Home Produk Keuangan 6 Rekomendasi Pinjaman Online Pemerintah & Ada Izin OJK
pinjaman online pemerintah

6 Rekomendasi Pinjaman Online Pemerintah & Ada Izin OJK

by Titis NP

Trend meminjam uang secara online semakin eksis di masyarakat. Sayangnya, banyak sekali masyarakat yang menjadi korban penipuan pinjaman online. Tidak heran kalau akhirnya muncul pinjaman online pemerintah yang memberikan solusi atas masalah tersebut.

Sebagai rasa peduli pemerintah kepada masyarakatnya, pinjaman online yang disediakan tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan aktivitas peminjam pada umumnya. Mulai dari bunga yang rendah hingga jaminan yang umum diberikan serta tidak memberatkan.

Pinjaman Online

Pinjaman Online sendiri sebenarnya media atau lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman dana kepada masyarakatnya secara online.

Tentu saja pencairannya bisa dilakukan secara online melalui rekening ataupun langsung. Kendati demikian, tetap saja ada syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi peminjam.

Secara keseluruhan, pinjaman online sama saja dengan meminjam uang langsung. Ada bunga, ada jaminan, dan ada syarat yang harus dipenuhi. 

Hanya saja, proses meminjam dan pemenuhan syaratnya bisa dilakukan melalui media online tanpa harus repot datang ke kantor. Tidak heran kalau pencairan dananya menjadi lebih cepat dan menggiurkan.

Rekomendasi Pinjaman Online Pemerintah

Bagi yang tertarik melakukan pinjaman dana kepada pemerintah, berikut beberapa lembaga keuangan yang bisa dipilih sesuai minat dan kemampuan.

1. LinkAja

Pinjaman Online yang satu ini dikemas dalam bentuk aplikasi yang lebih praktis. Kalau ingin melakukan peminjaman, wajib instal aplikasi ini di android dan tersedia di playstore.

LinkAja bekerja sama dengan mandiri utama finance yang termasuk perusahaan resmi dari pemerintah. Jadi tidak heran kalau syarat dan cara pinjamnya sama dengan di bank mandiri. Hanya saja dilakukan secara online.

Baca Juga  Review Blu BCA Digital: Fitur & Cara Daftarnya!

Selain Mandiri Finance, sebenarnya LinkAja juga bekerja sama dengan lembaga keuangan lainnya seperti kredit pintar dan UKU, serta pegadaian yang mengenakan jaminan.

Syarat meminjam uang di sini berbeda-beda tergantung jenis bank atau lembaga keuangan yang dipilih pada aplikasi LinAja. Namun, secara umum berikut adalah syarat peminjaman yang wajib dipenuhi ketika ingin meminjam uang.

  • Instal aplikasi LinkAja.
  • Lakukan registrasi online.
  • Scan KTP.
  • Mengisi data diri termasuk rekening bank dan informasi pekerjaan.

Sementara itu, cara dan tahapan meminjam uang secara online melalui aplikasi LinkAja meliputi:

  • Instal aplikasi LinkAja di playstore yang disediakan ponsel masing-masing.
  • Apabila belum mempunyai akun bisa registrasi terlebih dahulu. 
  • Bagi yang sudah punya, langsung login dengan user ID dan password yang digunakan mendaftar.
  • Pilih menu lainnya dan opsi pinjaman, nantinya akan terlihat daftar pihak penyedia pinjaman online yang bekerjasama dengan LinkAja.
  • Selanjutnya ikuti saja langkah dan syarat yang diminta sesuai penyedia pinjaman online yang dipilih.

2. Ceria

Selain Mandiri Finance yang bekerjasama dengan LinkAja, ada juga BRI yang membuat Ceria sebagai salah satu media pinjaman online pemerintah.

Ceria juga berbentuk aplikasi android dan menerima jasa pinjaman digital serta kredit secara online tanpa menggunakan kartu. Melalui aplikasi ini, seseorang bisa mengajukan pinjaman dengan plafon maksimal 20 juta. Adapun tenor nya mulai 1 sampai 12 bulan.

Syarat peminjaman :

  • Memiliki aplikasi Ceria.
  • Foto wajah.
  • Foto KTP.
  • Data Diri.

3. BNI Fleksi

Berbeda dengan jasa lainnya yang menawarkan pinjaman melalui aplikasi, BNI Fleksi yang merupakan produk BNI menawarkan pinjaman online melalui website.

Namun, peminjaman baru bisa dilakukan oleh nasabah BNI yang sudah mendapat penawaran kredit melalui sms ataupun secara langsung oleh pihak bank.

Baca Juga  Tabel Pinjaman Akulaku & Cara Pengajuannya Terlengkap (2022)

Bank milik BUMN ini menawarkan kredit tanpa agunan secara online dengan cakupan platform yang cukup besar, yakni mencapai 500 juta. Sementara tenornya maksimal hingga 15 tahun.

