Home Perencanaan Keuangan Tips Menabung 100 Juta Pertama Untuk Pemula
tips menabung

Tips Menabung 100 Juta Pertama Untuk Pemula

by Titis NP

Ada banyak tips menabung yang dapat dikerjakan dan salah satunya ialah berhemat serta melakukan investasi. Selain itu, agar aset semakin bertambah dibutuhkan juga kedisiplinan dalam menetapkan target serta memonitor progres tabungan.

Jika mengetahui tips menabung yang baik, kita dapat memperoleh target finansial secara mudah. Siapapun perlu mempelajari hal ini baik mahasiswa, karyawan, pengusaha, pelajar atau yang lainnya. Nah, di bawah ini adalah beberapa tips agar kegiatan menabung sukses dan sesuai dengan target:

1. Menentukan Tujuan dari Menabung

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika ingin menabung ialah menentukan tujuan yang benar-benar jelas. Dengan cara seperti ini, seseorang akan termotivasi untuk terus membiasakan diri supaya bisa menabung.

banner gadau bpkb gadai kendaraan

  • Tentukanlah Prioritas Menabung

Segala sesuatu yang diinginkan tentu tidak memiliki prioritas yang sama. Pilihlah sesuatu yang benar-benar dibutuhkan lebih dahulu dan pastikan untuk jujur terhadap diri sendiri.

Apabila ponsel yang digunakan saat ini masih dapat dipakai, tentu saja lebih baik jika uang tabungan tersebut dibelikan laptop untuk menunjang pekerjaan dan produktivitas, ataupun hal-hal lainnya.

  • Tentukan Tujuan Menabung Sesuai dengan Jangka Waktu

Catatan segala sesuatu yang diinginkan untuk dicapai dengan menabung. Pada umumnya, orang-orang akan menuliskan Keinginan mereka seperti berangkat haji, menikah, membeli kendaraan baru, gadget baru, dan lain sebagainya.

Jika telah menuliskan seluruh keinginan tersebut, jabarkanlah serta tulis berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapainya.

Baca Juga : 7+ Cara Mengelola Gaji 3 Juta Supaya Kondisi Finansial Aman

Baca Juga  10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Baik dan Mudah

2. Menentukan Target Jumlah Serta Waktu Menabung

Mengetahui target dan juga jangka waktu yang dibutuhkan untuk menabung merupakan cara menabung yang efektif, agar tujuan finansial bisa tercapai. Cobalah untuk melakukan sedikit riset berapa harga untuk sesuatu yang diminati, atau bisa juga menuliskan anggaran kasarnya.

Setelah mengetahui hal tersebut yang perlu dilakukan ialah menentukan waktu menabung. Jangka waktu ini tentu perlu disesuaikan dengan pendapatan yang diperoleh setiap bulannya.

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Bank di Indonesia dan Berbagai Fungsinya!

3. Membuat Target Anggaran serta Komitmen dengan Target

  • Menyisihkan, Bukan Malah Sisakan

Ada sedikit perbedaan antara menyisihkan dan menyisakan. Menyisihkan ialah seseorang bersengaja menabung dengan target anggaran yang telah ditentukan, sedangkan sisakan adalah seseorang menabung dari hasil sisa pendapatan yang telah dibelanjakan.

Agar target tersebut dapat tercapai dengan baik, pastikan untuk menentukan dan menyisihkan uang dari pendapatan setiap bulannya. Sebaiknya untuk menyisihkan anggaran tabungan tersebut sejak awal, guna menghindari resiko dari berbagai godaan untuk berbelanja atau menggunakan uang tersebut.

Baca Juga : Tabungan Menipis? Ini Cara Menghemat Uang dengan Bijak Agar Tidak Boros

  • Persentase Minimal Menabung Harus Terpenuhi

Berapa persentase anggaran yang sebaiknya ditabung dari pendapatan setiap bulannya? Nah, di dalam perencanaan keuangan, 10% merupakan persentase yang ideal untuk ditabungkan.

Apabila seseorang tidak dapat menabung 10% kemungkinan besar keuangan yang dimiliki sedang tidak sehat, artinya seseorang tersebut harus berhemat memotong pengeluaran yang tidak penting.

Sedangkan untuk maksimal persentase dalam menabung tidak ada batasan. Semakin besar uang yang digunakan untuk porsi tabungan, maka tujuan finansial dapat tercapai semakin cepat pula. Akan tetapi pastikan bahwa seluruh kebutuhan urgent sudah benar-benar terpenuhi.

  • Memisahkan Uang Tabungan dan Kebutuhan Sehari-hari

Membedakan tempat penyimpanan antara uang tabungan serta uang untuk kebutuhan sehari-hari merupakan salah satu tips menabung yang efektif. Pasalnya, jika tidak dipisahkan uang tersebut akan tercampur dan tidak jelas.

Akibatnya, progres menabung pun akan terkendala jika sewaktu-waktu uang anggaran tabungan digunakan untuk keperluan lain.

  • Disiplinlah dalam Memenuhi Target Anggaran Tabungan

Kedisiplinan tentu sangat penting untuk mencapai tujuan finansial sesuai dengan yang direncanakan. Pastikan untuk selalu memenuhi target anggaran tabungan di setiap bulannya. Pegang teguh komitmen dan terus disiplin agar diri sendiri dapat terbiasa untuk menabung.

Baca Juga  Perencanaan Keuangan: Definisi, Tujuan, dan Tips Membuatnya

Baca Juga : 10 Rekomendasi Bank Tabungan Pendidikan Anak Terbaik

4. Mencatat Segala Pemasukan dan Pengeluaran

Pada dasarnya untuk bisa menabung adalah dari pemasukan yang didapatkan setelah dipotong oleh pengeluaran. Jika mempunyai catatan pengeluaran yang jelas, maka seseorang dapat mengetahui besaran anggaran yang dialokasikan untuk menabung.

  • Mencatat Pendapatan Bulanan

Pendapatan atau pemasukan setiap bulan pun perlu dicatat, misalnya keuntungan bisnis, gaji kantoran, komisi penjualan, pendapatan dari usaha sampingan dan lain sebagainya. Apabila pendapatan yang diperoleh tidak stabil, maka bisa dengan menentukan nilai rata-rata sebagai estimasi setiap bulannya.

  • Mencatat Setiap Pengeluaran Per Bulan

Tips menabung yang baik selanjutnya adalah mencatat secara detail setiap pengeluaran. Pengeluaran tersebut berkaitan dengan besaran anggaran yang dapat dialokasikan untuk menabung.

Beberapa hal yang perlu dicatat misalnya biaya makan sehari-hari, pengeluaran untuk liburan, membeli pakaian, mentraktir teman dan lain sebagainya.

  • Memastikan Jika Keuangan Tetap Sehat

Sangat penting untuk memastikan keuangan tetap sehat setelah mengetahui pemasukan dan pengeluaran. Sebab itu, pelajarilah bagaimana cara mengelola keuangan yang baik dan benar di aturpundi.com.

Baca Juga : Ini Contoh Perencanaan Keuangan, Bisa Untuk Pribadi dan Keluarga

5. Selalu Berhemat

Berhemat pada dasarnya merupakan langkah yang dilakukan di dalam proses untuk mengurangi pengeluaran. Berikut merupakan beberapa anggaran yang perlu dipotong untuk menghemat pengeluaran tersebut:

  • Berhenti dari Kebiasaan Buruk

Selagi sedang menjalani proses menabung dan berhemat, barangkali dapat sekalian untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti minuman keras, makan makanan yang tidak sehat, dan juga merokok.

Dengan cara demikian, kita bukan hanya bisa menghemat anggaran tetapi juga dapat hidup lebih baik dan kesehatan tubuh dapat terjamin.

  • Berhenti Membayar Biaya Langganan

Di era sekarang, ada begitu banyak layanan jasa yang menawarkan sistem langganan. Mulai dari internet, TV kabel, majalah, langganan gym dan lain-lain. Jika kebutuhan langganan tidak terlalu penting, maka sebaiknya untuk memotong biaya langganan tersebut.

  • Memotong Pengeluaran untuk Hiburan

Jika anggaran yang digunakan untuk hiburan terlalu besar tentu saja hal ini perlu untuk dipikirkan ulang. Manusia memang membutuhkan hiburan karena itu merupakan bagian atau elemen penting untuk menghilangkan stres dan penat.

Baca Juga  Cari Pinjaman Uang Mudah untuk Kebutuhan Pribadi dan Modal Usaha

Akan tetapi sebaiknya anggaran yang digunakan pun harus bijak dan proporsional. Jika gemar travelling dan menghabiskan biaya besar untuk hal tersebut, maka mulai sekarang cobalah untuk memikirkannya kembali.

Bukan tidak boleh travelling, tetapi maksudnya adalah cobalah susun kembali rencana travelling yang lebih hemat serta anggaran besar yang sering dikeluarkan untuk hal tersebut dapat dipotong.

  • Meringankan Pengeluaran

Pengeluaran setiap bulan pun masih bisa ditekan selain dari berhemat, tidak melakukan kebiasaan buruk, stop biaya langganan atau memotong pengeluaran hiburan, yaitu dengan meringankan pengeluaran.

Maksudnya adalah, misalnya jika memiliki rekan kerja tinggalnya berdekatan, maka Anda dapat pergi kerja bersama serta berbagai ongkos. Dengan cara demikian, hal tersebut dapat memotong anggaran untuk biaya transportasi.

  • Hemat dari Segala Sisi

Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, cobalah untuk melakukan hemat dari berbagai sisi. Misalnya seperti:

  • Hemat air dan listrik
  • Membawa bekal dan tidak jajan ketika kerja
  • Hanya mengikuti daftar belanja sesuai dengan kebutuhan
  • Membeli barang yang awet dan tahan lama
  • Memperbaiki barang yang sudah rusak dan jangan dibuang
  • Membeli produk second yang masih berkualitas dan lain sebagainya

6. Mencari Penghasilan Tambahan

Selain dari bekerja dan memperoleh gaji setiap bulan, tips menabung yang efektif selanjutnya adalah dengan mencari penghasilan tambahan.

Karena dengan memiliki penghasilan tambahan akan membuat anggaran untuk menabung pun semakin besar. Beberapa hal yang bisa dicoba untuk memperoleh penghasilan tambahan adalah sebagai berikut:

  1. Menjual barang bekas secara online
  2. Melakukan negosiasi gaji
  3. Kerja freelance sesuai dengan kemampuan yang tidak mengganggu pekerjaan utama
  4. Membangun website atau blog yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah
  5. Dan lain sebagainya.

Baca Juga : Ini Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Mudah dan Menguntungkan

Tips menabung yang baik perlu untuk diperhatikan agar tujuan finansial dapat tercapai dengan cepat. Pastikan untuk memperhatikan beberapa tips di atas serta selalu komitmen di dalam menjalankannya.

Related Posts