Home Bisnis 10 Usaha Anak Muda Kreatif Tanpa Modal dan Menguntungkan
usaha anak muda

10 Usaha Anak Muda Kreatif Tanpa Modal dan Menguntungkan

by Titis NP

Dahulu, pekerjaan memang identik dengan orang dewasa yang sudah siap untuk terjun ke dunia kerja. Namun, saat ini zaman berubah dan mengharuskan seseorang untuk meniti karir sejak muda demi masa depan yang lebih cerah. Penasaran apa saja usaha anak muda yang tanpa modal atau hanya menggunakan modal kecil? Berikut pembahasannya.

Daftar Usaha untuk Anak Muda

Saat ini, anak muda dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memikirkan peluang bisnis. Mencari usaha yang cocok untuk anak muda nyatanya tidak terlalu sulit. Bila tidak memiliki ide sama sekali, mungkin beberapa referensi bisnis kecil-kecilan dengan modal kecil ini bisa menjadi pilihan. 

1. Blogger

Salah satu ide bisnis yang paling cocok untuk anak muda adalah menjadi seorang blogger. Usaha ini cocok bagi anak muda yang gemar menulis dan membaca. Tak perlu modal banyak, usaha ini hanya membutuhkan jaringan internet, laptop, dan situs blog.

Modal awalnya hanya berkisar di angka Rp500.000 sampai Rp3.000.000 saja untuk membeli domain dan menyewa hosting. Usaha anak muda tanpa modal ini membutuhkan kesabaran. Karena, website tidak berkembang pesat hanya dalam waktu satu malam saja. Butuh waktu sekitar 6 bulan untuk mendapat peningkatan traffic yang signifikan.

Kemajuan blog akan sangat bergantung pada kualitas tulisan, niche yang dibawakan, serta kegiatan promosi. Bila website sudah cukup besar, blogger bisa mendaftar Google AdSense, bekerja sama dengan brand, atau menjual produk pribadi. Jangan khawatir, kesabaran akan berbuah manis. Bahkan, blogger sukses bisa meraup sekitar Rp1 miliar per bulan.

2. Reseller dan Dropshipper

Untuk memulai bisnis, seseorang harus memiliki modal agar bisa membeli produk. Namun, hal itu tidak berlaku bagi anak muda yang ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis reseller dan dropshipper. Seorang reseller akan menjual produk dari brand ternama dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca Juga  10 Usaha Rumahan yang Lagi Trend & Auto Cuan!

Sementara itu, seorang dropshipper menjual produk dari brand lain menggunakan brand sendiri. Sederhananya, reseller akan dianggap sebagai agen. Dropshipper dianggap sebagai pemilik toko. Kedua bisnis ini tidak memerlukan modal karena prinsipnya adalah memasarkan produk orang lain.

Cara memulai bisnis ini juga sangat mudah. Yang harus dilakukan hanyalah menemukan tangan pertama dari bisnis tersebut. Kemudian, maksimalkan pemasaran menggunakan perangkat dan jaringan internet yang dimiliki lewat e-commerce.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Unik di Desa Modal Kecil Menguntungkan Bagi Pemula

3. Cuci Kendaraan

Usaha anak muda kreatif berikutnya adalah bisnis cuci kendaraan. Bisnis ini cukup menjanjikan seiring bertambahnya jumlah kendaraan dan padatnya kesibukan masyarakat. Kebanyakan orang yang tidak memiliki waktu untuk membersihkan kendaraan secara rutin akan menggunakan jasa ini.

Modal yang diperlukan untuk membangun bisnis ini relatif terjangkau karena hanya membutuhkan air dan sabun. Mulailah bisnis ini dari skala rumahan dengan lokasi di garasi atau halaman rumah. Bisnis ini sangat layak untuk dicoba, apalagi di kota-kota besar, khususnya Jakarta.

4. Laundry

Bisnis yang satu ini sudah sejak lama menjadi pilihan anak muda. Mengingat kesibukan masyarakat yang sangat tinggi, sehingga tidak sempat mencuci baju, tak heran jika prospek bisnis ini sangat menjanjikan. Bila ingin membuka bisnis laundry, pilihlah lokasi yang strategis, seperti dekat perumahan, kampus, apartemen, maupun perkantoran.

Bisnis laundry tersedia dalam dua skala, yakni kecil dan besar. Untuk skala kecil, mulailah dengan satu mesin cuci, setrika, dan tempatkan di halaman rumah. Bila ingin mendapat pemasukan yang lebih banyak, anak muda bisa memulai skala besar dengan menyewa tempat, membeli banyak mesin cuci, dan merekrut beberapa tenaga kerja.

Baca Juga : 5 Peluang Usaha Modal 200 Ribu yang Menguntungkan bagi Pemula

5. Joki Tugas

Usaha anak muda berikutnya sangat relevan dengan kehidupan zaman sekarang. Bisnis ini tidak membutuhkan modal sama sekali dan bisa dikerjakan dari mana saja karena tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Apalagi, di era pandemi seperti sekarang ini.

