Home Bisnis 20 Tips Belanja Online Hemat dan Tidak Boros
tips belanja online hemat dan tidak boros

20 Tips Belanja Online Hemat dan Tidak Boros

by Titis NP

Saat ini, hampir semua orang lebih suka belanja online karena caranya yang mudah dan praktis. Tetapi banyak orang yang tidak menyadari kalau sebenarnya berbelanja online bisa menyebabkan pemborosan. Untuk mencegahnya, simak beberapa tips belanja online berikut.

Seringkali ada banyak promo menarik yang ditawarkan oleh online shop. Hal tersebut yang membuat orang-orang kalap saat berbelanja online. Ada baiknya menyusun daftar belanja terlebih dulu agar apa yang akan dibeli benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Tips Belanja Online Agar Tidak Boros

1. Membuat Daftar Belanja Online

Salah satu tips berhemat saat belanja online adalah dengan membuat daftar belanja. Catat apa saja barang atau sesuatu yang perlu dibeli. Jika masih bingung tentang cara membuat daftar belanja online bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Buatlah daftar jumlah kebutuhan yang bisa dibeli secara online. Tulis jumlahnya secara detail, jangan hanya menulis banyak atau sedikit.
  • Memisahkan daftar belanjaan berdasarkan jenis toko online. 

2. Menentukan Seberapa Banyak Uang yang Akan Dipakai

Tips belanja online selanjutnya agar bisa berhemat adalah dengan membuat budgeting dengan cermat dan hemat. Anggarkan keuangan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan. Batasi diri untuk tidak menghabiskan semua dana cadangan maupun uang simpanan.

Baca Juga  10 Rekomendasi Usaha Unik di Desa Modal Kecil Menguntungkan Bagi Pemula

3. Pilih Toko Online yang Paling Murah

Sudah bukan hal yang baru jika ada banyak toko online yang menjual barang dengan harga yang lebih murah daripada toko offline. Jangan terburu-buru melakukan transaksi jika menemukan toko online dengan harga murah.

Perhatikan juga review dari para pembeli sebelumnya untuk memastikan bahwa barang tersebut dijual murah bukan karena defect atau kondisi tertentu.

4. Manfaatkan Voucher Belanja Online

Hampir setiap saat e-commerce maupun toko online menawarkan voucher diskon, voucher gratis ongkir, maupun jenis voucher belanja lainnya. Manfaatkan voucher tersebut untuk menghemat pengeluaran.

5. Belanja Online Saat Ada Event Tertentu

Dalam satu tahun kalender ada banyak sekali event besar seperti harbolnas, hari raya, tahun baru, dan hari-hari besar lainnya.

Pada saat event tersebut, banyak e-commerce yang mengadakan promo atau diskon secara besar-besaran. Manfaatkan event tersebut untuk mendapatkan potongan harga yang lebih besar.

6. Membandingkan Harga Antara Toko Online Satu dengan yang Lain

Ada beberapa toko online yang menjual produk sama dengan harga yang berbeda. Ini merupakan salah satu langkah mudah untuk menghemat uang saat berbelanja. Untuk lebih mudahnya bisa menggunakan situs pembanding harga yang ada di internet.

7. Memanfaatkan Cashback dari Berbagai Situs dan Metode Pembayaran

Cashback bisa didapatkan saat berbelanja online dengan menggunakan kartu kredit dan e-wallet tertentu. Nominal cashback tergantung dari ketentuan setiap penawaran. Selain itu, ada juga cashback yang berasal dari situs belanja online.

Banyak sekali marketplace yang menawarkan cashback saat ada event tertentu maupun saat tanggal cantik seperti 1 Januari, 2 Februari, dan seterusnya.

8. Temukan dan Gunakan Kode Promo

Cari kode voucher belanja online melalui browsing internet. Pahami syarat dan ketentuan setiap voucher agar bisa digunakan dengan tepat. 

9. Belanja Online di Waktu yang Tepat

Beberapa toko online dan e-commerce sering memberikan harga khusus di hari dan jam tertentu. Simak dan catat waktu tersebut untuk mendapatkan harga spesial dari barang yang telah diincar.

Baca Juga  Bisnis Setelah Pensiun Dengan Ratusan Miliar

10. Tidak Mudah Tergiur dengan Berbagai Penawaran

Berbagai toko online sering membuat promo menarik setiap saat untuk menarik minat para pembeli. Ada baiknya jangan terburu-buru membeli produk yang ditawarkan meskipun promo yang ditawarkan sangat menggiurkan.

Misalnya promo buy 1 get 1 free, diskon up to 70%, dan berbagai bentuk penawaran menarik lainnya. Cermati baik-baik apakah barang yang ditawarkan tersebut benar-benar dibutuhkan atau masih adakah dana yang tersisa jika membeli barang tersebut.

