Home Bisnis 17+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu dengan Prospek Keuntungan Besar
usaha rumahan modal 50 ribu

17+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu dengan Prospek Keuntungan Besar

by Titis NP

Banyak orang tertarik untuk menjalankan usaha sendiri di rumah setelah kehilangan pekerjaan akibat pandemi. Ada juga yang memang lebih suka menjadi bos untuk usahanya sendiri dan bukannya menjadi karyawan. Jika Anda juga tertarik, cari tahu pilihan usaha rumahan modal 50 ribu

Ada banyak sekali ide usaha rumahan yang bisa dicoba. Sayangnya, beberapa ide tersebut membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tapi bukan berarti semua usaha rumahan membutuhkan modal yang besar. Ada juga beberapa jenis usaha yang bisa dimulai dengan modal kecil.

Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Sangat Terbatas

Mana mungkin memulai usaha rumahan hanya dengan modal selembar uang 50 ribuan? Semuanya mungkin jika tekad dan motivasi sudah bulat dan kuat. Diantara sekian banyak jenis usaha rumahan, berikut ini adalah ide terbaik yang bisa dicoba dengan modal yang sangat terbatas, yaitu 50 ribu saja.

1. Usaha Jahitan Pakaian

Jenis usaha yang satu ini sangat cocok untuk para wanita. Mempelajari keterampilan menjahit sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya dibutuhkan ketelitian dan sering praktek agar bisa menjahit pakaian dengan rapi dan menghasilkan pakaian yang berkualitas.

Modal yang dibutuhkan tidak perlu besar, asalkan di rumah sudah ada mesin jahit. Tidak perlu menyewa ruko maupun berbagai peralatan yang harganya mahal. Cukup informasikan ke teman-teman dan orang-orang terdekat bahwa Anda membuka usaha jahitan pakaian di rumah.

banner modal usaha gadai kendaraan

2. Jasa Laundry Pakaian

Belum mempunyai mesin cuci dan mesin pengering untuk membuka usaha laundry? Jasa laundry merupakan usaha rumahan modal 50 ribu yang paling murah. Cuci baju secara manual dan keringkan dibawah matahari sambal mengumpulkan dana untuk membeli mesin cuci.

3. Jasa Potong Rambut

Usaha lain yang membutuhkan sedikit modal adalah usaha potong rambut. Hanya diperlukan peralatan sederhana seperti alat cukur, sisir, dan gunting. Tidak perlu menyewa ruko karena usaha ini bisa dijalankan di rumah. Cukup pasang tanda yang menunjukkan bahwa Anda membuka usaha di rumah.

Seraya usaha Anda berjalan, Anda akan bisa memperoleh cukup uang untuk mengembangkan tempat usaha potong rambut rumahan dan mengubahnya menjadi salon yang cukup bagus.

Baca Juga : Mau Buka Usaha Sendiri? Ini Cara Buka Usaha Sendiri Modal Kecil Menguntungkan

Baca Juga  10 Ide Bisnis Franchise Makanan yang Murah dan Menguntungkan 2021

4. Menjual Fashion Bekas atau Thrift

Ada berapa banyak baju bekas yang masih bagus di dalam lemari Anda? Jangan biarkan semua baju bekas itu mengendap di lemari. Coba jual semua baju bekas yang Anda miliki secara online ke berbagai marketplace. Tapi sebelumnya, pastikan baju-baju tersebut masih benar-benar layak pakai.

5. Jasa Cuci Motor

Usaha cuci motor tidak perlu besar. Anda bisa membuka usaha ini di rumah dan menawarkan jasa cuci ini kepada tetangga dan teman-teman.

Atau, bisa juga mengiklankan jasa cuci motor ini di Google Maps sehingga orang-orang yang sedang berada di sekitar rumah bisa menemukan usaha cuci motor Anda.

Baca Juga : Cari Pinjaman Uang Mudah untuk Kebutuhan Pribadi dan Modal Usaha

6. Jasa Laundry Sepatu

Saat ini, banyak orang suka mengoleksi sepatu tapi terlalu sibuk atau malas untuk mencuci koleksi sepatu sendiri. Manfaatkan kesempatan ini untuk menjalankan usaha laundry sepatu. Tidak diperlukan alat khusus untuk mencuci sepatu, semuanya bisa dilakukan secara manual.

7. Menjadi Dropshipper

Sering melihat-lihat e-commerce? Anda juga bisa membuka usaha rumahan modal 50 ribu dan berjualan online dengan cara menjadi dropshipper. Dropship adalah metode jualan dengan cara menjual barang dari supplier secara langsung tanpa menyetok barang di rumah.

