Home Current Issue Terjerat Pinjol Ilegal? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya
pinjol ilegal

Terjerat Pinjol Ilegal? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya

by Titis NP

Praktik pinjaman online (pinjol) saat ini sudah sangat merebak dan banyak orang yang terjerat dengan sistem pinjol. Jika aplikasi pinjol yang diakses ini legal, maka tidak akan menjadi soal, namun bagaimana jika ilegal? Bagaimana resiko yang akan dihadapi ketika terjerat dengan pinjol ilegal?

Pinjaman online ilegal didefinisikan sebagai taktik curang dan menipu banyak orang dengan sejumlah dana yang harus dibayarkan di luar kemampuan. Orang akan dibebani dengan utang bunga yang tinggi di luar kesepakatan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi siapapun untuk menghindari pinjol yang ilegal.

Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal

Ketika hendak mencari pinjol di pencarian Google, pasti ada banyak sekali rekomendasi, dari mulai yang berbiaya rendah hingga yang menjanjikan tenor lama.

Pemberi pinjaman yang menggunakan banyak bualan pada iklannya adalah sesuatu yang memang harus dihindari. Jika tidak ingin berurusan dengan pinjol yang ilegal, setidaknya kenali beberapa tanda berikut ini:

1. Menawarkan Suku Bunga Tinggi dengan Tenor Lama

Hindari pinjol yang sekiranya menawarkan pinjaman dengan suku bunga tinggi dan jangka waktu pembayaran yang terlalu lama atau bahkan pendek. Suku bunga  yang tinggi akan menyulitkan orang untuk membayar kembali uang yang sudah dipinjam.

 Pinjaman jangka panjang maupun pendek dan suku bunga tinggi ini dapat menjebak peminjam dalam siklus utang yang tidak akan ada habisnya. Pinjaman online yang ilegal adalah ketika seseorang mendapatkan dana dengan suku bunga yang terjangkau serta tenor yang jelas untuk keluar dari utang.

Baca Juga  Cara Investasi Setelah Pensiun, Bagaimana Skemanya?

Mengetahui apa yang membuat pinjaman berbahaya dapat mencegah peminjam jatuh ke dalam perangkap utang.

banner gadau bpkb gadai kendaraan

2. Iklan Tanpa Adanya Pemeriksaan Dokumen

Tanda dari pinjol yang ilegal selanjutnya adalah platform mengiklankan pinjaman yang tidak memerlukan pemeriksaan dokumen maupun kartu kredit. Artinya aplikasi tidak memperoleh informasi tentang riwayat keuangan peminjam dan tidak dapat mengukur kemampuan mereka untuk membayar kembali pinjaman.

Pinjol yang ilegal akan sering mengenakan tingkat persentase tahunan yang jauh lebih tinggi bagi para peminjam yang gagal membayar cicilannya. Jadi, jika ada platform pinjol yang sekiranya memberikan dana pinjaman dengan mudah, maka itu adalah tanda yang bahaya.

Baca Juga : 10 Keunggulan Mengandalkan Pinjaman tanpa Bunga

3. Cicilan Bulanan Rendah

Jika ada aplikasi pinjol yang mengiklankan cicilan per bulannya dengan sangat rendah dan tidak menyebutkan tenor atau jangka waktu pinjaman, maka itu adalah tanda bahwa pinjol tersebut ilegal.

Pinjol sengaja melakukan hal tersebut untuk menarik perhatian orang-orang. Jadi, hindarilah iming-iming tersebut. Mengapa? Sebab, pemberi pinjaman ilegal pastinya akan memberikan  pinjaman dengan biaya dan suku bunga tinggi.

Baca Juga : Mengenal Kredit Multiguna Lebih Dalam Beserta Syaratnya

4. Jangka Waktu Pelunasan Cicilan yang Terlalu Panjang atau Pendek

Pinjol yang ilegal biasanya menawarkan kepada peminjam untuk membayar kembali pinjamannya dalam waktu yang pendek, satu atau dua minggu saja. Tetapi ada juga yang menawarkan pinjaman kecil dengan suku bunga tinggi dan periode pembayaran yang terlalu lama.

Nah, pinjaman ini dapat membuat orang-orang jadi membayar lebih banyak biaya dan bunga daripada jumlah yang awalnya mereka ambil.

Misalnya, pinjamannya adalah Rp 500.000 dengan periode pembayaran 18 bulan dan bunga yang dibebankan awalnya 5%. Namun pada akhirnya, bunga yang diberikan menjadi naik setiap bulannya jika terlambat dibayarkan.

Baca Juga : Penghasilan Ojek Online Masih Cukup Untuk Investasi Loh!

