Home Bisnis 12 Ide Usaha Modal 500 Ribu yang Menguntungkan Bagi Pemula
usaha modal 500 ribu

12 Ide Usaha Modal 500 Ribu yang Menguntungkan Bagi Pemula

by Titis NP

Jika saat ini memiliki modal usaha yang terbatas, tidak perlu berkecil hati terlebih dahulu. Ada banyak usaha modal 500 ribu yang bisa dilakukan oleh pemula. Walaupun modal terbilang kecil, bukan berarti usaha ini tidak menguntungkan.

Dari modal 500 ribu, pebisnis bisa mendapatkan keuntungan lebih yang nantinya bisa digunakan sebagai modal usaha lagi. Pastinya, usaha bisa lebih berkembang menjadi besar. Coba dulu ide bisnis dengan modal kecil untuk mengembangkan jiwa bisnis yang dimiliki.

Ide Usaha dengan Modal 500 Ribu

1. Dropshipper

Menjadi seorang dropshipper bisa dimulai bahkan tanpa modal sekalipun. Walaupun begitu, supaya bisnis dropship yang dijalankan bisa unggul perlu adanya promosi agar banyak orang tahu dengan usaha yang dijalankan. 

Modal 500 ribu bisa digunakan untuk biaya Facebook atau Instagram ads yang dipakai sebagai media promosi. Agar bisnis dropship sukses, jual produk-produk yang sedang dicari dan tren sehingga pelanggan lebih mudah didapatkan.

Baca Juga : 12 Peluang Usaha Modal 20 Juta yang Menguntungkan (Auto Cuan!)

2. Bisnis Laundry Sepatu

Saat ini, bisnis laundry sepatu terbilang cukup banyak dibutuhkan, walaupun modal usaha memulainya tidak besar. Dengan modal 500 ribu, siapapun bisa memulai bisnis laundry sepatu dengan cara online. 

Tanpa harus membuka toko, pastinya modal 500 ribu saja sudah cukup. Untuk pekerjaannya bisa dilakukan di rumah sendiri sehingga tidak ada biaya sewa.

Baca Juga : 10+ Peluang Usaha Modal 1 Juta yang Laris dan Menguntungkan

3. Bisnis Thrift Shop

Jika dulu orang cenderung malu menggunakan barang-barang bekas, kini membeli dan menggunakan baju bekas menjadi sebuah tren yang sedang tumbuh. Dengan modal usaha 500 ribu, beli pakaian bekas dengan kualitas yang masih bagus. 

Baca Juga  7+ Bisnis Franchise Kopi Hits yang Paling Laris di Indonesia

Pilih lagi pakaian yang sudah dibeli dan tetapkan harga jual berdasarkan kondisi pakaian. Tambahkan foto-foto dengan keterangan lengkap mengenai baju yang dijual. Gunakan Instagram sebagai tempat untuk berjualan, pastikan bahwa foto diedit terlebih dahulu supaya terlihat lebih menarik.

Baca Juga : 15 Ide Usaha Modal 2 Juta yang Menjanjikan dan Paling Laris Saat Ini

4. Bisnis Jualan Pulsa dan Paket Data

Walaupun pulsa kini bisa dibeli melalui marketplace, nyatanya masih banyak orang yang lebih memilih beli pulsa dengan cara biasa. Alasannya adalah tidak semua orang tahu cara membeli pulsa lewat marketplace. Jika ada yang memiliki pertanyaan, modal 500 ribu bisa buat usaha apa

Jawabannya adalah usaha pulsa dan paket data. Buka konter pulsa kecil-kecilan di halaman rumah dengan menggunakan etalase kaca. Selain itu, layani juga pembelian melalui online supaya pelanggan tidak perlu datang langsung ke konter pulsa.

Baca Juga : 7 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Menguntungkan Bagi Pebisnis Pemula

5. Menjadi Reseller

Jika dropship bisa dimulai tanpa harus membeli produk terlebih dahulu, hal ini berbeda dengan reseller. Untuk menjadi reseller yang sukses, pastikan bahwa produk yang dijual dicari oleh banyak orang dan mudah laku. Modal 500 ribu tersebut digunakan sebagai modal awal untuk stok barang. 

Ada banyak produk yang bisa dijual sebagai seorang reseller, misalnya aksesoris handphone, fashion, perlengkapan bayi, dan produk lainnya. Jangan lupa memberikan jaminan pengiriman supaya pelanggan juga bisa merasa lebih aman. 

Bagi yang sedang membutuhkan modal usaha, langsung hubungi saja gadaikendaraan.com. Platform ini memberikan simulasi gratis untuk calon nasabah dan memiliki proses yang cepat. Pastinya, peminjaman dana juga tidak akan terasa rumit ataupun merepotkan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Modal 10 Juta Terbaik dan Menguntungkan

6. Bisnis Aksesoris Handphone

Agar handphone terlihat lebih unik dan berbeda, beberapa orang senang menggunakan aksesoris handphone. Tidak hanya itu saja, charger dan kabel data juga termasuk sebagai aksesoris handphone yang banyak dicari. 

