang berasal dari PT Layanan Keuangan Berbagi. Pemberian pinjaman dana dari DanaRupiah ini menggunakan sistem P2P lending.

Pinjaman ini fokus pada memberi bantuan finansial yang efisien dan lebih baik pada petani, caranya yaitu dengan memanfaatkan fitur teknologi terbaru. Jenis pinjaman yang diberikan oleh DanaRupiah ini meliputi pinjaman produktif, personal, dan pendidikan.

Setiap produknya memiliki jumlah suku bunga yang tidak sama, seperti berikut ini:

  • Suku bunga pinjaman personal 0,8% per hari.
  • Suku bunga pinjaman pendidikan yaitu antara 22 – 23% per tahun ditambah dengan biaya platform sebesar 3%.
  • Suku bunga pinjaman produktif yaitu 28% per tahun dengan biaya platform sebanyak 8%.

4. Indodana

Aplikasi pinjaman online bunga rendah berikutnya adalah Indodana yang merupakan PT Artha Dana Teknologi, yang sudah ada sejak tahun 2017. Baru di tahun 2020 tepatnya Bulan Mei, Indodana baru mendapat izin resmi dari OJK.

Layanan pinjaman yang diberikan oleh Indodana berupa cicilan kartu kredit, layanan paylater dan kredit HP. Pinjaman yang diberikan oleh Indodana yaitu antara 1 – 8 juta dengan tenor pinjaman mulai dari 1 – 3 bulan ditambah dengan suku bunga per harinya yaitu 0,57 – 0,8%. 

Baca Juga  7 Pinjaman Online Tanpa Slip Gaji dan NPWP (Langsung Cair!)

Sedangkan untuk layanan pinjaman paylater Indodana tidak ada bunga apapun khusus untuk tenor pinjaman selama 1 bulan. Tapi untuk tenor lebih dari 1 bulan nasabah akan terkena suku bunga sebanyak 3% ditambah biaya administrasi 1% dengan nilai minimal Rp.1000,-.

5. PinjamDuit

Aplikasi PinjamDuit yang berasal dari PT Stanford Teknologi Indonesia menawarkan pinjaman multiguna tanpa agunan, dan juga pinjaman dana dengan agunan. 

Jumlah pinjaman yang diberikan untuk layanan tanpa agunan tersebut adalah Rp.600.000,- sampai Rp.10 juta. Besar bunga per harinya adalah 0,07% untuk layanan pinjaman tanpa agunan. 

Berbeda dengan pinjaman yang menggunakan agunan jumlah pinjamannya mulai dari Rp.100 juta sampai Rp.2 milyar dengan tenor pinjaman hingga 12 bulan. 

Tak hanya bunga harian saja, tapi PinjamDuit juga memberikan beban biaya layanan pada nasabah sebanyak 0,32%.

Cara Terbaik Dalam Menggunakan Pinjaman Online

Walaupun saat ini sudah banyak perusahaan pinjaman online yang terdaftar secara resmi di OJK dan menjamin semua prosesnya aman, tapi sebelum mulai melakukan pinjaman online sebaiknya ketahui pertimbangannya terlebih dulu.

Apalagi saat ini dunia sedang terancam resesi dan juga inflasi yang cukup tinggi di Indonesia. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk meminjam dari pinjaman online:

1. Menentukan Tujuan Pinjaman

Dalam keadaan ekonomi negara kita yang serba tidak pasti saat ini, sebaiknya ketahui dengan pasti apa tujuan dalam mengajukan pinjaman online tersebut. Apakah tujuan pinjamannya bersifat produktif atau untuk tujuan yang sifatnya konsumtif.

Satu hal yang harus dilakukan untuk membatasi besar pinjaman yang akan dilakukan, yaitu harus sesuai dengan rasio cicilan yang sifatnya ideal. Rasio cicilan utang yang ideal diantaranya yaitu:

  • Utang produktif: Antara 30 – 35% dari jumlah penghasilan.
  • Utang konsumtif: Sekitar 15% dari jumlah penghasilan.
Baca Juga  Tabel Angsuran Pinjaman KUR Bank Jateng & Syaratnya Terlengkap!

Apabila utang yang nantinya akan diajukan ini bukan untuk kebutuhan mendesak, sebaiknya pertimbangkan lagi agar di kemudian hari tidak terbebani dengan utang yang jumlahnya besar. 

2. Jangan Menjadikannya Kebiasaan

Sebelum mulai mengajukan pinjaman secara online ketahui terlebih dulu apa saja batasan yang ada. Jangan selalu mengandalkan pinjol setiap kali ada kebutuhan uang baik yang mendesak atau tidak.

Selain mengajukan pinjaman untuk bisa memperoleh uang bisa dengan cara menggadaikan/menjual aset yang dimiliki saat ini. Berdayakan aset tersebut untuk penghasilan tambahan.

Bisa juga melakukan pinjaman lunak, yaitu pinjaman yang dilakukan pada orang terdekat misalnya keluarga, atau perusahaan tempat bekerja. Jenis pinjaman ini lebih aman dan tidak ada bunga.

3. Menggali Lebih Dalam

Kemudian cek kembali bagaimana legalitas pinjaman online yang nantinya akan dipilih. Cari tahu juga berapa dana maksimal yang bisa dipinjam dari platform tersebut. Ketahui juga apa saja dokumen persyaratan dari pinjaman online itu sendiri.

Walaupun perusahaannya sudah mengklaim bahwa mereka resmi di OJK tapi kroscek kembali sebelum melakukan pinjaman. Perhatikan perjanjian/surat yang diminta oleh pihak pinjol ketika akan mulai mengajukan pinjaman.

Jangan sembarangan menandatangani atau menyetujui sesuatu tanpa paham isi suratnya. Jangan juga memberi jaminan apapun supaya tidak kehilangan aset di masa mendatang. Lakukan pengecekan ke OJK bisa langsung menghubungi kontak dengan nomor 157.

Dengan mengetahui apa saja pinjaman online bunga rendah maka pilih pinjol paling aman dan cair cepat. Seperti pinjaman di gadaikendaraan.com yang juga memberi pilihan bunga rendah ditambah dengan prosesnya yang serba cepat, tidak ribet, dan juga dijamin aman.

Related Posts