Home Investasi Stockbit vs Ajaib: Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?
stockbit vs ajaib

Stockbit vs Ajaib: Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

by Titis NP

Saat ini semakin banyak kalangan masyarakat yang menggemari bidang investasi. Hal ini juga didukung dengan semakin banyaknya aplikasi yang memudahkan proses investasi. Diantara aplikasi tersebut, terdapat dua aplikasi yang sering dibandingkan yakni Stockbit VS Ajaib

Dua aplikasi tersebut memiliki beragam fitur unggulan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi para pemula, dua aplikasi ini dianggap bisa menjadi pilihan untuk belajar investasi. Lalu, dari dua aplikasi tersebut, manakah yang lebih baik digunakan oleh pemula? Simak jawabannya berikut ini.

Stockbit dan Fitur-Fitur Unggulannya

Aplikasi investasi saham yang satu ini dikembangkan oleh Johny Susanto. Awalnya, Johny hanya membuat Stockbit dengan tujuan untuk memberikan informasi seputar saham di tahun 2013. Namun, aplikasi ini semakin berkembang hingga digunakan sebagai untuk investasi. 

Stockbit sudah digunakan lebih dari 1 juta pengguna. Tidak hanya itu, Stockbit juga memiliki beberapa fitur unggulan yang bisa memudahkan penggunanya. Fitur-fitur unggulan Stockbit tersebut diantaranya:

1. Fitur Virtual Trading

Fitur virtual trading menjadi fitur unggulan Stockbit karena tidak tersedia di aplikasi Ajaib. Selain itu, fitur ini juga memberikan kemudahan bagi para pemula yang ingin belajar saham. Virtual trading menyediakan akun demo yang bisa digunakan untuk investasi. 

Adanya fitur ini membuat pemula bisa mendapatkan pengalaman melakukan investasi seperti kegiatan investasi saham yang sebenarnya. Bahkan, saldo yang disediakan oleh fitur ini mencapai Rp. 100 juta. Jadi, virtual trading bisa membantu untuk membiasakan diri dengan kegiatan transaksi saham.

2. Fitur Screener Saham yang Baik

Salah satu kegiatan dalam transaksi saham adalah memilih dan mencari tahu tentang saham yang diinginkan. Untuk melaksanakan kegiatan ini, Stockbit menyediakan fitur screener yang sudah berkembang dengan baik. 

Baca Juga  Rekeningku VS Indodax: Aplikasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

Melalui fitur ini, proses pencarian dan pemilihan saham yang diinginkan bisa menjadi lebih mudah. Beragam data bisa diedit dan dipilih melalui screener, sehingga aplikasi menampilkan data-data yang diperlukan dengan mudah dan cepat. 

Selain ditawarkan secara gratis, fitur screener juga memiliki keunggulan yang lebih menarik jika mendaftarkan akun pro. Setelah memiliki Stockbit pro, screener bisa diatur secara otomatis dengan menduplikasi preset screener dari para ahli saham.

3. Charting Canggih

Beragam informasi tentang data live price biasa disajikan melalui fitur charting. Stockbit memiliki fitur charting yang sangat canggih dan lengkap, sehingga para trader bisa membaca perkembangan informasi saham dengan lebih mudah.

Kelebihan Stockbit

Jika dibandingkan antara Stockbit VS Ajaib, aplikasi Stockbit memiliki lebih banyak kelebihan dan dianggap lebih unggul. Kelebihan-kelebihan ini membuat Stockbit bisa digunakan oleh siapapun, termasuk bagi para pemula yang baru belajar saham. Adapun kelebihan aplikasi Stockbit diantaranya:

  1. Diawasi langsung oleh lembaga negara yakni otoritas jasa keuangan (OJK), sehingga Stockbit menjadi salah satu aplikasi yang aman untuk digunakan. 
  2. Proses pendaftaran dilakukan dengan mudah, karena syarat yang diperlukan hanya sedikit yakni KTP dan rekening Bank. 
  3. Proses persetujuan pendaftaran singkat yakni dalam kurun waktu 1 hari kerja. 
  4. Tidak memerlukan NPWP untuk mendaftar.
  5. Memiliki komunitas diskusi yang terdiri dari para ahli di bidang saham hingga pemula yang baru belajar. 
  6. Mendapatkan informasi dan analisis saham dari para ahli yang telah berpengalaman secara gratis dan mudah melalui komunitas.
  7. Dikembangkan dengan user interface (UI) dan user experience (UX) terbaik, sehingga aplikasi Stockbit bisa mudah dan nyaman digunakan, bahkan oleh para pemula. 
  8. Informasi tentang saham disajikan dengan lengkap termasuk data finansial.
  9. Dapat mengetahui dengan mudah nilai valuasi yang memberikan gambaran tentang murah atau mahalnya nilai saham yang disajikan.
  10. Dilengkapi fitur pro yang menawarkan lebih banyak kecanggihan dan kemudahan dalam melakukan transaksi saham.
Baca Juga  5 Aplikasi Investasi Online Modal Kecil

Kekurangan Stockbit

Meskipun memiliki segudang kelebihan dan fitur unggulan, aplikasi ini tetap memiliki kekurangan. Adapun beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Stockbit diantaranya:

  1. Tidak memiliki fitur auto order, sehingga pengguna aplikasi tidak bisa melakukan transaksi jual-beli saham secara otomatis. 
  2. Sering terjadi perawatan sistem (maintenance) yang menyebabkan aplikasi error dan sulit diakses.
  3. Tidak bisa melakukan investasi reksadana dalam satu aplikasi, sebab investasi tersebut hanya bisa dilakukan pada aplikasi saudaranya yakni Bibit.

