Home Leasing Tabel Angsuran Gadai BPKB Motor di Bank BRI Terlengkap!
tabel angsuran gadai bpkb motor di bank bri

Tabel Angsuran Gadai BPKB Motor di Bank BRI Terlengkap!

by Titis NP

Tabel angsuran gadai BPKB motor di Bank BRI menjadi salah satu informasi yang harus diketahui sebelum mengajukan pinjaman. Pinjaman Bank BRI sekarang ini memang dapat dijadikan sebagai pilihan ketika membutuhkan sejumlah modal usaha.

Meskipun pinjaman ini menggunakan jaminan, tetapi nasabah tetap harus melakukan pengembalian uang sesuai batas waktu yang diberi. BPKB sendiri adalah buku yang diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri yang menjadi bukti kepemilikan kendaraan bermotor.

Gadai BPKB Motor, Solusi untuk Mendapatkan Pinjaman

Pada dasarnya, hampir semua bank mempunyai produk kredit usaha, termasuk di dalamnya adalah Bank BRI. Ketika ingin melakukan pengajuan kredit menggunakan jaminan BPKB motor, nasabah Bank BRI harus menyiapkan syarat gadai BPKB motor Bank BRI terlebih dahulu.

Surat yang harus disiapkan mulai dari KTP baik KTP pemohon maupun KTP pasangan, kemudian Kartu Keluarga, Surat Keterangan Usaha atau SKU, kemudian NPWP serta buku tabungan Bank BRI. Syarat di atas bisa menjadi semakin kompleks.

Syarat yang diberikan juga bergantung dari nominal pinjaman. Tiga syarat di atas berlaku untuk plafon paling rendah. Sedangkan untuk pinjaman menengah, terdapat syarat tambahan yang dimiliki seperti SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan, kemudian TDP atau Tanda Daftar Perusahaan.

Seluruh syarat tersebut harus dilengkapi dengan baik, karena bila syarat tersebut kurang, pengajuan akan tertunda. Umumnya, analis bank akan mendahulukan berkas yang lengkap.

Baca Juga  Anda Butuh Dana Segar? Berikut Leasing BPKB Mobil Terbaik!

Ilustrasi Pinjaman Gadai BPKB Bank BRI

Selain memahami tabel angsuran gadai BPKB Motor di Bank BRI, hal lain yang harus diketahui adalah ilustrasi pinjaman. Contohnya, nasabah membutuhkan tambahan modal sebesar Rp5 juta.

Dengan jumlah tersebut, nasabah dapat mengajukan pinjaman dengan menggadaikan BPKB motor, karena jumlahnya yang kecil. Kemudian, bank BRI akan melihat kondisi motor agar bisa menentukan nilai taksir motor.

Jika nilai taksirannya di atas pengajuan, contohnya nilai taksir motor sebesar Rp10 juta, nantinya Bank BRI akan memberikan pinjaman sesuai dengan pengajuan, yakni Rp5 juta.

Kemudian, bila Bank BRI telah menyetujui serta dana yang diajukan sudah cair, nasabah harus membayar kredit pinjaman setiap bulan sesuai dengan perhitungan bunga. Contohnya, pinjaman Rp5 juta, dengan jangka waktu 1 tahun.

Setiap bulan nasabah harus membayar kredit Rp500 ribuan. Pembayaran ini bisa dilakukan secara langsung di kantor BRI maupun melakukan pembayaran secara online.

Cara Melakukan Pengajuan Pinjaman Bank BRI dengan Jaminan BPKB

Ketika meminjam di Bank BRI, BPKB motor dapat diajukan sebagai jaminan. Pinjaman dengan menggunakan BPKB serta tanpa jaminan sudah tentu memiliki aturan berbeda. Berikut langkah mengajukannya:

1. Kunjungi Kantor Cabang BRI Setempat

Untuk melakukan pengajuan pinjaman di Bank BRI, kunjungi kantor cabang BRI setempat yang tidak jauh dari tempat tinggal. Pastikan terlebih dahulu datang sesuai dengan waktu operasional sehingga dapat langsung mengurus pinjaman.

 

2. Mengambil Nomor Antrian

Bila sudah sampai di Bank BRI, ambil nomor antrian customer service serta tunggu sampai nomor antrian dipanggil.

 

3. Mengajukan Pinjaman

Bila nomor antrian sudah dipanggil, sampaikan permohonan pinjaman. Biasanya Bank BRI memberikan penawaran pinjaman Kupedes dengan menggunakan jaminan BPKB motor. 

Umumnya, produk Kupedes ini ditujukan untuk pengusaha mikro. Bunga pinjaman yang dimiliki mulai dari 4,61% hingga 6,65% per tahunnya, dengan plafon hingga 80% dari harga kendaraan.

