Home Investasi 9 Saham Consumer Goods Terbaik di Indonesia
saham consumer goods

9 Saham Consumer Goods Terbaik di Indonesia

by Titis NP

Saham consumer goods adalah peluang bisnis yang tidak pernah mati, sehingga banyak yang tertarik berinvestasi. Hal ini karena saham jenis ini digunakan untuk membiayai operasional bisnis yang memproduksi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Consumer goods sendiri memiliki arti barang yang siap pakai yang akan dijual secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkannya, sehingga produk barangnya bisa dijual dengan cepat. Berikut beberapa saham consumer goods terbaik di Indonesia.

Daftar Saham Consumer Goods di Indonesia

Beberapa daftar saham yang akan dibahas di bawah ini bisa Anda jadikan pilihan apabila ingin melakukan investasi di bisnis consumer goods. 

Beberapa bisnis yang akan dibahas sudah memiliki reputasi penjualan yang tinggi sehingga memperbesar kemungkinan investor memperoleh keuntungan dalam jumlah yang besar. Beberapa diantaranya adalah:

  • Unilever Indonesia

Rekomendasi investasi di perusahaan consumer goods yang pertama adalah di PT. Unilever Indonesia. Unilever bukan hanya perusahaan besar di Indonesia melainkan juga bisnis yang sudah ada di berbagai negara di dunia.

Perusahaan besar yang satu ini didirikan pada tahun 1980-an oleh William Hesketh Lever dengan nama awal Lever Brothers. Sebagian besar produk dari hasil produksi Unilever dijual di berbagai warung, minimarket sampai supermarket di Indonesia. 

Beberapa merk produk Unilever di Indonesia pasti sudah sangat familiar seperti Sunlight, Lifebuoy, Bango, Pepsodent, dan lain sebagainya. Merk tersebut sangat banyak digunakan, sehingga pasti penjualan produk setiap bulannya selalu dalam jumlah yang fantastis.

  • Indofood

Rekomendasi investasi di perusahaan dengan saham consumer goods yang kedua adalah Indofood. Perusahaan yang satu ini terkenal karena produk mie instan nya yang sudah terkenal di Indonesia dan mancanegara.

Baca Juga  Investasi Leher ke Atas: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Jenisnya!

Saat ini, Indofood sudah melebarkan sayapnya dengan memproduksi bahan pangan lainnya seperti produk olahan susu, makanan ringan, makanan bayi, minuman hingga berbagai jenis bumbu penyedap rasa.

Indofood dibangun pada tahun 1990 dengan nama awal PT. Panganjaya Intikusuma dan pada tahun 1994 diubah menjadi PT. Indofood Sukses Makmur. 

Harga saham Indofood terus meningkat setiap waktu. Pada awal dikeluarkan harga sahamnya sekitar Rp.6.200,- per lembar dan pada September 2021 meningkat menjadi Rp.6.225,- per lembar saham.

Kenaikan ini disebabkan karena Indofood merupakan perusahaan consumer goods yang produknya sudah menjadi kebutuhan yang mendarah daging di masyarakat Indonesia. Jadi, Anda bisa berinvestasi ke Indofood dengan membeli beberapa lembar saham.

 

  • Wings Indonesia

Rekomendasi investasi di perusahaan dengan saham consumer goods terbaik yang ketiga adalah Wings Indonesia. Perusahaan ini cukup sering didengar dan populer namanya di Indonesia.

Wings Indonesia sendiri memiliki berbagai jenis produk kebutuhan rumah tangga dan barang konsumsi seperti produk makanan, minuman, dan perawatan diri.

Merek produk yang diproduksi oleh Wings Indonesia yang terkenal diantaranya seperti Mie Sedap, Jas Jus, Ale-Ale, TOP Coffee, Giv, Nuvo, dan Teh Rio. Merk-merk tersebut bisa dengan mudah ditemukan di warung, minimarket atau supermarket.

Jadi, Wings Indonesia bisa menjadi pilihan investasi saham Anda karena selama perusahaan berdiri mereka selalu mampu menjual berbagai macam produk dan merek dengan angka yang tinggi.

 

  • PT. Campina Ice Cream Industry Tbk

Rekomendasi investasi di perusahaan dengan saham consumer goods yang keempat adalah PT. Campina Ice Cream Industry Tbk. Perusahaan ini bisa menjadi solusi bagi Anda para investor pemula yang belum memiliki banyak modal untuk berinvestasi.

