Home Bisnis 5 Peluang Usaha Modal 200 Ribu yang Menguntungkan bagi Pemula
usaha modal 200 ribu

5 Peluang Usaha Modal 200 Ribu yang Menguntungkan bagi Pemula

by Titis NP

Ingin memulai usaha, tapi terkendala modal? Tidak perlu khawatir, karena saat ini ada begitu banyak peluang usaha menjanjikan yang bisa dimulai dengan modal minim. Seperti 15 peluang usaha modal 200 ribu berikut ini. Anda yang masih pemula di bidang bisnis pun bisa melakukannya.

Peluang Usaha Modal 200 Ribu

Bagi sebagian orang, uang 200 ribu mungkin terbilang remeh. Namun, nominal tersebut ternyata cukup menjanjikan jika dikelola menjadi usaha yang tepat. Bagaimana caranya? Silahkan coba salah satu peluang usaha dengan modal cukup 200 ribu berikut ini.

1. Bisnis PPOB

Peluang usaha modal 200 ribu yang pertama yaitu dengan mendirikan bisnis Payment Point Online Banking (PPOB). Langsung saja daftar salah satu aplikasi PPOB melayani berbagai penjualan produk digital yang pasti dibutuhkan banyak orang, diantaranya:

  •         Pembelian pulsa dan paket data internet
  •         Pembelian token listrik
  •         Pembayaran pajak, tagihan listrik, BPJS, dll
  •         Transfer antar bank, top-up e-wallet, atau pembayaran belanja online

2. Berjualan Online

Internet telah memudahkan banyak orang dalam memulai bisnis tanpa modal sekalipun. Cukup memiliki smartphone dan kuota data, langsung bisa memulai bisnis online tanpa mengeluarkan banyak modal. Caranya, gabunglah menjadi dropshipper, reseller, atau affiliate marketer.

a. Dropshipper

Dropshipper adalah orang yang mempromosikan produk orang lain tanpa perlu stok terlebih dahulu. Dropshipper hanya memasarkan dan menaikkan harga jual produk untuk mendapat keuntungan. Jika  ada yang membeli dari dropshipper, maka si pemilik usaha yang akan langsung mengirimnya.

Baca Juga  17+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu dengan Prospek Keuntungan Besar

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Unik di Desa Modal Kecil Menguntungkan Bagi Pemula

b. Reseller

Hampir sama dengan reseller, akan tetapi penjual harus stok produk terlebih dahulu. Biasanya reseller diminta membeli produk dengan minimal jumlah tertentu dan mendapatkan diskon khusus. Jadi, penjual bisa menjual produk tersebut dengan harga yang tak jauh berbeda dari supplier.

Baca Juga : 10 Usaha Anak Muda Kreatif Tanpa Modal dan Menguntungkan

c. Affiliate Marketer

Kalau yang ini khusus untuk memasarkan produk-produk digital, seperti software, ebook, webinar berbayar, dll. Promosinya melalui kode referal atau mencantumkan link di blog atau website. Pelaku usaha pun bisa mendapat keuntungan setiap ada konversi yang masuk lewat link tersebut.

Baca Juga : 12 Ide Usaha Modal 500 Ribu yang Menguntungkan Bagi Pemula

3. Bisnis Makanan dan Minuman

Jika ingin memulai usaha non-digital, uang 200 ribu juga cukup untuk membuka usaha makanan dan minuman di rumah. Mulai dari membuka warung kopi atau warung makanan ringan kesukaan anak-anak. Berikut beberapa rekomendasinya.

a. Membuka Warung Kopi

Dengan modal 200 ribu, pelaku usaha bisa belanja kebutuhan kopi, gula, dan minuman instan lainnya. Sedangkan untuk gelas, cangkir, dll cukup gunakan seadanya dulu. Penjual juga bisa sekalian menjual aneka es dan minuman instan lainnya, seperti pop ice, jus buah, atau es lilin.

Baca Juga : 7+ Bisnis Franchise Kopi Hits yang Paling Laris di Indonesia

b. Menjual Frozen Food

Saat ini banyak ibu-ibu pekerja yang tidak sempat memasak lauk, sehingga membeli berbagai makanan beku, seperti sosis, nugget, atau pentol. Supaya stok frozen food lebih lengkap, coba jual juga varian cemilan siap masak, seperti dimsum, kentang goreng, pisang coklat, dll.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Franchise Makanan yang Murah dan Menguntungkan 2021

c. Menjual Aneka Chiki

Anda juga bisa menjual aneka chiki dan snack manis kesukaan anak, seperti biskuit, stik coklat, dll. Sebaiknya stok jajanan tersebut dalam jumlah banyak dan variatif, sehingga anak-anak punya lebih banyak pilihan saat ingin membelinya.

