Home Investasi 10 Sekuritas Terbaik di Indonesia, Aman untuk Investor Pemula
sekuritas terbaik

10 Sekuritas Terbaik di Indonesia, Aman untuk Investor Pemula

by Titis NP

Banyaknya perbincangan investasi saham di berbagai kalangan, masyarakat juga membutuhkan perantara berinvestasi saham atau reksadana, yaitu perusahaan-perusahaan sekuritas terbaik yang akan melayani proses jual-beli saham nantinya.

Daftar Perusahaan Sekuritas Terbaik

Perusahaan sekuritas berperan dalam trading saham, reksa dana, dan instrumen perdagangan efek pada pasar modal. Karena itu, dalam melaksanakan kegiatan, perusahaan-perusahaan tersebut harus memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti beberapa perusahaan berikut ini :

1. Indo Premier Sekuritas

Berdiri sejak tahun 2002 di Indonesia, salah satu perusahaan sekuritas terbaik ini telah melakukan transaksi saham dengan total nilai Rp255,73 triliun kurang dari satu tahun dengan total volume perdagangan sahamnya sebanyak 393,22 miliar saham.

Perusahaan ini juga memiliki nilai rata-rata Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) sebesar Rp 665,66 miliar per September 20210. Nilai MKBD penting bagi calon investor sebab hal ini harus menjadi pertimbangan sebelum memilih perusahaan sekuritas.

Perusahaan pemilik kode PD ini memiliki beberapa layanan dan produk, seperti investasi jual-beli saham, reksa dana, investment banking untuk korporasi, perencanaan keuangan, sales & trading equity, serta sales & trading fixed income bagi korporasi.

2. Mirae Asset Sekuritas

Perusahaan ini tercatat memiliki total perdagangan saham sebesar Rp 472,64 triliun per Oktober 2021 serta total volume transaksi sahamnya mencapai 869,30 miliar saham. Perusahaan ini juga memiliki nilai rata-rata Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) sebesar Rp1,8 triliun.

Mirae Asset Sekuritas menawarkan beberapa layanan, seperti transaksi saham dan obligasi untuk ritel dan korporasi, transaksi saham dan reksadana online untuk produk konvensional atau syariah, transaksi saham dengan margin, sampai riset ekonomi dan perusahaan.

Baca Juga  Tips dan Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik

3. Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas juga menjadi salah satu perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia dan menempati urutan kedua paling aktif sepanjang Januari hingga Agustus 2021, tertera di laman resminya. Hal itu dapat dilihat dengan transaksi saham Mandiri Sekuritas yang mencapai Rp 307,71 triliun.

Dengan volume transaksi sebesar 462,54 miliar saham, per September 2021, MKBD Mandiri Sekuritas memiliki nilai rata-rata Rp 537,32 miliar. Layanan yang ditawarkan oleh perusahaan ini adalah perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek.

4. MNC Sekuritas

Seperti namanya, perusahaan ini merupakan anak usaha MNC Group di bawah PT. MNC Kapital Indonesia Tbk. Berdasarkan lamannya, MNC sekuritas telah menyempurnakan produk online trading milik mereka dalam bentuk aplikasi perdagangan saham online.

Diluncurkan pada tahun 2016, nama aplikasi tersebut ialah MotionTrade dengan adanya MotionTrade dalam memenuhi kebutuhan produk investasi saham syariah. Per tahun 2019, berdasarkan 134 point of sales yang tersebar nasional serta MotionTrade, jumlah nasabah MNC Sekuritas ialah 73.000 orang.

5. UBS Sekuritas Indonesia

Perusahaan sekuritas terbaik lainnya ialah UBS Sekuritas Indonesia. Dengan capaian transaksi saham sebesar Rp 223,90 triliun, perusahaan ini meraih besaran transaksi volume saham sebanyak 144,35 miliar saham.

6. CGS CIMB Sekuritas Indonesia

Dalam periode Januari hingga Agustus 2021, CGS CIMB Sekuritas Indonesia mencapai total transaksi saham senilai Rp 206,32 triliun dengan capaian volume perdagangan sebesar 166,04 miliar saham. Rata-rata MKBD perusahaan ini juga mencapai Rp501,38 dimana meningkat sejak tahun 2020.

Perusahaan ini berfokus pada sejumlah layanan dan produk seperti perdagangan saham, obligasi, sampai layanan pembiayaan investasi. Dengan dukungan panduan investasi oleh tim riset, CGS-CIMB menjadi salah satu perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia.

7. BNI Sekuritas

Berdiri sejak tahun 1995, BNI Sekuritas berhasil meraih gelar terbaik The Most Active Securities Company dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada tahun 2018. Perusahaan ini menawarkan beberapa pelayanan: investment banking, equity brokerage, fixed income brokerage, dan sebagainya.