Harga saham PT. Campina cukup terjangkau yaitu sekitar Rp.200,- sampai Rp.500,- per lembarnya dimana termasuk murah. Perusahaan ini sudah didirikan sejak tahun 1972 dan mempertahankan produk ice creamnya sehingga penjualannya selalu meningkat.

Baca Juga  Strategi Investasi: Saran Terbaik Sebelum Melangkah

 

  • Frisian Flag Indonesia

Rekomendasi investasi di perusahaan consumer goods yang kelima adalah Frisian Flag Indonesia. Perusahaan ini sudah sangat berkembang pesat dengan produk-produknya yang sudah sangat familiar di masyarakat Indonesia.

Perusahaan ini memproduksi berbagai produk seperti susu kental manis frisian flag, susu cair siap minum frisian flag, susu bubuk frisian flag, dan susu untuk balita dan ibu frisian flag. Berbagai produk ini memiliki jumlah penjualan yang tinggi.

Dengan jumlah penjualan yang tinggi di setiap bulannya, Frisian Flag Indonesia bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda untuk menginvestasikan dana dengan cara membeli sahamnya.

 

  • Gudang Garam Tbk

Rekomendasi investasi di perusahaan consumer goods yang keenam adalah Gudang Garam Tbk. Perusahaan ini merupakan perusahaan rokok yang dimiliki dan didirikan oleh Wonowidjojo bersaudara.

Perusahaan rokok ini merupakan perusahaan besar dibuktikan dengan jumlah transaksi yang selalu mencapai angka fantastis. Pada periode Januari sampai September 2021, Gudang Garam tbk memiliki nilai transaksi lebih dari 11 triliun rupiah.

Sehingga, perusahaan rokok yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan jika Anda merupakan investor yang mampu menanggung high risk high return. Hal ini karena rokok bukan merupakan kebutuhan pokok semua orang, tetapi sejauh ini penjualannya sangat fantastis.

 

  • Astra Agro Lestari Tbk

Rekomendasi investasi di perusahaan dengan saham consumer goods yang keenam adalah Astra Agro Lestari Tbk. Perusahaan ini merupakan bisnis consumer goods yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan pertanian.

Transaksi perusahaan ini pernah tercatat mencapai 4,1 triliun rupiah dan harga sahamnya tinggi yaitu Rp.9.500,- per lembarnya. Perusahaan ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan tinggi dan memiliki modal yang tinggi juga.

Baca Juga  Penting, Begini Rumus Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank

 

  • Gajah Tunggal Tbk.

Rekomendasi investasi di perusahaan consumer goods yang kedelapan adalah Gajah Tunggal Tbk. Perusahaan ini merupakan produsen dan distributor ban baik ban dalam dan ban luar. Perusahaan ini juga mengembangkan sayapnya dengan menjual produk olahan karet lainnya.

Perusahaan ini memiliki catatan transaksi yang tinggi dengan nilai total perdagangannya mencapai angka 3 triliun rupiah. Sehingga membuat saham perusahaan ini paling banyak diperjualbelikan dalam kategori saham consumer goods di bidang otomotif.

Sehingga perusahaan ini bisa dijadikan salah satu pilihan apabila Anda ingin berinvestasi tetapi dengan nilai transaksi yang tinggi, maka harga saham per lembarnya juga tinggi. Jadi, perlu mempersiapkan modal yang tidak sedikit.

 

  • Matahari Putra Prima Tbk.

Rekomendasi investasi di perusahaan dengan saham consumer goods yang kesembilan adalah Matahari Putra Prima Tbk. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang mengelola jejaring supermarket yang ada di Indonesia.

Supermarket yang masuk dalam jaringan Matahari Putra Prima Tbk diantaranya adalah Hypermart, Boston Health & Beauty, Primo Supermarket, dan lain sebagainya. 

Perusahaan ini mampu mempertahankan penjualannya di masa pandemi covid dengan mempromosikan belanja online.

Beberapa rekomendasi saham consumer goods di atas bisa Anda jadikan pilihan sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan mengenai berinvestasi. Jika mampu berinvestasi pada saham yang high risk high return, maka Anda bisa mengambilnya.

Tetapi, jika Anda masih pemula, akan lebih baik jika memilih perusahaan yang stabil dan memiliki track penjualan yang baik sejak awal kemunculannya. Sehingga akan lebih minim terjadi kerugian investasi.

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts