Home Produk Keuangan Pinjol vs Pinjaman Multiguna, Ketahui Perbedaanya Sebelum Mengambil

Pinjol vs Pinjaman Multiguna, Ketahui Perbedaanya Sebelum Mengambil

by Titis NP

Banyaknya jenis pinjaman, seringkali membuat orang yang membutuhkannya merasa bingung. Sebenarnya, tidak perlu bingung. Pahami terlebih dahulu kebutuhannya, lalu tentukan jenis pinjaman yang paling cocok. Salah satu yang bisa menjadi petimbangan yaitu pinjol vs pinjaman multiguna.

Sebenarnya, kedua jenis pinjaman tersebut sudah jelas berbeda. Sayangnya, pengetahuan orang mengenai pinjaman berbeda-beda. Oleh karena itu, informasi mengenai pinjaman online dan pinjaman multiguna perlu diketahui dengan baik.

Mengenal Pinjol vs Pinjaman Multiguna

Jika diartikan secara umum, pinjaman merupakan jenis hutang yang disediakan individu atau lembaga keuangan untuk dipinjamkan kepada debitur dan biasanya disertai bunga. 

Sesuai dengan kesepakatan, peminjam atau debitur diwajibkan untuk melunasi hutang dengan bunga yang telah ditentukan. Saat memilih pinjaman, orang bisa memilih jenis pinjaman dengan agunan atau pinjaman tanpa agunan. 

Salah satu contoh dari pinjaman dengan agunan adalah kredit multiguna. Sementara, kredit tanpa agunan yaitu pinjaman online.

  • Pinjaman Online

Pengertian dari pinjaman online yaitu jenis pinjaman yang diajukan dengan cara online menggunakan aplikasi smartphone tanpa harus bertatap muka langsung. Cara tersebut memberikan kemudahan serta kecepatan pengajuan kredit. Di Indonesia, pinjaman online ini tumbuh sangat cepat. 

Kemudahan serta kecepatan menjadi daya tarik untuk banyak orang. Pengajuan kredit bisa dilakukan secara mudah, cepat, dan online. Calon peminjam hanya perlu melakukan download aplikasi platform pinjaman online yang dimaksud. 

Biasanya, pinjaman jenis ini akan ditawarkan oleh banyak perusahaan Fintech atau financial technology. 

Namun, hal yang harus diperhatikan dalam pinjaman online adalah pastikan bahwa Fintech yang menawarkan pinjaman tersebut sudah memiliki izin dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Ciri-ciri dari pinjaman online:

  • Suku bunga yang relatif tinggi.
  • Proses pencairan dana cepat.
  • Masa tenor yang diberikan pendek.
  • Syarat yang diperlukan sedikit dan sederhana.
  • Jumlah maksimal pinjaman yang diajukan cenderung lebih kecil.
  • Banyak dipakai untuk keperluan mendesak.
Baca Juga  5 Daftar Rekomendasi Aplikasi Kredit HP Terpercaya Proses Cepat

Baca Juga : 10+ Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya, Langsung Cair!

  • Kredit Multiguna

Berbeda halnya dengan pinjaman online, kredit multiguna adalah produk perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman dengan syarat peminjam harus memberikan jaminan. Taksiran nilai jaminan selanjutnya berpengaruh dengan pinjaman yang akan didapatkan. 

Dibandingkan jumlah pinjaman yang diajukan, jaminan kredit multiguna ini biasanya bernilai sama atau lebih besar. Selain itu, tidak semua benda bisa dijadikan sebagai jaminan. 

Dari jaminan, pihak bank akan menaksir limit kredit yang bisa dicairkan sehingga jumlah pinjaman ini relatif lebih besar serta fleksibel. Lembaga yang menyediakan kredit multiguna ini yaitu perbankan maupun lembaga multifinance. 

Bank dan lembaga multifinance memiliki layanan dengan proses persetujuan dan suku bunga yang berbeda. Ciri-ciri dari kredit multiguna:

  • Suku bunga yang relatif lebih rendah.
  • Proses pencairan membutuhkan waktu lebih lama karena membutuhkan penilaian dari pihak bank.
  • Masa tenor yang diberikan panjang, bahkan bisa mencapai 25 tahun.
  • Syarat yang diperlukan banyak dan kompleks.
  • Maksimal jumlah pinjaman yang dapat diajukan lebih besar, bahkan bisa mencapai miliaran.
  • Banyak dipakai untuk keperluan jangka panjang, misalnya KPR atau kredit usaha.

Baca Juga : Mengenal Kredit Multiguna Lebih Dalam Beserta Syaratnya

Perbandingan Pinjol vs Pinjaman Multiguna

Bagi orang yang ingin mengajukan pinjaman, informasi mengenai macam pinjaman adalah hal yang penting. Perhatikan terlebih dahulu tujuan mengajukan pinjaman, lalu tentukan jenis pinjaman yang sesuai. 

Ada banyak orang yang merasa bingung harus memilih pinjaman online atau pinjaman multiguna. Kedua jenis pinjaman tersebut sudah tentu berbeda. Dengan melihat perbandingan, orang akan lebih paham dengan jenis pinjaman tersebut dan bisa lebih yakin dalam mengajukan pinjaman. 

