Home Bisnis 10 Ide Usaha Kecil Modal Terjangkau
usaha kecil

10 Ide Usaha Kecil Modal Terjangkau

by Titis NP

Semua orang tampaknya memiliki impian untuk menjadi sukses. Tanpa perlu bekal modal banyak sekaligus menjalankan ide bisnis atau usaha kecil misalnya dari rumah juga bisa dioptimalkan keuntungannya, lho. Bisnis ini bisa digunakan sebagai sumber penghasilan untuk bertahan hidup optimal.

Cocok juga jika seseorang memiliki ambisi yang kuat untuk menjadikan usaha kecil-kecilan ini sebagai sebuah batu loncatan, demi usaha untuk mengumpulkan modal. Dalam jangka waktu tertentu bisa mulai mencoba buka cabang baru untuk semakin melebarkan sayap usaha tersebut. 

Daftar Usaha Kecil Modal Ekonomis

1. Reseller Toko Online

Menjalankan usaha sampingan dengan menjadi reseller toko online cukup mudah dan menjanjikan soal keuntungannya, lho. Pekerjaan satu ini tentunya tak membutuhkan skill yang harus luar biasa untuk menjalankannya hingga sukses. Bisa dijalankan dari mana pun juga tanpa memerlukan modal banyak pula.

Semua orang tentu ingin memiliki penghasilan tambahan. Pekerjaan menjadi reseller toko online ini bisa dijalankan mulai usia remaja hingga dewasa dari beragam kalangan pun tiada masalah. Bisa bekerja sama dengan toko online terpercaya untuk menjual dagangan tersebut kembali pada konsumen setia tentunya.

banner modal usaha gadai kendaraan

2. Pembuatan Parsel

Ide untuk usaha kecil-kecilan selanjutnya yang sayang jika dilewatkan ialah dengan menyediakan layanan jasa untuk pembuatan parsel. Parsel ini memang populer dipesan untuk acara spesial. Biasanya digunakan untuk mengirim produk spesial bagi kerabat dekat demi semakin mengeratkan silaturahmi yang terjalin itu.

Bisa juga untuk acara istimewa. Untuk lamaran, hadiah wisuda, hadiah kelahiran bayi dan seterusnya. Berbekal skill ketrampilan membuat kerajinan dari produk yang digunakan menyusun parsel tersebut bisa menghasilkan keuntungan signifikan. Tentu banyak membantu orang yang tak sempat membuat sendiri.

Baca Juga  10 Ide Jualan Online Modal Kecil Paling Laris 2021

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Unik di Desa Modal Kecil Menguntungkan Bagi Pemula

3. Produk Frozen Food

Menjalankan bisnis modal kecil dengan ide menjual beragam produk frozen food juga amat layak untuk dipertimbangkan. Frozen food ini memiliki keunggulan jika disimpan secara layak bisa bertahan dalam jangka waktu cukup lama. Sebuah keuntungan baik bagi produsen maupun juga konsumen frozen food tersebut.

Frozen food juga memiliki cukup banyak varian sehingga membuat konsumen setianya tak merasa gampang bosan dalam memilihnya. Produk frozen food yang berkualitas soal rasa serta bahannya tentu banyak diburu oleh konsumen. Bisa dijual langsung ke konsumen atau melalui reseller juga bisa pastinya.

Baca Juga : 15 Ide Usaha Modal 2 Juta yang Menjanjikan dan Paling Laris Saat Ini

4. Jual Minuman Kekinian

Salah satu contoh ide bisnis modal kecil namun tentu akan banyak yang meminati ialah berjualan minuman kemasan kekinian. Ada banyak jenisnya yang bisa dipilih untuk dikomersilkan tersebut. Bisa misal jenis minuman boba aneka rasa, minuman teh kekinian berbagai macam rasa dan seterusnya yang diminati ya.

Target market bisa mulai anak-anak, remaja hingga dewasa. Jika memungkinkan jual dengan harga yang cukup miring untuk menggaet lebih banyak konsumen setia. Gunakan ukuran cup proporsional sehingga pas sekali dikonsumsi plus bikin ketagihan juga. Layani juga jika ada pemesanan acara jumlah banyak, ya.

Baca Juga : 9 Peluang Usaha Modal Kecil Profit Besar

5. Jual Mainan Anak

Selanjutnya sebagai contoh usaha kecil-kecilan yang dijamin juga bisa amat menguntungkan ialah dengan berjualan beragam jenis mainan anak-anak. Anak-anak memang masih waktunya untuk banyak eksplor serta bermain. Hal ini bagus untuk menjadi metode edukasi yang sesuai dengan perkembangan umurnya.

