Home Investasi Rekeningku VS Indodax: Aplikasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?
rekeningku vs indodax

Rekeningku VS Indodax: Aplikasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

by Titis NP

Popularitas kripto dikalangan generasi millennial saat ini didukung dengan kemudahan yang ditawarkan oleh berbagai aplikasi kripto. Aplikasi Rekeningku VS Indodax menjadi dua aplikasi yang sering disandingkan. 

Dua aplikasi kripto tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Bagi para pemula yang baru belajar investasi kripto, perlu untuk mengetahui keunggulan dari dua aplikasi tersebut sebelum memilih aplikasi mana yang akan digunakan. Lalu, manakah aplikasi yang paling cocok untuk pemula?

Fitur Unggulan Aplikasi Rekeningku

Rekeningku merupakan salah satu aplikasi kripto yang memfasilitasi penjualan aset digital. Melalui aplikasi ini, para investor dapat melakukan transaksi jual beli kripto antar sesama anggota. Selain berupa aplikasi yang bisa didownload di playstore, Rekeningku juga menyediakan akses dalam bentuk website.

Tidak hanya menjamin kemudahan dalam sistem aplikasinya, Rekeningku juga termasuk aplikasi yang aman dan resmi. Hal ini dibuktikan dengan dikeluarkannya pengumuman dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti. 

Melalui nomor pengumuman resmi 006/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 30 Maret 2020, Rekeningku terdaftar sebagai calon pedagang aset kripto. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan banyak fitur unggulan yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Beberapa fitur tersebut diantaranya:

1. Fitur Analisa Chart

Fitur ini berfungsi sebagai alat analisa harga. Sehingga, pengguna bisa memonitoring semua proses transaksi yang dilakukan. Analisa chart terdiri dari catatan transaksi baik itu order dan trade. Selain itu, fitur ini juga menyediakan menu orderbook. 

2. Fitur Stop Loss

Setiap transaksi perdagangan tidak bisa lepas dari naik-turunnya harga atau fluktuasi. Hal ini juga terjadi di bidang investasi kripto. Maka dari itu, fitur stop loss dikembangkan untuk meminimalisir risiko yang terjadi akibat fluktuasi harga tersebut. 

Baca Juga  Cara Investasi Setelah Pensiun, Bagaimana Skemanya?

3. Fitur Short-Selling

Fitur ini akan mempermudah pengguna untuk melakukan peminjaman saham dan menjualnya kembali dipasar. Ketika harga pasar sedang turun, pengguna bisa membeli kembali saham tersebut. 

4. Fitur Keamanan

Keamanan adalah hal utama untuk aplikasi investasi seperti Rekeningku ini. Maka dari itu, aplikasi ini menggunakan sistem verifikasi berlapis yang dilakukan sebanyak 2 kali. PT. Rekeningku Dotcom Indonesia memiliki sistem keamanan dengan prinsip KYC atau know your customer principles.

Melalui prinsip ini, perusahaan pengembang aplikasi menerapkan sistem keamanan 2FA atau Two Factor Authentication. Sistem ini merupakan sistem keamanan online yang memungkinkan adanya verifikasi melalui perubahan data dan password untuk keamanan pengguna. 

Kelebihan Rekeningku

Jika dibandingkan Rekeningku VS Indodax, aplikasi Rekeningku memiliki nilai minimum deposit dan biaya transaksi yang jauh lebih murah. Hal inilah yang membuat aplikasi ini dianggap lebih cocok bagi para pemula. Beberapa kelebihan aplikasi Rekeningku yang harus diketahui, diantaranya:

  1. Dapat melakukan transaksi jual-beli bitcoin dengan rupiah. 
  2. Dapat melakukan deposit uang dengan rupiah dan aset digital.
  3. Dapat melakukan penarikan dengan rupiah.
  4. Dapat mengirim aset digital kesesama anggota Rekeningku, maupun diluar anggota Rekeningku. 
  5. Dapat melakukan setoran dengan minimum Rp. 50.000;
  6. Setoran dapat dilakukan dengan berbagai cara diantarana melalui transfer Bank, Dana, LinkAja, OVO, serta virtual account Bank Mandiri dan Permata.
  7. Biaya jual-beli kripto lebih murah yakni sebesar 0,1%.
  8. Biaya penarikan sebesar 0,75% yang diambil dari jumlah penarikan.
  9. Minimum penarikan yakni sebesar Rp. 15.000;
  10. Biaya deposit yakni 1,65% dari jumlah deposit. 
  11. Biaya deposit gratis untuk transaksi pembayaran melalui transfer bank, sedangkan melalui virtual account dikenakan biaya sebesar Rp. 1.000;

Kekurangan Rekeningku

Setiap aplikasi memiliki kekurangan yang terkadang dapat mempersulit pengguna dalam mengakses sistem tertentu. Rekeningku juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya proses verifikasi yang sulit. 

Kesulitan dalam proses verifikasi ini disebabkan karena sistem keamanan yang dimiliki Rekeningku. Maka dari itu, saat proses pendaftaran para pengguna dapat mengikuti syarat dan ketentuan yang diminta sistem dengan baik. Pastikan semua data dan dokumen dimasukkan secara benar dan jelas.

