Home Investasi Reksadana Terbaik Paling Cuan Untuk Pemula 2021
reksadana terbaik

Reksadana Terbaik Paling Cuan Untuk Pemula 2021

by Titis NP

Reksadana adalah cara yang bagus untuk berinvestasi di pasar yang lebih luas, dan membantu seorang pemula menghindari kesalahan investor pemula yang dapat menghabiskan banyak uang. Setidaknya ada 7 aplikasi reksadana terbaik yang menguntungkan untuk Anda coba gunakan.

Sebagai pemula, lebih baik berinvestasi pada aplikasi yang sudah terkenal menguntungkan dan sistemnya bagus sehingga bisa melacak pasar lebih luas. Sebagai pemula yang baru mengenal permainan investasi dan tidak memiliki banyak uang untuk diinvestasikan, ketahuilah aplikasi yang tepat.

Jenis Reksadana Terbaik

Ada beberapa jenis reksadana yang bisa dijadikan pilihan. Nah, jenis apa saja produk-produk reksadana yang bisa dipertimbangkan?

  • Dana Ekuitas

Pertama, ada reksadana ekuitas atau dana yang diinvestasikan dalam saham ekuitas/saham perusahaan. Jenis reksadana satu ini dianggap berisiko tinggi tetapi juga cenderung memberikan pengembalian yang tinggi. 

Dana ekuitas dapat mencakup dana khusus seperti infrastruktur, barang konsumsi yang bergerak cepat dan perbankan. 

banner dana cepat gadai kendaraan

  • Dana Hutang

Dana hutang adalah yang diinvestasikan dalam instrumen hutang misalnya surat utang perusahaan, obligasi pemerintah dan aset pendapatan tetap lainnya. Dana hutang dianggap investasi yang aman dan memberikan pengembalian tetap. 

Dana ini tidak dipotong pajak pada sumbernya, jadi jika pendapatan dari investasi lebih dari apa yang diinvestasikan, maka investor bertanggung jawab untuk membayar pajak sendiri.

Baca Juga : Memahami Cara Kerja Reksadana Bagi Pemula Supaya Cuan Bertambah

  • Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang adalah dana yang diinvestasikan dalam instrumen likuid. Jenis reksadana satu ini dianggap sebagai investasi yang aman bagi para investor pemula yang ingin mendapat pengembalian dana dengan cepat.

Pasar uang juga disebut sebagai pasar tunai dan memiliki risiko bunga, risiko reinvestasi dan risiko kredit.

  • Dana Hibrida

Reksadana  satu ini adalah dana yang diinvestasikan dalam campuran kelas aset. Dalam beberapa kasus, proporsi ekuitas lebih tinggi daripada utang, sementara di lain hal sebaliknya.

  • Dana Terbuka

Terakhir, ada dana yang terbuka untuk pembelian atau penebusan sepanjang tahun. Pada dasarnya dana ini akan memungkinkan investor untuk terus berinvestasi selama yang mereka inginkan. Tidak ada batasan berapa banyak yang dapat diinvestasikan dalam dana tersebut. 

Baca Juga  8 Aplikasi Saham Syariah Terbaik Indonesia (Terdaftar di OJK)

Jenis reksadana satu ini juga cenderung aktif dikelola, yang artinya ada fund manager yang memilih tempat-tempat investasi akan dilakukan. Dana ini juga membebankan biaya yang bisa lebih tinggi daripada dana yang dikelola secara pasif karena memang pengelolaannya yang aktif. 

Dana terbuka adalah investasi reksadana terbaik dan ideal bagi pemula yang menginginkan investasi bersama dengan likuiditas karena tidak terikat pada periode jatuh tempo tertentu. Artinya, investor dapat menarik dananya kapan saja mereka mau sehingga memberikan likuiditas yang mereka butuhkan.

Baca Juga : Cara Bermain Saham Untuk Pemula Mudah dan Menguntungkan

Reksadana Terbaik yang Cuan

  • Bareksa 

Bareksa merupakan aplikasi reksadana yang menguntungkan dan sudah memiliki jam terbang tinggi karena sudah beroperasi sejak tahun 2013. Sederhananya, Bareksa hampir menyerupai marketplace yang menyediakan berbagai macam produk reksadana. 

Jadi, melalui aplikasi Bareksa ini, seseorang bisa bebas memilih reksadana dengan jumlah hingga ratusan produk. Melalui Bareksa, seorang pemula dapat melakukan segala macam transaksi, baik itu pembelian ataupun penjualan produk reksadana dengan memanfaatkan smartphone.

Semua transaksi tentu saja bisa dilakukan secara online dan tidak mengharuskan seorang investor pergi ke bank maupun fund manager. Untuk melakukan top up dana ke Bareksa, pengguna aplikasi ini juga bisa memanfaatkan OVO atau Link Aja untuk mengisi dana.

Uniknya adalah, Bareksa selalu up to date menampilkan daftar produk reksadana terbaik yang sudah direkomendasikannya. Ada banyak jenis reksadana yang bisa dipilih di Bareksa yakni saham, campuran, atau bisa juga pasar uang.