Baca Juga : 15 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Kecil Menengah

Baca Juga  Cara Gadai BPKB Mobil dan Syaratnya

8. Membuka Angkringan di Rumah

Banyak orang suka makan di angkringan karena harganya yang murah dan pilihan menunya yang lengkap. Temukan orang-orang yang mau menitipkan dagangan berupa berbagai makanan ke warung angkringan Anda. Anda tinggal menyiapkan sisanya yaitu menu minuman yang bervariasi.

9. Usaha Jasa Ketik

Kehadiran jasa ketik masih diharapkan oleh Sebagian orang. Jasa ketik biasanya digunakan untuk mengetik makalah maupun tugas sekolah. Usaha dengan modal kecil ini akan sangat berpotensi jika Anda tinggal di dekat kampus atau sekolah dan sudah mempunyai komputer atau laptop.

Baca Juga : 15 Ide Usaha Modal 2 Juta yang Menjanjikan dan Paling Laris Saat Ini

10. Membuka jasa setrika pakaian

Anda pasti mempunyai setrika di rumah. Gunakan setrika ini sebagai modal untuk membuka usaha rumahan berupa jasa setrika. Modal yang dibutuhkan sangat sedikit, yaitu untuk membeli plastik untuk mengemas pakaian yang sudah selesai disetrika. Tertarik untuk mencoba usaha rumahan ini?

11. Kerajinan Tangan Unik dan Kreatif

Kerajinan tangan bisa dibuat dari bahan apa saja. Bahkan ada yang bisa membuat toples unik dari bahan kertas koran yang digulung kecil-kecil dan disatukan dengan lem. Gunakan kreativitas dan berbagai bahan yang sudah ada di rumah untuk membuat kerajinan tangan yang bernilai tinggi.

Baca Juga : 7 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Menguntungkan Bagi Pebisnis Pemula

12. Menjual Tanaman Hias

Modal untuk membeli tanaman hias memang tidak murah. Lain halnya kalau Anda menanam tanaman dari bibit. Pilih tanaman hias yang tumbuhnya cepat sehingga bisa segera dijual. Saat ini banyak orang ingin membeli tanaman hias untuk mengisi waktu luang selama di rumah saja.

13. Menjual Keripik Kemasan Kecil

Ide usaha rumahan modal 50 ribu lain yang bisa dicoba adalah menjual keripik atau makanan ringan. Jika tidak bisa membuat keripik sendiri, pertimbangkan untuk membeli keripik dari salah satu tempat grosir. Lalu bungkus lagi keripik tersebut dalam kemasan kecil dan iklankan di berbagai marketplace.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Usaha Modal 10 Juta Terbaik dan Menguntungkan

Baca Juga  10 Ide Usaha Kecil Modal Terjangkau

14. Jasa Penulisan Artikel

Bagi Anda yang mempunyai keterampilan atau skill menulis, coba cari lowongan pekerjaan sebagai penulis artikel lepas atau freelancer. Pekerjaan ini bisa dikerjakan dari manapun dan waktunya juga sangat fleksibel. Anda tetap bisa bekerja meskipun harus mengurus rumah tangga dan anak-anak.

15. Usaha Kue Rumahan

Usaha kue rumahan mulai banyak berkembang dan dilakukan oleh banyak orang, terutama oleh para ibu rumah tangga. Hal ini berarti Anda perlu sangat kreatif dalam menciptakan produk kue yang menarik dan unik. Pastikan produk Anda mempunyai keunggulan sehingga akan lebih disukai oleh pasar.

Baca Juga : Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Modal Minim Keuntungan Maksimal

16. Menjual Foto Secara Online

Smartphone yang Anda gunakan saat ini pasti sudah dilengkapi dengan kamera yang canggih dan berkualitas. Gunakan smartphone tersebut sebagai modal untuk mendapatkan penghasilan. Ambil foto yang menarik, unik, dan berkualitas, kemudian jual di berbagai situs khusus jual beli foto.

Beberapa situs yang bisa digunakan untuk jual beli foto secara online antara lain Fotolia.com, Shutterstock.com, Bigstockphoto.com, dan sebagainya.

17. Membuka Kursus Secara Online

Kursus online juga membutuhkan modal yang tidak terlalu besar, terutama kalau Anda sudah mempunyai sarana yang diperlukan, yaitu PC dan jaringan internet yang memadai. Tawarkan kursus online di media sosial untuk mendapatkan lebih banyak siswa.

Baca Juga : 10+ Ide Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Menguntungkan

18. Menjadi YouTuber

Sudah banyak contoh yang menunjukkan bahwa menjadi YouTuber juga bisa menguntungkan. Yang dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan dari pekerjaan ini adalah konsistensi mengunggah konten, membuat konten yang berkualitas dan unik, serta mengumpulkan banyak followers.

Usaha rumahan modal 50 ribu manakah yang paling cocok untuk Anda saat ini? Persiapkan usaha tersebut dengan matang sebelum mulai menjalankannya.

Related Posts

Leave a Comment