11. Manfaatkan Jasa Pengiriman (Ekspedisi) Murah

Pada umumnya e-commerce atau toko online menyediakan beragam pilihan jasa pengiriman. Berbagai jasa pengiriman tersebut memiliki tarif yang berbeda-beda. Pilih jasa pengiriman dengan tarif paling murah.

Tapi biasanya jasa pengiriman dengan tarif murah memiliki durasi pengiriman yang sedikit lebih lama. Meskipun demikian jasa pengiriman murah tetap bisa dimanfaatkan jika barang yang dibeli bukan sesuatu yang dibutuhkan dengan segera.

12. Gunakan Metode Pembayaran yang Menguntungkan

Tips belanja online hemat yang terakhir adalah menggunakan metode pembayaran yang bisa memberikan keuntungan berupa poin, diskon, dan cashback.

Biasanya e-commerce menawarkan keuntungan dengan syarat menggunakan metode pembayaran tertentu seperti e-wallet, paylater, atau kartu kredit dari bank tertentu.

13. Gunakan Poin untuk Berbelanja

Saat ini hampir semua situs belanja online memberikan poin reward kepada customer yang telah menyelesaikan transaksi online. Poin yang terkumpul dan sudah mencapai nominal tertentu bisa digunakan untuk mengurangi jumlah total belanja online.

Meskipun demikian, setiap situs belanja online memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing. Ada beberapa situs belanja online yang memperbolehkan customer menggunakan poin sebagai metode pembayaran, tetapi ada juga yang tidak.

Ada juga situs belanja online yang mengharuskan customer melakukan redeem poin terlebih dulu supaya poin tersebut bisa digunakan.

14. Hitung Diskon yang Ditawarkan

Situs belanja online sering menawarkan diskon kepada para penggunanya. Beberapa diantaranya memberikan potongan diskon ganda seperti 50% + 20%. Bagi yang belum paham biasanya akan menyimpulkan jika diskon yang akan diperoleh nantinya adalah 70%.

Baca Juga  8 Aplikasi UMKM Untuk Mengembangkan Bisnis (Gratis!)

Skema diskon tersebut perlu dipahami terlebih dulu. Hitung dulu berapa harga barang setelah dikurangi diskon 50%. Setelah mendapatkan nominalnya, kurangi angka tersebut dengan diskon 20%.

15. Membeli Gift Card yang Dijual Online

Gift card yang dijual secara online jenisnya sangat beragam mulai dari voucher game, produk fashion, produk kecantikan, makanan, dan lain sebagainya. Beli gift card sesuai dengan kebutuhan.

16. Membatasi Waktu Berbelanja

Semakin lama waktu yang digunakan untuk melihat-lihat barang di situs belanja online, maka akan sulit untuk membatasi diri melakukan belanja online. Fokus mencari barang yang benar-benar diperlukan lalu tutup situs tersebut setelah tidak ada keperluan.

17. Jangan Keseringan Membuka Situs Belanja Online

Usahakan untuk tidak membiasakan diri mengisi waktu luang dengan membuka situs belanja online. Buka situs belanja online saat hendak menggunakannya saja agar terhindar dari godaan untuk membeli barang-barang yang kurang penting.

18. Lakukan Pengecekan Ulang Sebelum Melakukan Chekout

Cek ulang barang belanjaan satu per satu. Pertimbangkan dengan matang apakah barang-barang yang sudah ada di keranjang belanja tersebut benar-benar dibutuhkan. Prioritaskan barang-barang yang menjadi kebutuhan utama.

Jika ada barang yang tidak segera dibutuhkan, tunda pembeliannya. Lakukan pembelian di lain waktu.

19. Belanja di Toko yang Sudah Terautorisasi

Salah satu tips belanja online yang tepat adalah memilih toko dari platform marketplace resmi seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari penipuan agar tidak mengalami kerugian.

20. Hindari Menggunakan Metode Pembayaran Paylater

Menggunakan metode pembayaran paylater merupakan cara cepat untuk menyelesaikan transaksi bagi sebagian orang yang memiliki dana terbatas. Meskipun cara tersebut cepat, ada hal yang harus dipikirkan bahwa paylater merupakan suatu hutang yang harus dibayar.

Gunakan saat keadaan darurat saja dan jangan menghabiskannya sampai batas limit.

Untuk menerapkan tips belanja online yang sudah dijelaskan tersebut memang tidak mudah, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba supaya kondisi keuangan tetap stabil. Dengan sering berhemat, maka bisa menambah uang cadangan yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

Related Posts