Ajaib dan Fitur-Fitur Unggulannya

Aplikasi dari Ajaib Group ini dikembangkan dengan tiga jenis transaksi yakni ETF, reksadana dan saham. Jika dibandingkan antara Stockbit VS Ajaib, aplikasi ini dianggap lebih unggul karena bisa digunakan untuk tiga jenis investasi. 

Ajaib juga dikembangkan dengan memberikan kemudahan untuk para pemula. Kemudahan itu terdiri dari berbagai fitur canggih dan sistem yang mudah digunakan. Fitur-fitur yang menjadi keunggulan Ajaib diantaranya:

1. Fitur Notifikasi

Melalui fitur ini, pengguna bisa mendapatkan informasi pergerakan saham dengan lebih mudah. Setiap transaksi berlangsung, aplikasi akan mengirimkan pemberitahuan setiap harinya. Sehingga, pengguna bisa dengan mudah mengetahui trend saham yang banyak diminati. 

2. Fitur Competitive Ranking Antar Perusahaan

Fitur ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengetahui saham dari berbagai perusahaan. Aplikasi akan menampilkan data perusahaan-perusahaan dengan saham terbaik. Jadi, pengguna bisa membandingkan saham dari perusahaan-perusahaan tersebut. 

Kelebihan Ajaib

Tidak hanya memiliki fungsi untuk memfasilitasi tiga jenis investasi sekaligus, Ajaib juga memiliki berbagai kelebihan. Oleh karena itu, aplikasi ini terus dipercaya untuk keperluan investasi. Sudah lebih dari 1 juta pengguna merasakan kemudahan dari aplikasi ini. 

Beberapa kelebihan lain yang dimiliki Ajaib diantaranya:

  1. Dikembangkan dengan sekuritas yang baik dibandingkan aplikasi lain. 
  2. Memiliki tampilan yang mudah untuk digunakan, bahkan oleh para pemula. 
  3. Menyediakan beragam materi belajar baik untuk para pemula yang baru belajar saham, maupun bagi orang-orang yang telah ahli. 
  4. Memfasilitasi webinar untuk mempelajari saham secara menyeluruh dengan praktisi saham sebagai narasumbernya.
  5. Dilengkapi dengan auto order, sehingga pengguna bisa melakukan transaksi jual-beli dengan otomatis jika batas harga saham telah sesuai. 
Baca Juga  10 Sekuritas Terbaik di Indonesia, Aman untuk Investor Pemula

Kekurangan Ajaib

Seperti aplikasi Stockbit yang memiliki beberapa kekurangan, Ajaib juga dinilai memiliki kekurangan di beberapa sistem. Adapun kekurangan yang dimiliki aplikasi ini diantaranya:

  1. Proses penarikan di aplikasi Ajaib dinilai lebih lama dibandingkan dengan Stockbit. 
  2. Beberapa pengguna juga merasakan kesulitan saat ingin melakukan login ke sistem. Aplikasi sering bermasalah, meskipun sudah mengganti kata sandi dan melakukan scan sidik jari. 
  3. Customer service dianggap tidak terlalu membantu dalam mengatasi masalah login yang dialami beberapa pengguna.

Perbandingan Stockbit VS Ajaib

Sebelum memilih aplikasi untuk melakukan investasi yang baik bagi pemula, calon pengguna bisa melihat perbandingan dari dua aplikasi ini. Meskipun kelebihan, fitur unggulan dan kekurangan setiap aplikasi telah dijelaskan, berikut ini disajikan tabel perbandingan dua aplikasi tersebut.

Perbandingan Stockbit Ajaib
Fasilitas Investasi Saham Saham, reksadana, ETF
Fitur auto order Tidak ada Ada
Fitur virtual trading Ada Tidak ada
Fitur Belajar Komunitas diskusi Materi belajar dan webinar

Diantara Stockbit VS Ajaib, aplikasi mana yang cocok untuk pemula? Jawabannya adalah Ajaib. Selain tampilan yang mudah, aplikasi ini juga dilengkapi banyak fasilitas bagi pemula untuk belajar. Jika sudah lebih paham dan terbiasa dengan transaksi saham, aplikasi Stockbit bisa menjadi pilihan.

*NB : Ini hanya merupakan edukasi, bukan ajakan untuk membeli satu produk investasi, pembaca diminta mempertimbangkan sendiri keputusan pembelian. Atur pundi tidak bertanggungjawab atas kerugian yg mungkin timbul.

Related Posts