Home Bisnis 15 Peluang Usaha Jasa yang Menjanjikan dengan Profit Berlipat

15 Peluang Usaha Jasa yang Menjanjikan dengan Profit Berlipat

by Titis NP

Salah satu usaha yang paling awet di segala situasi adalah usaha jasa. Sebagai makhluk komunal, tentu manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Maka dari itulah bisnis jasa menjadi salah satu bisnis yang abadi. 

Ada banyak jenis dari bisnis jasa. Hal ini dikarenakan manusia memiliki kebutuhan yang tidak terbatas, sehingga pemenuhan akan kebutuhan tersebut juga menjadi tak terbatas. Selama masih ada hal yang membutuhkan solusi, maka bisnis jasa akan tetap berjaya.

15 Usaha Jasa dengan Peluang Menjanjikan

Berikut ini adalah daftar usaha atau bisnis jasa yang cukup menjanjikan:

1. Cuci Sepatu

Sebagai alas kaki, tentu sepatu memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Apalagi sekarang, sepatu bukan lagi dilihat sebatas penutup kaki saja, tetapi juga penunjang fashion. Maka tidak jarang ada banyak orang yang memiliki banyak koleksi sepatu, dari yang berharga murah hingga mahal.

Ketika sepatu kotor, memang solusinya adalah membersihkan sepatu dengan cara mencucinya. Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa mencuci sepatu dengan benar. Salah-salah sepatu yang berharga mahal malah rusak. Melihat peluang ini, maka mulai menjamurlah usaha cuci sepatu. 

Berbeda dengan jasa cuci baju yang menggunakan air sabun untuk membersihkan pakaian, jasa cuci sepatu menggunakan cairan khusus pembersih sepatu. Dengan demikian, bahan khusus membuat sepatu tidak akan rusak dan bersih seperti sedia kala.

banner modal usaha gadai kendaraan

2. Barbershop

Penampilan terkadang menjadi poin penilaian seseorang terhadap orang lain. Dewasa ini, pemahaman tersebut tidak hanya dimiliki oleh perempuan, tetap juga oleh para lelaki. Bukan hanya pakaian, rambut juga menjadi bagian dari penampilan yang harus diperhatikan. 

Baca Juga  Bisnis Setelah Pensiun Dengan Ratusan Miliar

Itulah alasan barbershop mulai menjamur akhir-akhir ini.  Contoh usaha jasa satu ini memang bukan hanya menjual keterampilan dalam mempermak bentuk rambut, tetapi juga gengsi. Masuk ke tempat cukur dengan nuansa elit membuat seseorang merasa bergaya.

3. Cuci Kendaraan Bermotor

Tidak semua orang memiliki waktu untuk bisa membersihkan kendaraan mereka. Padahal, tampilan mobil maupun motor yang kotor bisa membuat tampilannya menjadi tidak menarik. Terlebih lagi, debu yang menempel pada bodi, lama kelamaan bisa menyebabkan goresan.

Bagi pemilik kendaraan bermotor yang ingin praktis, tentu tempat cuci kendaraan menjadi solusi. Terlebih ketika musim penghujan tiba, tempat usaha ini akan sangat ramai.

Baca Juga : 7 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Menguntungkan Bagi Pebisnis Pemula

4. Desain dan Jahit Pakaian

Usaha di bidang fashion adalah salah satu ladang yang menjanjikan. Pasalnya, industri fashion terus berkembang dan selalu muncul tren baru. Dengan demikian, setiap orang akan selalu merasa membutuhkan model pakaian yang lebih mengikuti zaman.

Selain itu, selama masih ada hajatan seperti wisuda, pernikahan, lamaran dan sebagainya, maka peluang untuk membuka usaha jasa di bidang desain dan jahit pakaian akan terus ada.  

5. Modifikasi Motor

Meskipun usaha semacam ini memiliki segmentasi khusus, tetapi jasa modifikasi motor masih cukup banyak diminati. Bukan hanya kendaraan untuk hobi saja, tetapi modifikasi motor juga bisa digunakan untuk keperluan usaha.

Contoh dari modifikasi motor untuk usaha misalnya adalah mengubah mobil pick up menjadi mobil toko, motor dengan tambahan rak untuk mengangkut galon dan lain sebagainya. Dengan kreativitas, maka usaha semacam ini akan tetap bertahan meski ada banyak kompetitor.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Modal 10 Juta Terbaik dan Menguntungkan

6. Laundry

Musim hujan dan cucian belum kering adalah perpaduan yang menjengkelkan. Terlebih bagi mereka yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk mencuci baju. Itulah sebabnya usaha laundry banyak diminati, terlebih di musim penghujan.

Baca Juga  12 Cara Cari Uang Tambahan di Masa Pandemi Tanpa Modal!