Baca Juga  Tabel Angsuran ACC Finance & Pinjaman Terlengkap (2022)

 

4. Pemeriksaan Dokumen

Kemudian, petugas akan melakukan pemeriksaan dokumen serta kondisi motor. Nantinya, dalam waktu kurang dari 14 hari kerja, Bank BRI akan memberikan kabar apakah pengajuan pinjaman tersebut diterima atau tidak.

 

Tabel Angsuran Gadai BPKB Motor di Bank BRI

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebelum mengajukan pinjaman, tabel angsuran gadai BPKB motor di Bank BRI menjadi hal yang harus diketahui. Berikut selengkapnya:

 

 

Tips Kelola Pinjaman Gadai BPKB Motor

Setelah pengajuan pinjaman disetujui dan dana cair, pebisnis dapat menggunakan dana tersebut untuk berbagai macam kebutuhan usaha. Agar lebih terkonsep, berikut sejumlah langkah untuk mengelola pinjaman dari hasil gadai BPKB motor, antara lain:

  • Gunakan Dana Sesuai Peruntukan

Dana yang diperoleh ketika menggadaikan BPKB motor pasti akan menggoda untuk digunakan. Gunakan dana tersebut secara maksimal untuk kebutuhan yang memang bersifat mendesak.

 

Contohnya saja untuk membiayai usaha atau untuk membayar gaji karyawan. Bila terdapat sisa dana, jangan sampai menggunakan uang dari sisa pinjaman tersebut untuk membeli hal yang sebetulnya tidak diperlukan.

 

Tujuan awal dari pinjaman dana adalah membiayai hal-hal yang bersifat mendesak, serta bukan untuk memenuhi kebutuhan lain.

 

  • Jangan Menghamburkan Dana Pinjaman

Bila memperoleh kelebihan dana yang berasal dari gadai BPKB motor ini, hindari menghamburkan dana tersebut untuk hal-hal yang bersifat tidak perlu.

 

Dana tersebut merupakan bagian pinjaman yang cicilannya harus ditanggung setiap bulan. Di sini, peminjam dituntut agar lebih bijak serta penuh dengan pertimbangan saat ingin menggunakan dana tersebut.

 

  • Alihkan Untuk Usaha

Bila terdapat kelebihan dana dalam pengajuan pinjaman, pastikan untuk menginvestasikannya untuk usaha atau dalam bentuk emas dan lainnya. Hal ini akan lebih bermanfaat bila dibandingkan dengan menyimpan uang begitu saja di rumah.

Baca Juga  12 Aplikasi Paylater Terbaik di Indonesia (Tanpa Ribet!)

 

Bukan hanya berisiko untuk digunakan ke hal yang tidak perlu, tetapi ketika uang digunakan untuk berinvestasi atau berbisnis, pebisnis dapat memperoleh hasil dari usaha tersebut.

 

  • Tutup Kredit dengan Cepat

Bila memiliki dana lebih untuk melakukan penutupan kredit dengan lebih cepat, jangan menunda untuk melakukan hal tersebut. Bila perlu, tidak ada salahnya menanyakan proses penutupan pinjaman di awal pinjaman.

Pilihan Gadai BPKB Motor Selain Bank BRI

Memang, Bank BRI dapat dijadikan sebagai pilihan ketika membutuhkan suntikan dana untuk bisnis. Sayangnya, persyaratan yang diberikan terkadang cukup memberatkan, selain itu proses yang dimiliki juga tidak singkat.

Bila membutuhkan solusi gadai kendaraan dengan proses cepat, gadaikendaraan.com dapat dijadikan sebagai pilihan. Gadaikendaraan.com adalah perusahaan jasa gadai BPKB terpercaya. sejumlah kelebihan dimiliki seperti proses yang cepat.

Nasabah gadai kendaraan tidak perlu menunggu waktu lama untuk memperoleh suntikan dana. Tim nantinya akan segera menghubungi ketika proses approval dilakukan. Selain itu, syarat yang diberikan juga sangat mudah.

Gadaikendaraan.com juga menerima plat daerah, pemohon perusahaan maupun pemohon perorangan sehingga proses sangat cepat dan tidak ribet. Calon peminjam juga dapat melakukan simulasi sebelum melakukan gadai BPKB.

Layanan simulasi ini diberikan secara gratis sehingga calon peminjam dapat mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan. Kelebihan yang terakhir adalah jaringan yang luas. Dimanapun peminjam berada, data akan dijemput surveyor resmi sehingga tanpa perantara dan tanpa fee.

Dari banyaknya pilihan gadai, harus diakui jika BPKB motor menjadi salah satu solusi yang bisa dijadikan sebagai referensi ketika membutuhkan dana. Dengan tabel angsuran gadai BPKB motor di Bank BRI di atas, tentu calon peminjam dapat menentukan angsuran sesuai kemampuannya. 

Related Posts