Home Bisnis Daftar Tabel Angsuran Gadai BPKB Mobil Terbaru 2022
tabel angsuran gadai bpkb mobil terbaru

Daftar Tabel Angsuran Gadai BPKB Mobil Terbaru 2022

by Titis NP

Sedang membutuhkan dana darurat dan ingin menjadikan BPKB mobil sebagai jaminan untuk mendapat pinjaman di pegadaian? Maka sebelumnya, cek dulu tabel angsuran gadai BPKB mobil berikut untuk memastikan bahwa pemasukan yang ada setiap bulan cukup untuk bayar angsuran dan kebutuhan lain.

Pegadaian sendiri saat ini memang telah menjadi salah satu tempat yang paling banyak dipilih oleh orang-orang yang ingin mendapat pinjaman cepat tapi tidak ribet. Ada banyak jenis barang yang bisa dijadikan jaminan di pegadaian, dan salah satu yang nilainya cukup tinggi/berharga adalah BPKB mobil.

Simulasi Gadai BPKB Mobil di Tanah Air

Ada dua cara untuk menggunakan pegadaian sebagai tempat mendapat uang pinjaman. Pertama dengan meninggalkan sesuatu yang berharga sebagai jaminan untuk pinjaman misalnya perhiasan, elektronik, sepeda, atau furniture, atau menjual barang tersebut. 

Berikut adalah tata cara gadai BPKB mobil:

  • Setelah menemukan tempat pegadaian yang tepat, datanglah ke tempat tersebut dengan membawa mobil beserta BPKB mobil asli (bukan fotokopi), dokumen identitas diri, dan dokumen lain yang dibutuhkan misalnya KK dan/atau STNK.
  • Jika sudah bertemu dengan petugas pegadaian, sampaikan maksud dan tujuan lalu serahkan barang yang hendak dijadikan jaminan kepada petugas pegadaian untuk memperkirakan harganya. 
  • Jika jaminan gadai adalah BPKB mobil, petugas akan menentukan berapa jumlah dana maksimal yang bisa cair tergantung pada jenis, tipe, keluaran berapa mobil tersebut, dan seperti apa kondisi fisik serta mesinnya. Jadi mobilnya akan dicek keseluruhan, bukan sekedar menyerahkan BPKP.
  • Jika petugas sudah memberikan taksiran harga, dan pihak peminjam setuju dengan harga tersebut, maka petugas akan memberikan formulir peminjaman dana yang harus diisi dengan lengkap sesuai identitas diri yang sah dan masih berlaku.
  • Petugas juga akan memberikan surat perjanjian kredit untuk ditandatangani. Baca isinya dengan cermat dan ajukan pertanyaan jika ada ada yang belum dipahami. Hal ini untuk mencegah miss informasi yang mungkin bisa menyebabkan kesalahpahaman atau kerugian di waktu mendatang.
  • Surat perjanjian ini biasanya berisi hal-hal seperti berapa lama pinjaman akan berlangsung, berapa suku bunganya, berapa jumlah angsuran yang perlu dibayar setiap bulan beserta bunganya, dan nominal denda jika misalnya pihak peminjam telat membayar angsuran atau ada tunggakan.
  • Jika proses pengisian formulir dan penandatanganan sudah selesai, pihak pegadaian biasanya akan memberikan tanda terima gadai yang harus disimpan pihak peminjam hingga perjanjian kedua pihak selesai. Jika tidak ada tanda terima, pihak peminjam berhak bahkan wajib meminta.
  • Selanjutnya pihak peminjam harus membayar angsuran setiap bulan dengan jumlah sesuai perjanjian hingga angsuran tersebut habis. Namun, pihak peminjam juga dapat menebus gadai kapan saja dengan membayar seluruh sisa hutang dan mendapatkan kembali barang jaminan. 
Baca Juga  8 Cara Membuka Usaha Cafe Modal 5 Juta yang Menguntungkan

banner utama gadai kendaraan

Jika pihak peminjam mengalami macet kredit, maka pihak pegadaian dapat menjual barang jaminan untuk mendapat uang tunai. Jika jaminannya berupa BPKB mobil, biasanya pihak pegadaian akan mengambil mobil tersebut, namun hal ini tergantung juga pada kebijakan masing-masing tempat gadai. 

Namun, biasanya ada masa tenggang sekitar 14 hari sebelum hal di atas benar-benar terjadi. Selama masa tenggang, peminjam memiliki kesempatan terakhir untuk melunasi hutang dan mendapatkan kembali barang jaminan. Jika benar-benar tidak mampu membayar, maka bisa menyerahkan barang jaminan.

Baca Juga : Cara Gadai BPKB Mobil dan Syaratnya

Tabel dan Simulasi Kredit Angsuran Gadai BPKB Mobil

Sebelum benar-benar datang ke tempat pegadaian untuk mendapat pinjaman cepat dengan jaminan BPKB mobil tadi, sangat penting bagi pihak peminjam untuk mengetahui berapa kira-kira angsuran yang harus dibayar setiap bulan dan selama berapa lama. 

Biasanya untuk gadai BPKB mobil, sebagian besar pihak pegadaian memiliki durasi pinjaman paling cepat 11 bulan, dan maksimal 47 bulan. Namun, pihak peminjam juga bisa memilih periode yang lebih pendek jika misalnya sudah tahu bahwa dalam waktu dekat akan memiliki cukup uang untuk melunasi pinjaman. 

Pihak peminjam juga dapat memilih durasi lebih panjang jika memang pihak pegadaian menyetujuinya. Jadi, untuk masalah durasi pinjaman sangat tergantung pada kedua pihak dan kondisi finansial dari si peminjam. Adapun contoh tabel angsuran gadai BPKB mobil adalah sebagai berikut:

Baca Juga  10 Aplikasi Kredit Online Aman Terbaik dan Terpercaya

Pegadaian Mana yang Menerima Jaminan BPKB Mobil?

Karena BPKB mobil memiliki nilai yang tinggi, biasanya tidak semua pegadaian bisa menerimanya sebagai jaminan, apalagi jika mobil tersebut berusia muda dan dalam kondisi yang masih sangat prima. Jika belum menemukan pegadaian yang tepat, gadaikendaraan.com bisa dijadikan pilihan.

Pegadaian yang satu ini khusus menerima jaminan BPKB kendaraan (mobil dan motor), jadi mobil dan motor merk/tipe/tahun berapapun akan diterima. Jangan khawatir dengan kelegalannya, karena tempat gadai yang satu ini sudah terdaftar resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Gadaikendaraan.com juga telah menjalin kerjasama yang baik dengan sejumlah jasa leasing atau pinjaman dana, seperti BAF, BFI, MNC, MTF, ADIRA, ACC, dan TAF. 

Jika tertarik untuk meminjam, tempat gadai ini berada di Jakarta Pusat tepatnya di Perum Majapahit Permai, Blok B No. 124, Kecamatan Gambir.

Jadikan gadaikendaraan.com sebagai tempat tujuan untuk meminjam dana darurat dengan proses cepat, anti ribet, dan dijamin aman. Informasi selengkapnya bisa dilihat di situs https://www.gadaikendaraan.com/, atau jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa hubungi CS lewat email di support@gadaikendaraan.com.

Related Posts