Home Produk Keuangan Apa Itu QRIS: Fungsi, Manfaat, Keuntungan, dan Kelemahannya!
apa itu qris adalah

Apa Itu QRIS: Fungsi, Manfaat, Keuntungan, dan Kelemahannya!

by Titis NP

QRIS adalah teknologi pembayaran digital yang sampai saat ini populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pengguna dari aplikasi QRIS mencapai 3 jutaan dan angka ini dipercaya akan selalu mengalami peningkatan seiring aplikasi pembayaran digital ini semakin dikenal oleh banyak orang.

Alasan utama dari popularitas QRIS yang selalu meningkat adalah aplikasi ini tidak pernah berhenti memberikan fasilitas dan fitur yang membantu para penggunanya. Dengan begitu, para pengguna aplikasi ini akan merasa betah untuk menggunakan aplikasi yang menguntungkan satu ini.

QRIS Adalah dan Fungsinya

Untuk kepanjangan dari QRIS itu sendiri adalah Quick Response Code Indonesian Standard. Definisi dari QRIS itu sendiri merupakan upaya standarisasi yang dilakukan oleh Bank Indonesia dan akan berlaku untuk semua perusahaan yang memanfaatkan teknologi finansial atau fintech.

Perusahaan-perusahaan seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dan lain sebagainya juga menggunakan QRIS di dalam sistemnya. Jadi, bagi seseorang yang sudah sering menggunakan aplikasi dompet digital seperti ini, pasti mereka sudah tidak merasa asing lagi dengan istilah QRIS ini.

Jika melihat dari pernyataan yang diberikan oleh Bank Indonesia, QRIS adalah sebuah sistem yang dapat menyatukan berbagai macam QR Code meskipun berasal dari beragam Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang berbeda.

Maka dari itu, bisa dikatakan fungsi utama dari QRIS untuk mempermudah seseorang dalam menggunakan QR Code sehingga hal ini bisa dilakukan secara lebih cepat dan aman. Bahkan, ada pernyataan lain yang menyebutkan bahwa setiap penyedia PJSP tersebut wajib menggunakan QRIS.

Hal ini berlaku untuk penyedia PJSP berbasis QR Code dari kalangan lokal maupun mancanegara atau asing. Semua pernyataan ini sudah diatur dalam PADG No. 21/18/2019 sehingga tidak ada pihak lain yang bisa menyangkalnya. 

Baca Juga  Ini Tempat Gadai BPKB Tanpa Survey (Dijamin Cair!)

Manfaat QRIS

QRIS sering dikatakan sebagai terobosan baru yang sangat bermanfaat, baik dalam dunia teknologi maupun finansial. Pihak utama yang paling bisa merasakan manfaat dari teknologi canggih yang satu ini adalah pelaku usaha atau merchant tertentu.

Sebab, di zaman yang semakin canggih seperti sekarang sudah ada banyak perusahaan yang menerapkan sistem berbayar online. Untuk melakukan sistem pembayaran tersebut akan dibutuhkan QR Code yang tepat. Maka dari itu, penting untuk diketahui apa saja manfaat dari QRIS ini.

1. Mempermudah Transaksi Pembayaran Online

Manfaat utama dari QRIS adalah untuk mempermudah transaksi pembayaran yang dilakukan secara online. Ketika sebuah perusahaan atau merchant tertentu telah menggunakan QRIS sebagai sistem yang akan digunakan, maka mereka nantinya hanya akan membutuhkan 1 QR Code saja.

Dengan kebutuhannya yang sangat sederhana ini, membuat segala transaksi yang dilakukan dalam sistem ini bisa berjalan dengan lancar, cepat, dan mudah.

2. Mencegah Penipuan

Era digital yang semakin canggih seperti sekarang ini akan membawa banyak kemudahan dalam kehidupan manusia. Akan tetapi, saat ini juga semakin banyak jenis-jenis penipuan yang umumnya dilakukan secara online.

Salah satu jenis penipuan yang lagi marak di Indonesia adalah penipuan uang palsu. Ketika jenis penipuan ini sudah terjadi, maka yang akan dirugikan tidak hanya 1 atau 2 pihak saja, tetapi bisa saja banyak pihak akan merasa dirugikan.

Maka dari itu, ketika seseorang atau organisasi tertentu menggunakan QR Code, hal ini dapat melindungi mereka dalam terjadinya kasus penipuan yang sangat merugikan. Sebab pembayaran akan dilakukan secara cashless sehingga tidak ada transaksi uang fisik dalam aktivitas tersebut.

Baca Juga  9 Pinjaman Online untuk Mahasiswa Terbaik dan Aman (Langsung Cair!)

