Home Bisnis 10+ Peluang Usaha Modal 1 Juta yang Laris dan Menguntungkan
usaha modal 1 juta

10+ Peluang Usaha Modal 1 Juta yang Laris dan Menguntungkan

by Titis NP

Menjalankan usaha tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Dibutuhkan banyak pertimbangan untuk membuka suatu usaha, khususnya dalam hal persiapan modal. Membuka usaha sebenarnya tidak membutuhkan modal besar, usaha modal 1 juta saja sudah cukup menguntungkan. 

Memang ada bisnis atau usaha yang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Contohnya adalah franchise jualan makanan yang mengharuskan Anda untuk membeli etalase atau menyewa ruko untuk mulai berjualan. Tapi ada juga usaha yang bisa mulai dijalankan meskipun modalnya terbatas.

Peluang Usaha Modal 1 Juta, Terbatas Tapi Menguntungkan

Sebenarnya, modal 1 juta sudah sangat mencukupi untuk membuka dan menjalankan suatu usaha. Ada banyak sekali pilihan usaha yang bisa Anda coba jalankan dengan modal sebesar 1 juta rupiah. Berikut ini hanya beberapa contoh usaha yang cocok untuk modal sebesar 1 juta rupiah saja :

1. Usaha Kaos Sablon Satuan

Untuk jenis usaha yang satu ini, Anda bahkan bisa membuka usaha kaos sablon satuan dengan sistem pre order. Meskipun sistemnya pre order, banyak orang tetap rela membeli karena dunia fesyen memang tidak pernah kehilangan popularitasnya.

Banyak anak muda yang masih senang mengoleksi kaos custom yang unik dan istimewa, padahal koleksi pakaian di rumah juga tidak kurang. Untuk sistem pre order, tentukan sistem pembayaran down payment atau DP sehingga ada jaminan bahwa pembeli tidak akan kabur setelah kaos dibuat.

banner modal usaha gadai kendaraan

2. Membuat Hampers atau Parsel

Contoh usaha dengan modal 1 juta lainnya adalah usaha kecil pembuatan hampers atau parsel. Yang diperlukan untuk membuat usaha ini adalah keranjang atau kemasan untuk hampers dan beberapa peralatan lain yang bisa mendukung pembuatan hampers dan parcel yang menarik.

Baca Juga  5 Strategi Bisnis Online Efektif dan Menguntungkan

Bisnis rumahan yang satu ini sangat cocok dijalankan menjelang hari raya saat ada banyak orang yang tertarik untuk membeli parcel sebagai hadiah untuk orang tersayang. Selain itu, hampers juga sering dipesan untuk acara spesial seperti tunangan, pernikahan, dan berbagai acara lainnya. 

Baca Juga : 15 Ide Usaha Modal 2 Juta yang Menjanjikan dan Paling Laris Saat Ini

3. Menjual Frozen Food

Masyarakat modern sangat menyukai kehidupan serba praktis. Salah satu contoh kepraktisan yang semakin disukai adalah hadirnya makanan beku atau frozen food yang bisa disimpan untuk waktu yang lama dan bisa dimasak kapanpun tanpa harus membeli lagi.

Saat memulai bisnis ini, gunakan freezer yang ada dalam kulkas di rumah untuk menyimpan frozen food. Setelah bisnis mulai berkembang, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli freezer yang kualitasnya bagus dan bisa menyimpan lebih banyak produk sebelum dikirimkan ke pembeli.

4. Usaha Sarapan di Rumah

Di dunia yang modern ini, beberapa orang tidak mempunyai cukup waktu untuk memasak sarapan dan lebih memilih untuk membeli sarapan di luar. Kesempatan ini bisa menjadi peluang yang sangat bagus untuk memulai suatu usaha rumahan dengan modal kurang lebih 1 juta rupiah.

Sediakan menu sarapan yang mudah untuk dibuat dan mampu menarik minat masyarakat Indonesia. Contohnya adalah lontong sayur, nasi kuning, nasi uduk, atau bubur ayam. Utamakan rasa dan kualitas makanan saat mempersiapkan sarapan yang akan dijual setiap pagi.

Baca Juga : 7 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Menguntungkan Bagi Pebisnis Pemula

5. Usaha Jajanan Pasar

Berapa kali Anda melihat warung jajanan pasar saat melintas di jalan pada pagi hari? Usaha jajanan pasar akan selalu ada dan diminati oleh masyarakat. Jajanan pasar adalah salah satu ide usaha modal 1 juta yang sebaiknya Anda pertimbangkan. Sediakan berbagai jajanan pasar yang menarik.

Misalnya, Anda bisa menjual risol, lemper, arem-arem, dan pastel. Jumlahnya tidak perlu banyak asalkan bervariasi. Lama-kelamaan, akan ada penjual lain yang mau menitipkan dagangan di warung jajanan pasar milik Anda. Menu yang semakin bervariasi akan menarik lebih banyak pembeli.

