Home Investasi Tabungan Emas Antam vs Pegadaian : Mana yang Lebih Menguntungkan?
tabungan emas antam vs pegadaian

Tabungan Emas Antam vs Pegadaian : Mana yang Lebih Menguntungkan?

by Titis NP

Investasi emas dari dulu sampai sekarang, masih menjadi pilihan banyak orang. Apalagi sekarang ada istilah investasi tabungan emas, seperti rekomendasi instrumen tabungan emas Antam vs Pegadaian yang jadi semakin populer belakangan ini.

Bagi yang ingin mencoba investasi melalui tabungan emas, perlu mengetahui beberapa hal terkait tabungan Antam maupun Pegadaian. Secara umum, keduanya aman untuk dijadikan media investasi. Hanya saja dari segi untung mungkin berbeda.

Apa Itu Tabungan Emas Antam dan Tabungan Emas Pegadaian?

Mari kenali dulu dengan istilah tabungan emas terbaik yaitu tabungan yang memungkinkan nasabah melakukan investasi saldo emas sesuai dengan dana tersedia di kantong.

Misalnya, ada uang Rp100.000 yang belum terpakai maka uang tersebut bisa dijadikan saldo emas dengan jumlah emas sesuai jumlah uang tersebut. Jadi, semakin banyak dana yang ditabung akan semakin banyak pula emas bisa tersimpan. Lalu, pada waktu tertentu tabungan bisa diambil dalam bentuk emas.

Tabungan emas antam, yaitu menabung emas melalui layanan Berencana Aman Kelola Emas (Brankas) yang dimiliki PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Siapapun bisa beli emas, kemudian menyimpannya dalam Brankas. 

Sedangkan tabungan emas Pegadaian adalah, tabungan untuk para nasabah yang mau menitipkan saldo emas mereka. Tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di Pegadaian.

Baca Juga  5 Cara Mining Ethereum Gratis bagi Pemula (Cepat dan Mudah!)

Keunggulan Tabungan Emas Antam VS Pegadaian

Masih bingung mau pilih nabung dimana? Coba cek informasi selanjutnya yaitu tentang keunggulan dari tabungan emas antam vs Pegadaian ini. Dimana masing-masing, punya kelebihan yang patut dijadikan referensi sebelum memilih.

A. Keunggulan Tabungan Emas Antam

Jika memilih tabungan emas antam, maka beberapa keunggulan berikut bisa didapatkan. Yaitu:

1. Nilai Relatif Stabil

Nilai jual dan beli emas antam relatif stabil, apalagi jika tabungan ini dijadikan investasi jangka panjang. Keuntungan yang bisa diperoleh sangat menjanjikan, bahkan bisa beberapa kali lipat dari harga saat memulai menabung.

Salah satu alasannya adalah, karena nilai investasi akan disesuaikan dengan harga emas terbaru saat nasabah menabung.

2. Modal Awal Ringan

Tidak perlu uang jutaan untuk memulai menabung, semua bisa dimulai dengan harga emas antam untuk ditabung terendah yaitu berkisar Rp100.000. Jadi, siapa saja bisa mulai menabung emas baik itu anak sekolah hingga ibu rumah tangga.

3. Mudah Untuk Dicairkan

Ketika butuh dana segar, maka tabungan emas yang sudah terkumpul bisa dicairkan dengan proses yang mudah. Asalkan, semua persyaratan pencairan sudah dipenuhi.

4. Likuiditas Instrumen Investasi Tinggi

Jika ingin dijual dengan sistem buyback, akan memiliki nilai yang cukup tinggi. Bahkan jika dibandingkan dengan instrumen investasi lain, tabungan emas ini memiliki likuiditas yang paling tinggi.

B. Keunggulan Tabungan Emas Pegadaian

Bagaimana dengan keunggulan dari tabungan emas di Pegadaian? Sebenarnya perbandingan keunggulan tabungan emas Antam vs Pegadaian hampir sama saja, apalagi di Pegadaian terdapat emas Antam yang juga menjadi salah satu produk tabungan emas paling populer. Lantas apa saja keunggulannya?

1. Bisa Menabung di Cabang Pegadaian Manapun

Saat ini kantor Pegadaian sudah tersedia di semua provinsi di Indonesia, dengan cabang gerai yang sangat banyak. Memudahkan calon nasabah, untuk mencari kantor terdekat untuk memulai investasi melalui tabungan emas.

Baca Juga  Tabel Angsuran Pinjaman Bank BTN Terlengkap 2022 (Wajib Dicek!)

Misalnya calon nasabah berada di Kota Palembang, tinggal mencari cabang Pegadaian terdekat lalu mendaftar untuk menabung emas. Selanjutnya, bisa dilakukan penambahan saldo secara online lewat aplikasi.