Berikut ini perbandingan antara pinjol dan pinjaman multiguna yang dilihat dari beberapa hal:

  • Syarat Pinjaman

Kelebihan dari pinjaman online dibandingkan pinjaman multiguna maupun pinjaman lainnya yaitu syarat pinjaman yang sederhana dan mudah. 

Baca Juga  Tabel Angsuran Pinjaman KTA Mandiri & Syaratnya (Lengkap!)

Pada layanan pinjaman konvensional, calon peminjam perlu memberikan jaminan, namun untuk pinjaman online hanya perlu melengkapi beberapa persyaratan yang terbilang umum, yaitu:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga
  • NPWP
  • Mutasi rekening 3 bulan terakhir

Selain persyaratan berupa dokumen, ada juga persyaratan untuk peminjam:

  • Usia minimal 21 tahun.
  • Mempunyai rekening dari bank di Indonesia.
  • Mempunyai sumber penghasilan tetap.
  • Merupakan WNI.

Walaupun begitu, syarat ini biasanya akan berbeda tergantung dari platform pinjaman online yang dipilih. Namun, biasanya hampir mayoritas platform memiliki syarat yang serupa. Untuk kredit multiguna, persyaratan yang diminta pastinya akan lebih banyak dan kompleks.

Baca Juga : Cari Pinjaman Uang Mudah untuk Kebutuhan Pribadi dan Modal Usaha

  • Jumlah Dana yang Diperoleh

Pinjol dan kredit multiguna juga bisa dibedakan menjadi dana pinjaman yang akan diperoleh. Biasanya, pinjaman online memiliki jumlah tertentu yang akan diberikan sebagai pinjaman. Jumlah dana tersebut terbilang tidak terlalu besar kisaran Rp500 ribu sampai beberapa juta. 

Oleh karena itu, pinjaman online ini lebih cocok untuk untuk keperluan dana yang sangat mendesak mengingat proses pengajuan yang mudah. Tidak hanya itu, biasanya untuk peminjaman kedua dan seterusnya, biasanya jumlah dana yang bisa dipinjam akan meningkat. 

Dibandingkan dengan pinjol dan jenis KTA lainnya, jumlah dana yang diperoleh menggunakan kredit multiguna akan lebih besar. Ini juga akan tergantung dari jaminan yang digunakan. 

Hal ini membuat dana yang diperoleh dari kredit multiguna dapat dipakai untuk kebutuhan yang lebih luas, misalnya keperluan mengembangkan bisnis maupun investasi pendidikan.

Baca Juga : 10 Keunggulan Mengandalkan Pinjaman tanpa Bunga

  • Online vs Offline

Untuk mengajukan pinjaman online, calon peminjam tidak perlu pergi langsung ke lembaga yang menyediakan pinjaman tersebut. Pinjaman online yang berasal dari Fintech semuanya bisa dilakukan secara online. 

Baca Juga  Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan (Tanpa Ribet!)

Ini menjadi sebuah kelebihan dan terobosan yang akan memudahkan calon peminjam. Sementara itu, untuk mengajukan pinjaman multiguna masih harus dilakukan secara offline. 

Calon peminjam akan bertemu dengan pihak bank atau lembaga multifinance untuk proses pengecekan dan sebagainya.  

Baca Juga : Terjerat Pinjol Ilegal? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya

  • Masa Tenor Pinjaman

Perbedaan yang sangat menonjol adalah dari segi masa tenor. Pinjaman online memiliki masa tenor yang terbilang cukup singkat, hanya dalam beberapa bulan atau ada juga yang 1 tahun. 

Hal ini tentu sangat berbeda dibandingkan kredit multiguna. Kredit multiguna memberikan masa tenor sangat panjang sampai 25 tahun.

Baca Juga : 15 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kecil Menengah

  • Suku Bunga Pinjaman

Terlepas dari berbagai macam kemudahan yang ditawarkan oleh pinjol, calon peminjam juga harus paham dengan suku bunga pinjaman. Bagaimanapun, pinjol termasuk pinjaman yang harus dibayarkan sama dengan pinjaman dari bank atau lembaga multifinance lainnya. 

Bunga pinjaman untuk pinjol sendiri terbilang tinggi. Oleh sebab itu, calon peminjam sebaiknya meminjam hanya untuk keperluan mendesak saja. Sementara itu, kredit multiguna memiliki suku bunga yang relatif lebih rendah. Hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor.

  • Tujuan Pinjaman

Pinjaman online biasanya dipakai untuk keperluan yang mendesak. Namun, tidak sedikit juga orang yang menggunakan dana pinjaman dari pinjol ini untuk keperluan konsumtif. Tetapi, hal ini tentu saja dinilai kurang bijak apabila tidak memiliki kemampuan mengembalikan. 

Pasalnya, suku bunga terbilang besar. Sementara itu, kredit multiguna digunakan untuk keperluan yang membutuhkan waktu lama dan biaya besar. Misalnya, kredit perumahan rakyat maupun kredit usaha.

Setelah melihat perbandingan pinjol vs pinjaman multiguna, pastinya tidak akan bingung lagi memilih jenis kredit yang mana. Pasalnya, kedua jenis pinjaman tersebut sangat berbeda dengan tujuan yang berbeda juga. Setiap jenis pinjaman pastinya memiliki keunggulan masing-masing. 

Baca Juga : Memahami Jenis-Jenis Kredit Agar Tak Salah Ambil Kredit!

Related Posts