Home Perencanaan Keuangan Tabel Menabung Harian / Celengan Target Supaya Efektif!
tabel menabung harian tabel celengan target

Tabel Menabung Harian / Celengan Target Supaya Efektif!

by Titis NP

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menabung, salah satunya adalah dengan membuat tabel menabung harian. Cara ini sempat viral di aplikasi Tiktok dan menjadi salah satu trend menabung yang populer. Selain itu, membuat tabel menabung harian juga sangat mudah dan bisa dilakukan siapapun. 

Kebetulan sekali, di artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membuat tabel menabung untuk harian sehingga bisa mencapai target yang diinginkan dengan mudah. Selain itu, ada juga informasi lainnya mengenai tabel celengan target yang. Yuk, simak penjelasan di bawah ini. 

Cara Membuat Tabel Menabung Harian 

Agar semangat menabung tidak pudar, pastikan untuk membuat tabel menabung yang fleksibel sehingga bisa dibawa kemana-mana. Cara ini juga bisa sebagai pengingat untuk lebih berhemat dan tidak lupa dengan target menabung yang sedang dijalankan. Agar lebih mudah membuat tabel menabung, ikuti langkah-langkah berikut ini: 

1. Buat Tabel Sekreatif Mungkin 

Agar menabung tidak membosankan, buatlah tabel yang menarik. Tabel tersebut dapat dibuat dengan menggunakan kertas HVS, buku tulis dan jenis kertas lainnya. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan template dari internet dengan berbagai bentuk yang sesuai dengan keinginan. 

2. Tentu Preferensi Menabung 

Buatlah tabel menabung yang sesuai dengan preferensi atau rencana menabung. Contohnya, jika ingin menabung Rp3.000.000,00 selama 8 bulan maka harus dapat menabung paling tidak Rp375.000,00 atau sekitar Rp12.500,00 per harinya. 

Baca Juga  8 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama Bagi Pemula

Dilihat dari perencanaan tersebut maka tabel menabung harian yang dibuat sekitar 30-31 kolom dan ditulis sebesar Rp12.500,00 dalam setiap kolomnya. Dengan membuat preferensi sebelumnya maka dapat membuat lebih semangat lagi untuk menabung karena adanya target atau tujuan tertentu. 

3. Siapkan Celengan atau Toples Transparan 

Dengan menggunakan celengan atau toples yang tembus pandang ternyata lebih efektif membuat seseorang lebih semangat untuk menabung. Hal ini dikarenakan celengan tersebut dapat memberikan sugesti agar pemiliknya terus untuk menabung agar tabungannya bisa bertambah setiap harinya. 

4. Tempelkan Foto, Tabel atau Tulisan 

Agar bisa lebih membuat semangat dalam menabung, tempelkan juga foto, tabel atau tulisan dari barang yang menjadi tujuan dalam menabung. Dengan begitu, semangat untuk berhemat dan menabung akan lebih tinggi karena adanya motivasi untuk segera mendapatkan barang tersebut. 

5. Gunakan Strategi 

Dalam membuat tabel menabung juga janganlah asal-asalan. Gunakan strategi yang tepat agar nantinya tabungan bisa bertambah sesuai dengan yang diinginkan. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan melakukan tantangan menabung selama 52 minggu atau setara dengan 364 hari. 

Strategi tersebut dapat dilakukan dengan menabung nominal kecil di awal dan bisa menambahkan kelipatan nominalnya untuk pekan berikutnya lalu seterusnya. 

Cara Cepat Membuat Tabel 

Jika membuat tabel dengan menggunakan buku atau kertas cukup sulit dan susah rapi lebih baik gunakan cara instan yang lebih mudah dengan beberapa cara berikut ini: 

1. Menggunakan Microsoft Word 

Cara yang pertama untuk membuat tabel menabung harian adalah dengan menggunakan Microsoft Word. Berikut ini adalah cara untuk membuat tabel menabung di Word: 

  • Buka Microsoft Word kemudian klik Insert pada menu tab. 
  • Lalu setelah itu pilih bagian Table dan pilih Insert Table
  • Kemudian masukkan jumlah baris dan kolom yang diinginkan dengan menyeret kursor pada menu Table Size
  • Lalu ketik tulisan yang diinginkan dalam tabel dengan klik dua kali mouse di dalam tabel. 
Baca Juga  8 Tips dan Pentingnya Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

 

2. Menggunakan Microsoft Excel 

Agar lebih mudah untuk membuat tabel, bisa juga menggunakan Microsoft Excel. Cara menggunakan Excel untuk membuat tabel adalah sebagai berikut: 

  • Buka Microsoft Excel kemudian blok cell yang diinginkan untuk dijadikan tabel. 
  • Kemudian pakai shortcut keyboard, yaitu CTRL + L untuk membuat tabel. 
  • Lalu klik pada opsi Create Table
  • Kemudian atur tabel pada menu My Tabel lalu baru klik OK
  • Tunggu hingga beberapa saat hingga tabel yang diinginkan muncul. 