Tanpa perlu bekerja keras, pakaian sudah bisa langsung dipakai dan tentunya wangi serta rapi. Apalagi sekarang ini harga untuk jasa semacam ini semakin kompetitif dengan pilihan layanan yang beragam.

7. Rental Mobil

Jenis usaha jasa satu ini juga tidak ada matinya. Mobilitas masyarakat yang tinggi membuat persewaan mobil begitu diminati. Memang modal yang dikeluarkan cukup banyak, tetapi profit yang didapatkan bisa mencukupi, terlebih jika sudah memiliki banyak pelanggan.

Baca Juga : 7 Usaha Sampingan Paling Menjanjikan

8. Jasa Les

Pelajaran sekolah, kemampuan berbahasa hingga keterampilan semacam memasak ternyata juga bisa menjadi pekerjaan. Baik dengan membuka kelas privat maupun kelompok, seseorang yang memiliki kemampuan akademik maupun non akademik bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

9. Pembuatan Website

Macam usaha jasa yang semakin diminati di era digitalisasi ini adalah jasa pembuatan website. Sekarang ini, banyak usaha maupun lembaga yang membutuhkan situs web untuk memasarkan produk mereka. Selain terlihat lebih profesional, memiliki situs web juga membuat pelanggan lebih mudah mengakses informasi.

10. Desain Interior

Memiliki hunian yang nyaman tentunya tidak lepas dari kemampuan untuk mendesain interior. Tidak semua orang memiliki daya kreativitas dan kemampuan memadupadankan barang. Desain interior tidak hanya membuat suasana menjadi nyaman tetapi juga fungsional.

Baca Juga : Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Modal Minim Keuntungan Maksimal

11. Desain Grafis

Kemampuan gambar serta memadukan unsur-unsur ternyata bisa membuka peluang usaha. Apalagi sekarang ini kebutuhan akan desainer grafis sedang mengalami peningkatan. Hal ini tidak lain juga karena efek digitalisasi yang menjamur.

12. Rental Perlengkapan Foto dan Videografi

Seiring dengan berkembangnya marketplace dan juga akun media sosial yang membutuhkan unggahan foto estetik, maka semakin banyak orang yang membuka rental perlengkapan foto dan videografi.

Perlengkapan foto dan video yang berkualitas memang berharga relatif mahal. Maka untuk kebutuhan tidak mendesak, persewaan menjadi solusi yang bisa diandalkan. Selain membuka usaha rental, bidang lain yang bisa ikut ditawarkan adalah jasa fotografer dan edit video.

Baca Juga  Daftar Tabel Angsuran Gadai BPKB Mobil Terbaru 2022

Baca Juga : 10 Ide Usaha Kecil Modal Terjangkau

13. Jasa Sewa Akun Media Sosial

Siapa bilang jika akun media sosial tidak bisa jadi ladang usaha? Selain sebagai lahan untuk pemasaran, ternyata medis sosial juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah jika disewakan. Tentu saja, tidak sembarang media sosial.

Biasanya akun premium untuk berlangganan Youtube, Netflix, Zoom dan berbagai macam platform serupa yang bisa disewakan.

Kelebihan dari usaha jasa ini adalah harganya yang murah dibandingkan jika harus menyewa secara perorangan. Sistem yang digunakan adalah sewa patungan. Jadi pelanggan akan bisa menggunakan satu akun bersama dengan beberapa orang lainnya. 

14. Jasa Event Organizer atau Wedding Organizer

Setiap tahun selalu ada orang yang melangsungkan pernikahan maupun menggelar hajatan lainnya. Tentunya hal ini membuat bisnis jasa event organizer dan wedding organizer menjadi ladang yang menggiurkan.

Terlebih lagi, sekarang masyarakat lebih memilih untuk tidak repot mengurusi pernak-pernik pernikahan, sehingga diserahkan kepada pihak EO yang dinilai lebih profesional. Untuk bisa mendirikan bisnis ini, maka juga dibutuhkan kemampuan menjalin kerja sama dengan banyak vendor. 

Baca Juga : 9 Peluang Usaha Modal Kecil Profit Besar

15. Jasa Titip Belanja

Ingin belanja tetapi terhalang jarak maupun waktu? Sekarang ini model bisnis jasa titip belanja sudah sangat populer. Model usaha ini hampir sama dengan layanan belanja yang disediakan oleh platform ojek online.

Hanya saja, jasa titip belanja ini memiliki cakupan yang lebih luas. Sebab pelanggan tidak hanya bisa titip belanja di merchant lokal, tetapi juga ke luar negeri. Hal tersebut tergantung dari penawaran yang diberikan oleh pemilik usaha titip belanja. 

Dengan membuka usaha jasa, terkadang modal yang diperlukan hanyalah kemampuan dan keterampilan saja. Selain itu, kegigihan dan keluwesan menghadapi pelanggan juga akan membuat sebuah usaha bertahan di tengah berbagai macam gempuran.

Related Posts