Syarat peminjaman:

  • Sudah mendapat penawaran kredit dari pihak bank.
  • Merupakan pegawai aktif yang gajinya tersalurkan melalui bank BNI.
  • Mengisi formulir elektronik atau e-form.
  • Melengkapi data diri seperti KTP dan sejenisnya.

4. Pinang

Singkatan dari kata Pinjam Tenang yang berbentuk aplikasi di playstore. Aplikasi ini juga besutan dari bank BRI. Melalui aplikasi ini, pinjaman bisa dicairkan dengan cepat ke rekening BRI tanpa menunggu lama. Bahkan waktu pencairan paling lama setelah melakukan proses peminjaman hanya 15 menit saja.

Keunggulan aplikasi ini dibandingkan yang lain adalah variasi bunga pinjamannya yang bisa sangat rendah. Bahkan bunga terendah yang ditawarkan adalah 1,24 persen saja setiap bulannya.

Syarat peminjaman:

  • Instal aplikasi Pinang.
  • Isi formulir yang disediakan aplikasi.
  • Melakukan selfie foto sebagai pengganti digital signature.

5. PNM

PT Permodalan Nasional Mandiri juga merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang pemberdayaan usaha kecil, menengah, hingga korporasi.

PNM awalnya hanya menyediakan pinjaman secara offline saja. Namun saat ini sudah menyediakan pinjaman online pemerintah dengan bekerja sama pada aplikasi LinkAja. Jadi, saat menggunakan aplikasi ini bisa mengajukan pinjaman dengan memilih PNM.

Menariknya, perusahaan ini menyediakan pinjaman tanpa jaminan yang jumlahnya tidak sedikit. Mulai dari 2 juta sampai 15 juta. Jumlah yang cukup besar untuk diterima tanpa harus memberikan jaminan yang besar.

Syarat peminjaman secara online:

  • Instal aplikasi LinkAja.
  • Lakukan peminjaman dengan memilih PNM.
  • Menyertakan scan KTP dan KK.

6. Telkom PKBL

Dari namanya saja dapat diketahui bahwa perusahaan ini berasal dari Telkom yang juga milik pemerintah. PKBL sendiri adalah Program Kemitraan Bina Lingkungan yang memiliki program pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga  Tabungan Emas Antam vs Pegadaian : Mana yang Lebih Menguntungkan?

Untuk menyukseskan program ini, maka disediakanlah jasa peminjaman secara online maupun offline. Salah satu daya tariknya adalah memberikan pinjaman dana dengan bunga yang terbilang sangat rendah. Sasaran utamanya adalah para pelaku ekonomi dalam lingkup luas, termasuk kalangan marginal.

Untuk memudahkan masyarakat, pinjaman tidak harus dilakukan secara langsung, melainkan secara  online melalui website resmi smart bisnis. Pembayaran angsuran nya tentu juga bisa dilakukan secara online khususnya melalui virtual account.

Syarat peminjaman sama dengan lembaga keuangan pada umumnya, seperti identitas diri dan berkas dokumen pendukung lainnya.

Tapi ada syarat utama yang juga wajib dimiliki masyarakat jika ingin mendapat bantuan pinjaman dana dari Telkom, yaitu:

  • Memiliki usaha (tidak ada batasan besarnya usaha yang dijalankan).
  • Menyerahkan bukti adanya usaha yang dijalani.
  • Menyerahkan jaminan untuk pinjaman tersebut.

 

Pinjaman Online Lainnya yang Cepat dan Terjamin Aman

Meskipun pinjaman dari pemerintah cukup menggiurkan karena tingkat keamanannya yang tinggi, bukan berarti tempat pinjaman online lainnya di luar pemerintah tidak aman. 

Selama ada pengawasan dari lembaga resmi, maka jasa peminjaman juga tergolong aman dan bisa digunakan. Salah satunya adalah di gadaikendaraan.com

Selain terjamin aman dan terpercaya, ada banyak kelebihan lainnya yang bisa didapatkan jika meminjam uang di sini, yaitu:

  • Telah diawasi OJK
  • Proses pencairan dana sangat cepat.
  • Jaminan tidak perlu diantar, tapi disurvei langsung oleh petugas.
  • Syarat sangat mudah.
  • Bunga rendah.

Keberadaan pinjaman online pemerintah sangat membantu masyarakat yang membutuhkan untuk meminjam dana. Masyarakat bisa memilih salah satu jasa pinjaman pemerintah yang paling sesuai. Tapi bila tidak mampu memenuhi syaratnya, bisa juga meminjam di lembaga keuangan lainnya yang juga terjamin aman.

Related Posts