Baca Juga  Bisnis Setelah Pensiun Dengan Ratusan Miliar

Permintaan akan joki tugas sangat meningkat karena sistem belajar dari rumah yang ditetapkan pemerintah. Tapi, bisnis ini juga sangat menjanjikan untuk jangka panjang, meskipun kondisinya sudah normal kembali. Jangan salah, joki tugas bisa meraup keuntungan hingga Rp15.000.000 sebulan bila dijalankan dengan fokus dan tekun.

Baca Juga : 12 Ide Usaha Modal 500 Ribu yang Menguntungkan Bagi Pemula

6. Thrift

Usaha thrift sangat populer belakangan ini. Puncaknya pada pertengahan tahun 2020. Thrift merupakan bentuk usaha yang menjual aneka produk bekas yang masih layak digunakan. Biasanya, produk yang diperjualbelikan dalam bisnis ini berupa celana, baju, tas, aksesoris, dan sepatu.

Usaha ini bisa dimulai dengan membeli paket secara karungan. Harga satu karungnya berkisar di angka Rp400 ribu sampai Rp1 jutaan. Dalam satu karung, biasanya berisi 50 sampai 100 pakaian yang masih layak pakai.

Setelah itu, cuci semua pakaian yang hendak dijual agar bakteri dan kumannya hilang. Pastikan produk dikemas dengan rapi dan aman agar pelanggan merasa puas dengan kinerja. Bila bisnis berkembang dengan baik, perluas skalanya menjadi lebih besar dengan menyewa toko untuk memasarkan produk secara offline.

Baca Juga : 12 Peluang Usaha Modal 20 Juta yang Menguntungkan (Auto Cuan!)

7. Jasa Titip

Usaha anak muda berikutnya adalah jasa titip. Bisnis kekinian ini bisa dicoba karena prospeknya lumayan bagus. Sistem kerjanya adalah membeli barang yang dititipkan, kemudian mengirimnya ke alamat pembeli. Dari situ, jasa titip akan mendapat uang sejumlah harga produk, ongkos kirim, dan biaya tambahan untuk menghargai jasanya.

Dahulu, jasa titip hanya diperuntukkan untuk produk luar negeri saja. Tapi, sekarang jasa titip semakin maju dan bisa dijadikan bisnis menarik di kota besar, seperti Jakarta. Barang yang diperjualbelikan biasanya berupa skincare langka, pakaian limited edition, dan lain sebagainya.

Baca Juga  12 Contoh Bisnis Online Tanpa Modal

Baca Juga : 10+ Peluang Usaha Modal 1 Juta yang Laris dan Menguntungkan

8. Bisnis Foto Polaroid

Berikutnya, anak muda bisa menjajal peruntungan di bisnis foto polaroid. Bisnis ini terbilang sangat menjanjikan karena anak muda cenderung menyukai hal yang bersifat estetik atau instagramable. Foto polaroid menjadi trend di kalangan anak muda belakangan ini.

Selain memiliki prospek bagus, usaha anak muda ini juga tidak membutuhkan modal besar. Siapkan saja kertas polaroid, perangkat keras, dan mesin printer. Kemudian, lakukan pemasaran lewat e-commerce secara digital agar lebih menghemat pengeluaran.

Baca Juga : 17+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu dengan Prospek Keuntungan Besar

9. Buket Camilan

Selanjutnya, usaha anak muda yang bisa dicoba adalah buket camilan. Untuk memulai bisnis ini, modal yang dibutuhkan tidaklah banyak. Pembuat buket hanya perlu membeli sejumlah camilan sesuai warna yang dipesan pelanggan, kemudian merangkainya menjadi buket yang indah.

Dibutuhkan keterampilan dan kreativitas bila ingin memulai usaha ini. Omset yang didapatkan per bulan bisa mencapai Rp20 jutaan bila dijalani dengan tekun.

Baca Juga : 7 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Menguntungkan Bagi Pebisnis Pemula

10. Bisnis Masker Organik

Kesadaran akan perawatan kecantikan di kalangan masyarakat semakin tinggi. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mencoba peruntungan di bisnis masker organik. Buatlah masker organik yang aman dan berkhasiat menggunakan bahan alami.

Pemasaran bisa dilakukan dalam skala kecil terlebih dahulu dengan menjualnya ke teman dan kerabat. Jika memungkinkan, daftarkan bisnis ke BPOM untuk mendapat izin edar secara resmi.

Meskipun modalnya kecil, tapi kebanyakan anak muda tidak memiliki modal sama sekali. Padahal, usaha anak muda juga membutuhkan modal untuk biaya operasional maupun produksi. Jangan panik, gadaikendaraan.com siap memberikan pinjaman untuk modal usaha.

Dibandingkan dengan peminjam modal lainnya, gadaikendaraan.com menawarkan proses yang sangat cepat dengan syarat mudah. Selain itu, jaringan yang dimiliki luas, sehingga terbukti aman dan terpercaya. Para peminjam juga bisa mendapatkan simulasi gratis.

Related Posts