Baca Juga  5 Strategi Bisnis Online Efektif dan Menguntungkan

Jadikan keadaan ini sebagai peluang untuk membuka usaha aksesoris handphone. Pastikan untuk menjual produk aksesoris yang bagus, tren, dan berkualitas.

Baca Juga : 17+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu dengan Prospek Keuntungan Besar

7. Membuka Jasa Pengetikan

Carilah teman atau keluarga yang mahir mengetik dan buka jasa agensi jasa pengetikan kecil-kecilan. Target pasar yang diincar adalah mahasiswa, pengusaha, atau karyawan yang memerlukan jasa pengetikan dokumen. 

Pasang harga yang bersaing supaya jasa pengetikan yang didirikan menjadi pilihan utama bagi orang-orang yang membutuhkannya.

Baca Juga : 9 Peluang Usaha Modal Kecil Profit Besar

8. Bisnis Fashion

Bisnis fashion bisa dibilang menjadi bisnis yang tidak ada matinya. Hal ini dikarenakan tren fashion yang selalu berubah dalam beberapa waktu. Ini menjadi peluang untuk mulai berjualan produk fashion. 

Misalnya, usaha kaos polos dengan berbagai macam pilihan bahan dan ukuran. Jika memiliki keahlian desain, bisa juga membuat desain sendiri yang pastinya menarik untuk kaos yang dijual.

Baca Juga : Mau Buka Usaha Sendiri? Ini Cara Buka Usaha Sendiri Modal Kecil Menguntungkan

9. Usaha Kuliner

Mirip dengan bisnis fashion, bisnis dalam bidang kuliner juga rasanya tidak ada matinya. Untuk memulai usaha, coba buka usaha kuliner makanan yang sedang diminati oleh banyak orang. Ide lainnya adalah membuka usaha kuliner inovasi untuk menciptakan sebuah tren yang baru. 

Gunakan platform layanan pengiriman makanan untuk memudahkan para pelanggan menemukan bisnis kuliner yang baru dibuka. Ada banyak usaha kuliner yang bisa dilakukan, misalnya berjualan jajanan pasar, bento cake kekinian, dan sebagainya. 

Agar usaha kuliner bisa bertahan, pastikan bahwa rasa makanan maupun minuman yang dijual sesuai dengan selera pembeli. Jangan sampai usaha ini hanya menjadi usaha sementara saja dengan alasan produk yang dijual tidak enak.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Franchise Makanan yang Murah dan Menguntungkan 2021

10. Bisnis Ikan Lele

Jika keluar saat malam hari, pastinya sering menemukan usaha kuliner pecel lele di pinggir jalan. Tidak hanya di kota tertentu saja, warung makan pecel lele juga ada hampir di seluruh daerah di Pulau Jawa. 

Baca Juga  7 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Menguntungkan Bagi Pebisnis Pemula

Oleh sebab itu, bisnis ternak ikan lele bisa menjadi ide bisnis cemerlang yang bisa dilakukan. Dengan melakukan bisnis budidaya ikan lele, pebisnis bisa menyuplai ikan untuk tempat makan yang menjual menu lele. 

Bisnis budidaya ini juga bisa dipelajari melalui internet karena diperlukan skill agar ikan lele panen dengan hasil yang optimal.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Unik di Desa Modal Kecil Menguntungkan Bagi Pemula

11. Bisnis Dimsum

Jika sebelum bisnis kuliner secara umum, bisnis yang sedang diminati saat ini adalah bisnis frozen food atau makanan beku. Salah satu jenis makanan yang banyak dijual dalam bentuk frozen food adalah dimsum. Dimsum memiliki rasa yang enak serta tahan disimpan di dalam kulkas. 

Cara pembuatan dimsum juga terbilang tidak terlalu sulit. Saat ini sudah ada banyak resep di internet yang bisa diikuti. Cara berjualan yang bisa dilakukan juga bisa secara online menggunakan marketplace maupun Instagram.

Baca Juga : 7+ Bisnis Franchise Kopi Hits yang Paling Laris di Indonesia

12. Bisnis Hijab

Saat ini hijab juga menjadi sebuah tren fashion sendiri dengan peminat yang sangat banyak. Peminatnya merupakan wanita muslimah yang ada di Indonesia. Dari keadaan ini, usaha dengan modal 500 ribu yang bisa dilakukan adalah dengan membuat brand hijab sendiri. 

Sesuaikan antara tren dengan selera wanita saat ini. Pasalnya, untuk bisa dicari oleh banyak orang sebuah bisnis perlu menyediakan produk yang paling banyak dicari. Mulai buat akun Instagram bisnis dan upload foto agar feed terlihat lebih menarik.

Baca Juga : 5 Peluang Usaha Modal 200 Ribu yang Menguntungkan bagi Pemula

Usaha modal 500 ribu bukanlah hal yang tidak mungkin. Ada banyak jenis usaha yang bisa dimulai dengan budget terbatas. Untuk bisa sukses, pastikan tahu produk apa yang sedang dicari dan dibutuhkan oleh pasar sehingga usaha yang dijalankan akan mendatangkan keuntungan.

Related Posts