Home Leasing 3 Surat Perjanjian Gadai Mobil dan Contohnya Lengkap!
surat perjanjian gadai mobil

3 Surat Perjanjian Gadai Mobil dan Contohnya Lengkap!

by Titis NP

Surat perjanjian gadai mobil merupakan salah satu dokumen yang diperlukan dalam transaksi pinjaman dengan jaminan kendaraan mobil. Oleh karena itu, sebagai seorang calon kreditur akan lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu informasi lebih lanjut mengenai surat perjanjian gadai mobil

Saat ini pinjaman dana dengan kendaraan mobil sebagai jaminan banyak tersedia di berbagai perbankan Indonesia. Ada banyak pilihan perbankan yang menyediakan pinjaman dengan aman dan proses cepat. 

Sebagai seorang calon kreditur akan lebih baik untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang berbagai informasi mengenai perjanjian gadai mobil. Informasi tersebut dapat disimak melalui artikel yang ada di bawah ini!

Pengertian Surat Perjanjian Gadai Mobil 

Surat perjanjian jaminan mobil atau gadai mobil merupakan dokumen tertulis yang berisikan perjanjian antara kedua belah pihak yang berisi mengenai hak dan kewajiban kesepakatan pinjaman dengan jaminan kendaraan mobil.

Berbeda dengan gadai tanah atau rumah, pembuatan surat perjanjian dengan jaminan mobil biasanya tidak membutuhkan saksi. Namun ada beberapa perbankan yang membutuhkan saksi ketika melakukan perjanjian ini jika mobil tersebut masih kredit. 

Surat perjanjian ini sangat penting dimiliki oleh kedua belah pihak agar nantinya tidak ada hal yang tidak diinginkan mengenai pembayaran pinjaman dan lain sebagainya. Salah satu perbankan yang selalu menyediakan surat perjanjian gadai BPKB mobil dengan resmi adalah Gadaikendaraan.com 

Baca Juga  Kredit Mobil Bekas DP 10 Juta Angsuran 1 Juta? Ini Pilihannya

Cara Membuat Surat Perjanjian dengan Jaminan BPKB Mobil 

Sebagai salah satu dokumen yang penting dalam perjanjian pinjaman jaminan BPKB mobil atau yang biasa disebut dengan gadai mobil, seorang calon kreditur harus mengetahui segala hal yang ada dalam surat perjanjian. 

Jika ingin membuat surat perjanjian gadai mobil dengan benar, simak beberapa syarat yang ada di dalamnya berikut ini: 

  • Identitas diri sebagai pemilik mobil dan orang yang menggadaikan mobil miliknya sesuai dengan data diri. 
  • Identitas diri pemberi dana pinjaman sesuai dengan KTP. Jika pemberi pinjaman merupakan sebuah instansi maka yang dilampirkan adalah surat izin usaha yang berlaku. 
  • Keterangan bahwa sebagai pihak pertama, kreditur menggadaikan mobilnya kepada pihak kedua sebagai pemberi pinjaman. 
  • Merek mobil yang digadaikan beserta dengan plat nomor dan tahun pembuatannya. 
  • Kondisi mobil saat digadaikan. 
  • Pernyataan mengenai boleh tidaknya jika mobil tersebut digunakan oleh pihak kedua serta konsekuensi jika ada kerusakan mobil saat penggunaan. 
  • Jumlah uang yang ingin dipinjam. 
  • Jangka waktu pelunasan. 
  • Adanya denda atau tidak jika terjadi keterlambatan pembayaran. 
  • Tanggal perjanjian ketika dibuat. 
  • Tanda tangan dari kedua belah pihak dan diberi materai. 
  • Keterangan lain jika diperlukan. 

Itu tadi adalah beberapa syarat yang harus dicantumkan ketika membuat surat perjanjian gadai mobil. Jika ada keterangan lain yang perlu ditambahkan dapat dicantumkan dalam perjanjian sesuai dengan kesepakatan dari kedua belah pihak. 

Contoh Surat Perjanjian dengan Jaminan BPKB Mobil 

Pembuatan surat perjanjian pinjaman dengan jaminan BPKB mobil bisa dibuat oleh pihak pertama sebagai pemilik mobil dan pihak kedua sebagai pemberi pinjaman. Dengan adanya surat perjanjian maka transaksi pinjaman yang terjadi antara pihak pertama dan kedua diharapkan bisa berjalan dengan baik. 

Untuk mengetahui beberapa bentuk mengenai surat perjanjian tersebut, berikut ini ada beberapa contoh surat perjanjian gadai mobil yang harus diketahui sebelum melakukan pinjaman: 

Baca Juga  Contoh Surat Keterangan BPKB Masih di Leasing (Lengkap)!