Pastinya juga banyak orang tua yang concern akan kebutuhan buah hati mereka pada mainan terlebih yang memang terbukti sarat muatan edukasi tersebut. Sebagai permulaan bisa menjadi reseller terlebih dahulu misalnya jika kondisi permodalan belum maksimal. Nah, yang jelas terdapat target market jelas di sini.

Baca Juga  8 Aplikasi UMKM Untuk Mengembangkan Bisnis (Gratis!)

Baca Juga : 10+ Peluang Usaha Modal 1 Juta yang Laris dan Menguntungkan

6. Sewa Dekorasi Nikah

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini maka menyediakan layanan penyewaan dekorasi pernikahan juga makin mudah cara marketing-nya, lho. Tentu bisa dimulai dengan modal yang tak seberapa. Kuncinya jika memiliki passion dalam bidang ini bisa membuat dekor secara mandiri tentunya.

Jadi, beragam peralatan dekorasi bisa dibeli dengan harga jauh lebih ekonomis. Namun, nantinya bisa dirakit sesuai selera dan mengerjakannya sendiri sehingga bisa menghemat budget. Banyak zaman sekarang calon pengantin yang membutuhkan peralatan dekorasi nikah sederhana, namun berkesan tanpa berlebihan, kok.

Tentunya kunci menjalankan bisnis satu ini ada pada kemauan yang besar disertai keterampilan untuk membuat dekorasi yang sakral namun juga menarik. Peralatan dekorasi ini bisa dipakai secara berulang sehingga dalam sekali beli saja bisa meraup keuntungan berulang kali.

Baca Juga : 10+ Ide Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Menguntungkan

7. Jasa Penitipan Anak

Bukan hal yang mengherankan jika para orang tua pekerja membutuhkan layanan jasa penitipan buah hati mereka sebagai solusi terbaik untuk kondisi mereka tersebut. Jika memang memiliki passion senang berdekatan dengan anak kecil, maka opsi pekerjaan demi meraup pendapatan tambahan ini layak dicoba.

Setiap orang tua tentu memilih layanan jasa penitipan yang sesuai dengan standar maupun budget mereka. Pastikan menyediakan layanan jasa yang memang layak. Akan menjadi nilai tambah jika disediakan ruangan nyaman khusus untuk aktivitas atau istirahat anak-anak. Ditunjang alat permainan edukatif pula.

8. Jasa Les atau Kursus

Tentunya tak sedikit lho orang tua yang mengeluh buah hati mereka kurang bisa belajar maksimal, jika tak dilakukan secara tatap muka langsung sebagaimana yang dilakukan sebelum pandemi melanda seperti saat ini. Jika memiliki pemikiran yang jeli hal ini justru bisa dijadikan sebagai peluang usaha menjanjikan.

Baca Juga  7 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Menguntungkan Bagi Pebisnis Pemula

Pastikan juga sebelumnya jika memang memiliki kapasitas untuk melayani layanan jasa memberi les atau kursus privat untuk peserta didik tersebut. Untuk mengoptimalisasi jam les atau kursus tersebut lebih bagus jika disediakan ruangan khusus dengan fasilitas papan tulis dan lainnya. Perhatikan protokol kesehatan, ya.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Modal 10 Juta Terbaik dan Menguntungkan

9. Makelar Properti

Seorang makelar memiliki tugas untuk menjadi penghubung antara penjual dengan pembeli. Tentunya tak memerlukan modal yang amat besar untuk menjalankan usaha sampingan satu ini. Makelar ini sendiri juga ada banyak sekali jenisnya, bisa makelar kendaraan atau juga makelar properti dan lainnya.

Makelar properti memiliki keuntungan signifikan lantaran dari waktu ke waktu harga properti terus mengalami nilai yang melonjak naik secara konsisten. Nah, yang menjadi patokan seorang makelar harus memahami potensi properti yang ditawarkan dengan target market yang paling sesuai agar tercapai deal.

10. Jual Buku Bekas

Buat para penggemar buku tentu memiliki pekerjaan kecil-kecilan satu ini amat menyenangkan untuk dijalankan. Banyak buku berkualitas dengan harga mahal yang peminatnya juga banyak namun sering kali harus terbentur dengan harga tak terjangkau.

Nah, usaha menjual buku bekas berkualitas nan layak ini bisa menjadi solusi untuk banyak orang. Membeli buku asli meskipun bekas tentu memberi kepuasan tersendiri. Banyak di luaran sana para kolektor yang siap membayar layanan yang diberikan tersebut tentunya.

Peluang usaha kecil dengan modal ekonomis jika ditekuni tentunya bisa juga menghasilkan keuntungan yang signifikan. Usaha ini juga biasanya bisa dilakukan oleh banyak orang meskipun tanpa memiliki skill keahlian super sekalipun. Bisa dijalankan sesuai dengan kondisi sehingga pengusaha jauh lebih leluasa.

Related Posts