Home Produk Keuangan Cara Daftar Stockbit Investasi Supaya Portofolio Makin Cuan Bagi Pemula
cara daftar stockbit review

Cara Daftar Stockbit Investasi Supaya Portofolio Makin Cuan Bagi Pemula

by Titis NP

Bagi investor pemula, kehadiran platform Stockbit memang menjadi angin segar untuk melakukan investasi saham secara online. Tampilan pada aplikasi ini juga lebih menarik dan sederhana dibandingkan aplikasi bawaan dari perusahaan sekuritas.

Platform ini hadir untuk memudahkan para investor pemula yang ingin memulai investasi saham. Untuk mengetahui pengertian dan cara daftar Stockbit secara lebih jelas, berikut ini ulasan selengkapnya.

Review Stockbit

Stockbit adalah sebuah platform analisis saham untuk membantu para investor pemula dalam memahami pasar saham sekaligus membantu mengurangi terjadinya risiko kegagalan atau kerugian.

Wellson Lo selaku Co-Founder dan CEO dari platform investasi saham ini berpendapat bahwa pasar saham yang ada di negara-negara berkembang termasuk Indonesia masih belum efisien. Oleh sebab itu, ia menggagas terciptanya platform ini untuk membantu para investor pemula.

Kehadiran platform ini tentunya memberikan warna baru bagi dunia investasi saham. Platform ini menyediakan tampilan yang lebih menarik, fungsional, dan informasi yang lebih mudah dipahami jika dibandingkan dengan platform atau aplikasi bawaan dari perusahaan sekuritas lainnya.

Untuk dapat melakukan transaksi real time, platform analisis saham satu ini bekerja sama dengan Simas (Sinarmas Sekuritas). Ada 4 layanan utama yang tersedia di dalam platform ini antara lain Analytics, Social, Chartbit, dan Stock Screener.

Cara Membuka Rekening Saham di Stockbit

Setelah memahami mengenai pengertiannya secara garis besar, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka rekening saham di platform ini. Berikut ini beberapa langkah dan cara daftar Stockbit:

  • Pertama, buka situs websitenya atau bisa juga download aplikasinya melalui Play Store atau App Store.
  • Setelah masuk ke dalam website atau aplikasi, lakukan registrasi akun dan masuk ke halaman Buka Rekening Saham.
  • Isi formulir pendaftaran akun yang terdapat pada aplikasi atau website secara lengkap dan benar.
  • Cetak dokumen dan bubuhkan tanda tangan pada formulir pendaftaran, kemudian dokumen bisa dikirimkan ke kantor Stockbit.
Baca Juga  6 Rekomendasi Pinjaman Online Pemerintah & Ada Izin OJK

Cara Membeli Saham Melalui Stockbit

Setelah berhasil membuka rekening, pengguna platform ini bisa membeli saham. Berikut ini cara dan langkah-langkah membeli saham melalui aplikasi Stockbit:

  • Buka aplikasi, kemudian masuk ke halaman Watchlist.
  • Setelah itu, geser ke kanan pada jenis saham apa yang ingin dibeli. Apabila belum memiliki watchlist saham, maka bisa menambahkannya sendiri dengan klik pada opsi Add Symbol dan tinggal ketikkan saham diinginkan.
  • Klik opsi menu Buy melalui Company Page. Setelah itu, bisa tentukan harga yang ingin di-bid beserta jumlah lot saham yang ingin dibeli dan klik opsi Order.
  • Cek kembali saham yang ingin dibeli pada halaman Preview Order dan klik opsi Next jika sudah yakin ingin membelinya.
  • Setelah itu, tinggal tunggu hingga pembelian match dengan investor lainnya yang ingin menjual saham mereka.

Cara Menjual Saham Melalui Stockbit

Selain membeli saham, platform satu ini juga bisa digunakan untuk menjual saham yang sudah dimiliki. Untuk menjual saham melalui platform ini, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Buka aplikasi, kemudian masuk ke halaman Portfolio dan klik saham yang ingin dijual.
  • Setelah itu, klik opsi Sell dan tentukan harga saham beserta jumlah lot yang ingin dijual.
  • Klik opsi Sell, kemudian cek kembali saham yang ingin dijual pada halaman Preview Order. Apabila sudah yakin dengan pilihan jual, selanjutnya bisa klik Next.
  • Tunggu beberapa saat hingga saham yang dijual match dengan investor lainnya.