Tips Menabung Harian 

Selain membuat tabel menabung harian, tentu juga harus memiliki beberapa cara yang bisa membuat diri sendiri konsisten dan tidak berhenti di tengah jalan dalam menabung. Untuk itu, ikuti beberapa tips berikut ini agar menabung harian yang dilakukan bisa berjalan sesuai dengan tujuan: 

1. Menabung Manual 

Menabung setiap hari bisa jadi hal yang berat jika tidak menjadi sebuah kebiasaan. Oleh karena itu, buatlah kegiatan menabung menjadi hal yang yang dilakukan sehari-harinya sehingga tidak akan berat dalam melakukan setiap harinya. 

Caranya bisa dimulai dengan membiasakan diri menabung secara manual, yaitu dengan menyisihkan uang kembalian untuk ditabung. Meskipun nominal kecil tapi jika dilakukan secara rutin dan teratur bisa membuat celengan terisi penuh. 

2. Kumpulan Koin 

Uang koin sering sekali dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal jika ditabung secara berkala bukan tidak mungkin uang koin tersebut bisa terkumpul hingga mencapai satu juta rupiah. Uang koin tersebut bisa ditabung dari uang koin kembalian sedikit demi sedikit. 

Gunakan juga celengan yang transparan agar lebih semangat untuk menabung karena senang melihat tabungan yang semakin lama semakin menambah. 

3. Memanfaatkan Diskon 

Jika ingin menabung tentu harus juga diiringi dengan gaya hidup yang tidak berlebihan. Hal ini tentu agar tujuan menabung bisa tercapai sesuai dengan yang diinginkan. Oleh karena itu, kurangi pengeluaran untuk gaya hidup dengan memanfaatkan berbagai diskon agar biaya yang tersisa bisa untuk digunakan dalam menabung. 

Baca Juga  Perencanaan Keuangan: Definisi, Tujuan, dan Tips Membuatnya

4. Menabung dari Arisan 

Arisan pasti bukanlah hal asing lagi untuk didengar bukan? Program arisan adalah program yang didalamnya terdapat beberapa anggota yang akan menyetor uang secara rutin setiap bulannya. Kemudian uang tersebut akan dikumpulkan dari setiap anggota dan akan diberikan kepada anggota yang beruntung mendapatkan di bulan tersebut. 

Cara menabung dengan arisan juga sangat menyenangkan karena dilakukan bersama-sama. Selain itu, hal tersebut juga bisa mempererat pertemanan dan silaturahmi. 

5. Mengurangi Belanja Online

Salah satu hal yang harus dihindari ketika menabung adalah belanja dengan online. Ternyata belanja online bisa menjadi sangat impulsif dan membuat banyak orang untuk membeli suatu barang yang tidak berguna. 

Oleh karena itu, kurangi kegiatan belanja online jika memang benar-benar tidak diperlukan untuk membelinya. Hal tersebut untuk mengurangi pengeluaran yang mungkin biasanya dilakukan untuk membeli barang yang tidak berguna lewat online. 

6. Memindahkan Uang Tabungan ke Rekening 

Salah satu tips agar tabel menabung harian bisa berjalan dengan rencana adalah dengan memindahkan uang tabungan tersebut ke rekening bank. Hal tersebut tentu saja juga untuk mencegah keinginan untuk menggunakan uang jika sudah terkumpul cukup banyak. 

Selain itu, uang yang sudah ditabung lalu dipindahkan ke rekening akan jauh lebih aman dibandingkan jika disimpan dengan manual di dalam rumah atau celengan. 

Itu tadi adalah informasi yang bisa digunakan dalam membuat tabel menabung harian. Semoga saja informasi di atas bisa membantu agar menabung bisa lebih menarik dan sesuai dengan target atau rencana yang dirancang.

Related Posts