Home Produk Keuangan 9 Pinjaman Online untuk Mahasiswa Terbaik dan Aman (Langsung Cair!)
pinjaman online untuk mahasiswa

9 Pinjaman Online untuk Mahasiswa Terbaik dan Aman (Langsung Cair!)

by Titis NP

Pinjaman online untuk mahasiswa menjadi alternatif lain yang dicari ketika membutuhkan dana darurat dalam waktu yang singkat. Banyak mahasiswa yang menggunakan pinjaman tersebut ketika uang bulanan belum masuk. 

Hanya bermodalkan KTP, pinjaman online tanpa bunga untuk mahasiswa bisa diakses dengan mudah. Prosesnya juga tergolong cepat sehingga uang bisa segera berada dalam genggaman. 

Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online untuk Mahasiswa

Berikut ialah beberapa rekomendasi aplikasi pinjaman online untuk mahasiswa yang bisa diakses dengan mudah dan cepat:

1. Danacita

Danacita termasuk salah satu platform penyedia pinjaman online mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pembayaran uang kuliah ataupun kursus. 

Adapun nominal limit maksimal yang ditawarkan mencapai Rp. 200.000.000 dengan tenor pelunasan mulai dari 6, 12, 18 dan 24 bulan. 

Pinjaman ini tidak menetapkan bunga ataupun jaminan, melainkan terdapat biaya platform mulai dari 0 – 1,75 % dan biaya persetujuan sebesar 3% dari jumlah kredit yang telah disetujui. 

Itu sebabnya, danacita kerap dipilih sebagai alternatif ketika membutuhkan dana darurat dalam pembayaran uang kuliah ataupun kursus. 

2. Pintek

Pintek merupakan lembaga penyedia pinjaman online mahasiswa yang memiliki fokus pinjaman pada dana pendidikan. Tidak hanya terbuka bagi mahasiswa, lembaga ini juga menyediakan kredit untuk pelajar maupun institusi pinjaman modal kerja. 

Terdapat dua jenis layanan yang tersedia yakni pintek reguler yang biasa digunakan untuk membayar dana pendidikan seperti uang pangkal, uang semester ataupun SPP.

Selanjutnya yakni layanan pintek pro yang bisa digunakan untuk mendanai biaya penyaluran kerja, keperawatan dan beberapa pekerjaan lainnya. Jenis layanan ini sangat memungkinkan jika Anda ingin melunasinya setelah mendapatkan pekerjaan. 

Baca Juga  Tabungan Pendidikan Anak BCA: Jenis & Manfaatnya!

3. Cicil

Cicil merupakan salah satu pinjaman online terpercaya untuk mahasiswa yang telah terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jumlah pinjaman maksimal yang ditawarkan untuk pengembangan dana pendidikan mencapai Rp. 30.000.000 dengan tenor pelunasan 3 tahun.

Sistem pelunasan cicilan juga telah terintegrasi sehingga mahasiswa akan lebih mudah ketika mengajukan dana pinjaman untuk kepentingan pembayaran kampus ataupun kebutuhan dana pendidikan lainnya.

Cicil sangat cocok digunakan oleh mahasiswa karena proses pengajuannya tidak membutuhkan slip gaji. 

Selain, itu platform pinjaman online ini juga menyediakan program kerja sampingan seperti menjadi influencer sosial media, content creator ataupun mengisi survei. 

Dari pekerjaan tersebut, nantinya pengguna bisa memperoleh penghasilan mulai dari Rp. 25.000 – Rp. 150.000 untuk setia proyek yang dikerjakan. Dengan begitu, pekerjaan sampingan tersebut nantinya bisa digunakan untuk membantu melunasi cicilan.

4. Kredit Pintar

Kredit Pintar termasuk pinjaman online untuk mahasiswa terpercaya yang telah melayani kebutuhan dana pendidikan lebih dari 3 tahun. Platform ini memiliki aplikasi yang berhasil meraih penghargaan Top Brand Award 2021 sebagai online financing terbaik. 

Sejauh ini, aplikasi Kredit Pintar tercatat telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna. Meski tidak hanya berfokus dalam pinjaman biaya pendidikan, namun aplikasi ini bisa menjadi solusi tepat bagi mahasiswa ketika membutuhkan pinjaman dana.

Adapun syarat pengajuan pinjaman yang ditetapkan juga cukup mudah yakni dengan KTP, maka limit hingga Rp. 20.000.000 sudah bisa berada dalam genggaman tangan. 

Mengenai tenor pelunasannya juga cukup bervariasi mulai dari 30 hari, 3, 6 sampai 12 bulan. 

5. Danadidik

Danadidik termasuk perusahaan peer to peer lending yang melayani pinjaman dana pendidikan. Tidak hanya terdaftar dalam OJK, lembaga pinjaman dana ini juga telah terintegrasi dengan Kominfo dan Ristekdikti.

