Home Produk Keuangan 9 Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan Untuk Usaha
syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan untuk usaha

9 Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan Untuk Usaha

by Titis NP

Membuka usaha secara online menjadi cara yang tepat dalam menambah penghasilan. Tapi kebanyakan orang akan terhambat dengan modal yang tidak sedikit. Untuk itu ketahui apa saja syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan untuk usaha.

Pinjaman tersebut bisa dimanfaatkan sebagai modal usaha online atau usaha apapun. Apalagi pengajuan pinjaman ini bisa dilakukan tanpa ada jaminan apapun sehingga bisa dilakukan dengan lebih mudah prosesnya.

Layanan Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan

Salah upaya dalam memajukan ekosistem UMKM yang ada di Indonesia adalah dengan menyediakan bantuan usaha dari bank BRI, yang berupa Kredit Usaha Rakyat atau yang lebih dikenal dengan KUR. 

KUR juga menjadi salah satu program pemerintah dalam memfasilitasi pelaku usaha UMKM dengan pembiayaan usaha atau kredit yang bersubsidi dari pemerintah. Bantuan pinjaman dana di bank BRI ini bisa dilakukan tanpa jaminan apapun.

Cara memperoleh pinjaman KUR dari BRI ini juga sangat mudah. Hanya diperlukan usaha yang dimiliki saat ini, sebagai jaminannya atau sebagai agunan. Pemohon kredit bisa datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat dengan domisili atau mengajukannya secara online.

Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan untuk Usaha

Dari informasi yang berada di laman KUR BRI, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipahami oleh pemohon kredit. Berikut ini syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan untuk usaha dan apa saja yang harus dilengkapi:

  • Harus individu atau perorangan, yang akhirnya peminjam harus sebagai perorangan saja tidak boleh berupa perusahaan.
  • Mempunyai usaha yang sudah produktif dan juga layak.
  • Umur bisnis yang sedang dikelola sudah berjalan minimal 6 bulan.
  • Sudah menjalankan bisnis di salah satu platform e-commerce atau penyedia ride hiding.
  • Peminjam juga sedang tidak dalam kondisi menerima kredit dari suatu bank, kecuali untuk kredit konsumtif seperti KKB, KPR, atau kartu kredit saja.
  • Mempunyai kartu identitas KK atau KTP.
  • Mempunyai Surat Izin Usaha Mikro Kecil atau IUMK dan jenis surat izin yang lainnya. Surat izin usaha ini merupakan surat keterangan bahwa bisnis yang ada saat ini memang sedang dijalankan. Bisa juga surat keterangan dari pihak e-commerce atau ride hiding.
  • Pinjaman maksimal yang boleh diajukan adalah Rp.50 juta dan KUR Mikro BRI yaitu antara Rp.50 juta – Rp.500 juta khusus untuk KUR BRI yang kecil.
  • Laporan keuangan yang menjadi salah satu syarat pengajuan pinjaman yang nominalnya lebih dari Rp.200 juta. Tapi pastikan terlebih dulu ke Kantor BRI untuk pinjaman yang nantinya akan diajukan.
Baca Juga  Tabel Angsuran Pegadaian & Syarat Pinjamannya (Lengkap!)

Cara Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan ke Bank BRI

Jika semua syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan usaha sudah dipenuhi langkah berikutnya adalah ajukan pinjaman secara langsung, melalui laman KUR BRI dengan langkah berikut:

  • Masuk ke laman https://kur.bri.co.id di browser terlebih dulu.
  • Pilih menu Ajukan Pinjaman KUR di layar utama.
  • Login dengan alamat email dan juga sandi yang sudah didaftarkan ke akun BRI.
  • Apabila belum ada akunnya klik Daftar dan lakukan pendaftaran yang sesuai dengan instruksi di layar.
  • Jika pendaftarannya sudah tunggu sebentar untuk memproses verifikasi sampai selesai.
  • Apabila sudah terverifikasi login ulang dengan email yang didaftarkan setelah itu pilih lagi Ajukan Pinjaman KUR.
  • Klik lagi Saya Adalah Nasabah BRI dan pilih Setuju dan Ajukan Pinjaman.
  • Kemudian klik kotak I’m Not Robot untuk verifikasi.
  • Isi informasi mengenai data diri secara lengkap mulai dari nama lengkap, alamat, NIK, dan nama ibu kandung.
  • Isi juga data mengenai usaha yang sedang dijalankan misalnya jenis usahanya apa, berapa jumlah penghasilannya, tuliskan nomor rekening BRI, biaya usahanya, dan masih banyak lagi.
  • Unggah dokumen persyaratan yang diperlukan seperti KTP, pas foto, surat keterangan usaha, dan foto usahanya.
  • Klik lagi Selanjutnya untuk menuju ke laman pengajuan pinjaman.
  • Isi data pengajuan di sana misalnya nomonal pengajuan pinjaman dan juga tenornya lengkap.
  • Setelah itu Ajukan Pinjaman lagi.
  • Kemudian layar pun akan beralih pada laman pengajuan informasi tentang pengajuan pinjaman apakah nantinya akan disetujui atau tidak.
Baca Juga  Mengenal Jenis-Jenis Bank di Indonesia dan Berbagai Fungsinya!