Cara Akses Virtual Trading

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan pada aplikasi analisis saham satu ini yaitu Virtual Trading. Fitur ini memungkinkan para pengguna aplikasi untuk mencoba melakukan simulasi seperti transaksi jual-beli saham sesungguhnya.

Baca Juga  10 Aplikasi Kredit Online Aman Terbaik dan Terpercaya

Melalui fitur ini, setiap pengguna aplikasi akan mendapatkan modal sebesar Rp100 juta untuk digunakan belajar investasi saham. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menggunakan fitur satu ini antara lain sebagai berikut.

  • Buka aplikasi kemudian masuk ke halaman Watchlist.
  • Swipe atau geser ke kanan pada saham yang ingin dicoba untuk dibeli, kemudian klik Buy.
  • Tentukan target harga saham yang ingin dibid beserta jumlah lot saham yang ingin dibeli pada halaman Virtual Buy dan klik Order.
  • Cek lagi saham yang ingin dibeli pada halaman Preview Order, lalu klik Next apabila sudah yakin. 
  • Di halaman Portfolio pada bagian Order akan ditampilkan virtual order yang sudah dilakukan. Apabila pembelian saham ditolak, maka akan muncul status Rejected. Apabila berhasil namun belum terisi, maka akan muncul status Open dan jika sudah terisi maka statusnya Match.

Tips Berinvestasi Saham Agar Cuan Terus

Bagi para pemula yang ingin mencoba berinvestasi saham, tentunya ada beberapa hal yang wajib dilakukan agar tidak mengalami kerugian yang signifikan. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum berinvestasi saham:

  • Kenali dan pahami terlebih dahulu saham perusahaan yang akan dibeli beserta bisnis perusahaan yang dijalankan sebagai bahan pertimbangan.
  • Selalu berpikir rasional, realistis, dan logis ketika akan berinvestasi. Jangan lupa juga untuk selalu mempertimbangkan risiko yang akan dihadapi baik untung maupun rugi.
  • Kenali profil risiko investasi yang akan diambil apakah moderat, agresif, atau konservatif.
  • Jangan buru-buru ketika akan membeli saham yang sedang dalam posisi harga murah. Biasanya saham yang harganya murah mengindikasikan kalau perusahaan tersebut sedang mengalami masalah.
  • Jangan terburu-buru berinvestasi dan harus memikirkan keuntungan jangka panjang secara matang.
  • Pastikan bahwa investasi yang dilakukan memiliki tujuan jangka panjang lebih dari 5 tahun karena investasi saham dalam jangka yang pendek (kurang dari 2 tahun) membuat cuan yang didapatkan belum maksimal.
  • Jangan tergiur dengan investasi saham yang menawarkan keuntungan dalam waktu cepat dan singkat karena bisa jadi hal tersebut hanyalah modus penipuan yang bisa menyebabkan kerugian.
Baca Juga  Tabel Pinjaman Bank BCA Terlengkap 2022 (Wajib Dicek!)

Bagi yang sudah memulai untuk berinvestasi saham, ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar cuan yang dihasilkan bisa maksimal dan meminimalisir kerugian. Berikut ini beberapa tips penting yang wajib diterapkan bagi yang sudah mulai berinvestasi:

  • Tidak perlu minder dengan modal yang kecil karena tidak ada kata terlambat untuk memulai berinvestasi saham.
  • Jangan pasif bila sudah terjun dalam dunia investasi saham karena bursa tidak akan memberikan jaminan investasi yang sudah ditanam akan selalu naik. Terus tingkatkan pengetahuan dan ilmu dalam menyusun strategi bermain saham agar berpeluang cuan.
  • Jangan terlalu sering melakukan transaksi karena nantinya akan terbebani dengan biaya transaksi dan memungkinkan untuk terjebak kondisi psikologis pasar.
  • Investasikan dana untuk beberapa jenis investasi dalam kurun waktu 1 tahun. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan investasi jangka panjang sekitar 5 sampai 10 tahun karena semakin lama jangka waktu investasi, maka risiko kerugian yang akan dialami juga semakin minim.
  • Disiplin dalam menyisihkan dana untuk investasi dan pelajari pengelolaan keuangan pribadi secara bijak baik dalam pengelolaan pemasukan maupun utang.

Dengan hadirnya platform Stockbit, para investor pemula bisa melakukan analisis investasi saham dengan mudah sehingga bisa meminimalisir terjadinya risiko kerugian. Cara daftarnya juga sangat mudah dan anti ribet sehingga cocok untuk mereka yang ingin memulai investasi saham. 

Related Posts