Baca Juga  10+ Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya, Langsung Cair!

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir karena statusnya telah legal dan resmi. Sejauh ini, Danadidik telah berhasil menyalurkan sebesar Rp. 9,4 miliar dana pendidikan dan membantu lebih dari 700 mahasiswa di Indonesia. 

Adapun keuntungan penggunaan danadidik dibandingkan platform pinjaman online lainnya ialah bebas bunga dan jangka waktu pelunasan atau tenor yang cukup panjang. 

Untuk pelunasannya nanti akan dikenai biaya yang dihitung dari total pendapatan selama 30 bulan pasca kelulusan. 

Jika pinjaman yang diajukan kurang dari Rp. 2.000.000, maka biaya pelunasan yang ditetapkan sebesar 10%. Selanjutnya untuk pinjaman lebih dari Rp. 10.000.000, maka besar biaya pelunasan yang ditetapkan ialah 30%. 

6. Koin Pintar

Koin Pintar ialah pinjaman online untuk mahasiswa tanpa syarat dan jaminan. Platform pinjaman online ini dikembangkan melalui aplikasi KoinWorks yang bisa memberikan pinjaman dana pendidikan, kebutuhan usaha dan UMKM. 

Adapun besaran bunga flat yang ditetapkan ialah sebesar 0,75% per bulan dengan tenor pelunasan mulai dari 3-24 bulan. 

Selain menawarkan pinjaman dana, Koin Pintar juga memiliki program pelatihan dalam bidang pemrograman, bahasa dan kecantikan yang bisa Anda ikuti. 

7. KTA Kilat

KTA Kilat merupakan salah satu aplikasi pinjaman online yang sangat cocok digunakan oleh mahasiswa. Platform pinjaman online ini hanya membutuhkan KTP dalam proses pengajuannya. 

Sebagai platform pinjaman dana yang tergolong ringan dan ramah bagi mahasiswa, KTA Kilat menawarkan limit maksimal mencapai Rp. 8.000.000 dengan bunga yang rendah sebesar 0,05%. Mengenai waktu pelunasan yang ditetapkan berkisar antara 91-180 hari. 

8. Danarupiah

Danarupiah adalah platform pinjaman online yang bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan dalam berbagai sektor seperti pendidikan, pertanian ataupun pelatihan bidang-bidang tertentu. 

Danarupaih termasuk penyedia pinjaman online yang menawarkan pinjaman dengan bunga rendah dengan limit maksimal mencapai Rp. 25.000.000. Selanjutnya mengenai bunga yang ditetapkan tiap tahunnya maksimal mencapai APR 10,5%.

Baca Juga  Tabel Angsuran Adira Finance Terlengkap 2022 (Wajib Dicek!)

Sama halnya dengan pinjaman online lainnya, Anda membutuhkan KTP untuk mengajukan pinjamannya. 

9. Kredivo

Kredivo termasuk pinjaman online untuk mahasiswa karena proses pengajuannya tidak membutuhkan slip gaji ataupun jaminan. 

Adapun salah satu layanan utama yang ditawarkan yakni akun kredivo basic yang memiliki limit maksimal mencapai Rp. 3.000.000 dengan tenor pelunasan selama 30 hari. Layanan pinjaman tersebut tidak menetapkan bunga sepeserpun. 

Bahkan, terdapat juga layanan pay later dalam aplikasi Kredivo yang bisa digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari. 

Rekomendasi Tempat Gadai Kendaraan Terpercaya

Selain mengajukan pinjaman online melalui beberapa platform yang telah disebutkan di atas, terdapat pula alternatif lain yang bisa dicoba yakni menggadaikan kendaraan dalam platform gadai yang terpercaya. 

Cara ini bisa membantu memenuhi kebutuhan akan dana darurat tanpa harus menjual atau menghilangkan sebagian harta benda yang Anda miliki. Salah satu platform gadai kendaraan terpercaya bisa Anda coba melalui https://www.gadaikendaraan.com 

Melalui platform tersebut, nantinya Anda akan memperoleh berbagai keuntungan seperti proses pengajuan yang mudah dan cepat, syarat-syarat yang mudah, jangkauan pinjaman yang luas dan adanya layanan simulasi hitung gadai secara gratis. 

Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan besaran uang yang akan dibutuhkan sebelum menentukan limit gadai. Bunga yang ditawarkan juga cukup rendah yakni mulai dari 8,5 -13% setiap tahunnya.

Gadaikendaraan.com ini juga termasuk dalam pinjaman online untuk mahasiswa tenor panjang karena masa pelunasannya bisa dilakukan mulai dari 11, 23 sampai 35 bulan. 

Itulah beberapa rekomendasi pinjaman online untuk mahasiswa dan tempat gadai kendaraan online yang bisa membantu dalam memenuhi dana dan kebutuhan pendidikan.

Related Posts