Di urutan rekomendasi yang disediakan aplikasi, maka Anda bisa meneliti mana produk yang sekiranya memiliki tingkat pengembalian tinggi dan bagaimana profil fund manager yang bertanggung jawab dengan produk reksadana tersebut.

Baca Juga  Pintu vs Tokocrypto, Mana yang Cocok Bagi Pemula?

Baca Juga : Ini Cara Mudah Investasi Reksadana di Bareksa Agar Cuan Bertambah!

  • Bibit

Selanjutnya, ada aplikasi Bibit yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sekitar tahun 2018. Kehadiran aplikasi Bibit ini ternyata menarik banyak sekali perhatian investor tanah air. Aplikasi reksadana ini menarik banyak investor dengan brandingnya yang bagus.

Jadi, aplikasi Bibit ini sangat membantu para investor pemula yang ingin membeli produk-produk reksadana dengan mudah. Setiap pembelian bisa investor sesuaikan dengan tingkat toleransi risiko. 

Ada sebuah fitur bernama robo advisor yang nantinya akan membantu para investor memilihkan jenis reksadana sehingga para penggunanya hanya bisa menerima dengan beres.

Adapun skema yang digunakan oleh aplikasi Bibit sendiri adalah Modern Portfolio Theory. Jadi, skema ini dicetuskan oleh Harry Markowitz dan dikenal efektif sekali untuk mengelola portofolio investasi. 

Baca Juga : Cara Investasi di Bibit Supaya Portofolio Makin Meroket Bagi Pemula

  • Ajaib

Ajaib merupakan sebuah aplikasi reksadana menguntungkan dan digemari oleh banyak anak muda. Hal ini dikarenakan aplikasi menggunakan profil Kim Seonho sebagai ikon aplikasinya. Kim Seonho sendiri adalah aktor yang berperan sebagai investor hebat di drama Start-Up.

Jadi, dengan menggunakan aktor Kim Seonho, maka aplikasi Ajaib mulai populer dan menjadi pilihan para investor pemula. Aplikasi yang dikelola PT Takjub Teknologi Indonesia ini sama kok dengan jenis aplikasi reksadana lainnya. 

 Di aplikasi ini, para investor pemula akan mendapatkan rekomendasi mana saja produk saham terbaik yang sekiranya bisa dibeli. 

Namun, sebelum melakukan transaksi pembelian, maka pengguna diharuskan untuk menjawab sekitar 6 pertanyaan. Jawaban atas pertanyaan tersebut akan digunakan untuk menentukan profil risiko pengguna.

Baca Juga : Ini Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Mudah dan Menguntungkan

  • Tanamduit

Selanjutnya ada aplikasi reksadana terbaik bernama Tanamduit yang bisa dimanfaatkan untuk para investor pemula dengan target pasarnya adalah anak muda. Menariknya dari aplikasi Tanamduit adalah juga menyediakan pembelian surat berharga negara (SBN).

Baca Juga  Bibit vs Ajaib, Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

Dari mulai investasi asuransi hingga emas batangan, semua bisa menggunakan aplikasi Tanamduit.  Seorang investor pemula juga bisa kok memantau secara berkala portofolio investasi yang dimilikinya dengan memanfaatkan fitur bernama One View Portfolio. 

Dengan fitur ini, maka seorang pemula bisa membandingkan 3 produk reksadana dan menilai bagaimana performa yang dimiliki sebelum melakukan pembelian. 

Bagi seorang investor pemula yang masih belum paham dengan investasi, tenanglah! Aplikasi  Tanamduit menyajikan berbagai macam fitur yang akan mengedukasi pengguna pemula beserta tutorial melakukan transaksi. 

  • IPOT 

IPOT adalah aplikasi reksadana saham terbaik yang bisa menjadi alternatif untuk para pemula. Di sini, para investor pemula bisa melakukan investasi dengan menggunakan IPOTFund. Adapun cara kerja dari IPOT sendiri mirip seperti sebuah  marketplace yang berisikan berbagai macam produk reksadana. 

Sebagai pemula yang mungkin belum begitu memahami dengan baik aplikasi ini, maka tenang saja! Anda bisa memanfaatkan fitur fund evaluator yang bisa membantu pengguna menentukan mana pilihan produk reksadana yang bagus dibeli.

Bagi seorang pemula, hadirnya fitur fund elevator tentunya akan memudahkannya untuk menentukan produk reksadana terbaik.

Reksadana adalah kumpulan investasi oleh investor yang berbeda yang memiliki tujuan yang sama. Aplikasi  dikelola oleh seorang fund manager yang kemudian menginvestasikan dana kolektif tersebut pada sekuritas dan saham yang berbeda di pasar.

Reksadana datang dengan risiko pasar tetapi juga dengan ruang lingkup yang besar, untuk meningkatkan kekayaan dengan investasi yang rendah mengingat mereka terdiversifikasi dengan baik. Jadi, ketika ingin berinvestasi di reksadana terbaik, pastikan Anda memilih platform dan produk yang tepat.

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts