Home Bisnis 8 Cara Membuka Usaha Cafe Modal 5 Juta yang Menguntungkan
usaha cafe modal 5 juta

8 Cara Membuka Usaha Cafe Modal 5 Juta yang Menguntungkan

by Titis NP

Ingin membuka usaha cafe modal 5 juta? Tidak perlu khawatir, karena dengan modal yang minim pun bisnis cafe tetap bisa dijalankan. Untuk kebutuhan modal, pada dasarnya usaha cafe cukup fleksibel.

Cafe sendiri menjadi salah satu tempat nongkrong yang banyak dikunjungi untuk acara kumpul bersama atau sekedar santai menikmati suasana. Dengan kondisi tersebut, maka peluang bisnis untuk membuka usaha cafe masih terbuka dengan prospek yang cukup menjanjikan.

8 Cara Membuka Usaha Cafe Modal 5 Juta

Tidak dipungkiri bahwa untuk membuka usaha kuliner dengan konsep cafe yang biasanya dilengkapi beragam fasilitas, membutuhkan modal yang tidak sedikit. Meski begitu, bukan berarti usaha ini tidak bisa dijalankan dengan modal terbatas. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara yang bisa dilakukan:

1. Menentukan Tujuan Secara Jelas

Ketika ingin buka cafe modal 5 juta, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuannya secara jelas. Kalau hanya sekedar membuka cafe saja, tentu sangat mudah. Hal terpenting adalah bagaimana membuat cafe tetap eksis dan dilirik konsumen.

2. Memilih Tempat Strategis yang Murah

Memilih tempat yang strategis untuk membuka usaha cafe adalah langkah selanjutnya yang tidak boleh disepelekan. Biasanya untuk lokasi yang ramai seperti di pinggir jalan besar diperlukan biaya sewa yang tidak murah, tentu modal 5 juta tidak akan cukup.

Untuk menyiasati hal itu, maka tidak ada salahnya menggunakan tempat yang sudah tersedia, seperti misalnya di halaman depan rumah atau menyewa lahan kosong di pinggir jalan. Dengan ide dan kreativitas yang tepat, tempat sederhana pun bisa diubah menjadi cafe yang berkelas.

Baca Juga  10 Usaha Rumahan yang Lagi Trend & Auto Cuan!

3. Menentukan Konsep Cafe yang Tepat

Konsep cafe yang tepat akan sangat berpengaruh pada minat konsumen. Jadi pastikan konsep yang diusung benar-benar menarik dan beda dari yang lain. Salah satunya adalah dengan konsep kekinian yang nyaman serta memiliki interior menarik untuk keperluan foto-foto.

Dengan konsep yang tepat, usaha cafe modal 5 juta tidak akan kalah dengan yang modalnya lebih besar. Karena yang dijual bukan hanya sekedar kemewahan tetapi lebih pada suasana yang nyaman, menu yang terjangkau, serta pelayanan yang ramah.

4. Target Pasar Jelas

Dengan modal yang cukup minim, target pasar yang dibidik bisa disesuaikan. Dalam hal ini, penyajian menu di cafe bisa dijual dengan harga yang terjangkau agar menarik minat konsumen. Meskipun harga terjangkau, tetap harus dipastikan cita rasanya tetap enak.

Selain itu, penyajian menu juga harus tetap menarik dan menggugah selera agar konsumen tertarik untuk mencoba beragam menu yang disediakan. Dengan harga yang murah dan tampilan yang menarik, target pasar bisa saja meningkat dari apa yang sudah diperkirakan.

5. Menentukan Menu yang Dijual

Menu yang akan dijual di cafe dengan modal 5 juta bisa direncanakan sejak awal. Hal ini cukup penting untuk mengetahui berapa estimasi biaya yang dibutuhkan. Terutama untuk pembelian bahan makanan serta estimasi keuntungan yang akan didapatkan.

Tidak ada salahnya melakukan riset pasar kecil-kecilan untuk mengetahui selera konsumen khususnya anak muda yang menjadi target pasar. Pastinya ada banyak jenis makanan kekinian yang akan membuat konsumen tertarik untuk mencoba.

Beberapa menu camilan seperti kentang goreng, bakso bakar, sosis bakar, dan lainnya bisa menjadi pilihan yang menarik. Sementara untuk makanan berat bisa mencoba menu nasi goreng sosis, mie instan, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Rincian Modal Usaha Pecel Lele Menguntungkan!

Tidak kalah penting untuk direncanakan sejak awal adalah menu minuman yang akan disediakan. Seperti cafe pada umumnya, menu kopi bisa menjadi menu unggulan yang disajikan. Selain itu, tentu saja bisa dilengkapi dengan teh, jus buah, dan lain-lain.