3. Jalan Alternatif dalam Melakukan Pembayaran yang Cepat

Untuk manfaat ini bisa dirasakan oleh pihak konsumen yang telah menggunakan QRIS dalam sistem pembayarannya. Seperti yang sudah dijelaskan, QRIS adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh semua orang sehingga tidak hanya sebuah perusahaan saja yang bisa menggunakannya.

Maka dari itu, QRIS menjadi jalan alternatif untuk melakukan sistem pembayaran yang lebih praktis dan cepat. Jika sebuah merchant yang dipilih sudah menggunakan QRIS, maka aplikasi pembayaran jenis apapun itu bisa digunakan untuk melakukan proses pembayaran.

Hal ini bisa terjadi karena standarisasi QRIS sudah diterapkan dalam sistem pembayaran tersebut. Jadi konsumen sudah tidak perlu lagi memikirkan jenis aplikasi pembayaran apa yang bisa digunakan dalam merchant tersebut.

Keuntungan QRIS

Keuntungan atau keunggulan dari QRIS bisa dibilang cukup beragam. Tentunya, beberapa keuntungan ini akan memberikan dampak yang positif ke dalam kehidupan finansial yang dilakukan oleh sebuah individu atau organisasi tertentu.

Jika dijelaskan secara singkat, maka keunggulan utama dari QRIS bisa dibagi menjadi 5 bagian. Masing-masing di antaranya ini bisa membuat segala jenis transaksi berjalan secara lebih lancar dan mudah. 

Jadi, apa saja keuntungan atau keunggulan dari QRIS tersebut? Berikut informasi lengkapnya:

  • QRIS dapat mempercepat transaksi karena konsumen sudah tidak perlu lagi menyiapkan uang tunai untuk berbelanja di sebuah merchant tertentu.
  • QRIS dapat mempermudah transaksi dan keuntungan yang satu ini tidak hanya bisa didapatkan oleh pihak konsumennya saja, tetapi pihak pengusaha pun juga bisa mendapatkannya.
  • QRIS dikatakan lebih mudah dijangkau karena segala transaksi dari beberapa aplikasi pembayaran yang berbeda bisa dilakukan dengan menggunakan sistem ini semuanya.
  • QRIS tergolong sistem atau aplikasi yang aman dan andal. Hal ini bisa dilihat dari kepuasan penggunanya yang selalu meningkat setiap waktunya.
Baca Juga  Tabel Angsuran FIF dan Cara Pengajuannya Terlengkap 2022

Kelemahan QRIS

Untuk kelemahan dari QRIS ini bisa dibilang akan menjadi kendala bagi para penggunanya ketika mengalami kejadian-kejadian tertentu. Jadi, kelemahan ini tidak akan merugikan penggunanya jika pengguna tersebut tidak mengalami kondisi yang seperti di bawah ini:

  • Tingkat literasi keuangan digital masih belum meluas ke berbagai daerah di Indonesia. Hal ini membuat masih banyak daerah-daerah terpencil di Indonesia yang masih belum bisa menggunakan sistem pembayaran jenis ini.
  • Sangat mengandalkan jaringan internet yang stabil untuk melakukan pembayaran via QRIS. Jadi, ketika hendak menggunakan sistem pembayaran ini, seseorang harus memastikan bahwa jaringan internet yang digunakannya sudah stabil.
  • Untuk menggunakan QRIS, seseorang harus memiliki smartphone yang memadai karena mereka harus mengunduh dan memasang aplikasinya terlebih dahulu ke perangkat tersebut.
  • QRIS menerapkan pengenaan biaya yang sebesar 0,7% dari nilai transaksi pembayaran yang menggunakan sistem ini. Kelemahan ini akan sangat berpengaruh terhadap laporan keuangan dari sebuah perusahaan atau UMKM tertentu.
  • Sosialisasi dari QRIS dikatakan masih kurang sehingga hal ini bisa menjadi kelemahan dari QRIS itu sendiri.

Pada dasarnya, QRIS sama seperti aplikasi digital lainnya yang memiliki manfaat, keuntungan, dan kelemahannya. Namun, sebagai penikmat teknologi canggih yang pintar, orang-orang harus bisa mengambil dampak yang positif saja dan jangan terlalu memikirkan dampak negatif yang dimilikinya.

QRIS adalah terobosan baru yang sudah melewati proses pengecekan secara bertahap sehingga manfaat dari QRIS akan lebih mudah untuk dirasakan dan dapatkan. Jadi, tidak usah ragu untuk menggunakan QRIS dalam perkembangan bisnis maupun transaksi yang sedang dilakukan.

Related Posts