1. Contoh Surat Perjanjian Jaminan Mobil yang Paling Umum 

2. Contoh Surat Perjanjian Jaminan Mobil dengan Denda

 

3. Contoh Surat Perjanjian Jaminan Mobil yang Masih Kredit 

Beberapa Hal yang Harus Dipertimbangkan ketika Gadai Mobil 

Menggadaikan mobil memang beberapa cara yang bisa dilakukan ketika membutuhkan dana yang cepat dengan plafon pinjaman yang cukup tinggi. Namun sebelum melakukan gadai mobil, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal. 

Lalu apa sajakah yang harus dipertimbangkan ketika ingin melakukan gadai mobil? Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum membuat surat perjanjian gadai mobil

1. Perhatikan Cicilan Kredit 

Sistem gadai sebenarnya adalah sama dengan pinjaman dengan jaminan. Jika ingin menggadaikan mobil itu artinya ingin melakukan pinjaman dengan jaminan kendaraan mobil. Jika ingin melakukan transaksi gadai lebih baik pertimbangkan terlebih dahulu cicilan kredit mobil yang masih berjalan. 

Apabila tenor cicilan masih lama maka pikir dua kali terlebih dahulu sebelum mengajukan gadai. Hal ini untuk menghindari macet pembayaran yang bisa saja terjadi karena harus membayar banyak angsuran. 

2. Pajak Kendaraan Aktif 

Agar bisa menggadai mobil tanpa ada masalah apapun pastikan bahwa pajak kendaraan mobil masih aktif sehingga pihak yang memberi gadai bisa memberikan plafon pinjaman yang sesuai dengan harga mobil. 

3. Dokumen Kendaraan Atas Nama Sendiri 

Jika memiliki dokumen kendaraan dengan nama sendiri maka proses penggadaian mobil akan jadi lebih mudah. Karena tidak membutuhkan banyak dokumen lain selain identitas diri serta identitas mobil yang sama. 

4. Memilih Tempat Gadai yang Aman dan Cepat 

Hal lain yang harus dipertimbangkan ketika ingin melakukan gadai mobil adalah dengan memilih tempat gadai yang aman dan cepat. Salah satu tempat gadai yang menyediakan pinjaman dengan jaminan kendaraan adalah Gadai Kendaraan. 

Baca Juga  5 Simulasi dan Cicilan Harga Kredit Honda Brio 2022 (Terlengkap!)

Sebagai salah satu tempat yang menerima gadai kendaraan, kami memiliki banyak keunggulan yang tidak bisa dimiliki oleh tempat gadai lainnya. Keunggulan tersebut antara lain adalah dapat diproses hanya satu hari, memiliki jaringan yang luas, simulasi gratis dan telah diawasi oleh OJK. 

Yang menarik lagi adalah nasabah bisa mengajukan pinjaman dengan melalui website resminya, yaitu www.gadaikendaraan.com. Setelah mengajukan pinjaman dengan memberikan identitas yang diperlukan maka pihak Gadai Kendaraan akan melakukan survey langsung sekaligus mengambil dokumen yang diperlukan. 

5. Memiliki Riwayat Cicilan yang Bagus 

Gadai mobil adalah cara pinjaman dana dengan jaminan kendaraan mobil. Cara ini sudah ada sejak jaman dahulu dan masih menjadi solusi ketika membutuhkan pinjaman dana dengan cepat dan aman. Namun sebelum melakukan gadai ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. 

Pasalnya, gadai mobil sama saja dengan melakukan pinjaman. Apabila tidak dapat melakukan pembayaran angsuran maka bisa jadi terkena denda atau mobil yang digadaikan digunakan sebagai pembayaran. 

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengatur keuangan dengan baik. Jika masih memiliki riwayat cicilan yang kurang bagus akan lebih baik untuk menunda gadai mobil terlebih dahulu agar tidak membebani keuangan. 

6. Pastikan Membaca Surat Perjanjian dengan Teliti 

Surat perjanjian bisa dibuat oleh si pemberi gadai atau yang melakukan gadai mobil. Jika saat melakukan transaksi gadai mobil dan surat perjanjian dibuat oleh si pemberi gadai maka akan lebih baik untuk mengecek lebih teliti surat perjanjian. 

Pastikan bahwa tidak ada pasal yang merugikan salah satu pihak sehingga perjanjian bisa sesuai dengan kesepakatan yang berlangsung. 

Untuk mengetahui beberapa contoh mengenai surat perjanjian gadai mobil bisa cek kembali gambar-gambar di atas. Akan lebih baik jika memiliki saksi antara kedua belah pihak sebagai antisipasi jika ada hal tidak diinginkan kemudian hari.

Related Posts