Baca Juga  Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Modal Minim Keuntungan Maksimal

4.  Bisnis Produk Custom

Saat ini banyak orang tertarik membeli produk custom, karena terkesan lebih eksklusif. Ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan lho! Selain menjual karya kerajinan tangan, juga bisa melayani jasa hias hantaran atau pembuatan hamper yang kini semakin banyak peminatnya.

a. Menjual Karya Kerajinan Tangan

Jika Anda suka berkreasi menciptakan kerajinan tangan, mengapa tak mencoba untuk menjualnya saja? Jangan ragu untuk mengasah keterampilan tersebut setiap hari, lalu buat toko online di Instagram atau marketplace. Sehingga penjual bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

Baca Juga : 12 Peluang Usaha Modal 20 Juta yang Menguntungkan (Auto Cuan!)

b. Melayani Jasa Pembuatan Kado/ Hamper

Peluang usaha modal 200 ribu yang satu ini hampir sama dengan bisnis kerajinan tangan, tapi lebih fokus ke pembuatan hamper. Pelaku usaha tidak harus stok berbagai barang untuk isi hamper tersebut. Mulai saja dengan melayani jasa hias hantaran lamaran atau pengemasan hamper, parcel, dll.

5.  Menjadi Freelancer

Ada begitu banyak peluang kerja lepas yang bisa Anda kerjakan tanpa modal uang. Yang terpenting adalah skill dan pengalaman. Misalnya saja dengan melayani les privat, jasa desain, penulisan, hingga pembuatan video kreatif.

a. Jasa Les Privat

Jika Anda punya keterampilan mengajar dan mendidik yang baik, tak ada salahnya membuka jasa les privat di rumah. Jenis usaha ini hampir tak memerlukan modal sama sekali. Yang penting, pelaku usaha punya cukup waktu luang dan mengikuti perkembangan kurikulum pendidikan sekarang.

Baca Juga : 10+ Peluang Usaha Modal 1 Juta yang Laris dan Menguntungkan

b. Jasa Desain

Jasa desain juga termasuk peluang usaha modal 200 ribu yang menjanjikan. Apalagi, saat ini banyak orang kesulitan mengerjakan materi promosi sendirian. Jika Anda mahir desain grafis, maka bisa membuka jasa pembuatan logo, kemasan produk, hingga desain konten media sosial.

c. Jasa Penulisan

Bidang penulisan juga tidak kalah penting dari desain. Saat ini banyak orang membutuhkan tulisan untuk promosi usahanya. Jika Anda mampu menulis yang baik, coba membuka jasa penulisan untuk berbagai kebutuhan usaha. Mulai dari penulisan artikel SEO, skrip video, hingga copywriting iklan.

Baca Juga  7+ Bisnis Franchise Kopi Hits yang Paling Laris di Indonesia

d. Jasa Video

Sama halnya dengan jasa desain, saat ini kebutuhan akan video kreatif juga meningkat. Apalagi dengan melejitnya aplikasi TikTok dan reels di Instagram. Ini bisa menjadi peluang usaha dengan modal 200 ribu yang menjanjikan dengan melayani pembuatan video kreatif untuk brand, UMKM, dll.

Baca Juga : 17+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu dengan Prospek Keuntungan Besar

Tips Mendirikan Usaha bagi Pemula  

Dari beberapa ide peluang usaha modal 200 ribu di atas, apakah Anda tertarik menekuni salah satunya? Ikuti 3 tips berikut ini untuk memudahkan Anda dalam membangun usaha.

1. Riset Pasar

Salah satu kunci sukses berbisnis adalah mengenali target pasar. Untuk itu, lakukan riset mendalam untuk mengetahui kebutuhan dan selera pasar. Pastikan produk/ jasa bisa menjawab masalah yang dihadapi target pasar. Sehingga mereka tertarik membeli dan bahkan repeat order.

2. Siapkan Modal

Contoh peluang usaha modal 200 ribu memang banyak. Tapi akan lebih baik lagi jika pemilik bisnis punya lebih banyak modal untuk membesarkan bisnis. Mulai dari kulakan lebih banyak variasi produk serta menganggarkan sejumlah biaya khusus untuk kebutuhan iklan dan promosi.

Hubungi Gadaikendaraan.com untuk mendapatkan pinjaman modal usaha hingga Rp100 juta dengan syarat pengajuan yang mudah dan proses super cepat. Cukup menggadaikan BPKB motor atau mobil dan dapatkan pinjaman modal usaha yang diinginkan.

Baca Juga : Mau Buka Usaha Sendiri? Ini Cara Buka Usaha Sendiri Modal Kecil Menguntungkan

3. Aktif Promosi

Untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, aktiflah promosi secara online maupun offline. Mulai dari menawarkan produk ke teman, aktif mengunggah konten kreatif di media sosial, hingga beriklan. Pelaku usaha juga bisa memberikan diskon spesial di momen tertentu untuk menarik perhatian pelanggan.

Ada banyak peluang usaha modal 200 ribu yang bisa Anda coba. Yang terpenting, kuatkan niat dan konsisten menjalankan usaha secara berkala. Jangan lengah walau hasilnya belum terlalu menguntungkan di awal-awal. Sebab, membangun bisnis butuh proses dan keberlanjutan.

Related Posts