Baca Juga  10 Sekuritas Terbaik di Indonesia, Aman untuk Investor Pemula

Cara Mengatasi Pinjol Ilegal

Orang-orang yang memiliki pinjaman online ilegal dapat mencoba beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut dan bisa kembali dengan kondisi keuangan yang lebih baik. Beberapa cara untuk bisa mengatasi pinjol ilegal ini adalah:

1. Segera Lunasi Pinjaman

Buatlah daftar utang sesuai dengan tingkat bunganya. Jika tidak ada utang yang dimiliki selain pinjol ilegal ini, maka cobalah untuk membayar sampai benar-benar lunas sebelum beralih ke pinjaman yang sekiranya ‘lebih aman’.

Baca Juga : 10+ Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya, Langsung Cair!

2. Cobalah Mencari Penghasilan Tambahan

Memang tidak ada cara lain untuk menghindari pinjol yang ilegal selain melunasi hutang. Nah, jika tidak bisa melunasi hutang dengan sesegera mungkin, maka cobalah untuk menghasilkan pendapatan tambahan.

Cobalah mencari pekerjaan tambahan agar bisa terhindar dari yang namanya pinjaman online ilegal. Tidak melunasi hutang hanya akan membuat peminjam terjerat uang dengan suku bunga tinggi.

Baca Juga : Ini Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Mudah dan Menguntungkan

3. Jual Barang Berharga dan Bernilai

Jika sekiranya ada barang yang bernilai tinggi dan bisa dijual, maka cobalah untuk menjualnya. Dengan menjual barang berharga tersebut, maka ada uang tambahan yang bisa masuk untuk melunasi hutang yang ada.

Cobalah mencari barang apa saja yang sekiranya berharga dan memiliki nilai jual tinggi. ketika semua uang sudah terkumpul, pastikan untuk tidak menggunakan uang tersebut, ya!

Jangan mudah tergoda untuk membelanjakan hasil uang yang didapat dari menjual barang. Ingat, ada tanggungan hutang yang harus dilunasi dari pinjol!

Baca Juga : Pinjol vs Pinjaman Multiguna, Ketahui Perbedaanya Sebelum Mengambil

4. Atur Reminder Sebelum Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran

Jika ingin sekali segera terlepas dari pinjol, maka hal yang harus dilakukan adalah jangan pernah terlambat untuk melunasi pinjaman. Pastikan untuk memasang reminder bahkan jika tanggal jatuh temponya masih lama sekalipun.

Tanpa adanya reminder, dikhawatirkan jika peminjam menjadi lupa untuk melunasinya. Padahal, semakin ditunda pembayarannya, pinjaman online ilegal tidak segan-segan untuk menaikkan suku bunga per harinya.

Baca Juga  IPOT VS Ajaib, Investasi Mana yang Cocok bagi Pemula?

Mempunyai manajemen waktu yang bagus untuk mengatur hutang di pinjol merupakan saran terbaik untuk segera dilakukan agar bisa terbebas. Tidak ada yang mau terus menerus terjebak dengan pinjaman online ilegal, bukan?

Baca Juga : Tips Mengelola Keuangan Milenial, Tetap Eksis Tanpa Tekor

5. Selalu Prioritaskan Pengeluaran Bulanan untuk Membayar Cicilan Hutang

Terakhir, pastikan untuk selalu memprioritaskan pengeluaran dengan bijak agar bisa membayar cicilan hutang per bulannya. Ketika masih memiliki pinjaman hutang, apalagi dari pinjol yang ilegal, maka seseorang memang harus lebih bijak dalam mengatur keuangannya.

Tunda terlebih dahulu kesenangan yang dimiliki karena memang hutang adalah hal utama yang harus dipikirkan. Biasanya orang enggan meminta bantuan kerabat atau teman untuk mengatasi hutangnya.

Jika tidak ingin merepotkan siapapun, maka bijak dalam mengatur keuangan adalah langkah yang harus difokuskan. Keputusan untuk membebaskan diri dari hutang memang tidak mudah. Harus ada banyak hal yang perlu dilakukan.

Apalagi jika ingin terbebas dari hutang apapun setelah pernah terjebak dari pinjaman online ilegal dan menjadi kapok untuk meminjam uang lagi. Jika ingin sekali menerapkan hidup tanpa hutang apapun, maka cobalah untuk membuat komitmen yang diperlukan dan sejalan dengan tujuan tersebut..

Cobalah untuk belajar bagaimana keluar dari hutang dan bagaimana menghindari kesalahan yang bisa mengacaukan semuanya. Terbebas dari hutang melibatkan lebih dari sekadar melunasi beberapa tagihan.

Terbebas dari hutang juga mengubah kebiasaan belanja, belajar bagaimana menganggarkan dana bulanan, memprioritaskan kebutuhan dengan keinginan, menciptakan dana darurat dan dana pensiun.

Memang tidak mudah melakukan semua itu, namun jika mau komitmen dengan bersungguh-sungguh, maka seseorang bisa hidup tanpa hutang. Sebenarnya tidak masalah jika ingin berhutang, asalkan tahu tempat peminjaman yang tepat, sehingga tidak terjebak dengan yang namanya pinjol ilegal. 

Related Posts