6. Menyiapkan Modal dan Estimasi Biayanya

Dengan rencana membuka usaha cafe modal 5 juta, tentu harus benar-benar dihitung estimasi biaya yang dibutuhkan secara cermat agar tidak terjadi kelebihan budget yang akan membuat modal tidak cukup. Untuk rincian biaya yang dibutuhkan, bisa dilihat melalui tabel di bawah ini:

Peralatan dan Perlengkapan Cafe

 

Kompor + Tabung Gas Rp500.000
Termos 2 buah Rp200.000
Piring + Sendok + Garpu Rp700.000
Panci + Wajan Rp300.000
Meja Kursi Rp2.000.000
Lain-lain Rp500.000

 

Bahan Baku untuk Menu Cafe

 

Kopi Sachet Rp200.000
Mie Instan Rp100.000
Susu Kaleng Rp100.000
Telur Rp100.000
Minyak Goreng Rp100.000
Keamanan dan Retribusi Rp100.000
Total Biaya Rp5.000.000

 

Rincian biaya di atas hanya perkiraan saja. Akan lebih hemat, jika sudah memiliki peralatan dan perlengkapan masak seperti kompor dan tabung gas, panci, wajan, dan lainnya. Dengan begitu, maka budget yang tersedia bisa digunakan untuk melengkapi menu cafe.

7. Fokus pada Kepuasan Konsumen

Bisnis cafe modal kecil tetap bisa dijalankan dan berpotensi mendatangkan keuntungan jika dalam menjalankan bisnis selalu berfokus pada kepuasan konsumen. Salah satu caranya adalah menyajikan menu makanan yang berkualitas dan enak dengan harga terjangkau.

Dengan menu tersebut, maka konsumen akan merasa puas dan tidak menutup kemungkinan mengajak temannya untuk datang dan menjadi pengunjung tetap di cafe. Jika sudah mendapatkan pengunjung tetap, maka kualitas menu harus terus dipertahankan.

Tujuannya agar konsumen bisa menikmati menu favoritnya dengan cita rasa seperti biasanya, tidak ada yang dikurangi. Selain itu, agar konsumen betah perlu juga melengkapi cafe dengan fasilitas yang memadai seperti toilet yang bersih dan akses WiFi gratis.

Baca Juga  7+ Bisnis Franchise Kopi Hits yang Paling Laris di Indonesia

8. Promosi yang Efektif dan Unik

Usaha cafe modal 5 juta juga bisa ramai dan menguntungkan jika didukung dengan promosi yang efektif dan unik. Selain memanfaatkan platform media sosial, promosi dengan memberikan potongan harga atau discount untuk event tertentu juga bisa dicoba.

Solusi Pinjaman Modal yang Praktis dan Aman

Sebelumnya telah dijelaskan bagaimana cara yang harus dilakukan untuk memulai bisnis cafe meskipun dengan modal yang cukup terbatas, yaitu 5 juta saja. Lantas, bagaimana jika modal yang diperlukan masih kurang?

Sebagai solusinya bisa dengan mengajukan pinjaman modal. Tidak perlu repot mengajukan pinjaman ke bank konvensional. Saat ini modal usaha bisa didapatkan dengan cara menggadaikan BPKB mobil atau motor sesuai kebutuhan.

Untuk mendapatkan pinjaman uang modal usaha dengan cepat dan aman, hubungi  jasa gadaikendaraan.com. Jasa gadai BPKB ini menyediakan pinjaman modal dengan proses mudah dan cepat. Adapun keunggulan mengajukan pinjaman di gadaikendaraan.com antara lain adalah:

  • Proses pengajuan pinjaman cepat hanya 1 hari selesai, sehingga tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan.
  • Syarat untuk mengajukan pinjaman sangatlah mudah dan tidak ribet sehingga siapapun bisa mengajukan dengan mudah, baik perorangan maupun perusahaan.
  • Tersedia simulasi gratis yang memungkinkan pemohon untuk mengetahui besarnya cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan sesuai tenor yang dipilih.
  • Jaringan terluas sehingga dimanapun pemohon berada bisa langsung diproses saat itu juga melalui surveyor yang bertugas.

Usaha cafe modal 5 juta bisa menjadi pilihan yang menarik untuk memulai bisnis. Meskipun dengan modal minim, usaha akan tetap berkembang jika dikelola dengan tepat. Untuk keperluan modal usaha, percayakan saja kepada gadaikendaraan.com.

Related Posts