Baca Juga  Saham Gorengan : Pengertian, Ciri-ciri dan Cara Menyikapinya

Selain itu, kekurangan Rekeningku lainnya adalah jumlah aset kripto yang tidak banyak. Rekeningku hanya menyediakan aset kripto sebanyak 34 koin. Jumlah ini dianggap jauh lebih sedikit dibandingkan dengan aplikasi Indodax.

Fitur Unggulan Aplikasi Indodax

Indodax adalah aplikasi transaksi aset digital yang populer di Indonesia. Tidak hanya menjadi aplikasi kripto pertama, kepopuleran Indodax dibuktikan dengan jumlah anggota yang telah terverifikasi mencapai 1,9 juta orang. 

Aplikasi ini juga sudah diakui secara resmi melalui nomor pengumuman 331/BAPPEBTI.4/PENG/04/202. Dikembangkan oleh PT. Indodax Nasional Indonesia, aplikasi ini mulai beroperasi pada tahun 2014. 

Tidak hanya dapat diakses di handphone dengan mendownload aplikasi di playstore, Indodax juga menawarkan sistem website kepada penggunanya. Beberapa fitur yang dimiliki Indodax, diantaranya:

1. Fitur Trading yang Mudah

Trading yang disediakan oleh aplikasi ini bisa dilakukan dari berbagai media. Penggunaan melalui aplikasi atau website hanya memerlukan satu akun. Selain itu, proses penarikan dan penyetoran dana juga dapat dilakukan dengan mudah. 

Dana yang ditarik dapat berupa uang dengan mata uang rupiah atau berupa kriptokurensi. Dengan adanya fitur ini, pengguna merasa lebih terbantu selama melaksanakan kegiatan investasi. 

2. Fitur Keamanan

Sistem keamanan yang digunakan adalah 2FA. Melalui sistem ini, pengguna harus melakukan verifikasi melalui SMS maupun email. Keamanan berlapis ini membuat sistem lebih aman dan nyaman digunakan pengguna. 

3. Fitur Analisa Chart

Pengguna akan lebih mudah untuk membaca keuntungan dan menghindari kerugian dengan adanya fitur ini. Harga aset digital disajikan dalam bentuk grafik, sehingga pengguna bisa melakukan analisis harga dengan lebih mudah. Hal ini juga berpengaruh terhadap kemudahan dalam melakukan transaksi. 

4. Fitur Stop Loss

Stop loss memudahkan pengguna untuk melakukan monitoring terhadap naik-turun harga aset. Selain itu, fitur ini juga mampu mengelola segala risiko yang terjadi akibat fluktuasi harga tersebut.

Kelebihan Indodax

Jika dibandingkan Rekeningku VS Indodax, aplikasi Indodax memiliki jumlah aset digital yang jauh lebih banyak. Tidak hanya itu, Indodax juga menawarkan beragam kelebihan kepada penggunanya. Kelebihan aplikasi ini diantaranya:

  1. Jumlah aset kripto lebih banyak yakni 110 koin yang dapat digunakan untuk investasi.
  2. Menyajikan data transaksi dalam kurun waktu harian, sehingga pengguna bisa lebih mudah dalam mempertimbangkan transaksi jual-beli.
  3. Memberi kemudahan dalam membaca pasar yang lebih menguntungkan. 
  4. Aplikasi dikembangkan dengan tampilan yang mudah digunakan. 
  5. Dapat melakukan deposit dalam bentuk rupiah dan aset digital. 
  6. Tersedia dua tawaran order yakni market dan limit. 
  7. Proses transaksi lebih mudah karena dilengkapi dengan fitur wallet kripto.
  8. Biaya deposit gratis untuk transaksi melalui transfer bank.
Baca Juga  5 Aplikasi Investasi Online Modal Kecil

Kekurangan Indodax

Walaupun Indodax dianggap populer dan mudah digunakan, aplikasi ini tetap memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan aplikasi ini diantaranya:

  1. Tingginya nilai transaksi deposit dengan minimum Rp. 500.000;
  2. Biaya jual-beli lebih mahal yakni sebesar 0,3% untuk jenis order market.
  3. Biaya penarikan hingga 0,5% dengan minimum penarikan Rp. 25.000;
  4. Biaya deposit yakni 1% dihitung dari jumlah deposit, berlaku untuk virtual account serta setor tunai.
  5. Tidak memiliki fitur short-selling.
  6. Keamaan berlapis tidak digunakan dalam aplikasi, hanya pada sistem website.

Perbandingan Rekeningku VS Indodax

Berikut ini disajikan tabel perbandingan Rekeningku dan Indodax yang dapat memberikan gambaran kepada pemula sebelum memilih aplikasi kripto.

Perbandingan Rekeningku Indodax
Jumlah aset Sedikit, 34 koin Banyak, 110 koin
Fitur short selling Ada Tidak ada
Minimum deposit Rp. 50.000 Rp. 500.000
Biaya transaksi Murah Mahal

Jika ditanya Rekeningku VS Indodax, aplikasi mana yang cocok untuk pemula? Jawabannya adalah Rekeningku, karena biaya transaksi deposit lebih murah. Melalui aplikasi Rekeningku, para pemula bisa membiasakan diri untuk melakukan transaksi. Jika sudah lebih paham, Indodax mungkin bisa digunakan.

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts