Home Perencanaan Keuangan 8 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama Bagi Pemula
cara mendapatkan uang 100 juta pertama

8 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama Bagi Pemula

by Titis NP

Setiap orang pasti memiliki cita-cita dan tujuan yang hendak dicapai. Untuk meraih impian dan keinginan tersebut, tentunya diperlukan usaha keras dan tekad yang kuat. Salah satu tujuan keuangan yang didambakan oleh orang-orang adalah mendapatkan uang 100 juta di usia muda. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan giat bekerja diimbangi kebiasaan rajin menabung. Untuk mengetahui cara efektif mendapatkan 100 juta pertama bagi pemula, simak dan praktekkan cara berikut.

8 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama Bagi Pemula

Pada dasarnya untuk mendapatkan 100 juta pertama memang bisa dikatakan sulit. Namun, ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan oleh pemula untuk memperoleh 100 juta pertama dalam waktu yang relatif singkat antara lain sebagai berikut ini:

1. Menentukan Target

Cara pertama yang bisa dilakukan para pemula untuk mendapatkan 100 juta pertama dalam hidup yaitu dengan menentukan target yang ingin dicapai. Jangan hanya berangan-angan mendapatkan 100 juta, namun lakukan aksi nyata untuk meraihnya.

Misalnya, buatlah target untuk meraih uang sebanyak 100 juta pertama dalam jangka waktu 2 tahun ke depan. Dengan adanya rencana dan target yang jelas, maka akan memotivasi diri untuk berusaha sekuat tenaga meraih target impian sebelum tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukan.

2. Kurangi Konsumsi Kopi

Beberapa orang mungkin akan bertanya-tanya apa hubungannya mengurangi konsumsi kopi dengan target 100 juta pertama. Di era seperti saat ini, kopi bukan menjadi minuman untuk mengusir kantuk saja, namun kopi menjadi sebuah gaya hidup terutama di kalangan masyarakat perkotaan.

Baca Juga  Perencanaan Keuangan: Definisi, Tujuan, dan Tips Membuatnya

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kedai kopi dalam beberapa tahun belakangan ini. Harga yang ditawarkan untuk segelas kopi juga cukup beragam mulai dari Rp15.000 hingga Rp60.000. Tanpa disadari, kebiasaan minum kopi di café yang dilakukan setiap hari adalah sebuah pemborosan.

Misalnya, setiap hari memiliki kebiasaan membeli kopi dengan harga paling murah seharga Rp15.000, maka dalam waktu 1 bulan uang yang dikeluarkan sebesar Rp450.000,00.

Apabila pengeluaran untuk kopi dikalikan dalam kurun waktu 1 tahun, maka jumlahnya bisa mencapai Rp5.400.000. Bayangkan jika uang tersebut ditabungkan atau digunakan untuk investasi, maka impian untuk mendapatkan 100 juta pertama di usia muda akan semakin dekat.

3. Kurangi Makan di Cafe atau Restoran

Cara mendapatkan uang 100 juta pertama selanjutnya yang bisa diterapkan yaitu dengan mengurangi makan di cafe atau restoran. Kebiasaan makan di cafe atau restoran ini bukan sepenuhnya dilarang, namun sebaiknya kurangi saja intensitasnya.

Misalnya, dalam waktu sebulan biasanya makan di cafe atau restoran sebanyak 12 kali, maka mulai kurangi menjadi 2-4 kali saja untuk menghemat biaya pengeluaran. Biasakan juga untuk mulai memasak menu makanan sendiri di rumah.

Mengapa dalam hal makan saja harus hemat? Alasannya adalah untuk membiasakan diri hidup hemat dan tidak melakukan pemborosan untuk hal-hal yang kurang penting.

Sering makan di cafe atau restoran tentunya akan menghabiskan banyak uang karena makanan di cafe atau restoran biasanya dibanderol dengan harga yang mahal.

4. Fokus pada Tujuan Utama (Primary Goal) dan Tujuan Kebiasaan (Habit Goals)

Cara mendapatkan 100 juta pertama yang bisa dilakukan oleh pemula yaitu fokus dengan tujuan utama dan tujuan kebiasaan. Tujuan utama atau primary goals ini berbicara tentang uang 100 juta yang ingin diraih.

Baca Juga  Mengenal Frugal Living: Tips Hidup Hemat yang Bisa Diterapkan

Sementara itu, habit goals atau tujuan kebiasaan berbicara tentang kebiasaan-kebiasaan yang wajib dilakukan untuk bisa meraih tujuan utama (primary goals) yang ditargetkan.

Seseorang tidak akan bisa mencapai target 100 juta pertama dalam kurun waktu yang sudah ia tentukan tanpa benar-benar melakukan kebiasaan-kebiasaan yang menunjang tercapainya primary goals. Contohnya, sikap mengontrol diri terutama dalam segi biaya pengeluaran sehari-hari.

5. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Tidak hanya menjalankan bisnis saja, dalam kehidupan sehari-hari juga perlu adanya laporan keuangan. Laporan keuangan pribadi ini sangat berguna untuk mengontrol pengeluaran setiap bulannya sehingga tidak lebih besar daripada pemasukan yang didapat.

Dengan adanya catatan laporan keuangan, seseorang akan lebih mudah melakukan evaluasi dan membandingkan besaran biaya pengeluaran bulan ini dengan bulan sebelumnya.

Apabila ada perbedaan angka pengeluaran yang cukup besar, maka laporan keuangan ini bisa menjadi indikator apakah terjadi pemborosan. Tidak hanya pemborosan, bisa saja memang ada tambahan biaya kebutuhan sehari-hari.

Awalnya mungkin akan terasa berat ketika harus mencatat semua biaya pengeluaran dengan pemasukan. Namun, apabila dilakukan secara rutin dan teratur maka tidak akan terasa berat lagi. Kebiasaan ini juga akan membuat peluang mendapatkan 100 juta pertama semakin besar.

6. Biasakan Untuk Menyisihkan Pendapatan Bulanan

Jika selama ini kegiatan menabung hanya dari uang sisa gaji bulan lalu, maka mulai ubah pola tersebut. Memang tidak salahnya menabungkan uang dari sisa gaji bulan lalu, namun lebih baik jika membiasakan diri untuk menyisihkan pendapatan bulanan sebelum digunakan.

Cara ini sangat efektif untuk memudahkan meraih uang 100 juta pertama secara cepat. Misalnya, uang gaji bulanan sebanyak 3 juta rupiah, maka bisa sisihkan sebanyak 1 juta rupiah untuk ditabung dan sisanya untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan melakukan kebiasaan ini secara konsisten, maka kesempatan untuk meraih 100 juta pertama akan semakin besar. Anggap saja tabungan ini sebagai iuran yang harus rutin dibayarkan setiap bulannya untuk melatih kedisiplinan dan konsisten bagi diri sendiri.

Baca Juga  Tabungan Pendidikan Anak BNI : Janis, Manfaat dan Keuntungannya!

7. Pikirkan Cara Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Pada dasarnya, menerapkan gaya hidup hemat dan rajin menabung memang bisa memperbesar peluang untuk mendapatkan 100 juta pertama. Namun, berhemat saja belum cukup apabila tidak diimbangi dengan usaha mendapatkan penghasilan tambahan.

Terkadang mengandalkan gaji dari satu pekerjaan masih kurang untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Bagi karyawan kantoran, mulailah untuk mencari penghasilan tambahan dengan membuka toko online atau menjadi pekerja lepas (freelance) seusai kerja.

Misalnya, bagi yang memiliki keahlian di bidang desain grafis, maka bisa membuka jasa pembuatan desain logo untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya adalah dengan bergabung di platform freelance atau promosikan jasa melalui akun media sosial seperti Facebook dan Instagram.

8. Mulai Berinvestasi

Investasi juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan uang 100 juta. Apalagi di era seperti saat ini yang serba maju, ada banyak instrumen investasi yang tersedia dan bisa dipilih sesuai keinginan mulai dari investasi emas, reksa dana, saham, dan lain sebagainya.

Untuk orang-orang yang masih pemula dalam dunia investasi, maka bisa memilih investasi emas atau reksa dana yang lebih minim kerugian dibandingkan investasi saham. Investasi emas dan reksa dana juga menjadi pilihan terbaik investasi jangka panjang.

Selain itu, ada juga investasi yang bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yaitu Peer to Peer Lending (P2P Lending). Peer to Peer Lending (P2P) merupakan solusi terbaik untuk pelaku usaha yang membutuhkan uang untuk modal menjalankan usaha.

Dari ulasan di atas, tentunya sudah tidak bingung lagi bagaimana cara memperoleh uang 100 juta pertama, bukan? Untuk memperbesar peluang dan kesempatan meraih 100 juta pertama dalam waktu dekat, sebaiknya lakukan hal-hal tersebut secara konsisten.

Related Posts