Baca Juga  Ide Bisnis Rumahan Praktis, Mudah dengan Omzet Jutaan Rupiah

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Unik di Desa Modal Kecil Menguntungkan Bagi Pemula

6. Usaha Kue, Cake, atau Dessert Box

Selain jajanan pasar, bisnis kuliner lain yang bisa dipertimbangkan dengan modal 1 juta Rupiah adalah usaha makanan kekinian seperti dessert box. Anda bisa membuka toko kue kekinian di rumah dan mengiklankannya secara online. Atau bisa juga menawarkan bisnis ini dengan sistem pre order.

Sistem pre order bisa menjadi pilihan jika Anda tidak ingin bahan-bahan kue kekinian yang tidak murah terbuang sia-sia. Tawarkan open pre order di media sosial dan produksi kue kekinian sesuai dengan jumlah pesanan yang masuk. Cara ini bisa menghemat bahan pembuatan kue kekinian.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Modal 10 Juta Terbaik dan Menguntungkan

7. Menjual Jus Buah di Rumah

Tidak perlu menyewa toko untuk membuka usaha jus buah. Cukup gunakan lahan yang ada di rumah dan letakkan tanda untuk memberitahu orang-orang bahwa Anda sedang menjalankan usaha jus buah. Jus buah merupakan minuman segar yang sangat bermanfaat dan disukai oleh banyak orang.

Modal 1 juta sudah cukup untuk membeli berbagai peralatan seperti blender, bahan-bahan untuk membuat jus, dan gelas plastik. Buat produk jus buah yang unik dan tidak biasa. Lalu promosikan bisnis jus buah ini di media sosial untuk mendapatkan lebih banyak pembeli. 

8. Warung Kopi Kecil-kecilan

Usaha modal 1 juta berikutnya yakni membuka warung kopi alias warkop. Warkop kecil-kecilan juga merupakan bisnis yang sangat menguntungkan, mengingat saat ini banyak orang suka nongkrong bersama teman-teman di warung kopi.

Keuntungan yang diperoleh dari peluang usaha modal 1 juta ini luar biasa, bisa mencapai 50% dari total modal yang digunakan di awal bisnis.

Kalau rumah Anda berada di lokasi yang strategis, seperti misalnya di tepi jalan, membuka warung kopi di halaman atau teras rumah bisa dipertimbangkan. Tapi jangan lupa mempertimbangkan tempat parkir untuk pembeli yang membawa kendaraan.

Baca Juga  Rasio Likuiditas: Pengertian, Jenis, Contoh & Cara Menghitungnya!

Baca Juga : 17+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu dengan Prospek Keuntungan Besar

9. Warung Nasi Goreng Unik Rumahan

Nasi goreng adalah makanan semua orang. Sudah banyak usaha nasi goreng yang beroperasi di malam hari dan selalu mendapatkan banyak pembeli. Kalau Anda juga tertarik untuk membuka warung nasi goreng di rumah, pastikan untuk menggunakan resep yang terbaik dan istimewa.

Dengan begitu, Anda bisa menyediakan nasi goreng yang rasanya lebih enak daripada nasi goreng manapun. Sediakan juga berbagai pilihan menu lainnya seperti kwetiau, bihun, mie, dan capcay sehingga para pembeli tidak akan bosan dengan menu yang monoton. 

10. Menjual Sayuran di Depan Rumah

Sayuran termasuk kebutuhan pokok yang selalu dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang. Gunakan modal 1 juta untuk membeli berbagai jenis sayur, bumbu masak, ayam, ikan, dan beberapa buah. Kemudian jual berbagai bahan makanan tersebut di depan rumah.

Pastikan untuk mempersiapkan penyimpanan yang aman untuk sayur atau bahan lain yang belum habis terjual dalam satu hari sehingga bisa dijual lagi dalam keadaan baik di hari berikutnya.

Baca Juga : Mau Buka Usaha Sendiri? Ini Cara Buka Usaha Sendiri Modal Kecil Menguntungkan

11. Menjual Paket Internet dan Pulsa

Paket internet dan pulsa juga sudah menjelma menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Ada yang membutuhkan paket internet untuk belajar online, bekerja, atau sekadar untuk bermain game online. Usaha modal 1 juta yang satu ini tidak akan pernah kehabisan peminat.

Jika Anda bisa menjual paket internet dan pulsa dengan harga yang jauh lebih murah daripada penjual lain, bisa dipastikan jumlah pelanggan Anda akan semakin bertambah.

Usaha bisa dimulai dengan tekad yang bulat dan motivasi yang tinggi. Tapi tetap saja diperlukan modal yang cukup agar usaha bisa berjalan mulus.

Baca Juga : 10 Usaha Anak Muda Kreatif Tanpa Modal dan Menguntungkan

Bagi yang modalnya terbatas, pilih salah satu jenis usaha di atas dan jalankan dengan telaten untuk mendapat lebih banyak modal dan mengembangkan usaha.

Related Posts