Baca Juga  Kredit Investasi: Pengertian, Contoh dan Cara Pengajuannya!

8. Phillip Sekuritas Indonesia

Berdiri sejak tahun 1994, Phillip Sekuritas Indonesia menawarkan sejumlah layanan seperti jual-beli saham, reksa dana, sampai obligasi. Rata-rata nilai MKBD per pertengahan Januari mencapai Rp 179 miliar.

9. Maybank Kim Eng Sekuritas

Dalam kurun waktu kurang dari setahun pada 2021, perusahaan sekuritas terbaik ini telah mencapai transaksi saham dengan nilai Rp144,84 triliun dengan volume perdagangannya sebesar 102,99 miliar saham serta rata-rata MKBD sebesar Rp641,38 miliar terhitung September 2021.

10. J. P. Morgan Sekuritas Indonesia

Berdiri sejak tahun 1989, perusahaan ini telah mencapai transaksi senilai Rp 143,93 triliun dengan volume transaksi perdagangannya sebanyak 86,81 miliar saham serta MKBD rata-rata per September 2021 adalah sebesar Rp 972,09 miliar.

Terdaftar di OJK, Ini Daftar Aplikasi Sekuritas Terbaik untuk Investor Pemula

Perkembangan teknologi merambah pula ke bidang investasi. Oleh perusahaan sekuritas, aplikasi-aplikasi berikut ini membantu para investor dalam berinvestasi, pun merasa aman oleh sebab telah memegang izin dari OJK.

1. IPOT

Indo Premier Online Technology (IPOT) ialah aplikasi digital milik Indo Premier Sekuritas. Salah satu keunggulannya ialah Robo Trading dan Fund Evaluator yang dapat menjalankan semua instruksi order jual-beli saham berdasarkan harga yang telah ditentukan.

Dengan aplikasi sekuritas ini, investor dapat berkesempatan untuk bertransaksi sesuai harga yang diincar.

2. Bibit

Telah mengantongi izin dari OJK, Bibit mematok minimal Rp10.000 saja untuk memulai investasi. Didukung dengan banyak e-wallet, Bibit memiliki beberapa penawaran macam-macam reksa dana, seperti saham, obligasi, sampai pasar uang.

3. Bareksa

Sudah diawasi oleh OJK juga, aplikasi sekuritas terbaik ini memiliki beragam produk reksa dana hingga lebih dari 150 produk, baik itu konvensional atau syariah. Ada pula 50 lebih manajer investasi untuk membantu para pemodal sampai target investasi mereka tercapai.

Baca Juga  12 Rekomendasi Investasi Saham Jangka Panjang yang Bagus

4. Stockbit

Bekerja sama dengan Sinarmas, Stockbit menawarkan beberapa keuntungan seperti, pemodal dapat melakukan trading saham secara online serta menggunakan fitur belajar saham dan simulasi jual-beli saham tersebut melalui daring pula.

5. Ajaib

Ajaib menawarkan kelebihan melalui pemberian informasi mengenai waktu jual-beli saham terbaik agar para pemodal dapat memperoleh keuntungan maksimal. Aplikasi yang berada di naungan PT. Ajaib Sekuritas Asia ini juga memiliki tampilan interface yang mudah dipahami.

6. RTI Business

Informasi pasar modal yang tersedia dalam aplikasi ini ialah price quotes, charts, analisis, data finansial, informasi perusahaan dan pasar modal, serta informasi-informasi lain. Dengan adanya IDX Virtual Online Trading, aplikasi ini ramah bagi para pemodal alam dalam memahami transaksi online.

7. MOST

MOST merupakan aplikasi trading saham milik Mandiri Sekuritas. Hadir dengan user interface, tampilannya ramah bagi para pengguna baru atau investor saham pemula. Dengan besar transaksi minimal sebesar Rp5.000, fee per transaksi ialah 0,28% untuk jual saham dan 0,18% untuk jual saham.

8. Philips POEMS ID

Philips menghadirkan (Phillips Online Electronic Mart System) dengan dua layanan unggulan sebagai berikut.

  • ProStock, merupakan layanan untuk berinvestasi dengan aman, mudah, dan real time, serta didukung laporan perusahaan lengkap dan up to date.
  • Profunds, ialah layanan berinvestasi di supermarket reksa dana online, dengan ketersediaan lebih dari 100 produk reksa dana. Dengan manajer investasi terpercaya, biaya yang diperlukan pun terjangkau, yakni mulai dari Rp 50.000 saja.

Bila ingin berinvestasi dengan aman, nama-nama di atas dapat menjadi rekomendasi perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia, berikut pula beberapa aplikasi yang dapat memudahkan proses transaksi. Selamat mencoba!

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts