Home Investasi Stockbit vs IPOT: Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?
stockbit vs ipot

Stockbit vs IPOT: Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

by Titis NP

Stockbit Bibit Sekuritas dan IPOT Indopremier merupakan dua broker saham paling populer di Indonesia saat ini. Lantas, antara Stockbit vs IPOT, mana yang lebih cocok digunakan oleh pemula? Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, silakan baca artikel ini sampai selesai.

Tidak dapat dipungkiri bahwa investasi menjadi salah satu ladang cuan yang sangat digandrungi oleh kaum muda di era digital ini. Selain mudah dan praktis karena bisa dilakukan dengan modal ponsel pintar, keuntungan dari berinvestasi di broker terbaik juga sangat menjanjikan.

Review Stockbit vs IPOT

Meskipun keduanya sama-sama broker ternama dan memiliki peminatnya masing-masing. Namun, ternyata terdapat perbedaan cukup menonjol antara Stockbit dan IPOT. Salah satunya adalah IPOT menawarkan fitur-fitur lebih lengkap jika dibandingkan dengan kompetitornya, yaitu Stockbit.

Akan tetapi, dari segi tampilan UI atau antarmuka, Stockbit lebih unggul dibandingkan IPOT. Kenapa? Stockbit hadir dengan antarmuka yang user friendly dan mudah dipelajari oleh pemula. Kaum milenial dijamin akan langsung jatuh hati saat login ke Stockbit.

Terlepas dari perbedaan tersebut, baik Stockbit maupun IPOT sebenarnya memiliki fungsi sama, yaitu wadah investasi. Keduanya juga merupakan broker saham berstatus legal yang telah mengantongi izin dari BEI dan OJK sehingga aman untuk dipilih sebagai tempat berinvestasi.

Baca Juga  Penting, Begini Rumus Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank

Mengenal Broker Stockbit Sekuritas

Stockbit adalah sebuah platform investasi resmi dengan tampilan sederhana dan ramah pengguna. Bagi pengguna smartphone Android, maka bisa mengunduh Stockbit melalui Play Store.

1. Keunggulan Stockbit

Stockbit hadir dengan segudang kelebihan yang menjadi daya tariknya. Jadi tidak mengherankan apabila banyak orang mempercayakan investasinya pada broker satu ini. Lalu, apa saja keunggulan Stockbit? Berikut jawaban selengkapnya:

A. Tersedia Beragam Opsi Perusahaan

Pengguna bisa leluasa memilih ingin menginvestasikan dana ke perusahaan mana saja sesuai keinginan. Cara melakukan investasi juga sangat mudah, cukup temukan perusahaan idaman, lakukan transaksi, dan selesai. Sekarang pengguna telah memiliki saham di perusahaan tersebut.

B. Tanpa Minimal Deposit

Ingin berinvestasi tapi terkendala budget terbatas? Di Stockbit, siapa saja bisa mulai berinvestasi dengan dana berapa saja. Karena tidak ada minimal deposit yang diterapkan broker ini.

C. Dirancang Khusus untuk Investor Milenial

Hadir dengan antarmuka yang mudah dipelajari, para investor pemula bisa mulai berinvestasi tanpa kesulitan apapun. Pengguna bahkan tidak akan membutuhkan tutorial atau panduan lagi.

D. Tempat Paling Tepat untuk Belajar Investasi

Pengguna bisa mendapatkan wawasan lebih dengan bergabung di Stockbit Academy melalui sistem pembelajaran video on demand berkualitas tinggi yang mudah dipahami dan gratis diakses.

E. Trading Online untuk Pemula

Pelajari cara trading saham tanpa harus pusing memikirkan modal dengan platform trading virtual Stockbit. Bagi pemula, fitur ini sangat berguna sekali. Sebab bisa menjadi media belajar investasi.

F. Forum Saham

Stockbit vs IPOT, mana yang paling bagus? Stockbit menghadirkan forum atau komunitas saham yang akan menghubungkan trader dengan trader lain. Para investor di Stockbit bisa mendiskusikan berbagai macam hal yang berkaitan dengan trading. Jadi, bisa membantu trader pemula.

G. Berita dan Laporan Saham Paling Update

Setiap trader tentu ingin mengetahui berita paling aktual mengenai analisis perkembangan saham. Di Stockbit, pengguna akan dimudahkan dengan adanya filter berita dan laporan komprehensif yang menyajikan berbagai informasi seputar berita terbaru tentang pergerakan saham.

H. Tersedia Data Fundamental Saham

Salah satu kunci kesuksesan trading terletak pada data. Stockbit menghadirkan data fundamental saham, meliputi Price to Book Value, PE Ratio, Debt to Equity, Dividend Yield, hingga ROE.

Baca Juga  Investasi Syariah: Pengertian, Cara Kerja dan Jenis Investasi Syariah Terbaik

I. Data Pasar Real-Time

Trader dapat menemukan histori harga saham di Indonesia dalam jangka waktu 15 tahun terakhir. Dengan begitu, bisa menjadi perbandingan sebelum memutuskan investasi di suatu perusahaan.

2. Kekurangan Stockbit

Dibalik keunggulan yang ditawarkan. Faktanya, Stockbit juga memiliki beberapa kekurangan dalam penerapannya. Di bawah ini adalah kelemahan Stockbit yang harus diketahui oleh calon pengguna:

A. Bug Mengganggu

Beberapa pengguna Stockbit mengeluhkan adanya bug saat aplikasi digunakan. Dalam pengembangan teknologi, keberadaan bug memang suatu hal wajar. Akan tetapi, harus segera ditangani pihak developer agar tidak mengganggu aktivitas pengguna saat menggunakan aplikasi.

B. Aplikasi Online Lambat

Selain bug, beberapa pengguna aplikasi Stockbit juga melaporkan tentang lambatnya Stockbit saat digunakan untuk melakukan order saham. Padahal, di bursa saham, waktu sangatlah berharga. Lambatnya respon sistem tentu dapat mempengaruhi kegiatan trading pengguna.

C. Membuka Rekening Saham Hanya Dapat Dilakukan Melalui Aplikasi

Sebelum memutuskan menggunakan Stockbit, trader pemula harus tahu. Bahwa untuk membuka rekening saham hanya dapat dilakukan dengan download aplikasi Stockbit di Playstore. Dengan kata lain, pembukaan rekening tidak bisa dilakukan melalui situs website resmi.

D. Opsi Rekening Bank RDN Terbatas

Stockbit hanya menyediakan satu pilihan rekening bank, yaitu RDN BCA. Jadi, mau tidak mau, pengguna Stockbit harus memiliki rekening BCA untuk melakukan transaksi.

Mengenal Broker IPOT Indopremier

Untuk mengetahui mana yang terbaik antara Stockbit vs IPOT, maka harus mengenal kedua broker tersebut secara mendalam terlebih dahulu. Setelah mengetahui keunggulan dan kekurangan Stockbit. Sekarang calon trader akan diajak untuk memahami IPOT Indopremier.

Indo Premier Online Technology (IPOT) merupakan salah satu platform dan rekening all in one untuk memenuhi kebutuhan investasi para trader. IPOT hadir dengan produk keuangan super lengkap meliputi, jual beli saham, reksa dana, saham IPO, ETF, hingga obligasi & SBN ritel.

1. Keunggulan IPOT

IPOT hadir dengan beragam kelebihan yang membuatnya sangat disukai para trader. Di bawah ini adalah beberapa kelebihan IPOT:

Baca Juga  Stockbit vs Ajaib: Investasi Mana yang Cocok Bagi Pemula?

A. Aman dan Terpercaya

PT Indo Premier Sekuritas telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2002 dan merupakan anggota bursa BEI. Oleh sebab itulah, para trader tidak perlu merasa khawatir untuk melakukan kegiatan trading melalui platform IPOT karena statusnya adalah legal.

B. Mengusung Fitur Robo Trading & Fund Evaluator

Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan trading secara otomatis. Sistem akan menjalankan semua instruksi order jual dan beli saham sesuai harga yang ditentukan pengguna.

C. Transaksi Berapa Saja dan Dimana Saja

Trader dapat melakukan transaksi multi order menggunakan fitur Fast Buy/Sell tanpa minimal budget dalam waktu bersamaan. Fitur ini bisa diakses melalui berbagai perangkat.

D. Platform Edukasi Terintegrasi

IPOT menyediakan platform yang berisi konten edukasi dalam berbagai format di halaman Journey. Pengguna pemula dapat memilih konten maupun mengikuti kegiatan edukasi sesuai kebutuhan investasi.

E. Dana Penjualan Saham Cepat Cair

IPOT hadir dengan fasilitas yang memungkinkan trader menerima dana hasil penjualan saham lebih cepat. Biasanya, hasil penjualan sudah akan masuk rekening bank di hari yang sama.

2. Kekurangan IPOT

Sekilas, IPOT memang terlihat seperti sebuah pilihan investasi saham yang sempurna. Tapi tunggu dulu, calon investor harus tahu terlebih dahulu apa saja kelemahan IPOT, yaitu:

A. UX/UI IPOT Cukup Rumit

Bagi investor pemula, pasti akan cukup kesulitan dalam menggunakan aplikasi IPOT. Karena tampilan antarmuka IPOT memang dirancang untuk trader profesional.

B. Kurang Ramah untuk Milenial

Selama ini, IPOT memang cenderung jarang melakukan pengenalan brand ke kaum milenial. Jadi tidak mengherankan apabila kaum muda jadi beranggapan kalau IPOT kurang cocok untuk mereka.

C. Fitur Kompleks

Bagi trader profesional, berbagai macam fitur pada IPOT memang dianggap sebagai sebuah keuntungan. Namun, untuk kalangan trader pemula, keberadaan fitur-fitur yang tidak familiar tersebut justru menimbulkan kebingungan. Pasalnya, investor pemula harus belajar dari nol.

Lantas, antara Stockbit vs IPOT, mana yang lebih direkomendasikan untuk pilih? Trader bisa memilih salah satu sesuai kebutuhan. Bagi investor pemula, lebih disarankan menggunakan Stockbit. Namun, jika sudah familiar dengan dunia trading atau investasi, maka IPOT lebih cocok.

Related Posts