KUR BRI (Kredit Usaha Rakyat)

Mari bahas lagi lebih lengkap mengenai pinjaman BRI ini, lengkap dengan keunggulannya. Pinjaman KUR ini merupakan jenis pinjaman dari Bank BRI yang khusus ditujukan pada para pelaku usaha mikro, menengah, dan kecil.

Pinjaman ini hanya diproses bagi para nasabah yang telah memiliki usaha setidaknya sudah berjalan 6 bulan. Ada tiga jenis pinjaman KUR di BRI yang bisa dipilih oleh para pelaku usaha, diantaranya yaitu:

1. KUR Ritel

Merupakan kredit modal kerja untuk para debitur yang telah memiliki usaha yang sudah produktif, dengan besar pinjaman antara Rp.25 juta – Rp.500 juta.

2. KUR Mikro

Merupakan kredit modal kerja atau jenis investasi yang diberikan pada debitur dengan jumlah Rp.25 juta.

3. KUR TKI

Merupakan jenis pinjaman untuk para calon TKI sampai ke negara yang ditempatkannya dengan nilai mencapai Rp.25 juta.

KUR ini juga menjadi salah satu program pemerintah dalam memberi pembiayaan pada masyarakat, bagi yang ingin menjalankan usahanya baik untuk skala ritel ataupun mikro. 

Dana KUR ini dapat disalurkan untuk pelaku usaha kecil, mikro, atau menengah, calon TKI, calon pekerja yang akan magang di luar negeri, dan anggota keluarga baik karyawan/karyawati yang sudah memiliki penghasilan tetap dan sebagai TKI.

Tak hanya untuk pengusaha saja, KUR juga bisa ditujukan untuk TKI yang dulunya pernah bekerja di luar negeri, kelompok usaha bersama, pelaku UMKM yang ada di wilayah perbatasan dengan wilayah negara lainnya, GAPOKTAN, dan kelompok usaha yang lainnya.

Baca Juga  Yuk Baca Review Akulaku Ini Sebelum Membeli dan Menggunakannya

Jangka Pinjaman KUR

Pembiayaan KUR ini mempunyai tenor pinjaman yang tidak sama, tergantung dari tujuan usahanya dari jenis pinjaman tersebut. Jangka waktu pinjamannya paling lama yaitu 3 tahun baik untuk pembiayaan modal kerja ataupun untuk kredit biasa.

Tenor pinjaman paling lama yaitu 5 tahun untuk pembiayaan modal kerja tersebut atau untuk kredit. Jika dibutuhkan jangka waktu tersebut masih bisa diperpanjang dalam waktu maksimal 4 tahun untuk pembiayaan modal kerja.

Sedangkan untuk pembiayaan investasi yang terhitung dari sejak tanggal perjanjian kredit atau pembiayaan di awal, jangka waktu maksimalnya hingga 7 tahun lamanya. Kemudian total akumulasi plafondnya akan bertambah maksimal sebanyak Rp.75 juta.

Jangka waktu pinjaman untuk KUR ritel dan mikro skema perpanjangannya pun kurang lebih sama saja. Sedangkan untuk jangka waktu pinjaman KUR TKI maksimal tidak lebih dari 3 tahun, dengan masa kontrak kerjanya.

Suku bunga kredit yang berlaku pada pinjaman ini hanya 7% per tahunnya karena ada tambahan subsidi dari pemerintah. Untuk plafon pinjamannya yaitu antara Rp.25 juta – Rp.500 juta, bergantung pada jenis pinjaman usahanya.

Syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan untuk usaha juga cukup mudah. Tapi gadaikendaraan.com juga memberikan banyak kemudahan lainnya dalam hal pinjaman. Tidak akan menyulitkan pemohon dan memudahkan seluruh proses pinjamannya.

Related Posts