2. Dijamin 24 Karat

Produk tabungan emas Pegadaian dijamin 24 karat, sehingga ketika dijual harganya tidak akan jatuh dan pasti mengikuti harga jual dan beli emas terkini yang dikeluarkan oleh lembaga resmi.

3. Bisa Dicetak Minimal 1 gram

Kalau emas yang disimpan sudah mencapai 1 gram, melalui tabungan yang sudah dilakukan selama beberapa waktu. Maka nasabah bisa mengajukan pencetakan emas minimal 1 gram tersebut, kemudian diambil dan disimpan sendiri.

Jika sudah banyak, tentu bisa dijadikan perhiasan atau lainnya dengan nilai yang sama dengan nilai tabungan.

4. Transparan dan Profesional

Sebagai salah satu lembaga milik pemerintah, tentu memiliki standar kerja yang jelas. Termasuk saat menyediakan layanan tabungan emas. Nasabah akan diberikan informasi lengkap tentang tabungan, berapa biaya, dan laporan berkala terkait tabungan mereka masing-masing.

Profesionalisme juga dijunjung tinggi, terutama soal harga jual dan beli emas yang akan dijual nasabah. Pastinya akan disesuaikan dengan harga emas terbaru saat itu.

5. Top Up Murah

Mau nambah tabungan emas tapi tidak bisa langsung datang ke Pegadaian, nasabah bisa melakukan top up melalui berbagai platform online dengan cara sangat mudah.

6. Bisa Transfer Rekening Emas

Rekening tabungan emas yang sudah mencapai limit tertentu, bisa ditransfer ke rekening tabungan emas lain. Ketika nasabah ingin berbagi emas dengan orang terdekat, yang juga memiliki tabungan emas Pegadaian.

Bagaimana Syarat Menabung Emas di Antam dan Pegadaian?

Beberapa persyaratan harus dipenuhi sebelum mulai menabung emas. Tabungan emas antam vs Pegadaian memiliki beberapa syarat yang berbeda, wajib diketahui supaya bisa dilengkapi jika memang mau berinvestasi emas di salah satu tempat tersebut.

A. Syarat Menabung Emas di Brankas Antam

Untuk menabung Antam, bisa dilakukan di kantor Logam Mulia yang terletak di kawasan Pulogadung. Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah:

  1. Punya kartu identitas, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) masih berlaku
  2. Punya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan membawa kartunya
  3. Mengisi formulir untuk registrasi yang dipersiapkan petugas
  4. Bersedia menandatangani pernyataan yang disediakan lengkap dengan materai asli
  5. Sudah membayar biaya keanggotaan sesuai jenis tabungan dan keanggotaan
  6. Memberikan informasi yang benar pada saat mendaftar
Baca Juga  Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik dan Rekomended

Jika semua syarat sudah dipenuhi, calon nasabah tinggal menunggu proses verifikasi yang dilakukan Brankas. Jika disetujui, maka akan menerima notifikasi via SMS tentang keanggotaan yang sudah disetujui.

Selanjutnya, nasabah sudah bisa mulai menabung sesuai dana yang tersedia. Termasuk memanfaatkan layanan lain yang disediakan oleh Brankas.

B. Syarat Menabung Emas di Pegadaian

Tidak serumit persyaratan di Brankas Antam, jika berniat ingin menabung emas di Pegadaian cukup memenuhi beberapa syarat ini.

  1. Punya kartu identitas, bisa pilih KTP atau Paspor yang masih berlaku
  2. Mengisi data yang dibutuhkan di dalam formulir mendaftar
  3. Membayar biaya transaksi tabungan emas yang akan mulai dilakukan, biasanya untuk satu tahun Rp30.000 saja
  4. Bisa mendaftar secara online dengan proses lebih mudah dan tidak dipungut biaya

Tabungan Emas Antam VS Pegadaian, Mana Lebih Untung?

Jika melihat penjelasan di atas, sepertinya memilih menabung emas di Pegadaian lebih untung ketimbang Antam. Dari segi lokasi yang lebih banyak, bisa juga memilih emas Antam sebagai jenis emas yang ditabung di Pegadaian.

Selain itu, sudah bisa mendaftar online tanpa biaya mahal. Lalu, soal harga buyback juga menjanjikan.

Tapi, buat yang lebih percaya untuk langsung menabung emas Antam di kantor pusat Brankas juga tidak masalah. Jaminan keamanan juga terjaga maksimal, harga jual juga stabil dan disesuaikan dengan harga emas terbaru.

Informasi tentang perbandingan tabungan emas Antam vs Pegadaian, memang perlu diketahui sebelum memutuskan memilih instrumen investasi tersebut. Anda mau pilih menabung emas dimana?

Related Posts